Setiap Orang Berbeda

Tidak Ada Anak yang Sulit, merupakan tema seminar yang aku ikuti beberapa waktu yang lalu. Pada awalnya sih aku merasa tema tersebut tidak pas dengan aku karena melihat aku sendiri belum menikah, jadi bisa dibilang motivasi akau ikut seminar tersebut ya cuman sekedar ikut aja, tanpa berharap bahwa aku akan mendapatkan sesuatu pada saat seminar nanti. Walaupun selama seminar berlangsung materi yang disampaikan berkisar seputar masalah anak dan penangannya serta bagaimana seharusnya orang tua harus bersikap, namun ada satu hal yang aku dapat, yaitu kita perlu belajar untuk memahami dan mengerti orang lain.

Seringkali kita menginginkan orang lain menjadi seperti apa yang kita mau, mengikuti semua kemauan kita dan memperlakukan mereka seperti orang lain memperlakukan kita, yang ujung-ujungnya kita sendiri yang frustasi karena hasil yang kita peroleh tidak seperti yang kita harapkan. Dari hal ini aku sempat merenung, bahwa setiap orang itu unik, mereka memiliki karakter yang berbeda-beda. Karena berbeda, kita tidak bisa memaksakan mereka untuk menjadi seperti kita. Kita harus bisa menerima mereka apanya dan memperlakukan mereka dengan baik tanpa membanding-bandingkannya dengan orang lain.

Kategori: Konseling Kristen

Topic Blog: Tokoh Alkitab

Keywords Blog: Karakter, konseling

Comments

Perubahan dimulai dari diri sendiri

Iya sih, jujur emang aku sering bersikap seperti yang Novita bilang, misalnya aku pengen orang tuaku bersikap begini begitu, tapi ternyata gak mudah membuat mereka mengikuti kemauanku (konteksnya bukan kemauan dalam hal materi, tapi lebih sering masalah sikap). Dan ketika aku ngotot pengen sikap mereka berubah, tapi ternyata gak ada perubahan, lama-lama aku sendiri yang stres...hehehe..Tongue out.

Dari seminar kemarin, aku juga belajar untuk memulai perubahan dari diriku sendiri, bukan supaya orang lain berubah tapi supaya ada keseimbangan/keselarasan sikap antara aku dan orang lain, dalam hal ini orang tuaku.

Mulai 1 kebaikan yang tulus (^_^)

Jadi inget film yang aku tonton tentang seseorang yang punya keinginan untuk merubah dunia. Begitu juga dengan merubah keadaan disekitar kita, atau orang disekitar kita...

Yang kudengar dan lewat pengalaman susah banget bikin orang menjadi seperti yang kita mau. Seperti yang anahoy bilang, perubahan itu mulai dari dalam diri dulu, mulai dengan nglakuin hal yang kecil tapi dengan ketulusan....

He...he... (^_^)