Absurditas Keseragaman

Absurditas keseragaman

Tidak tegasnya pemerintah dalam menangani persoalan-persolan yang terkait dengan agama membuat hak warga negara untuk beribadah sesuai dengan keyakinannya terlanggar, khususnya ibadah yang dilakukan secara berkelompok.

Sejak terbitnya  SK Bupati No : 300/675/kesbangponlinmas/09, tertanggal 31 Desember 2009, perihal: Penghentian Kegiatan Pembangunan dan Kegiatan Ibadah, Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia, di RT 01 RW 09 Dusun III, Desa Jejalen Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Bekasi,  yang jumlah jemaatnya mencapai 615 jiwa itu  tak bisa lagi beribadah di lokasi gereja milik mereka yang masih berupa “bedeng,”bangunan sederhana, karena telah disegel oleh pemerintah. Pembangunan Gereja HKBP yang menurut peraturan bersama menteri tahun 2006 itu telah memenuhi syarat dihentikan, dan jemaat harus rela berpanas-panas beribadah di sebidang tanah kecil di depan gereja yang telah di segel.

Putusan Pengadilan Tata Usana Negara (PTUN) Bandung telah memenangkan Jemaat Gereja HKBP Filadelfia,  2 September 2010, dimana PTUN Bandung menyatakan batal Surat Keputusan Bupati Bekasi No.300/675/KesbangPollinmas/09, tanggal 31 Desember 2009 Tentang Penghentian Kegiatan Pembangunan dan Kegiatan Ibadah, Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia, di RT. 01 RW. 09 Dusun III, Desa Jejalen Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Ketetapan tersebut kemudian ditetapkan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Jakarta melalui putusannya tertanggal 30 Maret 2011 kembali memenangkan Jemaat Gereja HKBP Filadelfia. Dan  berdasarkan UU. No. 5 Tahun 2004 Tentang Mahkamah Agung pada pasal 45 A ayat 2 huruf c sebenarnya Putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta tersebut sudah final dan tidak bisa diajukan Kasasi karena Surat keputusan Bupati Kabupaten Bekasi tersebut bersifat lokal.Artinya Putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta tersebut telah berkekuatan hukum tetap(inchracht). Namun, jemaat HKBP Filadelfia tetap tak dapat menggunakan rumah ibadah mereka yang tetap di segel oleh pemerintah setempat.

Selanjutnya, jemaat HKBP Filadelfia pada 29 Januari 2012 terpaksa mendirikan tenda untuk beribadah di tanah milik mereka di depan lokasi gereja yang di segel. Kemudian masyarakat yang menolak kehadiran jemaat HKBP dengan sengaja memutar lagu-lagu lewat pengeras suara untuk mengganggu jalannya ibadah HKBP Filadelfia. Pemerintah bukannya melindungi hak beribadah HKBP Filadelfia, malah kembali melakukan pelanggaran dengan memaksakan jemaat HKBP Filadelfia untuk menandatangani kesepakatan yang intinya tidak ada lagi ibadah jemaat HKBP Filadelfia di lokasi tersebut setelah 8 April 2012. Pemerintah daerah takluk kepada kelompok-kelompok intoleran dan melepaskan tanggung jawabnya untuk melindungi hak warga untuk beribadah.

Jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia, Tambun Bekasi sering mengalami kekerasan berupa gangguan, ancaman, dan intimidasi dari sekelompok masyarakat anti toleran pada saat melaksanakan ibadah/ kebaktian setiap hari Minggu, terutama peristiwa selama bulan Pebruari- Maret 2012. Bahkan sekelompok masa tersebut sampai melakukan tindakan untuk menghentikan dengan paksa ibadah Jemaat Gereja HKBP Filadelfia. Karena kerap mengalami intimidasi maka pada Minggu 15 April 2012 mereka pun mengadakan ibadah didepan istana bersama dengan GKI Yasmin untuk menuntut hak mereka pada pemerintah pusat.

