Aneka Permainan Sekolah Minggu

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Berikut ini adalah daftar berbagai permainan Sekolah Minggu yang bisa dilakukan atau diterapkan dalam aktivitas Sekolah Minggu:

Daftar isi

Susun Ayat

Tujuan

Membantu anak menghafal ayat-ayat Alkitab

Peserta

Kelas Tengah, Besar

Bahan

Pilihlah 2-3 ayat Alkitab. Kemudian tuliskan ayat tsb pada potongan-potongan kertas KATA per KATA (satu kata untuk satu potongan kertas). Buatlah beberapa set sejumlah kelompok.

Cara bermain

Anak diminta untuk menyusun ayat Alkitab dari potongan-potongan kertas yang disediakan dengan urutan yang benar. Bagilah anak dalam beberapa kelompok. Permainan dimulai dengan membagikan 1 set potongan KATA kepada setiap kelompok.

Setelah diberi aba-aba, setiap kelompok mulai menyusun potongan-potongan KATA menjadi satu ayat yang utuh. Kelompok yang pertama kali selesai mendapat nilai 100; kedua: 50; ketiga: 25. Setelah selesai dinilai, dapat dilanjutkan dengan ayat yang lain.

Yesus Berkata

Tujuan

Mengajarkan anak untuk mendengarkan perintah Tuhan dan tidak menuruti suara lain.

Peserta

Kelas Tengah / Besar

Cara bermain

Permainan ini sangat mudah dilakukan dan tanpa membutuhkan persiapan bahan. Semua anak harus mendengarkan perkataan guru dengan baik. Jika guru mengeluarkan perintah yang dimulai dengan kata "Yesus berkata…" maka anak-anak harus melakukan perintah itu. Sebaliknya jika perintah guru tanpa kata "Yesus berkata…" maka anak-anak tidak boleh melakukan perintahnya. Yang salah dapat "dihukum" atau "dipenjarakan" di satu tempat.

Contoh perintah : Yesus berkata "angkat tangan kananmu"; "turunkan"; "Yesus berkata pegang hidungmu"; "tutup mata"; "tangan di atas meja"

Kacang Dalam Lingkaran

  • Peralatan : Sejumlah kacang, kancing, atau benda kecil lainnya.
  • Jumlah Pemain : Bebas
  • Waktu : 10 menit
Tujuan
  • Melatih keuletan
  • Melatih kecekatan inisiatif
  • Untuk diperlombakan
Cara Bermain

Semua membentuk lingkaran dengan punggungnya menghadap lingkaran. Sejumlah kacang diletakkan di tengah lingkaran dan pemimpin (guru) berteriak, "Hadap kanan!", "Balik kiri!", dan sebagainya, sampai ia berteriak, "Ambil!" dan segera tiap anak berebut mengambil kacang di tengah lingkaran. Yang memperoleh kurang dari dua biji kacang dikeluarkan. Jumlah kacang harus dihitung, dan yang bertahan paling lama adalah pemenangnya.

Burung, Ikan, atau Binatang

  • Peralatan : Tidak ada
  • Jumlah Pemain: Bebas
  • Waktu : 15 - 20 menit
Tujuan
  • Melatih kecerdasan
  • Melatih kecepatan/daya refleks
Cara Bermain

Semua duduk melingkar di lantai dan seorang anak di tengah. Anak yang ditengah menunjuk salah seorang di lingkaran dan berkata, "Burung, ikan, atau binatang." Misalnya dia berkata, "Burung!" anak yang ditunjuk tadi harus cepat mencari nama burung dan mengatakannya. Bila ia tidak dapat mengatakannya setelah anak yang di tengah menghitung sampai empat, maka ia harus ganti maju ke tengah, berusaha menangkap orang lain. Nama yang pernah disebut tidak boleh diulangi.

PB atau PL

Tujuan

Memperkenalkan tokoh-tokoh Alkitab atau cerita Alkitab kepada anak-anak

Cara bermain

Guru menyebutkan nama seorang tokoh Alkitab. Dan anak-anak harus menjawab PB jika tokoh itu adalah tokoh Perjanjian Baru, dan PL jika tokoh Perjanjian Lama.

