Bisnis haram tabung gas elpiji ilegal

Bisnis Haram Tabung Gas Elpiji Ilegal

Konversi minyak tanah ke gas yang dipaksakan oleh pemerintah membuat rakyat kecil khususnya gagap merespon. Pemerintah berniat menghemat subsidi negara untuk konsumsi bahan bakar minyak dari Rp 61 triliun menjadi Rp 54 triliun pada anggaran belanja negara tahun ini. Untuk menyelamatkan APBN ini rakyat harus berkorban.

Banyak persoalan muncul sekitar konversi BBM ke gas yang tidak berjalan mulus itu. Di berbagai tempat banyak dijumpai tabung-tabung gas bocor, slang dan regulatornya rusak. Akibatnya terjadilah sejumlah kecelakaan. Kompor-kompor gratisan itu meledak memporak-porandakan seisi rumah. Terkadang mencederai bahkan merenggut nyawa penggunanya.

Kejadian terbaru meledaknya elpiji subsidi pemerintah menimpa dua warga Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Keduanya terluka setelah tabung elpiji di rumah kontrakan mereka meledak baru-baru ini. Ledakan tersebut juga menghanguskan empat rumah kontrakan lainnya. Jajaran Kepolisian Sektor Tambun mengamankan tabung gas yang meledak dari lokasi kejadian untuk bahan penyelidikan.

Persoalan konversi minyak tanah ke gas belum juga tuntas, persoalan baru timbul, harga gas kini mulai melambung, bukan hanya pada harga gas dalam tabung 12 kg yang tidak bersubsidi, harga gas dalam tabung 3 kg yang bersubsidi juga ikut merangkak naik.

Parahnya, harga tabung gas pun ikut melambung. Alasan klasik, banyak permintaan. Ironisnya, pada kondisi sulit itu terdengar berita sumbang, banyak tabung gas elpiji 12 kg yang dipalsukan beredar di pasaran. Bisnis haram soal pengadaan tabung gas elpiji illegal itu adalah buah rayuan energi gas yang kini jadi kebutuhan utama rumah tangga setelah penarikan subsidi BBM.

Banyak kasus akibat meledaknya tabung gas illegal, seperti yang terjadi di Bogor, Depok, dan sejumlah kota lainnya di Tanah Air. Kecemasan pun menghantui masyarakat, khususnya mereka yang masih gagap menggunakan tabung gas elpiji, dan itu terjadi bukan hanya pada tabung gas yang bersubsidi, tetapi juga tabung gas 12 kg yang tak bersubsidi.

Tidak Beradab

Pertamina sebagai pengelola gas tahu pasti, tabung gas merupakan fasilitas penting bagi tersedianya pasokan gas yang aman bagi masyarakat. Pembuatan tabung gas di Pertamina dilakukan dengan sangat teliti. Bahkan, sebelum tabung gas itu dipasarkan, pengujian yang ketat diberlakukan. Begitu ketatnya melepaskan tabung gas yang memenuhi syarat kelayakan, seharusnya juga menuntut diberlakukannya pengawasan yang ketat terhadap kemungkinan terjadinya pemalsuan tabung gas.

Pemalsu tabung gas tergoda untuk memalsukan tabung gas karena harganya yang amat tinggi, dan memiliki jaminan bahwa tabung itu pasti akan dibeli masyarakat yang sedang panik menghadapi isu kelangkaan gas. Harga tabung gas dipasaran saat ini kira-kira 700 ribu rupiah sampai satu juta rupiah. Meraup untung dari masyarakat yang sedang panic adalah tindakan yang tidak beradab.

Demi meraup keuntungan yang besar mereka merekayasa tabung gas yang tidak layak pakai untuk kembali dijual kepasaran. Ini adalah tindakan kriminal berat, karena menyangkut keselamatan banyak orang. Pemerintah bukan hanya perlu melakukan pengawasan yang ketat perihal pengadaan tabung gas elpiji, tapi juga perlu memberikan sanksi yang setimpal kepada oknum yang tak bertanggung jawab itu. Jika pengawasan pengadaan tabung gas sangat ketat, siapapun akan berpikir dua kali untuk melakukannya, apalagi jika sanksi dan penegakkan hukumnya diberlakukan secara konsisten.

Kontrol Masyarakat

Pihak Pertamina juga sudah mengakui tabung gas produksi pelat merah itu rentan dipalsukan. Hubungan Masyarakat Pertamina Wisnuntoro sudah meminta agar masyarakat mendapatkan tabung elpiji dari agen atau penyalur resmi. Pemberitahuan ini tidak boleh diabaikan, karena terkait langsung dengan keselamatan nyawa penggunanya.

