BioKristi

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

BioKristi atau Biografi Kristiani adalah sebuah situs yang bernaung di bawah Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Situs ini memuat tulisan-tulisan tentang tokoh-tokoh Kristen.

Berikut informasi yang diambil dari situs tersebut:

Latar Belakang

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak pula karya yang ditorehkan oleh manusia. Berbagai pemikiran telah diwujudnyatakan dalam penemuan-penemuan yang seolah tak kunjung berhenti. Penyempurnaan terhadap karya-karya awal terus dilakukan demi meningkatkan kualitas hidup manusia.

Perkembangan tersebut terjadi di berbagai bidang kehidupan, meliputi musik, ilmu pengetahuan, teologi, dan lain-lain. Fakta yang tidak dapat disangkal ialah bahwa Tuhan telah memakai begitu banyak orang untuk berkarya sekaligus memberi warna bagi dunia di berbagai bidang tersebut.

Namun demikian, ada fakta yang hampir tidak pernah diketahui oleh banyak orang. Banyak yang hanya melihat hasil di permukaan tanpa melihat apa yang berada di balik setiap pemikiran dan penemuan besar manusia. Tidak banyak orang yang menyadari pengaruh kuat kekristenan di balik setiap karya yang dihasilkan.

Lingkungan gereja tampaknya mulai melakukan hal yang sama. Meskipun belakangan ini pertumbuhan gereja tampak begitu pesat, hal tersebut tidak diiringi pengenalan akan sejumlah tokoh gereja yang telah dipakai Tuhan untuk memikirkan begitu banyak hal termasuk doktrin-doktrin gereja. Tidak banyak orang yang mengenal Agustinus, Irenaeus, bahkan Martin Luther.

Krisis seperti ini perlu diakhiri dengan segera. Meski tidak untuk dikultuskan, berbagai pemikiran yang mereka hasilkan perlu dikenal, dihargai, dan dipikirkan kembali. Oleh karena itu, upaya-upaya untuk kembali memperkenalkan tokoh-tokoh yang telah dipakai Tuhan ini menjadi begitu penting. Tokoh-tokoh tersebut meliputi tokoh-tokoh yang berdampak dalam kehidupan gereja, budaya, dan ilmu pengetahuan.

Visi dan Misi

Visi

Mewujudkan masyarakat Kristen yang mengenal dan menghargai tokoh-tokoh Kristen, pemikiran-pemikirannya, dan karya-karyanya.

Misi

Memperkenalkan tokoh-tokoh Kristen yang berpengaruh di sepanjang sejarah, berikut pemikiran-pemikiran dan karya-karyanya.

Tujuan
  1. Menjadi media yang menyampaikan kisah hidup, pemikiran, serta karya tokoh-tokoh Kristen yang berpengaruh dalam berbagai bidang.
  2. Mengarahkan masyarakat Kristen agar menghargai dan memikirkan kedalaman karya tokoh-tokoh tersebut melalui publikasi berkala.
  3. Menjadi sumber bahan yang menopang Buletin Elektronik Bio-Kristi.

Keanggotaan

Seluruh masyarakat Kristen, interdenominasi.

Peralatan pribadi