BAGAIMANA KITA DAPAT MENINGGALKAN DAN MEMBENCI DOSA KITA?

Dosa adalah pelanggaran akan Hukum Allah (1 Yohanes 3:4). Dosa jugalah yang menyebabkan hubungan manusia dengan Allah terputus. Dosa juga adalah yang menyebabkan kematian (Roma 6:23) yang sekarang terjadi kepada setiap manusia dan juga memiliki upah kematian yang kekal. Roma 14:23 menyimpulkan juga bahwa segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman adalah dosa.

Definisi dosa yang lain adalah bahwa segala sesuatu yang baik yang kita ketahui tetapi tidak dilakukan oleh kita adalah dosa (Yakobus 4:17). Jadi untuk meninggalkan dosa apalagi membencinya adalah perkara yang sangat sulit, jika dilakukan sendiri dan tidak ada pedoman untuk itu.

Hanyalah orang-orang yang sanggup meninggalkan dosa dan membencinya saja, yang dapat hidup benar di hadapan Allah dan manusia dengan benar dan penuh kasih. Tetapi bagaimana caranya untuk memulai tersebut?

Berikut ini adalah langkah-langkah yang pasti untuk bisa meninggalkan dan bahkan membenci dosa itu.

Dilahirkan kembali

Yesus berkata dalam Yohanes 3:3 “Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.” Inilah persyaratan pertama yang akan membuat kita dapat keselamatan. Artinya disini mengandung prinsip bahwa dosa yang kita lakukan sudah ditinggalkan dan dibenci oleh kita. Jadi “kelahiran baru” yang Yesus ajarkan disini adalah dalam arti rohani tentunya. Tetapi konsep kelahiran baru ini sangatlah luas dan harus dimengerti satu per satu, agar kita bisa meninggalkan dan membenci dosa itu.

Bagaimana kita dilahirkan kembali ?

Dalam kitab 1 Petrus 1:23, dikatakan sebagai berikut: “
“Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.”
Firman Tuhan berkata bahwa kelahiran kembali berasal dari “Firman Allah” yang hidup dan kekal. Pena inspirasi dalam COL hal 37 berkata “Di dalam janji pertama yang telah difirmankanNya di Taman Eden kepada Nenek Moyang kita yang telah jatuh dalam dosa, Kristus telah menaburkan bibit Injil . Tetapi ini ditujukan untuk Pelayanan pribadiNya diantara umat manusia dan bagi pekerjaan yang telah disahkanNya agar perumpamaan tentang penabur secara khusus dipraktekkan dalam hidup ini. Firman Allah adalah bibit itu sendiri.”

Jadi Firman Allah adalah yang sangat perlu untuk kelahiran baru, karena itu adalah bibit kebenaran yang dapat membuat manusia dapat meninggalkan dosa pada akhirnya.

Rasul Paulus berkata “Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.” (Roma 1:16).
Injil atau Firman Allah saja yang dapat menyelamatkan setiap manusia yang percaya. Artinya bahwa manusia yang dilahirkan kembali adalah orang yang mau diselamatkan melalui Firman Allah itu sendiri.

1 Korintus 1:18 “ Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.”

Yohanes 3:4-8 adalah kisah tentang pengalaman Nikodemus ketika bertanya tentang kelahiran baru kepada Yesus:

3:4 Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?"
3:5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.
3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.
3:7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.
3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh.

Kesimpulan

Firman Allah atau Kebenaran tentang Salib Kristus adalah fokus setiap orang percaya untuk mendapatkan keselamatan tersebut. Hanya dengan memandang salib saja, manusia dapat menghilangkan dan bahkan membenci dosa-dosa yang masih “bersarang” dalam hati pikiran yang kelihatan dalam jasmani atau perbuatan setiap saat.

Seorang yang sudah bertobat dan berbalik untuk tidak melakukannya atau membencinya adalah orang yang dengan rendah hati datang di salib Kristus tahap demi tahap, sampai semua dosa yang ada selama ini menjadi hilang. Artinya kesombongan/keakuan yang kita miliki harus disingkirkan dengan cara memandang salib itu.

