Bantuan:Penyuntingan

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia

Revisi per 13:24, 14 Desember 2007; Bennylin (Bicara | kontrib)
(beda) ←Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)
Langsung ke: navigasi, cari

Kolaborasi In-Christ adalah sebuah Wiki, artinya siapapun dapat menyunting artikel yang tidak dilindungi dan perubahannya akan langsung tampak pada halaman tersebut.

Untuk menyunting halaman Kolaborasi In-Christ mudah sekali. Klik saja tab "sunting" yang terdapat di bagian atas halaman. Anda akan dibawa ke sebuah halaman yang berisi kotak teks besar yang dapat disunting untuk halaman tersebut. Anda dapat mencobanya sekarang juga, tapi jika hanya untuk coba-coba sebaiknya jangan di halaman ini. Silakan gunakan bak pasir. Anda dapat melakukan apa saja di sana tanpa khawatir akan merusakkan sesuatu.

Mulailah mengetik, kemudian tuliskan ringkasan suntingan Anda di kotak kecil berjudul "Ringkasan" di bagian bawah. Klik tombol "Tampilkan pratilik" untuk melihat bagaimana tampilan artikel Anda sebelum benar-benar menyimpannya, dan klik tombol "Simpan halaman" jika Anda sudah benar-benar yakin artikel Anda layak disimpan.

Selain tab "sunting", Anda juga dapat mengklik tab "diskusi" untuk melihat Halaman Pembicaraan, yaitu sebuah halaman yang berisi komentar-komentar atau diskusi mengenai halaman yang bersangkutan. Untuk menambahkan komentar Anda sendiri, klik tab "+" atau tab "sunting halaman ini" untuk menyuntingnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Jika suntingan Anda hanya berupa koreksi ejaan, pemformatan, atau penataan ulang teks tanpa menambah isi, sebaiknya tandai suntingan tersebut sebagai sebuah "suntingan kecil" dengan menaruh tanda cek pada kotak di bawah kotak teks.
  • Jika Anda hanya ingin memberi komentar, tuliskan pada halaman "diskusi", jangan menyunting artikel utamanya.
  • Di dalam halaman "diskusi", jangan menghapus atau mengubah komentar siapapun kecuali komentar Anda sendiri. Menghapus atau mengubah komentar orang lain (apapun isi komentar tersebut) adalah hal yang melanggar etika berkomunikasi. Jika memang isi komentar tersebut sangat menyinggung perasaan atau tidak sopan, bicarakan dengan orang yang bersangkutan agar mengubahnya sendiri.
Peralatan pribadi