Fung Shui

Fung Shui
oleh Deny S Pamudji

Fung Shui atau Hong Shui merupakan suatu kepercayaan orang Cina yang mengkaitkan letak suatu ruang, rumah (gedung), taman, kubur, jembatan, bukit, bendungan, sungai, atau lembah terhadap keberuntungan, kesehatan dan keharmonisan suatu individu, keluarga, perusahaan atau usaha/niaga.

Fung Shui secara harfiah berarti Angin (Fung) dan Air (Shui). Jadi secara harfiah Fung Shui berarti seni memanfaatkan angin dan air untuk menyelaraskan, mengalirkan, dan menghimpun Chi serta menghalau Sha Chi (Chi pembawa maut). Secara garis besar Fung Shui mempunyai 2 aliran yakni aliran bentuk dan aliran mata angin. Aliran bentuk meninjau dari tinggi rendah permukaan bumi (bukit, lembah, gunung) dan aliran sungai. Aliran mata angin meninjau dari sudut mata angin. Kedua aliran dalam praktek sering di-gabung menjadi satu dan malah dikombinasikan dengan horoskop Cina (yang disebut Shio), Yin Yang dan Lima Unsur Dasar (U Sing - Kayu, Api, Tanah, Logam, dan Air).

Fung Shui berpendapat bahwa Chi harus dapat bergerak bebas dan kalau dapat dihimpun agar men-datangkan pengaruh baik seperti banyak rezeki, kesehatan dan keharmonisan. (Chi menurut pandangan filosofi Cina merupakan suatu tenaga dasar yang memberi napas kehidupan di dunia ini ). Chi dalam Yoga disamakan dengan prana dan dalam kebatinan disebut tenaga kosmos.

Fung Shui merupakan pseudo science (ilmu palsu) atau tegasnya Fung Shui bukanlah ilmu karena tidak mempunyai kriteria ilmu (yakni dapat dibuktikan secara obyektif). Malah dapat dikatakan Fung Shui merupakan salah satu kepercayaan yang berhubungan dengan roh-roh teritorial seperti pendapat yang menyatakan rumah yang menghadap ke Tenggara akan selalu sial karena berhubungan dengan roh kemalangan .

Pertanyaan sekitar Fung Shui
+ Bagaimana seharusnya seorang Kristen memandang Fung Shui?
* Fung Shui hendaknya dianggap sebagai tahyul, khususnya tentang Chi. Karena bagi kita hanya Allah-lah yang menjadi sumber kehidupan, berkat dan perlindungan (Mzm 24:1; Kej 2:7; Bil 6:24; Ams 29:25)

+ Pernah ada kejadian dimana seseorang menjadi makmur setelah kubur orangtuanya diubah sesuai petunjuk ahli Fung Shui. Bagaimanakah hal tersebut bisa terjadi apabila Fung Shui adalah tahyul?
* Iblis adalah Bapa Dusta (Yoh 8:44). Fung Shui bukanlah ilmu karena tidak memenuhi salah satu kriteria ilmu yakni dapat dibuktikan secara obyektif. Orang mati tidak dapat berhubungan dengan orang hidup. Bagaimana mungkin dia bisa memberi kesejahteraan bagi orang hidup. (baca tulisan kami tentang Dunia Orang Mati) Contoh kejadian yang diceritakan di atas merupakan rekayasa si Setan karena dengan demikian akan terjadi penyembahan yang makin menjadi pada roh orangtua yang sesungguhnya merupakan penyembahan terhadap Setan.

+ Kalau Fung Shui bukan ilmu, mengapa seringkali petunjuk dari Fung Shui terbukti benar?
* Sekali lagi perlu dipertegas bahwa Fung Shui bukanlah ilmu. Ilmu merupakan suatu ajaran atau rumusan yang jika dilakukan sesuai prosedur di mana saja dan oleh siapa saja menghasilkan hal yang sama. Fung Shui tidak demikian halnya. Fung Shui dilihat secara kasus per kasus. Seseorang yang ber-shio Ular tidak bisa menerapkan hal yang sama dengan seseorang yang ber-shio Macan.

