Forum In-Christ.Net
Welcome, Guest. Please login or register.
November 15, 2018, 07:26:44 PM

Login with username, password and session length
Search:     Advanced search
Dear In-Christ.Netters, pengkategorian forum ICN mulai Juni 2015 telah dirombak. Beberapa board kini telah disatukan untuk meningkatkan efektivitas dan kenyamanan dalam menjelajahi dan berpartisipasi di forum ini.

Silakan berikan masukan/saran bagi kemajuan forum ini di http://www.in-christ.net/forum/index.php/board,3.0.html
2908 Posts in 830 Topics by 4091 Members
Latest Member: warren121
* Home Help Search Login Register
+  Forum In-Christ.Net
|-+  Pelayanan
| |-+  Misi
| | |-+  Doa (Moderators: sabda, okti)
| | | |-+  DOA PUASA
0 Members and 1 Guest are viewing this topic. « previous next »
Pages: [1] Go Down Print
Author Topic: DOA PUASA  (Read 11797 times)
Yeremia
Lahir baru
*

Karma: 0
Offline Offline

Posts: 1



View Profile
« on: June 06, 2012, 10:33:52 PM »

Doa puasa Kristen  Adalah?
Bagaimana menurut pandangan Teman2?
« Last Edit: June 06, 2012, 10:36:18 PM by Yeremia » Logged
santi
Orang percaya
**

Karma: 1
Offline Offline

Posts: 86


View Profile
« Reply #1 on: June 11, 2012, 10:45:28 PM »

Hai Yeremia... salam kenal  Cheesy

Menurutku, doa puasa Kristen (perlu pakai kata "Kristen" nggak ya? hehe) --> berpuasa (makan 1x sehari) dan banyak mendekatkan diri pada Tuhan. Biasanya, kalau orang berpuasa itu kelihatan lemas, letih... tapi jika orang percaya berpuasa, maka harus tetap bersemangat karena yang memberi semangat dan kekuatan adalah Tuhan dan kehidupan doa bersama Tuhan.  Wink
Logged
Berlin
Lahir baru
*

Karma: 0
Offline Offline

Posts: 11


View Profile
« Reply #2 on: June 12, 2012, 02:50:36 AM »

Setahuku, puasa orang Kristen itu mengacu pada budaya orang yahudi waktu itu yang tidak makan dan/atau minum karena ingin "mendapatkan" perhatian dari Allah.
Selain dari tujuannya, yang seringkali menjadi pertanyaan dalam puasa orang Kristen adalah "Apakah puasa berarti tidak makan dan tidak minum" dan "Kapan puasa itu dimulai dan beraklhir".  Ada banyak contoh puasa yang dilakukan tokoh2 Alkitab.

Dalam kitab Ester, Ester meminta bangsa Israel berpuasa (tidak makan dan minum) selama 3 hari (Ester 4:16) berturut-turut. Ester melakukan ini karena bangsa Israel sedang dalam bahaya besar dan Ester ingin mendapat pertolongan dari Tuhan. Ester dan orang Yahudi memulai puasa setelah ester memintanya dan mengakhirinya setelah tiga hari.

Dalam 2 Samuel 12:16, juga dikisahkan bagaimana Daud berpuasa demi anaknya yang sakit. Dalam Alkitab versi Contemporary English Version, kata berpuasa di sini diterjemahkan dengan "went without eating" (beraktivitas tanpa makan). Artinya, bahwa budaya orang Israel berpuasa itu tidak selalu dalam artian tidak makan dan tidak minum. Daud melakukan puasa ini untuk mendapat belas kasihan Allah atas anaknya. Dalam kisah ini Daud memulai puasanya ketika anaknya sakit (tidak disebutkan apakah itu pagi, siang, sore atau malam). Daud mengakhiri puasanya pada hari ketujuh setelah anaknya mati. Namun sebelum mengakhiri puasanya itu,dia sujud menyembah kepada Tuhan.

Tuhan Yesus sendiri juga pernah berpuasa selama empat puluh hari (Lukas 4:2). Namun dalam puasanya ini Yesus hanya tidak makan saja (bukan tidak makan dan minum)

Jadi menurutku, puasa orang Kristen adalah sebuah bentuk komitmen kepada Tuhan, tidak msalah orang mau berpuasa mulai kapan dan sampai kapan,,tetapi puasa itu haruslah dilakukan sesuai komitmen yang sudah kita buat sendiri dengan Tuhan. Sedangkan tujuan puasa tidak selalu untuk "mengatasi" maslah2 rumit yang kita anggap tidak bisa kita atasi, tetapi juga untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.  Roll Eyes
Logged
Pages: [1] Go Up Print 
« previous next »
Jump to:  

Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.8 | SMF © 2006-2008, Simple Machines LLC Valid XHTML 1.0! Valid CSS!
Page created in 0.013 seconds with 19 queries.