Mazmur 83

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Mazmur 83 (Penomoran Septuaginta: Mazmur 82) adalah sebuah mazmur dalam bagian ke-3 Kitab Mazmur di Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen. Digubah oleh Asaf. Dalam versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia, Mazmur ini diberi judul "Doa mohon pertolongan melawan musuh".

Daftar isi

Tradisi Yahudi

  • Ayat 7-9 menyebutkan 10 suku bangsa yang mengelilingi dan memusuhi Israel: orang Edom, orang Ismael, orang Moab, orang Hagar, orang Gebal, orang Amon, orang Amalek, orang Filistea beserta penduduk Tirus, dan bani Lot.[1]

Tradisi Kristen

Ayat 14-16 menggambarkan angin "Sirocco" (bahasa Arab: qibli or ghibli قبلي yaitu "datang dari qibla".), yaitu angin ribut sangat panas dari gurun Sahara yang melanda Afrika Utara dan Eropa Selatan dengan kecepatan sampai 100 kilometer per jam pada musim semi (bulan Maret) dan gugur (bulan Nopember), yang dapat merusakkan peralatan dan gedung-gedung.

Penomoran ayat

Dalam Alkitab Indonesia, mazmur ini terdiri dari 19 ayat, dimana ayat 1 adalah pengantar "Mazmur Asaf: suatu nyanyian." (versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia ). Dalam Alkitab Inggris, kalimat pengantar ini tidak diberi nomor ayat, sehingga seluruhnya hanya ada 18 ayat, dimana ayat 1 bahasa Inggris sama dengan ayat 2 bahasa Indonesia dan seterusnya.

Referensi

  1. The New Jerome Biblical Commentary. Engelwood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1990. ISBN 0-13-614934-0.

Pranala luar

cs:Žalm 83 de:Psalm 83 en:Psalm 83 ru:Псалом 82

Peralatan pribadi