Mazmur 52

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Mazmur 52 (Penomoran Septuaginta: Mazmur 51) adalah sebuah mazmur dalam bagian ke-2 Kitab Mazmur di Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen. Ditulis oleh Daud. Dalam versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia, Mazmur ini diberi judul "Hukuman terhadap orang fasik".

Pengantar mazmur ini mengacu pada cerita dalam 1 Samuel 21:7 dan 1 Samuel 22:9-23, dimana Doeg, orang Edom, menyaksikan bahwa imam Ahimelekh menolong Daud, yang sedang diburu untuk dibunuh oleh raja Saul. Doeg melaporkan hal ini kepada Saul. Akibatnya, Saul menyuruh bunuh imam itu, keluarganya dan semua orang di kota Nob, tempat tinggal imam itu. Hanya satu orang yang selamat, yaitu imam Abyatar, yang kemudian berpihak pada Daud.

Daftar isi

Tradisi Yahudi

  • Mazmur ini mengecam orang-orang yang menggunakan talentanya untuk kejahatan.[1]

Penomoran ayat

Dalam Alkitab Indonesia, mazmur ini terdiri dari 11 ayat, dimana ayat 1 dan 2 adalah pengantar "Untuk pemimpin biduan. Nyanyian pengajaran Daud, ketika Doeg, orang Edom itu, datang memberitahukan kepada Saul, bahwa Daud telah sampai di rumah Ahimelekh." (versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia ). Dalam Alkitab Inggris, kalimat pengantar ini tidak diberi nomor ayat, sehingga seluruhnya hanya ada 9 ayat, dimana ayat 1 bahasa Inggris sama dengan ayat 3 bahasa Indonesia dan seterusnya.

Referensi

  1. The Artscroll Tehillim page 110

Pranala luar

en:Psalm 52
Peralatan pribadi