Forum In-Christ.Net
Welcome, Guest. Please login or register.
March 29, 2024, 09:36:52 AM

Login with username, password and session length
Search:     Advanced search
Dear In-Christ.Netters, pengkategorian forum ICN mulai Juni 2015 telah dirombak. Beberapa board kini telah disatukan untuk meningkatkan efektivitas dan kenyamanan dalam menjelajahi dan berpartisipasi di forum ini.

Silakan berikan masukan/saran bagi kemajuan forum ini di http://www.in-christ.net/forum/index.php/board,3.0.html
2910 Posts in 832 Topics by 4096 Members
Latest Member: JeorgeSmith
* Home Help Search Login Register
+  Forum In-Christ.Net
|-+  Teologi
| |-+  Teologi (Moderators: ayub, amidya)
| | |-+  Pentingnya Berapologetika?
0 Members and 1 Guest are viewing this topic. « previous next »
Pages: [1] Go Down Print
Author Topic: Pentingnya Berapologetika?  (Read 2455 times)
amidya
Moderator
Anak Tuhan
*****

Karma: 0
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 121



View Profile
« on: November 26, 2014, 07:35:09 PM »

Shalom,
Menurut Anda, apa itu Apologetika?
Seberapa penting kita berapologetika?

Selamat Berdiskusi. Tuhan Memberkati.
Logged

Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: "Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau." (Yesaya 41:13)
pa_ul
Hamba Tuhan
****

Karma: 0
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 368



View Profile
« Reply #1 on: November 27, 2014, 07:51:49 PM »

Kata “apologi” berasal dari kata bahasa Yunani yang pada dasarnya berarti “memberi pembelaan.” Karena itu apologetika Kristen adalah ilmu tentang pembelaan iman Kristen. Ada banyak kaum skeptik yang meragukan keberadaan Allah dan/atau menyerang kepercayaan kepada Allah dalam Alkitab. Ada banyak pengeritik yang menyerang pengilhaman dan ketidaksalahan Alkitab. Ada banyak guru-guru palsu yang mempromosikan doktrin yang salah dan menyangkal kebenaran-kebenaran kunci iman Kristen. Misi dari apologetika Kristen adalah memerangi semua gerakan-gerakan ini dan mempromosikan Allah Kristen dan kebenaran Kristen.

Mungkin ayat kunci untuk apologetika Kristen di dalam Alkitab adalah 1 Petrus 3:15, “Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat …” Tidak ada alasan bagi seorang Kristen untuk sama sekali tidak mampu mempertahankan imannya. Setiap orang Kristen harus mampu memberi penjelasan yang cukup mengenai iman mereka di dalam Kristus. Tidak, bukan setiap orang Kristen harus menjadi ahli dalam apologetika. Namun setiap orang Kristen perlu mengerti apa yang mereka percaya, mengapa mereka percaya, bagaimana membagikannya dengan orang lain, dan bagaimana mempertahankannya dari kebohongan dan serangan.

Aspek kedua dari apologetika Kristen yang sering diabaikan adalah bagian kedua dari 1 Petrus 3:15, “Tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat ....” Mempertahankan iman Kristen dengan apologetika tidak boleh dengan kasar, marah atau tidak hormat. Saat melakukan apologetika Kristen, kita harus berusaha untuk memberikan pembelaan yang kuat dan pada saat yang sama bersikap seperti Kristus dalam penyajian kita. Kalau kita memenangkan perdebatan namun makin menjauhkan orang dari Kristus karena sikap kita, kita telah kehilangan tujuan yang sebenarnya dari apologetika Kristen.

Ada dua aspek/metode utama dari apologetika Kristen. Pertama, biasanya disebut sebagai apologetika klasik, mencakup memberikan bukti-bukti bahwa berita Kristen itu benar adanya. Yang kedua, yang biasanya disebut apologetika anggapan mencakup mengkonfrontasikan anggapan-anggapan (prasangka-prasangka, asumsi-asumsi) dibalik pendirian anti-Kristen. Para penganut kedua metode apologetika Kristen ini sering berdebat satu dengan yang lain soal metode mana yang paling efektif. Kelihatannya menggunakan kedua metode akan jauh lebih efektif, tergantung kepada orang dan situasi.

Apologetika Kristen adalah menyajikan pembelaan yang masuk akal untuk iman dan kebenaran Kristen kepada mereka yang tidak setuju. Apologetika Kristen merupakan aspek yang perlu dari kehidupan Kristiani kita. Kita semua diperintahkan untuk siap dan diperlengkapi untuk memberitakan Injil dan mempertahankan iman kita (Matius 28:18-20; 1 Petrus 3:15). Itulah hakekat dari apologetika Kristen.

Baca lebih lanjut: http://www.gotquestions.org/Indonesia/apologetika-Kristen.html#ixzz3KK9286zN
Logged

"tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru : mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah". Yesaya  40:31
ayub arifin tanjung
Anak Tuhan
***

Karma: 0
Offline Offline

Posts: 117


View Profile
« Reply #2 on: November 28, 2014, 02:32:30 AM »

Apologetika merupakan hal untuk mempertanggungjawabkan kebenaran iman kristen kepada orang lain
apakah ini penting? sebagian orang kristen mungkin akan acuh dan mungkin akan mengabaikan serangan-serangan orang lain terhadap kekristenan, tentu penting bagi orang kristen untuk mempertanggungjawabkan kebenaran yang diketahui terhadap serangan-serangan, tujuannya bukan bermaksud agar menjadi pembela kebenaran tetapi sebagai utusan Allah yang harus siap sedia memberitakan Firman (2 Timotius 4:2)...juga lebih jelasnya di dalam 1 Pet. 3:15 "Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan ! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat". Tuhan memberkati  Smiley
Logged
Pages: [1] Go Up Print 
« previous next »
Jump to:  

Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.8 | SMF © 2006-2008, Simple Machines LLC Valid XHTML 1.0! Valid CSS!
Page created in 0.103 seconds with 18 queries.