Masyarakat semestinya juga tak perlu terlalu kebakaran jenggot dengan beredarnya tabung gas palsu, asal saja mereka terbiasa teliti sebelum membeli, khususnya tempat dimana mereka membeli gas. Apalagi, meski sepintas memang tidak ada bedanya antara tabung elpiji resmi dan palsu. Tampilan tabung gas palsu memang jauh lebih bagus dibandingkan tabung gas resmi dari Pertamina. Namun, mereka yang teliti tetap dengan mudah dapat membedakannya. Mulai dari warna cat yang berbeda, kehalusan pengelasan, kerapihan tulisan yang tertera, sampai pada ada atau tidaknya stempel Pertamina tentang kelayakan suatu tabung gas.

Informasi dari masyarakat tentang ditemukannya tabung gas palsu tentu akan sangat menolong pemerintah untuk segera melakukan tindakan pencegahan dan sosialisasi. Kontrol masyarakat sangat diperlukan untuk menangkal beredarnya tabung gas illegal secara bebas.

Memerangi bisnis haram

Rakyat memang boleh saja menuntut performa pemerintah, tapi rakyat yang berkepentingan dalam hal ini semestinya juga mawas diri. Kepercayaan terhadap sesama memang kunci penting bagi terciptanya kerja sama yang baik, tetapi itu tidak mengharamkan kewaspadaan. Apalagi kita semua tahu, manusia lemah. Benarlah ungkapan yang mengatakan, keinginan berbuat curang bisa timbul karena lemahnya pengawasan. Pengawasan yang ketat sangat dibutuhkan pada kebutuhan-kebutuhan penting masyarakat seperti pengadaan tabung gas elpiji.

Untuk memerangi bisnis haram pengadaan tabung gas illegal semua pihak mesti bekerja sama. Pemerintah harus memberlakukan aturan yang ketat, dengan sanksi berat. Sedangkan masyarakat, tidak boleh memelihara sikap “sungkanisme” ketika menjumpai tindak kejahatan itu.

Sikap tegas masyarakat untuk memerangi bisnis haram bersama dengan pemerintah adalah jalan terbaik untuk membuat oknum tak beradab itu jera menjalankan bisnis haramnya. Bukan hanya soal pengadaan tabung gas, tapi juga pemalsuan obat dan makanan, serta semua yang namanya pemalsuan yang menjadi persoalan besar bangsa ini.

Binsar A. Hutabarat

0818829934,

Kategori: Bahan Renungan Alkitab

Comments

yohanna's picture

hati nurani

Urusan perut emang udah bikin orang pada tega melakukan apa aj, termasuk makan orang. Jangan bilang kanibalisme hanya dilakukan oleh Sumanto.

Pemalsuan tabung gas telah menyebabkan kecelakaan dan kerugian secara tidak langsung juga dapat disebut sebagai tindakan kanibalisme. Cepat atau lambat kecelakaan tersebut dapat menyebabkan korban jiwa.

Tabung Gas Elpiji Tidak Mudah Meledak

Elpiji bukan gas yang berbahaya yang mudah meledak. hingga saat ini tidak ada satu pun kasus yang disebut "tabung elpiji meledak" dan "kompor gas meledak" yang diselidiki secara tuntas oleh polisi.

Dari kasus-kasus yang dimuat di koran yang saya baca dan berita di TV maupun radio, saya menyimpulkan hal itu terjadi karena adanya kebocoran. Kebocoran itu menyebakan dapur penuh dengan gas Elpiji, ketika disulut, .... BOOOOm ... Mungkin ini masalah sepele, menurut saya harusnya pemerintah menayangkan iklan cara menghidupkan dan mematikan elpiji serta menunjukkan kepada masyarakat hal-hal apa yang dapat menyebabkan kebocoran.

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

Keluargaku kolot

Dari dulu keluargaku ngga pernah mau pakai gas, bahkan pindah ke dari angklo arang ke kompor minyak tanah aja sulit, ah tapi untunglah sekarang udah pake minyak tanah, hahaha ... takut meledak, BOOOMMMMM!!!

yohanna's picture

jadi inget mama

hahahah, lanskip jangan2 ibumu sama ibuku sodaraan yah Tongue out

Dulu mama juga takut banget pake gas. Keluargaku mulai pake gas kira2 dua tahun ini.

Sebelumnya mama selalu ngotot pake kompor minyak, ga peduli
sodara2nya pada promosi kehebatan gas, dia kekeuh ga mau make, takut
meledak katanya.

