Mazmur 104

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Mazmur 104 (Penomoran Septuaginta: Mazmur 103) adalah sebuah mazmur dalam bagian ke-4 Kitab Mazmur di Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen. Tidak dicatat nama penggubahnya. Dalam versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia, Mazmur ini diberi judul "Kebesaran TUHAN dalam segala ciptaan-Nya".

Daftar isi

Tradisi Yahudi

  • Orang Yahudi Ortodoks membaca lengkap Mazmur 104 tiap hari pada ibadah pagi "Shacharit" dan pada waktu khusus seperti bulan baru Rosh Chodesh[1].
  • Dibaca setelah Mincha antara hari raya Sukkot dan Shabbat Hagadol[2].
  • Ayat 1-2 dibaca setelah memakai tallit dalam ibadah pagi Shacharit[3].
  • Ayat 24 bagian dari Hameir La'aretz dalam doa berkat sebelum Shema Yisrael pada waktu Shacharit[4] dan dicatat dalam Pirkei Avot Bab 6, no. 10[5].
  • Ayat 31 adalah baris ke-1 Yehi Kivod dalam Pesukei Dezimra[6], bagian dari Baruch Hashem L'Olam dalam ibadah petang Maariv[7], dan dibaca waktu membuka Hakafot waktu Simchat Torah[8].

Tradisi Kristen

  • Dipakai dalam liturgi Gereja Ortodoks Timur di awal doa petang vespers dan doa semalam suntuk all-night vigil. Biasanya dibacakan setelah doa pembukaan ibadah.
  • Dipakai sebagai nyanyian mengenang Penciptaan oleh Allah akan binatang, tumbuhan, air, langit dan lain-lain, sering dianggap sebagai nyanyian Adam (manusia pertama) di luar batas taman Firdaus (Eden) setelah diusir keluar Kejadian 3. Saat mazmur ini dinyanyikan, pastor berdiri di balik Pintu Utama ruang kebaktian (Royal Doors) hanya memakai epitrachilion untuk membuat makna simbolik ini lebih nyata.
  • Filsuf Jerman Johann Gottfried Herder mengagumi keindahan mazmur ini dan berkata, "Tidaklah rugi bila mempelajari bahasa Ibrani sepuluh tahun hanya supaya dapat membacanya dalam bahasa aslinya"

Referensi

  1. Philip Birnbaum, Daily Prayer Book, 1949, p. 465
  2. The Complete Artscroll Siddur page 530
  3. The Complete Artscroll Siddur page 2
  4. The Complete Artscroll Siddur page 87
  5. The Complete Artscroll Siddur page 587
  6. The Complete Artscroll Siddur page 64
  7. The Complete Artscroll Siddur page 265
  8. The Complete Artscroll Siddur page 759

Pranala luar

de:Psalm 104 en:Psalm 104 ru:Псалом 103

Peralatan pribadi