Mazmur 19

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Mazmur 19 (Penomoran Septuaginta: Mazmur 18) adalah sebuah mazmur dalam Kitab Mazmur di Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen. Mazmur ini digubah oleh Daud. Dalam versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia, Mazmur ini diberi judul "Kemuliaan TUHAN dalam pekerjaan tangan-Nya dan dalam Taurat-Nya".

Ada tiga bagian:

  • 1. Keagungan ciptaan TUHAN dan bagaimana ciptaan itu memberi kesaksian keberadaan TUHAN pada semua bangsa.
  • 2. Keindahan Hukum-hukum TUHAN yang tidak berubah.
  • 3. Doa Daud untuk meminta ampun atas kesalahan serta perlindungan untuk tidak berbuat kesalahan.

Daftar isi

Tradisi Yahudi

  • Dibacakan sebagai bagian persiapan Ibadah Yahudi pada hari Sabat pagi dan di hari-hari raya[1].

Tradisi Kristen

Dalam suratnya di Roma 1:20, rasul Paulus mengacu pada mazmur ini, dimana kekuatan dan keilahian Allah yang tidak kelihatan itu dapat dilihat dalam bentuk ciptaanNya, sehingga manusia tidak bisa mengingkari keberadaan Allah.

Penomoran ayat

Dalam Alkitab Indonesia, mazmur ini terdiri dari 15 ayat, dimana ayat 1 adalah pengantar "Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud." (versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia). Dalam Alkitab Inggris, kalimat pengantar ini tidak diberi nomor ayat, sehingga seluruhnya hanya ada 14 ayat, dimana ayat 1 bahasa Inggris sama dengan ayat 2 bahasa Indonesia dan seterusnya. Ayat 15 sering dipakai sebagai doa sebelum khotbah dalam Ibadah gereja.

Referensi

  1. Commentary on Psalm 19, in Berlin, Adele and Brettler, Marc Zvi, The Jewish Study Bible, Oxford University Press, Oxford, New York pp. 1302–1303

Pranala luar

en:Psalm 19 pl:Psalm 19

Peralatan pribadi