Berjaga-jagalah

Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.
Kolose 4:2

Demikianlah nasihat rasul Paulus untuk kita semua.
Memang berdoa harus tekun, sampai kita melihat hasil dari doa-doa kita, karena tanpa ketekunan kita tidak mendapatkan apa-apa.
Selain itu, rasul Paulus juga menasihatkan "berjaga-jagalah", apa yang harus kita jaga? rumah kita? keluarga kita? suami / istri kita? anak-anak kita? atau harta kita? ya semuanya memang harus dijaga, tetapi bukan itu yang dimaksud dengan rasul Paulus, yang dimaksud adalah "Pikiran" kita yang harus dijaga, kenapa? karena pikiran adalah tempat satu-satunya yang dipakai oleh iblis untuk menjatuhkan kita. Dan itu sudah terjadi sejak zamannya Adam dan Hawa, sampai saat inipun iblis masih memakai jurus yang sama.
Kita sering dibuat ketakutan atau kuatir, karena memikirkan hal-hal yang masih belum terjadi, dan kita lupa kalau Tuhan selalu menyertai kita, walau seakan-akan kita dibiarkan sendiri.
Kita juga sering meragukan pertolongan Tuhan, saat kita sudah berdoa mati-matian tetapi belum terjadi apa-apa, pada saat-saat sepeti inilah iblis mulai membisikan kata-kata yang mematikan, dan menghasut kita untuk mengikuti jalannya.
Lalu bagaimana kita harus menjaganya? Hanya dengan mengisi pikiran kita dengan Firman Tuhan, karena dikatakan "iman timbul dari pendengaran, pendengaran akan Firman Allah." dengan lebih serius mempelajari Firman Tuhan, iman kita akan dibangun dan tidak mudah disesatkan oleh iblis.
Terakhir dikatakan "sambil mengucap syukur.", ya harus selalu mengucap syukur karena Tuhan mutlak baik, apapun yang kita alami "Tuhan mutlak baik".
Bersyukurlah.
Tuhan Yesus memberkati.

Topic Blog: Bahan Renungan Alkitab

Keywords Blog: Berjaga-jagalah