Forum In-Christ.Net
Welcome, Guest. Please login or register.
March 29, 2024, 01:50:32 AM

Login with username, password and session length
Search:     Advanced search
Dear In-Christ.Netters, pengkategorian forum ICN mulai Juni 2015 telah dirombak. Beberapa board kini telah disatukan untuk meningkatkan efektivitas dan kenyamanan dalam menjelajahi dan berpartisipasi di forum ini.

Silakan berikan masukan/saran bagi kemajuan forum ini di http://www.in-christ.net/forum/index.php/board,3.0.html
2910 Posts in 832 Topics by 4096 Members
Latest Member: JeorgeSmith
* Home Help Search Login Register
+  Forum In-Christ.Net
|-+  Teologi
| |-+  Teologi (Moderators: ayub, amidya)
| | |-+  "BAGAIMANAKAH SOSOK YUSUF DALAM ALKITAB ?"
0 Members and 1 Guest are viewing this topic. « previous next »
Pages: [1] Go Down Print
Author Topic: "BAGAIMANAKAH SOSOK YUSUF DALAM ALKITAB ?"  (Read 3316 times)
pa_ul
Hamba Tuhan
****

Karma: 0
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 368



View Profile
« on: April 10, 2013, 09:51:15 PM »


YUSUF SEORANG MUDA YG NORMAL:
Artinya Yusuf memiliki keinginan biologis yg normal,
bukan sbg seorg duda tua yg renta (TOP = Tua Ompong Peot)yg sdh tdk lagi bergairah.
Akan tetapi Yusuf taat & patuh pada perintah Tuhan yg disampaikan melalui Malaikat Tuhan dlm mimpinya.
Ini bisa terlihat dlm ayat2 berikut:
Matius Matius  1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, 1:25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

YUSUF SEORANG MUDA YG KUAT & BERTANGGUNG JAWAB:

Untuk mendaftarkan diri dalam sensus dunia yang pertama, Yusuf & Maria berjalan dari Nazaret menuju Betlehem. Jarak ini ditempuh Maria yang saat itu sedang hamil dengan menaiki seekor keledai (cara yg biasa pd waktu itu) & Yusuf berjalan kaki disampingnya. Jarak dari Nazaret ke Betlehem kira-kira 80 mil = 128 KM, yang menurut perkiraan mereka menempuh jarak itu dengan kecepatan 4 mil/jam, sehingga akan memakan waktu selama  20 jam.http://wiki.answers.com/Q/If_the_distance_from_Nazareth_to_Bethlehem_is_80_miles_how_long_would_it_have_taken_Mary_and_Joseph_to_walk_the_distance

Lukas 2:3 Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri.
2:4 Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, -- karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud --
2:5 supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung.

Ketika Herodes memerintahkan untuk membunuh anak2 dengan usia dua tahun ke bawah, maka malaikat Tuhan memerintahkan Yusuf untuk mengungsikan Maria & Yesus ke Mesir. Perjalanan yang harus mereka tempuh adalah kira2 488 km (303 mil). Jarak ini harus mereka tempuh kira dalam waktu 5 – 6 hari. http://www.evi.com/q/distance_from_nazareth,_israel_to_egypt
Bagaimana mungkin Yususf dapat mendampingi keluarganya dengan berjalan kaki apabila kondisi Yusuf tidak prima.

Matius 2:13 Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia."
2:14 Maka Yusuf pun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir,
2:15 dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku.

Tiap tahun Yusuf harus membawa keluarganya ke Yerusalem untuk merayakan Paskah. Jarak yang harus mereka tempuh dari Nazaret kira2 63 mil = 102 km dengan berjalan kaki bolak-balik. Hal ini terjadi juga ketika Yesus sudah berumur 12 tahun. Jadi ketika itu Yusuf masih muda & kuat sehingga sanggup mendampingi keluarganya dalam perjalanan itu. http://www.distancefromto.net/between/Jerusalem/Nazareth

Lukas 2:41 Tiap-tiap tahun orang tua Yesus pergi ke Yerusalem pada hari raya Paskah.
2:42 Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.
2:43 Sehabis hari-hari perayaan itu, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya.
2:44 Karena mereka menyangka bahwa Ia ada di antara orang-orang seperjalanan mereka, berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan mereka.
2:45 Karena mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari Dia.

Pada saat peristiwa perkawinan di Kana, Yusuf tidak disebutkan menyertai keluarganya untuk menghadiri pesta perkawinan itu. Diperkirakan saat itu Yusuf sudah meninggal, bahkan diperkirakan bahwa Yusuf meninggal tidak lama setelah Yesus berumur 12 tahun. Itulah salah satu alasan mengapa setelah usia itu Yesus tidak muncul, karena Dia harus menggantikan Yusuf sebagai kepala keluarga menjadi tukang kayu (Markus 6:3).

Yohanes 2:1 Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ;

YUSUF MEMILIKI ANAK2 LAIN DARI MARIA:
Matius  13:55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?

Markus  6:3 Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.

KESIMPULAN:
Dari fakta2 itu tentulah Yusuf merupakan seorang muda yang gagah dan kuat ketika dia menikahi Maria, Yusuf juga masih normal dan memiliki keinginan biologis ( matius 1:24-25), dan dari perkawinan mereka disebutkan ada anak2 lain selain Yesus yang dikandung dari ROH KUDUS (Yesus bukan anak hasil perkawinan Yusuf & Maria)..

Fakta2 ini tentunya dapat membantah pendapat yang mengajarkan bahwa usia Yusuf sudah tua (TOP), duda yg sudah memiliki beberapa anak ketika menikah dengan Maria. Pendapat kedua ini hanya menggiring ke arah pengajaran bahwa Maria tetap perawan yang sangat tidak sesuai dengan fakta2 Alkitab, padahal Maria melahirkan Yesus secara normal bukan secara caesar.
GBU all.
Logged

"tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru : mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah". Yesaya  40:31
amidya
Moderator
Anak Tuhan
*****

Karma: 0
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 121



View Profile
« Reply #1 on: November 24, 2013, 10:22:33 PM »

Shalom Bapak Paul,

Sosok Yusuf memang memberikan sebuah penggambaran yang tentu menjadi idola untuk saat ini. Yusuf tidak hanya sosok muda, brilian dan memiliki jiwa memimpin. Tetapi, satu hal yang pasti, ia hidup sesuai dengan kebenaran firman Tuhan saat itu, dia berusaha lari ketika dosa datang dan dia menjadi tokoh yang sangat membuat sejarah baru bagi Israel. Yusuf begitu luar biasa dan dia memiliki karier yang cemerlang pula, yaitu sebagai penguasa no.2 di Mesir pada waktu itu. Yang menjadi perenungan bagi saya dan semua orang saat ini, dapatkah kita menjadi sosok seperti Yusuf yang menjadikan masa lalu dan kesulitan hidup untuk dapat mendapatkan kesuksesan di masa yang akan datang? Dan, menjaga kesucian hidup atau hidup benar di hadapan Allah? Terima kasih untuk artikel yang sudah Bapak kirimkan. Tuhan Yesus Memberkati..

Salam,
Amidya
Logged

Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: "Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau." (Yesaya 41:13)
Pages: [1] Go Up Print 
« previous next »
Jump to:  

Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.8 | SMF © 2006-2008, Simple Machines LLC Valid XHTML 1.0! Valid CSS!
Page created in 0.438 seconds with 18 queries.