Mazmur 142

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Mazmur 142 (Penomoran Septuaginta: Mazmur 141) adalah sebuah mazmur dalam bagian ke-5 Kitab Mazmur di Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen. Mazmur ini digubah oleh Daud ketika bersembunyi dalam gua. Dalam versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia, Mazmur ini diberi judul "Doa seorang yang dikejar-kejar". Dalam Alkitab tercatat bahwa Daud bersembunyi di gua-gua, terutama saat dikejar-kejar untuk dibunuh oleh raja Saul. Ada dua gua yang terkenal, yaitu Adulam (1 Samuel 22:1) dan En-gedi (1 Samuel 24:3).

Daftar isi

Tradisi Yahudi

  • Dibacakan pada waktu kesusahan mendekati keputusasaan. Diingatkan bahwa dalam situasi apapun, Allah saja yang dapat membawa kepada kesuksesan[1].

Penomoran ayat

Dalam Alkitab Indonesia, mazmur ini terdiri dari 8 ayat, dimana ayat 1 adalah pengantar "Nyanyian pengajaran Daud, ketika ia ada di dalam gua: suatu doa." (versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia ). Dalam Alkitab Inggris, kalimat pengantar ini tidak diberi nomor ayat, sehingga seluruhnya hanya ada 7 ayat, dimana ayat 1 bahasa Inggris sama dengan ayat 2 bahasa Indonesia dan seterusnya.

Referensi

  1. The Artscroll Tehillim page 306

Pranala luar

en:Psalm 142

Peralatan pribadi