Menjadi Orang Yang Selalu Beruntung Senantiasa; Kapan Saja - Dimana Saja :P

Visobar Bankulon's picture
*Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi. Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. (Yosua: 1:7-8)

Si Untung,
Kita semua pasti kenal tokoh si Untung di komik Donal Bebek. Berlawanan dengan Donal yang selalu sial. Si Untung ini dikisahkan untung terus. Ada saja keberuntungan yang selalu menghampiri tokoh bebek yang di Amerika bernama asli Gladstone ini. Betapa enaknya hidup si Untung. Pemalas, tidak pernah bekerja, tapi selalu lebih untung dari Donal. Jika Untung dan Donal berjalan bersama, yang tiba-tiba menemukan sekeping uang dijalan, pastilah itu si Untung. Jika Anda juga ingin selalu beruntung seperti si Untung, dont worry, ternyata beruntung itu ada ilmunya.
Riset & Penelitian,
Professor Richard Wiseman dari University of Hertfordshire Inggris, mencoba meneliti hal-hal yang membedakan orang2 beruntung dengan yang sial. Wiseman merekrut sekelompok orang yang merasa hidupnya selalu untung, dan sekelompok lain yang hidupnya selalu sial. Memang kesan nya seperti main-main, bagaimana mungkin keberuntungan bisa diteliti. Namun ternyata memang orang yang beruntung bertindak berbeda dengan mereka yang sial.

Misalnya, dalam salah satu penelitian the Luck Project ini, Wiseman memberikan tugas untuk menghitung berapa jumlah foto dalam koran yang dibagikan kepada dua kelompok tadi. Orang2 dari kelompok sial memerlukan waktu rata-rata 2 menit untuk menyelesaikan tugas ini. Sementara mereka dari kelompok si Untung hanya perlu beberapa detik saja! Lho kok bisa?

Ya, karena sebelumnya pada halaman ke dua Wiseman telah meletakkan tulisan yang tidak kecil berbunyi “berhenti menghitung sekarang! ada 43 gambar di koran ini”. Kelompol sial melewatkan tulisan ini ketika asyik menghitung gambar. Bahkan, lebih iseng lagi, di tengah2 koran, Wiseman menaruh pesan lain yang bunyinya: “berhenti menghitung sekarang dan bilang ke peneliti Anda menemukan ini, dan menangkan $250!” Lagi-lagi kelompok sial melewatkan pesan tadi! Memang benar2 sial.

Singkatnya, dari penelitian yang diklaimnya “scientific” ini, Wiseman menemukan 4 faktor yang membedakan mereka yang beruntung dari yang sial:

1. Sikap terhadap peluang.

Orang beruntung ternyata memang lebih terbuka terhadap peluang. Mereka lebih peka terhadap adanya peluang, pandai menciptakan peluang, dan bertindak ketika peluang datang. Bagaimana hal ini dimungkinkan?

Ternyata orang-orang yg beruntung memiliki sikap yang lebih rileks dan terbuka terhadap pengalaman-pengalam an baru. Mereka lebih terbuka terhadap interaksi dengan orang-orang yang baru dikenal, dan menciptakan jaringan-jaringan sosial baru. Orang yang sial lebih tegang sehingga tertutup terhadap kemungkinan- kemungkinan baru.

Sebagai contoh, ketika Barnett Helzberg seorang pemilik toko permata di New York hendak menjual toko permata nya, tanpa disengaja sewaktu berjalan di depan Plaza Hotel, dia mendengar seorang wanita memanggil pria di sebelahnya: “Mr. Buffet!” Hanya kejadian sekilas yang mungkin akan dilewatkan kebanyakan orang yang kurang beruntung. Tapi Helzber berpikir lain. Ia berpikir jika pria di sebelahnya ternyata adalah Warren Buffet, salah seorang investor terbesar di Amerika, maka dia berpeluang menawarkan jaringan toko permata nya. Maka Helzberg segera menyapa pria di sebelahnya, dan betul ternyata dia adalah Warren Buffet. Perkenalan pun terjadi dan Helzberg yang sebelumnya sama sekali tidak mengenal Warren Buffet, berhasil menawarkan bisnisnya secara langsung kepada Buffet, face to face. Setahun kemudian Buffet setuju membeli jaringan toko permata milik Helzberg. Betul-betul beruntung.

