Mazmur 95

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Mazmur 95 (Penomoran Septuaginta: Mazmur 94) adalah sebuah mazmur dalam bagian ke-4 Kitab Mazmur di Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen. Tidak dicatat nama penggubahnya. Dalam versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia, Mazmur ini diberi judul "Hormatilah TUHAN dan taatilah Dia".

Merupakan sebuah mazmur dalam rangkaian "Mazmur Raja" (Royal Psalms), Mazmur 93-99, dimana Allah dihormati sebagai Raja bagi umat-Nya.

Daftar isi

Tradisi Yahudi

  • Alinea pembukaan Kabbalat Shabbat[1].
  • Dibaca pada Shabbat Hagadol[2].
  • Tiga ayat pertama adalah bagian dari mazmur untuk hari Rabu pada Shir Shel Yom[3], satu-satunya hari dalam minggu tersebut dimana mazmurnya digubah dari kumpulan ayat-ayat berbagai Mazmur. Ayat-ayat ini dibaca oleh banyak umat karena pesan yang membangun[4].

Tradisi Kristen

  • Dalam buku Latin Psalters yang dipakai oleh liturgi Roma, merupakan invitatory yang dinyanyikan tiap hari sebelum ibadah matins.
  • Dapat dinyanyikan sebagai canticle dalam liturgi Gereja Anglikan untuk doa pagi, dan dinamakan Venite atau Venite, exultemus Domino (juga A Song of Triumph) sesuai kata-kata pertama terjemahan bahasa Latin.

Referensi

  1. The Complete Artscroll Siddur page 308
  2. The Artscroll Tehillim page 329
  3. The Complete Artscroll Siddur page 164
  4. The Complete Artscroll Siddur page 167

Pranala luar

cs:Žalm 95 de:Psalm 95 en:Psalm 95 pl:Psalm 95

Peralatan pribadi