Ilmu juga bersifat konsisten seperti 1 + 1 = 2; 3 + 2 = 5. Hal ini sudah pasti selama perhitungan masih desimal (sepuluh) dan belum menjadi biner (dua). Fung Shui tidak demikian halnya. Contoh: dulu kamar orangtua harus berada diurutan depan daripada kamar anak. Kini kamar anak harus berada diurutan depan daripada kamar orangtua.

Petunjuk Fung Shui seringkali kelihatan benar karena Fung Shui mengambil sana-sini kaedah ilmu. Di sinilah pandainya si Setan untuk membuat orang menganggap Fung Shui sebagai ilmu. Salah satu kaedah yang diambil misalnya kaedah sanitasi. Dalam Fung Shui dikatakan sebaiknya WC tidak berada di dalam kamar tidur. Hal ini jelas karena kaedah sanitasi mengharuskan WC mempunyai pembuangan udara ke luar. Dengan membuat WC di dalam kamar tidur maka pembuangan udara ke luar tidak ada sehingga membuat udara kamar tidur menjadi lembab yang berakibat mendatangkan penyakit.

Contoh lainnya dalam Fung Shui dikatakan bahwa rumah yang berada di ‘tusuk sate’ (ujung dari simpang tiga) tidak baik. Hal ini jelas terlebih-lebih bila rumah tersebut berada di jalan yang ramai kendaraan lalu-lalang. Secara ilmu fisika sebuah kendaraan yang bergerak akan menghasilkan momentum. Dan setiap belokan menghasilkan gaya sentripetal dan sentrifugal. Jadi apabila sebuah kendaraan meluncur cepat dan tidak menduga adanya simpang tiga, maka hampir dapat dipastikan akan menabrak sasaran yang berada di ujung jalan tersebut.

Ambil sana-sini sedikit-sedikit dengan menutupi sumbernya merupakan salah satu sifat Setan. Setan tidak malu mengutip ayat Alkitab untuk digunakan olehnya. Itulah sebabnya banyak orang disesatkan olehnya. Ayat dari Pengkotbah pasal 3:1-8 yang menyatakan segala sesuatu ada saatnya sering dikutip oleh Setan untuk mendukung ajarannya. Setan berkata, ”Alkitab sendiri menyatakan demikian, karena itu periksalah Fung Shui apabila ingin mengetahui kapan saat yang tepat untuk membuka usaha, membangun rumah, menikah, dlsb. Alkitab tidak memuat petunjuk seperti itu.”

Sebagai umat Kristen yakni umat pilihan Tuhan (1 Ptr 2:9) hendaknya kita memahami siasat Setan. Penyesat Dunia (why 20:1-3, 9-10) yang dari awalnya menjerumuskan Adam dan Hawa (Kej 3) tetap akan menggunakan akalnya untuk menjauhkan kita dari Tuhan kita dan secara tidak sadar menyembah Setan (2 Kor 4:3-4).

Semua hari baik apabila kita berserah pada Tuhan. Yakinlah tidak ada kuasa apapun yang dapat memisahkan kita daripada kasih-Nya (Rm 8:37-39). Terpujilah Tuhan Yesus.

Artikel lain bisa dibaca pada http://jakartaberdoa.blogspot.com.  Tuhan memberkati

Topic Blog: Kesaksian

Keywords Blog: cina, fung shui, letak

Comments

Deny, Prinsip Utama Fengshui Yang Baik

Saudara Deny, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, menurut saya pengetahuan anda tentang Fengshui terlalu dangkal sementara pengetahuan anda tentang kebudayaan dan agama orang Tionghua sungguh mengenaskan. Anda tidak punya kemampuan sama sekali untuk menulis tentang Fengshui dan ajaran Alkitab.

Anda menuduh Setan suka kutip sana kutip sini, namun sayang anda sendiri nampaknya memiliki hoby demikian, bahkan prilaku anda lebih parah karena anda sama sekali tidak paham dengan yang anda kutip.

Tulisan-tulisan membabibuta seperti yang anda tulis inilah yang membuat banyak orang Tionghua non Kristen tidak menghormati orang-orang Kristen, terutama orang Tionghua Kristen. Sebagai seorang Tionghua Kristen, saya menentang tulisan anda karena memberikan informasi yang menyesatkan tentang Fengshui dan kebudayaan serta agama Tionghua.