2. Menggunakan intuisi dalam membuat keputusan.

Orang yang beruntung ternyata lebih mengandalkan intuisi daripada logika. Keputusan-keputusan penting yang dilakukan oleh orang beruntung ternyata sebagian besar dilakukan atas dasar bisikan “hati nurani” (intuisi) daripada hasil otak-atik angka yang canggih. Angka-angka akan sangat membantu, tapi final decision umumnya dari “gut feeling”. Yang barangkali sulit bagi orang yang sial adalah, bisikan hati nurani tadi akan sulit kita dengar jika otak kita pusing dengan penalaran yang tak berkesudahan. Makanya orang beruntung umumnya memiliki metoda untuk mempertajam intuisi mereka, misalnya melalui meditasi yang teratur. Pada kondisi mental yang tenang, dan pikiran yang jernih, intuisi akan lebih mudah diakses. Dan makin sering digunakan, intuisi kita juga akan semakin tajam.

Banyak teman saya yang bertanya, “mendengarkan intuisi” itu bagaimana? Apakah tiba2 ada suara yang terdengar menyuruh kita melakukan sesuatu? Wah, kalau pengalaman saya tidak seperti itu. Malah kalau tiba2 mendengar suara yg tidak ketahuan sumbernya, bisa2 saya jatuh pingsan.

Karena ini subyektif, mungkin saja ada orang yang beneran denger suara.

Tapi kalau pengalaman saya, sesungguhnya intuisi itu sering muncul dalam berbagai bentuk, misalnya:

- Isyarat dari badan. Anda pasti sering mengalami. “Gue kok tiba2 deg-deg an ya, mau dapet rejeki kali”, semacam itu. Badan kita sesungguhnya sering memberi isyarat2 tertentu yang harus Anda maknakan. Misalnya Anda kok tiba2 meriang kalau mau dapet deal gede, ya diwaspadai saja kalau tiba2 meriang lagi.

- Isyarat dari perasaan. Tiba-tiba saja Anda merasakan sesuatu yang lain ketika sedang melihat atau melakukan sesuatu. Ini yang pernah saya alami. Contohnya, waktu saya masih kuliah, saya suka merasa tiba-tiba excited setiap kali melintasi kantor perusahaan tertentu. Beberapa tahun kemudian saya ternyata bekerja di kantor tersebut. Ini masih terjadi untuk beberapa hal lain.

3. Selalu berharap kebaikan akan datang.

Orang yang beruntung ternyata selalu ge-er terhadap kehidupan. Selalu berprasangka baik bahwa kebaikan akan datang kepadanya. Dengan sikap mental yang demikian, mereka lebih tahan terhadap ujian yang menimpa mereka, dan akan lebih positif dalam berinteraksi dengan orang lain. Coba saja Anda lakukan tes sendiri secara sederhana, tanya orang sukses yang Anda kenal, bagaimana prospek bisnis kedepan. Pasti mereka akan menceritakan optimisme dan harapan.

4. Mengubah hal yang buruk menjadi baik.

Orang-orang beruntung sangat pandai menghadapi situasi buruk dan merubahnya menjadi kebaikan. Bagi mereka setiap situasi selalu ada sisi baiknya. Dalam salah satu tes nya Prof Wiseman meminta peserta untuk membayangkan sedang pergi ke bank dan tiba-tiba bank tersebut diserbu kawanan perampok bersenjata. Dan peserta diminta mengutarakan reaksi mereka. Reaksi orang dari kelompok sial umunya adalah: “wah sial bener ada di tengah2 perampokan begitu”. Sementara reaksi orang beruntung, misalnya adalah: “untung saya ada disana, saya bisa menuliskan pengalaman saya untuk media dan dapet duit”. Apapun situasinya orang yg beruntung pokoknya untung terus.

Mereka dengan cepat mampu beradaptasi dengan situasi buruk dan merubahnya menjadi keberuntungan.

Sekolah Keberuntungan,

Bagi mereka yang kurang beruntung, Prof Wiseman bahkan membuka Luck School.
Latihan yang diberikan Wiseman untuk orang2 semacam itu adalah dengan membuat “Luck Diary”, buku harian keberuntungan. Setiap hari, peserta harus mencatat hal-hal positif atau keberuntungan yang terjadi.

Mereka dilarang keras menuliskan kesialan mereka. Awalnya mungkin sulit, tapi begitu mereka bisa menuliskan satu keberuntungan, besok-besoknya akan semakin mudah dan semakin banyak keberuntungan yg mereka tuliskan.