Untuk bisa memandang salib itu, inilah yang harus kita lakukan:

• Membaca dan memahami betapa keji dosa itu didalam Alkitab, mulai dari Ketika Yesus bergumul di Taman Getsemani sampai KematianNya di Kayu salib.
• Merenungkan setiap hari dengan melihat gambaran saat-saat terakhir Yesus Kristus menderita sampai di Salib. Hal ini dilakukan selama minimal 1 jam setiap hari dari 24 jam yang ada.
• Berdoa kepada Yesus setiap hari agar menunjukkan dosa-dosa apa saja yang belum diakui agar diampuni dan ditinggalkan/dibenci.
• Selalu peka terhadap bisikan/petunjuk Roh Kudus yang memberikan petunjuk tentang dosa-dosa yang masih ada dan harus ditinggalkan/diakui/dibenci. Bisa saja melalui orang-orang dekat sekitar kita Roh kudus gunakan untuk menegor kita. Artinya apapun dan siapapun juga bagaimanpun caranya, kita harus peka bisikan/tegoran Roh Kudus untuk keselamatan kita.

http://dunia-dan-rohani.blogspot.com
http://umat.webs.com
http://maranatha-dunia.blogspot.com

Kategori: Doktrin

Topic Blog: Doktrin

Keywords Blog: DOA, dosa, Karakter, membenci, meninggalkan dosa, tabiat

Comments

According hollister to the


According hollister to the nike free same burberry authority, supra shoes under coach outlet the best timberland conditions converse for true religion jeans organization burberry in ferragamo shoes farming, mac cosmetics labour converse pas cher can ray ban pas cher produce 20 marc jacobs bushels air jordan pas cher of ugg boots wheat juicy couture outlet for reebok shoes 66 bottes ugg cents, chi flat iron or michael kors 1 p90x workout bushel ugg boots for 3.5 herve leger cents. thomas sabo This nike blazer was hollister done on nfl jerseys a celine handbags bonanza michael kors outlet farm jimmy choo shoes of coach outlet 10,000 ugg pas cher acres iphone 6 cases in nike air max California, and polo ralph lauren outlet was mont blanc the coach factory outlet average longchamp cost montre pas cher of karen millen the tory burch outlet whole kate spade handbags product michael kors of oakley the vans pas cher farm. ugg boots uk Mr. Carroll true religion jeans D. louboutin pas cher Wright nike free run uk says that coach outlet to-day 4,500,000 kate spade outlet men, aided new balance by michael kors outlet machinery, birkin bag turn out timberland boots a mcm handbags product vanessa bruno that pandora charms would hogan require longchamp pas cher the michael kors outlet labour of michael kors 40,000,000 giuseppe zanotti men juicy couture outlet if produced oakley sunglasses by tiffany jewelry hand. Professor Herzog, tiffany and co of longchamp Austria, longchamp outlet says that ralph lauren 5,000,000 ugg,uggs,uggs canada people insanity workout with swarovski the nike outlet machinery ray ban of sac longchamp to-day, pandora jewelry employed beats by dre at ralph lauren uk socially useful nike air max labour, vans would north face outlet be hollister able soccer shoes to valentino shoes supply a oakley pas cher population nike air max of louboutin outlet 20,000,000 ugg,ugg australia,ugg italia people coach purses with hollister pas cher all gucci outlet the hollister necessaries christian louboutin outlet and toms shoes small north face luxuries nike air max of mulberry life air max by abercrombie and fitch working abercrombie and fitch 1.5 hours lululemon per burberry outlet online day.



