Forum In-Christ.Net
Welcome, Guest. Please login or register.
March 28, 2024, 06:55:42 PM

Login with username, password and session length
Search:     Advanced search
Dear In-Christ.Netters, pengkategorian forum ICN mulai Juni 2015 telah dirombak. Beberapa board kini telah disatukan untuk meningkatkan efektivitas dan kenyamanan dalam menjelajahi dan berpartisipasi di forum ini.

Silakan berikan masukan/saran bagi kemajuan forum ini di http://www.in-christ.net/forum/index.php/board,3.0.html
2910 Posts in 832 Topics by 4096 Members
Latest Member: JeorgeSmith
* Home Help Search Login Register
+  Forum In-Christ.Net
|-+  Pelayanan
| |-+  Misi
| | |-+  Doa (Moderators: sabda, okti)
| | | |-+  KEUNTUNGAN BERDOA BAGI MUSUH
0 Members and 1 Guest are viewing this topic. « previous next »
Pages: [1] Go Down Print
Author Topic: KEUNTUNGAN BERDOA BAGI MUSUH  (Read 1980 times)
amidya
Anak Tuhan
***

Karma: 0
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 121



View Profile
« on: April 03, 2014, 01:32:09 AM »

Lima Keuntungan Berdoa bagi Musuh Anda

Semua orang memiliki musuh. Batman bermusuhan dengan Joker. Superman bermusuhan dengan Lex Luthor. Serial Star Wars memiliki musuh George Lukas. Contoh kesukaan saya mengenai sebuah hubungan permusuhan adalah hubungan antara Frodo dan Gollum. Melalui Trilogi Lord of The Ring, Frodo dan Gollum beberapa kali bertemu dan bahkan bepergian bersama dalam suatu waktu. Motif mendua Gollum menyebabkannya berusaha dan bermaksud menyakiti Frodo, karena kelemahannya atas benda berharga-nya. Frodo mengalami godaan dan tergerak oleh belas kasihan kepada Gollum. Hubungan itu selalu membuat saya berpikir tentang bagaimana seharusnya saya berpikir mengenai musuh-musuh saya.

Selama bertahun-tahun, saya telah berusaha berbelas kasih kepada musuh-musuh saya dan berdoa bagi mereka supaya mereka tergerak oleh anugerah Tuhan. Melalui doa-doa tersebut, saya menemukan segenggam hasil positif:

1. Allah Melimpahkan Anugerah pada Musuh Anda

    Ini menjadi yang pertama karena inilah yang paling jelas. Setiap orang yang berdoa bagi orang lain, melakukannya untuk tujuan ini. Allah mendengar doa-doa kita, kecuali, mungkin, doa beberapa orang Katolik yang meminta "Pilihan Bebas" dalam doa rosari untuk "hak" mengaborsi setiap tahun, selama March for Life. Berdoa bagi musuh-musuh kita adalah seperti berdoa untuk orang yang lain. Kita berdoa untuk perubahan mereka, dan supaya mereka terbuka terhadap anugerah Allah. Sederhana dan mudah.
   
2. Anugerah Allah bagi Anda

    Setiap kali Anda berdoa untuk apa pun, Anda berkomunikasi kepada Allah, dan Ia melimpahkan anugerah kepada Anda. Ini juga sesuatu yang bersifat maju ke depan. Sekarang mengarah ke seluk beluk.
   
3. Tindakan Kerendahan Hati adalah Baik bagi Jiwa

    Dibutuhkan banyak keberanian untuk berdoa bagi musuh Anda, menelannya dan melakukan sesuatu yang mengasihi untuk seseorang yang mungkin akan meludahi wajah Anda jika diberikan kesempatan. Kejahatan membalas dendam adalah kuat, menyesatkan, dan ingin mengalihkan kita dari mengasihi musuh kita. Tindakan kerendahan hati ini berjalan dalam sebuah perjalanan panjang untuk menaklukkan kejahatan itu.
   
4. Anda Melihat Musuh Anda sebagai Anak-Anak Allah

    Ketika berdoa bagi musuh Anda, Anda mulai memberi perhatian pada kesejahteraan rohani mereka. Anda tidak lagi melihat musuh Anda sebagai target penyerangan abstrak, namun sebagai manusia yang rapuh, diciptakan dalam gambar dan rupa Allah, yang juga memiliki kesalahan-kesalahan seperti Anda. Mereka adalah saudara dan saudari Anda dan layak mendapat kasih serta pengampunan Anda, seperti halnya Allah mengasihi dan mengampuni Anda.
   
5. Damai

    Akhirnya, kombinasi antara anugerah Allah, pengampunan, kerendahan hati, berujung pada panci raksasa penggodokan kedamaian. St. Silouan dari Anthonite paling baik dalam menggambarkan kedamaian ini:

    "Jiwa tidak akan mengenal damai, kecuali ia berdoa bagi musuh-musuhnya. Jiwa yang telah belajar dari anugerah Allah untuk berdoa, mampu merasakan cinta dan belas kasih untuk semua ciptaan, khususnya manusia, yang baginya Tuhan telah menderita di kayu salib, dan jiwa-Nya terbeban bagi kita semua."

Bahkan, orang yang paling suci pun memiliki musuh, yaitu orang-orang yang tidak sepakat dengannya. Musuh-musuh Yesus adalah orang-orang yang menyalibkan Dia, dan Ia berdoa bagi mereka bahkan sampai Ia mati. Tindakan kasih yang indah semacam ini tidak datang dengan mudah, namun membawa anugerah bagi semua yang terlibat. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: Truth and Charity
Alamat: http://truthandcharity.net/5-benefits-to-praying-for-your-enemies/
Judul asli artikel: 5 Benefits to Praying for Your Enemies
Penulis artikel: Matt Sciba
Tanggal akses: 25 Juni 2013
Logged

Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: "Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau." (Yesaya 41:13)
Pages: [1] Go Up Print 
« previous next »
Jump to:  

Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.8 | SMF © 2006-2008, Simple Machines LLC Valid XHTML 1.0! Valid CSS!
Page created in 0.038 seconds with 18 queries.