Agar anda paham bahwa pengetahuan Fengshui anda terlalu dangkal, baiklah tolong jelaskan kepada saya prinsip utama fengshui yang baik. Bila hal itu terlalu sulit,  baiklah anda boleh menjelaskan kepada saya apa yang anda maksudkan dengan kata menyelaraskan, mengalirkan dan menghimpun Chi?

Sementara untuk menunjukkan bahwa saya paham dengan yang saya tulis, berikut ini saya beritahu anda definisi Fengshui yang benar.

Fengshui adalah ilmu dan seni untuk menghitung keberuntungan manusia berdasarkan waktu lahir.

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

setuju dg iah

iah beberapa tahun yg lalu ada juga pendeta yg mengatakan dosa! dosa! dosa! lalu menyuruh membakar lukisan2 bali yg berkarya seni milik jemaatnya. yg lebih parah krn saya bersuku batak ulos juga harus dibakar karena dianggap benda setan. e lah dalah.... padahal dalam adat dan ulos terdapat makna penghormatan yg indah pada orangtua dan sembuyak/keluarga istri tentu makna ini diketahui oleh yg telah mengerti adat. dan bagaimana orang mau mengerti adat jika mereka tidak mau mempelajari dan serampangan mengajar bakar demi nama Tuhan, bukankah penghormatan thd orangtua dan keluarga adalah keanggungan keluarga kristen dan diajarkan oleh Firman Tuhan. dosa kan di hati bukan di patung atau ulos dsb.

saya ngeri yg mengatasnamakan Firman Tuhan ini tidak menghormati keluarga nya ttp mengaku mengerti Firman Tuhan.

barudak

Jawaban atas Tanggapan Sdr Iah & Barudak

Shalom Alehim,

Terima kasih atas tanggapan Sdr Iah dan Barudak akan tulisan Fung Shui saya.

Chi - daya yang menghidupkan, bisa diselaraskan, dihimpun, dan dialirkan berdasarkan letak bangunan, benda, dan alam sekitar.
Sha Chi (chi yang jahat) misalnya bisa dihindari dengan memasang cermin patkwa ataupun dengan benda tertentu lainnya.
Dan Chi yang baik bisa diundang dengan membuat jalan agar Chi itu masuk.  Bisa dengan lembah buatan, ataupun benda tertentu yang bisa menyerap Chi.

Fung Shui yang Sdr katakan (perhitungan rezeki berdasarkan tanggal dan waktu lahir) adalah Fung Shui yang dikaitkan dengan capjie shio (horoskop cina yang terdiri dari dua belas binatang) yang semuanya berdasarkan atas legenda bahwa ketika Buddha mendekati wafat, beliau memanggil binatang2 untuk diabadikan dan menggambarkan watak2 manusia di dunia.

Saya bukan ahli dalam kebudayaan/kepercayaan Cina, tetapi saya cukup mendalami banyak kebudayaan/kepercayaan Cina.  Saya belajar Kung Fu (Kuntau) dan bisa memainkan Barongsay.  Saya belajar Akupunktur.   Saya juga menguasai Chi Kung untuk penyembuhan.  (Semua sudah saya lepaskan pada saat saya bertobat)

Saya belajar Tridharma (Buddha, Laotse, Khonghucu).  Saya membaca buku2 filsafat Cina dan tulisan2 penulis Cina seperti Lin Yutang.

Sebagai Cina Kristen, apakah Sdr masih terikat pada kepercayaan Cina?  Coba periksa Gal 4:6-10)

Saya sendiri tidak setuju dengan tindakan pembakaran kain ulos atau lukisan2 Bali.  Bagi saya prinsipnya begini.  Jika benda2 tersebut pernah dijadikan berhala atau simbol berhala, maka jangan pernah ada dalam diri/rumah kita.

