Mazmur 89

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari
Gulungan Kitab Mazmur

Mazmur 89 (Penomoran Septuaginta: Mazmur 88) adalah mazmur ke-17 dan terakhir dalam bagian ke-3 Kitab Mazmur di Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen. Mazmur ini merupakan nyanyian pengajaran ("Maskil") gubahan Etan orang Ezrahi, salah satu orang bijak pada zaman raja Salomo 1 Raja-raja 4:31). Ada yang menggolongkan sebagai mazmur pada saat di pembuangan. Dalam versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia, mazmur ini diberi judul "Kesetiaan TUHAN kepada Daud".

Sebagaimana mazmur-mazmur yang mengakhiri suatu bagian dalam Kitab Mazmur, bagian terakhirnya (ayat 53) merupakan doksologi: "Terpujilah TUHAN untuk selama-lamanya! Amin, ya amin.".

Daftar isi

Penomoran ayat

Dalam Alkitab Indonesia, mazmur ini terdiri dari 53 ayat, dimana ayat 1 adalah pengantar "Nyanyian pengajaran Etan, orang Ezrahi." (versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia ). Dalam Alkitab Inggris, kalimat pengantar ini tidak diberi nomor ayat, sehingga seluruhnya hanya ada 52 ayat, dimana ayat 1 bahasa Inggris sama dengan ayat 2 bahasa Indonesia dan seterusnya.

Lihat pula

Referensi

Pranala luar

cs:Žalm 89

en:Psalm 89 gd:Salm 89 ru:Псалом 88

Peralatan pribadi