Forum In-Christ.Net
Welcome, Guest. Please login or register.
September 19, 2018, 10:57:50 PM

Login with username, password and session length
Search:     Advanced search
Dear In-Christ.Netters, pengkategorian forum ICN mulai Juni 2015 telah dirombak. Beberapa board kini telah disatukan untuk meningkatkan efektivitas dan kenyamanan dalam menjelajahi dan berpartisipasi di forum ini.

Silakan berikan masukan/saran bagi kemajuan forum ini di http://www.in-christ.net/forum/index.php/board,3.0.html
2908 Posts in 830 Topics by 4091 Members
Latest Member: warren121
* Home Help Search Login Register
+  Forum In-Christ.Net
|-+  Pelayanan
| |-+  Anak (Moderator: evie)
| | |-+  Mengatasi Anak "nakal" di SM
0 Members and 1 Guest are viewing this topic. « previous next »
Pages: [1] 2 Go Down Print
Author Topic: Mengatasi Anak "nakal" di SM  (Read 17293 times)
evie
Moderator
Lahir baru
*****

Karma: 1
Offline Offline

Posts: 17



View Profile
« on: March 17, 2009, 08:51:24 PM »

Biasanya dalam seminar-seminar guru sekolah minggu, pertanyaan "bagaimana mengatasi anak yang nakal dalam SM?" sering ditanyakan. Menurut rekan-rekan, dari pengalaman mengajar selama ini, jawaban yang tepat untuk pertanyaan itu apa, ya?
Logged
dianpra
Moderator Forum
Orang percaya
*****

Karma: 1
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 64



View Profile WWW
« Reply #1 on: March 17, 2009, 08:55:38 PM »

Wah, saya belum pernah mengajar ....  Grin
Logged

I can do what you can't do, you can do what i can't do; together we can do great things!
evie
Moderator
Lahir baru
*****

Karma: 1
Offline Offline

Posts: 17



View Profile
« Reply #2 on: March 17, 2009, 08:57:39 PM »

perlu dicoba tuh, mbak Dian  Kiss
seru loh jadi GSM  Grin
Logged
dianpra
Moderator Forum
Orang percaya
*****

Karma: 1
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 64



View Profile WWW
« Reply #3 on: March 17, 2009, 09:00:03 PM »

saya mas kaleee ... cuma gambar dan namanya aja yang kecewek-cewek kan ... hahhahaha

PERHATIAN: Saya MAS MAS
Logged

I can do what you can't do, you can do what i can't do; together we can do great things!
evie
Moderator
Lahir baru
*****

Karma: 1
Offline Offline

Posts: 17



View Profile
« Reply #4 on: March 17, 2009, 09:16:15 PM »

yo wes, Mas Dian .... sori deh ;p
back to topic kalau gitu ...

walaupun mas Dian lom pernah ngajar SM. Punya pendapat gak, gimana ngatasin anak "nakal" di SM?
Logged
kristin
Moderator Forum
Lahir baru
*****

Karma: 0
Offline Offline

Posts: 17



View Profile
« Reply #5 on: March 17, 2009, 09:18:10 PM »

Biasanya saya di buat pusingggg kalao menghdapi anak nakal. Tapi anak nakal ga selamanya nakal. Kasih aja dia tugas jadi ketua kelas. Tapi kadang ini juga belum berhasil. xixixiixix  Huh Huh
Logged
dianpra
Moderator Forum
Orang percaya
*****

Karma: 1
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 64



View Profile WWW
« Reply #6 on: March 17, 2009, 09:20:14 PM »

hahaha, oke deh ....  yang penting dekati itu anak nakal (ajak ngobrol, dan segala macem ...), jangan malah dijauhi ...
Logged

I can do what you can't do, you can do what i can't do; together we can do great things!
evie
Moderator
Lahir baru
*****

Karma: 1
Offline Offline

Posts: 17



View Profile
« Reply #7 on: March 17, 2009, 09:22:54 PM »

Thanks mbak Kristin .... (kalau yg ini bener2 mbak, kan?)  Wink

Sebenarnya anak "nakal" itu definisinya gimana ya?
Logged
Novita
Global Moderator
Lahir baru
*****

Karma: 0
Offline Offline

Posts: 13



View Profile
« Reply #8 on: March 17, 2009, 09:49:48 PM »

"Nakal" apa ya .... Tapi klo menurut aku, ya wajar aja, kan mereka masih anak-anak. Jadi gurunya yang kudu telaten dan sabar menghadapi mereka. Pada setuju gak Wink
Logged
evie
Moderator
Lahir baru
*****

Karma: 1
Offline Offline

Posts: 17



View Profile
« Reply #9 on: March 17, 2009, 09:53:59 PM »