Absurditas kondisi seragam
Kondisi seragam adalah sesuatu yang mustahil, terlebih lagi dalam dunia modern yang makin heterogen. Derasnya arus globalisasi yang melanda dunia membuat tak ada lagi tempat seragam di planet bumi ini, demikian juga hal nya yang terkait dengn agama. Keragaman agama-agama bukan hanya ada pada agama-agama yang berbeda, namun keberagaman itu juga ada pada diri tiap agama.
Dengan demikian jelaslah, kerukunan beragama hanya mungkin terjadi jika agama-agama itu mau belajar menerima agama-agama yang beragam dan berbeda itu. Kondisi kerukunan beragama seperti ini sesungguhnya merupakan realitas yang telah ada di Indonesia sejak lama. Indonesia adalah tempat persemaian yang subur bagi agama-agama. Agama-agama lokal yang telah ada di Indonesia bersikap toleran dengan kehadiran agama-agama yang datang kemudian, itulah sebabnya negeri ini menjadi negeri dengan banyak agama. Sayangnya, kondisi tersebut tidak terus dijaga dengan baik.

Berdasarkan survey yang dilakukan Setara Institut pada tahun 2010 dilaporkan bahwa Bekasi adalah daerah yang palin intoleran dari daerah-daerah yang di survey, dengan 74 % responden yang berasal dari daerah tersebut menolak pendirian rumah ibadah agama lain. Padahal, intoleransi agama yang berujung pada diskriminasi dan kekerasan agama sesungguhnya melanggar konstitusi  negeri ini yang mengatur hak setiap warga negara untuk beribadah.
Pemerintah sebagai penerima mandat konstitusi mestinya tidak boleh membiarkan penyerangan terhadap kebebasan beragama terjadi di negeri ini. Sebaliknya pemerintah harus konsisiten mendorong kehidupan yang saling menghargai antarwarga bangsa yang berbeda dan beragam agama. Malangnya, potret buram hegemoni agama yang meruntuhkan benteng kebebasan beragama dan berkeyakinan itu bukan hanya ada pada masa orde lama dan orde baru, tetapi juga terus berlanjut hingga era reformasi ini.

Dengan demikian jelaslah usaha bagaimana agama bisa menampilkan wajah perdamaiannya semata-mata menjadi tugas yang teramat penting, khususnya bagi  tokoh-tokoh agama. Apalagi di era dimana kondisi seragam adalah sebuah absurditas. Dan tentu saja jika kita setuju ambivalensi agama dalam penampakan agama pada ranah publik yang oleh Jose Casanova diartikan sebagai “bermuka dua”, “janus face” dimana agama dapat menampilkan wajah garang dan wajah perdamaian bukanlah terkait semata-mata pada diri agama-agama itu. Banyak peperangan yang dimotivasi agama pada hakikatnya bukanlah “perang agama,” sebab agama bisa saja ditunggangi oleh kepentingan yang sebenarnya anti agama, secara khusus kepentingan politik.

Pengakuan kebebasan beragama dan kebebasan hati nurani merupakan syarat utama bagi hadirnya salingpengertian bersama yang menjadi pengikat yang kuat dalam hubungan  antar anggota masyarakat, dasar yang amatpenting bagi lahirnya kehidupan yang harmonis dalam sebuah masyarakat.
Pemerintah perlu intervensi untuk memproteksi agama-agama dari ancaman penyerangan kebebasan beragama.Pemerintah dalam hal ini tidak boleh tunduk pada individu,atau sekelompok orang, apalagi membiarkanpenyerangan terhadap kebebasan beragama merajalela di negeri ini. Pemerintah harus fokus pada bagaimana setiap individu mendapatkan proteksi dalam hal kebebasan beragama (freedom  from)
Jika pemerintah memiliki komitmen yang kuat untuk melaksanakan konstitusi dalam memberikan perlindungankebebasan beragama di negeri ini, maka kerukunan beragama yang menjadi ciri khas negeri ini sejak lama tentuakan tetap terjaga dengan baik. Apalagi mayoritas rakyat di negeri ini memang gemar membangun kehidupan yangharmonis antaragama.
 
Binsar A. Hutabarat,M.C.S., M.Th.
Peneliti pada Reformed Center for Religion and Society (RCRS)

