Mazmur 53

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Mazmur 53 (Penomoran Septuaginta: Mazmur 52) adalah sebuah mazmur dalam bagian ke-2 Kitab Mazmur di Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen. Mazmur ini digubah oleh Daud. Dalam versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia, Mazmur ini diberi judul "Kebobrokan manusia". Bagian depan Mazmur ini sama dengan Mazmur 14.

Daftar isi

Tradisi Yahudi

Jika Mazmur 14 dianggap sebagai nubuat hancurnya Bait Allah yang pertama (yang dibangun raja Salomo), maka mazmur ini dianggap menubuatkan hancurnya Bait Allah kedua, yang diselesaikan beberapa tahun sebelum kelahiran Yesus oleh raja Herodes[1].

Tradisi Kristen

Bagian awal Mazmur ini (yang sama dengan Mazmur 14) dikutip oleh Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma dalam bentuk yang agak berbeda, kecuali ayat 4 yang tepat sama, untuk mengingatkan bahwa semua manusia sudah berdosa dan tidak sanggup menyelamatkan dirinya dari hukuman (Roma 3:10-12).

Penomoran ayat

Dalam Alkitab Indonesia, mazmur ini terdiri dari 7 ayat, dimana ayat 1 adalah pengantar "Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Mahalat. Nyanyian pengajaran Daud." (versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia ). Dalam Alkitab Inggris, kalimat pengantar ini tidak diberi nomor ayat, sehingga seluruhnya hanya ada 6 ayat, dimana ayat 1 bahasa Inggris sama dengan ayat 2 bahasa Indonesia dan seterusnya.

Referensi

  1. The Artscroll Tehillim page 110

Pranala luar

de:Psalm 53 en:Psalm 53 pl:Psalm 53

Peralatan pribadi