Yang jadi korban adalah ak, karena langganan narikin sumbu kompor Cry
Terus klo ke rumah sodara yang masaknya make kompor gas rasanya malu
banget, kaerna ga bs nyalain kompornya. hehehehe, udik banget yah Embarassed

Ak sudah lupa bagaimana dulu akhirnya mama melakukan konversi dari
minyak tanah ke gas. Tapi sekarang dia malah bingung klo gasnya hbs Laughing
mau make minyak atau angklo malas, lama matangnya dan ribet.

crx

The air jordan 2015 cheap barbour jackets ray ban new balance polo ralph lauren ralph lauren uk rolex watches oakley kate spade outlet Buddhist air max 90 michael kors outlet online nike air max northface burberry christian louboutin michael kors pandora uggs association star wars vans shoes ray ban hermes birkin christian louboutin shoes moncler jackets sale tory burch sale coach outlet store nike store louboutin shoes said eyeglasses frames hollister michael kors nike shoes for women true religion jeans outlet chanel handbags michael kors ray ban outlet longchamp outlet the burberry p90x workout schedule hilfiger outlet easton bats calvin klein underwear mizuno wave longchamp outlet polo ralph lauren outlet online michael kors outlet religion burberry hollisterco longchamp handbags adidas superstar baseball jerseys north face jackets abercrombie.com tommy hilfiger canada burberry outlet online would burberry omega north face canada hollister lululemon australia prada shoes converse outlet michael kors bags bottega veneta accept insanity workout calendar juicy couture outlet coach outlet online coach outlet store online reebok michael kors outlet online northface indoor soccer shoes ralph lauren outlet online charity coach outlet store tory burch sandals rayban bebe dresses beats by dr dre toms shoes outlet air huarache michael kors outlet online true religion outlet events mercurial superfly swarovski raybans.com ralph lauren australia adidas sneakers uggs outlet moncler women jackets nike outlet swarovski that oakley mac cosmetics converse sneakers nike store new balance maccosmetics.com uggs outlet longchamp true religion outlet use gucci handbags abercrombie and fitch tiffany and co jewelry michael kors outlet online new balance canada designer bags bcbg max abercrombie timberland outlet auctioning oakley outlet louis vuitton outlet puma baseball bats knockoff handbags pandora jewellery australia pandora uggs nike to clothing websites chanel outlet toms shoes outlet beats audio oakley sunglasses cheap michael kors outlet burberry adidas hollister canada gather michael kors abercrombie and fitch harrods london prom dresses oakley sunglasses cheap louis vuitton swarovski horloges gucci uk donations, abercrombie and fitch cheap jordan shoes tommy hilfiger ugg boots ray-ban sunglasses gucci swarovski uk jordan release rolex replica but northface thomas sabo polo ralph michael kors outlet online louis vuitton polo ralph pandora bracelet tommy hilfiger online oakley sunglasses cheap the woolrich jackets outlet swarovski canada replica watches supra shoes nike coach handbags factory barbour mens jackets ralph lauren uk juicy couture auctioning louboutin polo ralph lauren outlet nike air max nike air max hermes belt tommy hilfiger outlet stores jordans air max uhren of nike shoes michael kors outlet online sale michael kors canada rolex watches for sale coach bags wedding dresses uk beats by dr dre toms shoes outlet ralph lauren outlet privileged mcm bags tommy hilfiger outlet uggs outlet burberry tiffany and co burberry michael kors outlet online sale instyler ionic styler converse access uggs outlet abercrombie uggs jordans for sale tommy hilfiger online shop coach factory store nike air max 2014 prada shoes for men iphone 6 case to nike roshe prada outlet polo ralph lauren ralph lauren uk nike free hogan gucci outlet coach factory outlet store louis vuitton temples jordan retro 11 ray ban outlet p90x workout nike roshe run kate spade outlet louboutin shoes giuseppe zanotti new balance mcm handbags could glasses online ugg boots hermes birkin nike factory store ferragamo shoes christian louboutin salvatore ferragamo omega watches vans damage gucci outlet basketball shoes free run asics north face outlet store oakley sunglasses cheap kate spade adidas louis vuitton the coach factory longchamp handbags hollister lululemon prada replica watches lululemon michael kors outlet online sale chanel religion's tory burch sandals huarache gucci outlet burberry outlet online wholesale handbags ray ban michael kors outlet online polo ralph lauren outlet michael kors outlet online sale social ugg boots air jordan shoes gucci sale louis vuitton outlet online salomon ugg australia north face adidas timberland outlet image babyliss pro bcbg max azria adidas superstar chanel sunglasses louis vuitton outlet online lululemon canada gucci outlet prada outlet cheap boots of true religion jeans outlet mont blanc ferragamo cheap nfl jerseys nike new balance celine handbags tiffany michael kors being louboutin shoes oakley sunglasses cheap nike nike outlet store pandora ray ban nike running michael kors outlet online air max "tranquil nike roshe christian louboutin michael kors pandora tiffany and co hollister online vans marc jacobs handbags ed hardy and uggs outlet chi flat iron louis vuitton outlet online toms outlet tiffany ralph lauren outlet louis vuitton outlet online north face outlet tory burch sandals solemn".

nike roshe run swarovski crystals louis vuitton bags louis vuitton levis jeans north face outlet nike roshe air max thea nike free run 5.0 adidas online air jordan retro ray bans oakley michael kors handbags clearance air force michael kors oakley sunglasses roshe run straightener lululemon thomas sabo uk nike air max ray ban sunglasses jimmy choo shoes oakley canada nfl jerseys michael kors purses beats by dr dre c