Dan ketika mereka melihat beberapa hari kebelakang Lucky Diary mereka, mereka semakin sadar betapa beruntungnya mereka. Dan sesuai prinsip “law of attraction”, semakin mereka memikirkan betapa mereka beruntung, maka semakin banyak lagi lucky events yang datang pada hidup mereka.

Jadi, sesederhana itu rahasia si Untung. Ternyata semua orang juga bisa beruntung. Termasuk teman-teman semua.

Siap mulai menjadi si Untung?

*Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah. Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu. Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita. (Kolose 3:15-17)
So..bersyukurlah selalu
That's the master key of luck and fortune !!

Kategori: Misi

Keywords Artikel: Alkitab, beruntung, keberuntungan, untung

Topic Artikel: Renungan dan Artikel

Comments

Si Untung Bebek

Si Untung bebek boleh beruntung, tetapi dia tak akan pernah mendapatkan hasti Desi Bebek.*
(*Dalam komik Dolald Bebek)

Visobar Bankulon's picture

Bila Untung Tidak Ada Donald Berjaya

Donald mampu mengambil hati Desi hanya kalau tidak ada si Untung, selama Untung masih ada..Donald selalu kalah bersaing.

 (Koq jadi share comic wa ha ha ha) 

 

V-Bank

untung......untu.....ng :D

Ngomongin soal untung mang ngga ada habis-habisnya. Sejujurnya setiap kita jauh lebih beruntung sekalipun dalam keadaan buntung. Misalnya begini, pas kita brangkat kerja kita kehalang lampu merah. ("Udah waktunya mepet, kena lampu merah lagi!") Habis lolos dari lampu merah ada operasi lalu lintas pula, terpaksa berhenti lagi. Kantor masih jauh, tiba-tiba kita ditabrak orang dari belakang. Yang ada kok kliatane siaaaaaaaaaal mulu. :(
Tapi usut punya usut orang yang terprogram untung bakal ngomong:"Untung,cuma lecet-lecet saya ngga mati waktu itu. Untung sepeda motor saya masih bisa diperbaiki jadi masih bisa dipakai lagi. Untung....untung....
Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita. (Ef 5:20)
Untung Yesus lahir ke dunia dan rela mati disalib tuk tebus dosa kita. Untung kita masih hidup sampai saat ini jadi kita masih memiliki kesempatan untuk bertobat. Untung kita bisa bernapas tanpa bantuan tabung oksigen. Untung...untung....untung...
jadi sodara-sodara...dia atas semuanya kita lebih dari orang yang beruntung.
Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi. (Yos 1:7)
Hidup untung... :)

Visobar Bankulon's picture

Nilai sebuah Faktor Keberuntungan

Trims Setyawati,

Bagi yang tidak beruntung sudah ada sekolahnya, mungkin belum ada di
sini. Intinya memang pada cara kita melihat dan merespon,
membandingkan..dan tentunya bersyukur.

Bersyukur ternyata bisa terjadi KAPAN SAJA. Selalu ada yang
bisa disyukuri oleh seseorang. Semuanya bergantung sejauh mana orang
itu mau melihat dan membandingkan LEVEL keberuntungannya dengan orang
lain.
Lagipula segala sesuatu yang terjadi adalah netral sifatnya.

Manusia itu sendiri yang MENILAI dan MEMAKNAI. Nah, yang perlu digali adalah alat ukur kita dalam melakukan suatu judgement terhadap situasi-kondisi kita saat ini.

Intinya berlatih..belajar..dan berlatih

Selamat menjadi si Untung ;p

 

V-Bank

MoZee_Rui's picture

WishMeLuck

Mengenai Keberuntungan:

1.Keberuntungan langit: siapa orangtua kita dan dimana kita lahir

2.Keberuntungan Bumi: Dimana lingkungan kita bertumbuh, siapa networking kita

3.Keberuntungan Manusia: Keberuntungan karena usaha manusia itu sendiri, dalam hal ini terdapat juga jenis keberuntungan pasif (cuek),yakni keberuntungan yang terjadi tanpa perencanaan dan nyaris tanpa perhitungan sama sekali.

Qoheleth~MoZee~^_^

beruntung

Puisi tentang BERUNTUNG

 

Berilah maka kamu akan untung

Eja apa yang kau mau kepada Tuhan

Raihlah sukses dan terima janji Tuhan

Untuk sesama jangan pake perhitungan

Namun kasihilah mereka dalam suka dan duka

Tapuklah mereka ketika mereka salah

Ucapkan pujian ketika mereka benar

Nak, kamu itu ada di tanganku, kata Tuhan

Go! luruskan jalanmu maka kamu akan beruntung bersama Tuhan

 

Untung untung untung

Berpikirlah positif mengenai untung

Tuhan yang memberikan keuntungan bukan kita sendiri.