Salam kasih,
Deny S Pamudji

reply untuk Deny

Saudara Deny, pandangan agama anda sangatlah sempit, baik secara agama Kristen maupun kebudayaan Tionghoa ataupun segala hal yang telah anda sebutkan tadi. Apalagi anda adalah seorang Tionghoa, bagaimana mungkin anda menghina kebudayaan nenek moyang anda sendiri?
Yang kedua ilmu kungfu, memainkan barongsay dan akupunktur itu tidak ada hubungannya dengan agama ataupun kepercayaan, pengetahuan anda sungguh dangkal. Untuk Fengshui juga sangat jelas itu tidak ada hubungannya dengan sebuah kepercayaan, sedih sekali melihat pengetahuan anda seperti ini. Sungguh sangat dangkal.
Selain menunjukkan ketidaktahuan anda dalam menulis artikel ini, anda juga telah menghina kebudayaan Tionghoa, sungguh memalukan padahal anda adalah keturunan Tionghoa. Menurut saya, anda adalah seorang yang buta yang sedang mengajari orang untuk melihat. Dalam agama Kristen juga tertulis agar anda juga tidak menghina kepercayaan orang lain bukan?

Deny, Saya Tionghua Sejati

 Saudara Denny, dari tulisan anda memang nampak jelas bahwa anda bukan ahli. Walaupun menganggap diri cukup mendalami, namun menurut saya pegnetahuan anda jauh dari dalam.

Anda mempelajari Tridharma? Mempelajari agama Budha, agama Dao dan agama Khonghucu? Tahukah anda perbedaan UTAMA dewa-dewi agama Dao dan Bodhisatva agama Budha? Anda tahu perbedaan utama ajaran reinkaranasi agama Budha dan agama Dao? Tahukah anda kenapa ada dua raja neraka di dalam Tridharma? Apakah Sun gokong itu dewa agama Dao atau Bodhisatva agama Budha? Anda tahu ada berapa jumlah kitab suci umat Dao? Anda tahu ada berapa surga dan neraka di dalam agama Dao? Anda tahu ada berapa alam di dalam agama Budha?

Anda belajar agama Khonghucu. Tahukah anda siapakah Tuhan yang disembah oleh umat Khonghucu? Anda tahu nama kitab suci mereka? Anda tahu makna sembahyang orang mati orang-orang Tionghua? Anda tahu kenapa orang-orang Tionghua membakar barang barang tiruan terbuat dari kertas bagi orang mati? Anda tahu altar Jiao? Altar she? Altar gunung dan sungai? Anda tahu orang Tionghu menggelari raja mereka Tianzi (anak Tuhan)? Anda tahu kenapa raja digelari Tianzi?

Anda belajar hongshui serta 12 shio. Anda tahu asal usul dari 12 shio? Anda tahu apa itu Tian gan dan Dizi? Anda pernah membaca kitab Yijing?

Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!" Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah. Galatia 4:6-7

Saudara Deny, saya seorang Tionghua Kristen, bukan Cina Kristen. Orang Cina adalah warga negara Republik Rakyat Cina atau Republik Cina (Taiwan). Sedangkan orang Tionghua adalah orang yang leluhurnya lahir di Tiongkok. Apakah saya masih terikat dengan tradisi Tionghua? Tentu saja saya masih terikat dengan tradisi Tionghua. Saya masih menyalakan hio (dupa) ketika melayat. Masih merayakan sincia, masih makan bacang, makan kue bulan dan merayakan ceng beng. Dari mana anda tahu Galatia 4:6-7 menentangnya? Tradisi mana yang ditentang? Kenapa ditentang?

Ketika Musa hendak mendirikan Kemah Allah,banyak sekali aturannya, pernahkah terpikir bahwa itulah hongshui?

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

Hindari Filsafat Kosong

Kalau anda org kirsten, tentu anda akan meninggalkan filsafat cina or tionghoa.

hai hai or iah iah, jangan mengelabui orang dengan filsafat yg bertentangan dengan ajaran kristus.

Kolose 2:8 Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.

perhatikan baik baik tuh ajaran turun temurun jangan di pakai. 

hong sui kok di hubung2kan dengan Pembangunan kemah. darimana aturannya. Hongsui ya hong sui.

Peraturan tentang kemah itu adalah Perintah Tuhan, kok lu bilang hong sui. hayya.