Permainan ini bisa divariasikan dengan diganti dengan cerita Alkitab. Guru menceritakan sekilas cerita Alkitab. Jika cerita itu terdapat dalam Perjanjian Lama, maka anak-anak menjawab PL, jika terdapat dalam Perjanjian Baru, maka anak-anak menjawab PB.

Susun nama-nama Kitab

Tujuan

Mengajar anak-anak menghafal urutan kitab-kitab dalam Alkitab

Bahan

Siapkan sebanyak 39 + 27 potongan kertas. Sebaiknya gunakan kertas yang agak tebal, bisa gunakan kertas bufalo atau pindo card. Tuliskan pada tiap potongan kertas dari 39 itu dengan Kitab Perjanjian Lama, mulai dari Kejadian hingga Maleakhi dan pada ke-27 potongan kertas dengan Nama-nama Kitab Perjanjian Baru dari Matius hingga Wahyu. Anda juga dapat menggunakan kertas dengan warna berbeda untuk membedakan Kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Buatlah beberapa set sejumlah kelompok yang dibagi.

Cara bermain

Bagilah anak dalam beberapa kelompok. Bagikan tiap set potongan kepada masing-masing kelompok. Kemudian Anak diminta untuk menyusun Kitab dari potongan-potongan kertas yang disediakan dengan urutan yang benar, dari Perjanjian Lama hingga Perjanjian Baru. Tentukan batas waktu permainan sesuai kemampuan anak. Setiap kelompok yang dapat menyelesaikannya dengan susunan yang benar dan sebelum waktu berakhir dinyatakan sebagai pemenang.

Panas dingin

Cara bermain

Tunjuklah seorang anak dan mintalah ia keluar ruangan. Mintalah kepadanya supaya ia tidak mengintip. Sementara itu di dalam ruangan, guru menyentuh sebuah benda dan dilihat oleh semua anak yang ada di dalam ruangan.

Setelah itu, panggillah anak yang berada di luar tersebut untuk masuk kembali. Tugas anak ini adalah mencari barang yang telah disentuh guru dalam waktu yang ditentukan (misalnya 1 menit), dengan cara memperhatikan petunjuk yang diberikan anak-anak yang lain. Ketika ia masih berada di tempat yang jauh dari benda itu, teman-temannya berkipas-kipas seolah-olah sedang kepanasan, sambil mengeluh "panas.. panas.. panas.." Tetapi, jika ia semakin dekat dengan benda itu, teman-temannya harus menggigil kedinginan sambil berkata "Brrrr.... dingin.. dingin.. dingin..".

Mengasihi tetangga

Cara bermain

Susunlah kursi membentuk lingkaran dengan menghadap ke pusat lingkaran. Semua anak, kecuali satu, duduk di kursi yang disusun melingkar. Anak yang tidak mendapatkan kursi mendekati salah seorang anak dan bertanya: "Apakah kamu mengasihi tetanggamu?". Jika ia menjawab "iya", maka anak yang duduk di sebelah kanan dan kiri orang yang ditanya harus bertukar tempat duduk. Anak yang bertanya boleh merebut tempat duduk salah seorang anak.

Anak yang tidak mendapatkan tempat duduk harus melakukan hal yang sama, yaitu bertanya "Apakah kamu mengasihi tetanggamu?" Jika jawabannya adalah "Tidak", maka harus diajukan pertanyaan selanjutnya "Lalu kamu mengasihi siapa?". Anak yang ditanya tadi harus menjawab "Saya mengasihi..." dan menyebut nama seseorang temannya. Maka anak yang disamping kanan dan kiri dari temannya yang namanya disebut harus bertukar tempat. Dan anak yang bertanya tadi harus merebut kursi yang ditinggalkan oleh salah seorang anak. Kemudian yang tidak mendapatkan tempat harus mengajukan pertanyaan yang sama, dan begitu seterusnya.

Lihat pula

Pranala luar

Peralatan pribadi