"Nakal" apa ya .... Tapi klo menurut aku, ya wajar aja, kan mereka masih anak-anak. Jadi gurunya yang kudu telaten dan sabar menghadapi mereka. Pada setuju gak Wink

iya ... ya ... namanya juga anak-anak ....
jadi timbul pertanyaan lain neh .... kalau punya murid SM yg pendiam, kalem, tidak banyak bergerak, gak banyak bicara, dsb, apakah GSM-nya akan senang?
Logged
Ratri
Moderator Forum
Lahir baru
*****

Karma: 0
Offline Offline

Posts: 5



View Profile
« Reply #10 on: March 18, 2009, 03:31:26 AM »

Kalo menurut saya, biasanya murid yg nakal ato yg banyak gerak itu biasanya justru minta diperhatikan lebih, jadi biasanya malah saya ajak nyanyi ato bantuin ngajar. Nah, klo yg pendiem ato yg anteng2 saya ajak main yg heboh. Tapi klo tetep diem ya.......harus mikir lagi mau diapain...
Logged
tattik
Moderator Forum
Orang percaya
*****

Karma: 0
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 58



View Profile
« Reply #11 on: March 18, 2009, 08:35:31 PM »

"bagaimana mengatasi anak yang nakal dalam SM?"

 Cheesy anak-anak memang macam-macam, maksudnya ada yang nakal tapi ada juga yang enggak.
Saya GSM. Kalau ada anak yang nakal dikelas saya, saya mengatasinya dengan memberikan perhatian yang lebih kepadanya, memberikan cerita yang menarik perhatiannya, dan melibatkan dia dalam diskusi. Jadi secara otomatis kenakalannya akan "keslimur" (bahasa jawa) dan dia tidak mengganggu teman-temannya.
Logged

fire....fire...
yohanna
Moderator Forum
Lahir baru
*****

Karma: -1
Offline Offline

Posts: 13



View Profile
« Reply #12 on: March 19, 2009, 12:15:10 AM »

aku lom pernah jadi GSM, tapi klo berurusan sama anak nakal aku udah sering banget.. Sampe klo udah jengkel karena tidak bisa "mengendalikan mereka" aku pengen nyubit. Tapi ga tega jg mau nyubit, lagian katanya ga boleh pake kekerasan sama anak-anak, akhirnya cm dongkol di hati saja deh..

Salut buat GSM-GSM di luar sana yang sudah bersabar menghadapi puluhan anak dalam satu kelas, ga kebayang deh rasanya.
Logged

We can do no great things; only small things with great love -- Mother Theresa
billy
Lahir baru
*

Karma: 0
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 17


to God be the glory


View Profile
« Reply #13 on: March 19, 2009, 03:47:32 AM »

Dulu waktu jadi anak sekolah minggu, kayanya aku jadi anak yang baik terus deh (seingetku  Roll Eyes ). Tapi sekarang rada nyesel juga, ternyata anak nakal lebih diingat ama gurunya.
bener ga sih?

pertanyaan buat para GSM nih, gimana kalo dapet anak2 sekolah minggu yang baik2 semua, dengar dengaran, tenang denger cerita, ga ada masalah, dll... mau ga ya? apa ga jadi bosen malah ya?
Logged

music or scripting? scripting or music? ahaa!! ....scripting with music!!
Welni
Lahir baru
*

Karma: 0
Offline Offline

Posts: 26



View Profile
« Reply #14 on: March 20, 2009, 12:16:45 AM »

pertanyaan buat para GSM nih, gimana kalo dapet anak2 sekolah minggu yang baik2 semua, dengar dengaran, tenang denger cerita, ga ada masalah, dll... mau ga ya? apa ga jadi bosen malah ya?

Hello Billy, met kenal ya Smiley

Saya pernah ngajar SM dengan anak-anak yang anteng2 sekali. Duhhh saya malah stress tuh ... soalnya merasa gak ada geregetnya. Manut-manut sih. suruh tepuk tangan ya tepuk tangan. tp kalau agak longgar, ya gak tepuk tangan lagi Sad

Juga, waktu kreativitas. Duhhh .... tetep anteng. Waktu permainan juga .... kok gak ada geregetnya juga.
Jadi sedih. Apakah metode yang saya gunakan salah. Karena waktu itu saya guru baru, maka saya tanya sama guru-guru senior di situ, apakah memang anak-anaknya seperti itu, atau karena saya aja yg masih baru. Tapi ternyata memang seperti itu. Kalemmmmm sekali anak-anaknya .....
Logged
Pages: [1] 2 Go Up Print 
« previous next »
Jump to:  

Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.8 | SMF © 2006-2008, Simple Machines LLC Valid XHTML 1.0! Valid CSS!
Page created in 0.017 seconds with 19 queries.