Khotbah Audio? Oke! Kalau Lagu?

Beberapa waktu lalu, aku sempat nunjukin situs Kumpulan Khotbah dan Lagu Kristen ke temen kantorku. Situs itu sendiri ulasannya kutuliskan di halaman Links In-Christ.Net. Ada beberapa rekaman khotbah dan lagu-lagu rohani yang bisa didengerin langsung kalau komputermu support dan koneksimu bagus. Cuman, dia sempet nanya, "Apa mereka dapet izin memasang begituan, ya?"

Aku jadi ingat situs lain yang juga kuulas, Light Generation. Ini situs yang murni buat musik rohani. Belum sempat kucoba, sih, tapi dari keterangannya, mereka sengaja masang audio dengan bitrate yang paling kecil. Tujuannya biar tiap orang yang mau dapet yang bagus, ya belilah kaset atau CD-nya atau VCD-nya, atau malah DVD-nya. (Ada penegasan dari mereka mengenai isi situs itu di halaman depan.) Tapi ini pun tetap harus dapat izin juga, s-e-m-e-s-t-i-n-y-a. Tapi mana gua tahu nyang beginian?

Isu pembajakan ini rasanya nggak bakal habis deh. Beberapa orang mungkin menganggap, "Ah, biarlah. Kan bisa mendatangkan berkat buat orang lain." Well, berkat apa sih yang bisa kita dapat dari hasil mencuri? "Kan nggak dikomersialkan?" tanya yang lain. Emangnya kalau bukumu dipinjam tanpa izinmu kamu nggak kesal? Plis deh. Masa harus dilabelin "DILARANG PINJAM TANPA IZIN PEMILIK", atau "DILARANG MENGOPI/MENYALIN TANPA IZIN DARI PEMEGANG HAK CIPTA", atau yang senada gitu.

"Kalau khotbah mungkin masih nggak apa-apa karena belum ada aturannya," gitu kata rekanku itu kemudian. "Tapi kalau yang audio ...."

Yeah, jalan masih panjang buat penghargaan, meski itu cuma sebatas minta izin.

Topic Blog: Musik

Keywords Blog: berkat, hak cipta, izin, khotbah, lagu