This asics running shoes being true religion jeans so, matter michael kors being polo ralph lauren outlet mastered, baseball bats man’s nike air max efficiency nike roshe for links of london food- pandora charms and michael kors outlet shelter-getting being replica watches increased wedding dresses a nike roshe run thousandfold replica watches over the vans shoes efficiency uggs on sale of tn pas cher the nike air max caveman, lancel then babyliss why is nike free it wedding dresses that louboutin millions ugg boots of nike huarache modern new balance pas cher men hollister live nike air max more miserably converse outlet than lived ray ban uk the soccer jerseys caveman? louboutin shoes This lacoste pas cher is lululemon the question ray ban sunglasses the hermes revolutionist chanel handbags asks, nike trainers and north face outlet he prada outlet asks ray ban sunglasses it longchamp outlet of air force the true religion outlet managing jordan shoes class, louboutin the capitalist michael kors outlet class. ghd The bottega veneta capitalist ralph lauren pas cher class prada handbags does oakley sunglasses not instyler answer gucci it. sac guess The oakley sunglasses capitalist nike roshe class cannot ugg boots answer swarovski crystal it.

north face

Packers and Movers top10

Offering Helpful Relocation Services Packers and Movers -Please visit for More information about
Packers and Movers gugaon
Packers and Movers
Packers and Movers
Packers and Movers Delhi
Packers and Movers noida
Packers and Movers bangalore