Hakimi Filsafat Tionghua Dengan Adil

Anonym, apabila orang Kristen sejati maka anda tentu tidak asal ngejeblak seenak jidatnya. Namun saya tahu, anda bukan Kristen sejati, itu sebabnya saya tidak akan menuntut anda untuk MEMBUKTIKAN bahwa filsafat orang Tionghua bertentangan dengan ajaran Kristen. Juga tidak akan menyebut anda NGAWUR karena sembarangan menarik kesimpulan untuk hal yang tidak anda pahami. Sebelum anda menulis lebih lanjut, silahkan anda merenungkan ayat Alkitab berikut ini.

Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil." Yohanes 7:24

Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat, dan dengan hati nurani yang murni, supaya mereka, yang memfitnah kamu karena hidupmu yang saleh dalam Kristus, menjadi malu karena fitnahan mereka itu. 1 Petrus 3:15

Anonym, bila tidak sanggup menghakimi dengan adil, sebaiknya anda tidak sembarangan menghakimi. Apabila tidak mampu mempertanggungjawabkan apa yang anda ajarkan, sebaiknya jangan mengajar. Bila nekad melakukannya, anda akan dipermalukan bahkan anda akan menyesatkan.

Kenapa tidak boleh menghubungkan hongshui dengan pembangunan kemah Allah? Bila anda tidak memiliki kemempuan untuk menjelaskannya sebaiknya jangan ASAL bilang tidak boleh. Itu bukan prilaku Kristiani yang baik

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

Filsafat Kosong

Mau feng sui kek mau hong sui ke..itu semua ajaran turun temurun,filsafat kosong, bertentangan dengan ajaran Kristus.

Filsafat Kosong Atau Otak Anda Yang Kosong?

Anonym, sejak kapan kebenaran Kristiani didirikan di atas kalimat-kalimat kosong orang-orang seperti anda? Anda tahu, tanpa membuktikan bahwa filsafat Tionghua memang omong kosong, maka anda harus disebut PENYEBAR fitnah dan PEMBUAL.

Berani terima AJAKAN saya? Anda tunjukkan KEKOSONGAN filsafat Tionghua dan saya akan BUKTIKAN bahwa anda MEMBUAL atau otak andalah yang kosong.

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

debat fengshui = adat /pandangan manusia/firman tuhan

saudara deni dan anon tidaklah terhormat menghindari perdebatan yg belum tuntas dan karena anda yg menulis blog inianda bertanggungjawab menunjukkan dimanakah ajaran tionghua dan fengshui tidak sesuai firman Tuhan? jika anda kabur dan melarikan diri, maka jelas anda adalah penyebar fitnah yg asal jeplak yg pantas menerima malu, krn baru tahu sedikit tapi suka pamer dan lari ketika diuji!! itu bukanlah sifat kebenaran!! walau anda salah toh tak perlu lari krn anda bisa memperbaiki diri dan meminta maaf itulah kedewasaan dlm Kristus. pandangan anda belum tentu benar dan patut diuji walau anda mendengarnya dari malaikat apalagi hanya dari seorang pendeta terkenal!

2Kor. 11:14 Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang.

Gal. 1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

Jawaban Atas Tanggapan Artikel Fung Shui

Shalom Alehim, Shalom semua, Maaf baru bisa membalas. Sederhana saja, jika kita sudah di dalam Kristus, maka kita harus melepaskan diri dari aturan2 yang kelihatan/tampak baik tetapi tidak ada gunanya selain untuk memuaskan hidup duniawi. Kol 2:8, 20-23. Untuk apa seseorang melihat fung shui? Untuk mendapat lebih banyak rezeki (memuaskan hidup duniawi, kan?) Tuhan kita pencemburu. Jika isteri kita saja tidak suka kita menyimpan foto mantan kita di dompet kita, apalagi Tuhan kita?! Bagaimana Dia menerima allah2/ajaran lain dihadapan-Nya? Tuhan Yesus memberkati kalian semua. Salam kasih, Deny S Pamudji http://jakartaberdoa.blogspot.com

Kemah Allah = Fung Shui?