Kategori: Etika

Comments

date to cook

crx

The air jordan 2015 cheap barbour jackets ray ban new balance polo ralph lauren ralph lauren uk rolex watches oakley kate spade outlet Buddhist air max 90 michael kors outlet online nike air max northface burberry christian louboutin michael kors pandora uggs association star wars vans shoes ray ban hermes birkin christian louboutin shoes moncler jackets sale tory burch sale coach outlet store nike store louboutin shoes said eyeglasses frames hollister michael kors nike shoes for women true religion jeans outlet chanel handbags michael kors ray ban outlet longchamp outlet the burberry p90x workout schedule hilfiger outlet easton bats calvin klein underwear mizuno wave longchamp outlet polo ralph lauren outlet online michael kors outlet religion burberry hollisterco longchamp handbags adidas superstar baseball jerseys north face jackets abercrombie.com tommy hilfiger canada burberry outlet online would burberry omega north face canada hollister lululemon australia prada shoes converse outlet michael kors bags bottega veneta accept insanity workout calendar juicy couture outlet coach outlet online coach outlet store online reebok michael kors outlet online northface indoor soccer shoes ralph lauren outlet online charity coach outlet store tory burch sandals rayban bebe dresses beats by dr dre toms shoes outlet air huarache michael kors outlet online true religion outlet events mercurial superfly swarovski raybans.com ralph lauren australia adidas sneakers uggs outlet moncler women jackets nike outlet swarovski that oakley mac cosmetics converse sneakers nike store new balance maccosmetics.com uggs outlet longchamp true religion outlet use gucci handbags abercrombie and fitch tiffany and co jewelry michael kors outlet online new balance canada designer bags bcbg max abercrombie timberland outlet auctioning oakley outlet louis vuitton outlet puma baseball bats knockoff handbags pandora jewellery australia pandora uggs nike to clothing websites chanel outlet toms shoes outlet beats audio oakley sunglasses cheap michael kors outlet burberry adidas hollister canada gather michael kors abercrombie and fitch harrods london prom dresses oakley sunglasses cheap louis vuitton swarovski horloges gucci uk donations, abercrombie and fitch cheap jordan shoes tommy hilfiger ugg boots ray-ban sunglasses gucci swarovski uk jordan release rolex replica but northface thomas sabo polo ralph michael kors outlet online louis vuitton polo ralph pandora bracelet tommy hilfiger online oakley sunglasses cheap the woolrich jackets outlet swarovski canada replica watches supra shoes nike coach handbags factory barbour mens jackets ralph lauren uk juicy couture auctioning louboutin polo ralph lauren outlet nike air max nike air max hermes belt tommy hilfiger outlet stores jordans air max uhren of nike shoes michael kors outlet online sale michael kors canada rolex watches for sale coach bags wedding dresses uk beats by dr dre toms shoes outlet ralph lauren outlet privileged mcm bags tommy hilfiger outlet uggs outlet burberry tiffany and co burberry michael kors outlet online sale instyler ionic styler converse access uggs outlet abercrombie uggs jordans for sale tommy hilfiger online shop coach factory store nike air max 2014 prada shoes for men iphone 6 case to nike roshe prada outlet polo ralph lauren ralph lauren uk nike free hogan gucci outlet coach factory outlet store louis vuitton temples jordan retro 11 ray ban outlet p90x workout nike roshe run kate spade outlet louboutin shoes giuseppe zanotti new balance mcm handbags could glasses online ugg boots hermes birkin nike factory store ferragamo shoes christian louboutin salvatore ferragamo omega watches vans damage gucci outlet basketball shoes free run asics north face outlet store oakley sunglasses cheap kate spade adidas louis vuitton the coach factory longchamp handbags hollister lululemon prada replica watches lululemon michael kors outlet online sale chanel religion's tory burch sandals huarache gucci outlet burberry outlet online wholesale handbags ray ban michael kors outlet online polo ralph lauren outlet michael kors outlet online sale social ugg boots air jordan shoes gucci sale louis vuitton outlet online salomon ugg australia north face adidas timberland outlet image babyliss pro bcbg max azria adidas superstar chanel sunglasses louis vuitton outlet online lululemon canada gucci outlet prada outlet cheap boots of true religion jeans outlet mont blanc ferragamo cheap nfl jerseys nike new balance celine handbags tiffany michael kors being louboutin shoes oakley sunglasses cheap nike nike outlet store pandora ray ban nike running michael kors outlet online air max "tranquil nike roshe christian louboutin michael kors pandora tiffany and co hollister online vans marc jacobs handbags ed hardy and uggs outlet chi flat iron louis vuitton outlet online toms outlet tiffany ralph lauren outlet louis vuitton outlet online north face outlet tory burch sandals solemn".

nike roshe run swarovski crystals louis vuitton bags louis vuitton levis jeans north face outlet nike roshe air max thea nike free run 5.0 adidas online air jordan retro ray bans oakley michael kors handbags clearance air force michael kors oakley sunglasses roshe run straightener lululemon thomas sabo uk nike air max ray ban sunglasses jimmy choo shoes oakley canada nfl jerseys michael kors purses beats by dr dre c