God bless semua.

Mengintip Keberuntungan ala Fortune Loser

Doyce:"Aneh..saya selalu beruntung setiap saat?"

Fence:Koq bisa?,

Doyce:"Ya wong saya tukang ngintip."

Fence:"Lah..tukang ngintip??"

Doyce:"Ia tukang ngintip ke bawah,kalo leher udah pegel dan capek lihat ke atas mulu hihi" :p

Fence:"Maksudna?"

Doyce:"Wong saya ini cuma fortune loser koq.

Fence:Koq udah fortune...loser??

Doyce:"Ya..karena PASTI ada yang lebih Loser dari saya, cari aja sendiri.See U"Cool

Fence:?????!!!#%&*Surprised

-pen0nt0n-

Super Luck Factors

 

7 tips dari ^K*Aw*Ay^ Untung untuk melipatgandakan peluang keberuntungan:

1. Harus selalu fokus. Definisikan tujuan Anda
dengan jelas dan sangat rinci hingga seperti sudah menjadi kenyataan.
Tetap berpegang terhadap tujuan itu sangat penting, janganlah
terpengaruh oleh masalah2 yang mungkin timbul.

2. Selalu terbuka dan haus akan ilmu serta informasi.
Dengan demikian, anda akan selalu siap terhadap berbagai kondisi dan
cepat tanggap melihat peluang yang muncul. Saat suatu peluang tiba-tiba
muncul, anda dapat mengenali potensinya sekaligus memanfaatkannya.

3. Tetap semangat. Ketika dihadapkan dengan tantangan, hambatan atau bahkan kegagalan, anda harus tetap semangat. Coba pendekatan yang berbeda, cara baru, dan kembali mencoba lagi.

4. Selalu mencari solusi. Anda harus bisa melihat
“gelas setengah penuh” bukan “setengah kosong” karena itulah tipe orang
yang selalu dapat melihat sisi positif dari setiap situasi. Jangan
meributkan dan mencari siapa penyebab masalah tapi langsung mencari
solusi sebagai jalan keluar.

5. Menjauh dari orang-orang yang pesimis.
Seringkali kita mendengar perkataan “udah deh, jangan berharap terlalu
banyak” atau “Ya.. terima aja kamu mampunya cuma segitu”. Orang-orang
pesimis seperti ini tidak usah diambil hati, karena ucapan-ucapan
mereka adalah cerminan ketidakmampuan mereka sendiri. Jadikan semua itu
sebagai motivator atau penambah semangat anda untuk sukses dan
membuktikan bahwa mereka semua salah besar!

6.Ora et Labora. Berdoa dan bekerja, spiritualitas dan pekerjaan ternyata bisa berjalan berdampingan dengan selaras dan serasi, mulailah mencari makna-makna spiritualitas, makna-makna yang menstimulasi point of view yang lebih besar dan lebih tinggi terhadap suatu pekerjaan. Pekerjaan adalah aksi spiritual yang memperkaya nilai dan makna kehidupan 

7.Networking.Pentingnya membangun inner circle yang berkesinambungan dan sustainable, Networking adalah sebuah jaringan sosial. Networking yang baik membantu membuat hidup seseorang menjadi lebih mudah. Networking juga merupakan seni untuk melakukan "DEAL" dengan sesama.

Selamat menjadi si Untung!!

 

 

Salam Hangat [=_=]//


^
K*Aw*Ay^

Untung???

Kalau kamu berpedoman dengan alkitab apa kamu yakin untung itu ada?

Pernah denger ada istilah untung/rugi di dunia ini Tuhan yang mengatur semuanya??
Ada juga istilah kalo manusia diciptakan di dunia dengan apa kehendak Penciptanya, jadi kalau kita mengalami kesusahan atau kebahagiaan apakah itu bukan bagian dari rencana Tuhan? Menurutmu gimana???

Kok bisa kamu menyebut semua itu untung??
Berarti intinya kamu hidup di dunia ini menurut jalan pikiranmu sendiri donk?

Untung dan rugi itu mutlak random dan ga ada untung yang bisa dicari kalau ga Tuhan yang mengkehendaki, sama kayak cuaca bisa panas bisa mendung.
Apa kita bisa mengatur hujan semau kita???

Tapi tulisanmu cukup bagus kok.

Good job!!