Shalom Alehim, Ada yang mengoreksi saya bahwa definisi fung shui bukanlah seperti yang saya definisikan. Tetapi anehnya secara tidak sadar dia mengakuinya ketika mengatakan bisa jadi Kemah Allah juga mengikuti fung shui. Sekarang saya balik bertanya pada yang memberi pertanyaan itu. Coba buktikan bahwa Kemah Allah berdasarkan fung shui. Buktikan pada saya dari sudut luopan dan perhitungan penggaris geomancy. Haleluya. Deny S Pamudji http://jakartaberdoa.blogspot.com

Saudara Deny S Pamudji,

Saudara Deny S Pamudji, Junzi artinya seorang susilawan sedangkan siaujin artinya seorang yang yang tidak susila atau tunasusila.

Orang Kristen susilawan umumnya mendorong orang Kristen baru untuk belajar Alkitab dengan cara yang benar sedangkan orang orang Kristen tuna susila akan mendorong orang Kristen baru menceritakan kejelekan agama lamanya.  Karena itulah,maka orang Kristen baru yang baik akan belajar Alkitab dengan cara yang benar sedangkan orang Kristen baru tuna susila akan pergi ke mana-mana sambil menjelek-jelekkan agama lamanya.

Baiklah saya akan mengutip kembali pertanyaan-pertanyaan saya untuk anda jawab. Dari jawaban-jawaban tersebut para pembaca tulisan anda akan tahu, apakah anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk MENGHAKIMI filsafat orang Tionghua atau tidak?

Anda mempelajari Tridharma? Mempelajari agama Budha, agama Dao dan agama Khonghucu? Tahukah anda perbedaan UTAMA dewa-dewi agama Dao dan Bodhisatva agama Budha? Anda tahu perbedaan utama ajaran reinkaranasi agama Budha dan agama Dao? Tahukah anda kenapa ada dua raja neraka di dalam Tridharma? Apakah Sun gokong itu dewa agama Dao atau Bodhisatva agama Budha? Anda tahu ada berapa jumlah kitab suci umat Dao? Anda tahu ada berapa surga dan neraka di dalam agama Dao? Anda tahu ada berapa alam di dalam agama Budha?

Anda belajar agama Khonghucu. Tahukah anda siapakah Tuhan yang disembah oleh umat Khonghucu? Anda tahu nama kitab suci mereka? Anda tahu makna sembahyang orang mati orang-orang Tionghua? Anda tahu kenapa orang-orang Tionghua membakar barang barang tiruan terbuat dari kertas bagi orang mati? Anda tahu altar Jiao? Altar she? Altar gunung dan sungai? Anda tahu orang Tionghu menggelari raja mereka Tianzi (anak Tuhan)? Anda tahu kenapa raja digelari Tianzi?

Anda belajar hongshui serta 12 shio. Anda tahu asal usul dari 12 shio? Anda tahu apa itu Tian gan dan Dizi? Anda pernah membaca kitab Yijing?

Nah, saudara Denny S Pamudji, silahkan tunjukkan pengetahuan anda.    

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

Ulangan 13:1-5 berkata:

Ulangan 13:1-5 berkata: Apabila di tengah-tengahmu muncul seorang nabi atau seorang pemimpi, dan ia memberitahukan kepadamu suatu tanda atau mujizat, dan apabila tanda atau mujizat yang dikatakannya kepadamu itu terjadi, dan ia membujuk: mari kita mengikuti allah yang lain, yang tidak kau kenal, dan mari kita berbakti kepadanya, maka janganlah engkau mendengarkan perkataan nabi atau pemimpi itu; sebab TUHAN, Allahmu, mencoba kamu untuk mengetahui, apakah kamu sungguh-sungguh mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu. TUHAN, Allahmu, harus kamu ikuti, kamu harus takut akan Dia, kamu harus berpegang pada perintahNya, suaraNya harus kamu dengarkan, kepadaNya harus kamu berbakti dan berpaut. Nabi atau pemimpi itu haruslah dihukum mati, karena telah mengajak murtad kepada TUHAN, Allahmu, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir dan yang menebus engkau dari rumah perbudakan – dengan maksud untuk menyesatkan engkau dari jalan yang diperintahkan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk dijalani. Demikianlah harus kau hapuskan yang jahat itu dari tengah- tengahmu.

Orang yang berpaling kepada

Orang yang berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal, yakni yang berzinah dengan bertanya kepada mereka, AKU sendiri akan menentang orang itu dan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya. (Imamat 20:6)