mimi

gucci clutch

,http://www.gucciclutch.us

coach crossbody

,http://www.coachcrossbody.us

hermes birkin price

,http://www.hermesbirkinprice.co

gucci diaper bag on sale

,http://www.guccidiaperbag.us.com

gucci diaper bag

,http://www.guccidiaperbag.us.com

mcm clutch bag

,http://www.mcm-clutch.us

longchamp le pliage large tote

,http://www.longchamp-le-pliage-large.com

mcm bags

,http://www.mcm-bags.us

longchamp backpack purse

,http://www.longchamp-backpack.us

coach crossbody handbags

,http://www.coachcrossbody.us

Louis Vuitton Neverfull GM

,http://www.louisvuittonneverfull.co

louis vuitton artsy mm

,http://www.louisvuittonartsymm.co

louis vuitton damier

,http://www.louisvuittondamier.org.in

mcm handbags

,http://www.mcm-handbags.us

michael kors outlet

,http://www.michaelkorsbagsoutlet.us.com

burberry sale

,http://www.burberrysale.us.com

gucci bags outlet

,http://www.gucci-bags.us.com

michael kors purse

,http://www.michaelkorsblackpurse.com

louis vuitton speedy 30

,http://www.louisvuittonspeedy30.us.com

michael kors purses outlet

,http://www.michaelkorspursesoutlet.us

coach tote bags outlet

,http://www.coachtotebags.us

Gucci Crossbody Handbags

,http://www.guccicrossbodybag.us

burberry shoes

,http://www.burberryshoes.us

Coach Factory Outlet Online

,http://www.coachdiaperbag.co

MCM Bags at Macy's

,http://www.mcm-bags.us

Chanel Cross Body Bag

,http://www.chanel-crossbody.org

gucci purses and handbags

,http://www.gucci-purses.co

coach purse outlet

,http://www.coachpurseoutlet.co

Hermes Belts for Cheap

,http://www.hermes-belt.us

burberry men

,http://www.burberrymen.us

chanel bags prices fall winter 2015

,http://www.chanel-bags-prices.co

prada handbags sale online

,http://www.pradahandbags-sale.us

Michael Kors Purses

,http://www.michaelkorspursesonsale.us

Classic Black Chanel Bag

,http://www.black-chanel-bag.com

Hermes Outlet

,http://www.birkinbaghermes.us

Coach Purse Outlet Online 80% Off

,http://www.coachpurseoutlet.co

Louis Vuitton Red Alma

,http://www.louisvuittonalmabag.net.in

Louis Vuitton Monogram Canvas

,http://www.louisvuittonmonogram.us.org

Coach Wallets on Sale Outlet

,http://www.coach-wallets.co

cheap michael kors clutch

,http://www.michaelkorsclutch.us

Chanel Classic Flap Bag Price

,http://www.chanelclassicflapbag.us

longchamp sale outlet

,http://www.longchamp-sale.us

chanel tote

,http://www.chanel-tote.co

coach backpack

,http://www.coach-backpack.us

louis vuitton diaper bag

,http://www.louisvuittondiaperbag.org

coach bags on sale

,http://www.coachbagsonsale.us.com

michael kors crossbody handbag

,http://www.michaelkorscrossbody.us

hermes purses prices

,http://www.hermespurses.co

louis vuitton speedy 25

,http://www.louisvuittonspeedy25.us.com

louis vuitton purses on sale

,http://www.louisvuittonpursesonsale.us

louis vuitton shoes

,http://www.louisvuittonshoesmen.net.in

Vintage Chanel Handbags

,http://www.vintage-chanel-bags.co

michael kors purses

,http://www.michaelkorspursesoutlet.us

cheap gucci belts

,http://www.cheapguccibelts.co

longchamp bags macy's

,http://www.longchamp-bags.us

cheap louis vuitton tote

,http://www.louisvuittontotebag.us.com

mcm tote bag

,http://www.mcm-tote-bag.us

burberry bags

,http://www.burberrybags.us.com

Louis Vuitton Shoulder Bag Tote

,http://www.louisvuittonshoulderbag.net

louis vuitton alma bag

,http://www.louisvuittonalmabag.net.in

Prada Outlet

,http://www.prada-bags.co

chanel bags outlet

,http://www.chanel-bags-outlet.us.com

gucci cross body bag messenger

,http://www.guccicrossbodybag.us

michael kors factory outlet online

,http://www.michaelkorsfactoryoutlet.biz

louis vuitton wallet

,http://www.louisvuittonwalletforwomen.net

Longchamp Factory Outlet Online

,http://www.longchamp-le-pliage-large.com

louis vuitton tote

,http://www.louisvuittontotebag.us.com

coach diaper bags on sale

,http://www.coachdiaperbag.co

MCM Bags at Macy's

,http://www.mcm-purse.us

burberry for men

,http://www.burberryformen.us

Louis Vuitton Eva Clutch Bag

,http://www.louisvuittonevaclutch.org

MCM Clutch Bag

,http://www.mcm-clutch.us

prada crossbody bags

,http://www.prada-crossbody-bag.us

vintage chanel bags for sale

,http://www.vintage-chanel-bags.co

Prada Women's Loafers

,http://www.prada-loafers.us

coach purse outlet online 80% off

,http://www.coachpurseoutlet.co

Gucci Handbags Outlet

,http://www.gucci-purses.co

Longchamp Medium Shoulder Tote

,http://www.longchamp-le-pliage-medium.us

burberry sale outlet

,http://www.burberrysale.us.com

Price of Hermes Purses

,http://www.hermespurses.co

Louis Vuitton Monogram Tote

,http://www.louisvuittonmonogram.us.org

louis vuitotn speedy

,http://www.louisvuittonspeedy35.us.com

mcm purses handbags

,http://www.mcm-purse.us

Louis Vuitton Outlet Online Store Authentic

,http://www.louisvuittonmessengerbag.us

gucci sunglasses for women

,http://www.guccisunglassesforwomen.co

louis vuitton artsy mm

,http://www.louisvuittonartsy.us.com

burberry purses

,http://www.burberrypurses.us

michael kors bags

,http://www.michaelkorsbagsonsale.biz

prada crossbody bags on sale

,http://www.prada-crossbody-bag.us

coach sunglasses for women

,http://www.coach-sunglasses.co

Prada Clutches on Sale

,http://www.prada-clutch.us

michael kors on sale

,http://www.michaelkorshobobag.us

louis vuitton belts

,http://www.cheaplouisvuittonbelts.us.com

louis vuitotn speedy

,http://www.louisvuittonspeedy25.us.com

burberry men's wallet sale

,http://www.burberrymenswallet.us

coach hobo bag

,http://www.coachhobobag.us

burberry handbag

,http://www.burberryhandbag.us.org

prada belts for men

,http://www.prada-belt.us

Coach Laptop Bag

,http://www.coachmessengerbag.us