Tekun dan sabar

Kamis sore pkl 17 di banyubiru.
kali ini kami bergumul mengenai 2 kata berdasar kolose 1:1-14. anda pasti tahu karena saya jadikan judul. 2 buah kata yg begitu sederhana. tekun. sabar. mungkin tidak ada yg menarik dari kata2 tersebut. sebab kata2 itu sering diucapkan dan terucap melalui bibir kita. manakala mendengar kata
tekun yg ada dlm bayangan pikiran saya adalah seorang siswa atau pelajar yg selalu tekun mendengar apa yg diajarkan guru. atau manakala kita jadi seorang anak yg mulai belajar berdiri atau berjalan. berkali2 jatuh tapi tidak menyurutkan kita untuk tetap belajar. meskipun lutut berdarah usaha tetap kita lakukan tiada kapoknya.
sabar. sebuah kata sederhana yg mengingatkan kita pada para petani. yg selalu sabar dlm menanti panen. meskipun kadang ada hama dan gagal panen dia tetap menanam. di saat menunggu panen ia tekun menyiangi dan memupuk.
kolose adalah jemaat yg menerima surat paulus supaya dapat tekun dan sabar. kolose adalah jemaat yg cukup baik bila dibanding korintus. iman, pengharapan dan kasih kolose sudah didengar paulus melalu ephafras. namun paulus tetap mendorong agar jemaat mencapai kesempurnaan keselamatan dlm kristus. untuk itu perlu ketekunan dan kesabaran. untuk lebih jelas silahkan anda baca kolose.

Kategori: Bahan Renungan Alkitab

Topic Blog: Kesaksian

Keywords Blog: Be humble

Comments

ketekunan dan "sungut sungut" (1)

Syalom Setyo,

Met kenal sebelumnya..

saya mau ngasih komentar diblog anda dulu,

What is patience/ketekunan(kesabaran)? dari semua definisi yang saya baca, saya sangat terkesan dengan apa yang ditulis oleh The Copeland's, saya lupa judul artikelnya tapi kalau tidak salah ia mengatakan

Patience is ability to stand fast on the words of God even when your victory seems slow in coming..terjemahan bebas menurut saya kira kira begini..

Ketekunan atau kesabaran adalah kemampuan untuk tetap berdiri teguh di atas janji Firman Allah meskipun kemenangan masih belum terlihat.

Ketekunan itu adalah salah satu hal yang penting dalam mendapatkan janji janji Allah boleh di'manifestasikan' dalam kehidupan kita.

kasih Allah kepada kita tidak bersyarat tapi berbicara tentang janji itu bersyarat.

tapi yang menjadi masalah banyak orang percaya ketika mereka menghadapi 'masalah2' mereka mundur dan tidak lagi bertekun, dan orang orang yang mundur ini kalau tidak hati hati sering kali mereka bersungut sungut.

sungut sungut ini yang sering membuat janji Allah menjadi buuyaaaarr ...

ketika mereka melihat bahwa apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan akhirnya sungut sungut itu yang keluar.

dari apa yang saya pelajari ... senjata 'musuh' yang paling efektif untuk menghancurkan kita dan supaya janji Allah tidak digenapi dalam hidup kita adalah sungut sungut.

ini adalah senjata yang sangat efektif sekali untuk menghancurkan 'semuanya'

International Standard Version (©2008)
Then, instead of being lazy, you will imitate those who are inheriting the promises through faith and patience.

New American Standard Bible (©1995)
so that you will not be sluggish, but imitators of those who through faith and patience inherit the promises.

GOD'S WORD® Translation (©1995)
Then, instead of being lazy, you will imitate those who are receiving the promises through faith and patience.

King James Bible
That ye be not slothful, but followers of them who through faith and patience inherit the promises,

... yang oleh iman dan ketekunan memperoleh apa yang dijanjikan...

sebab yang menjanjikannya adalah setia.

kalau kita melihat Abraham dalam menanti janji Allah luar biasa... ia pernah gagal sekali akhirnya lahirlah Ismail, tapi sekali pun demikian... tidak ada satu pun record di alkitab ia bersungut sungut..... tidak satu pun .Amin

kita lihat juga si Yusuf, selama ia diproses tidak pernah sekali pun sungut sungut keluar walau ia melihat apa yang dijanjikan Allah melalui mimpinya tidak terjadi saat itu.

Ia dibuang ke sumur... dipisahkan dengan papa dan saudaranya, dijual jadi budak...dibeli oleh Potifar, difitnah dengan kejam akhirnya masuk penjara... dipenjara dilupakan oleh juru minum yang oleh pertolongan Yusuf dibebaskan...

alkitab saya tidak pernah mencatat sekali pun ia bersungut sungut...sampai akhirnya ia mendapat promosi.. from the pit to the house of Potifar, from the house to the jail and from the jail to the throne..it took abaut 13 years (13 tahun)

(kalau sempat nanti saya juga ingin mengulas sedikit tentang Yusuf)

tidak ada sungut sungut yang keluar dari mulutnya Yusuf.

bandingkan dengan bangsa Israel generasi I yang keluar dari tanah mesir.

Janji Allah akan membawa keluar bangsa Israel itu sudah jauh jauh hari bahkan sebelum umat itu lahir.

Dalam Kejadian 15, sewaktu Allah menampakkan diri kepada Abram.. Allah telah mengatakan jauh jauh hari. nubuatan bahwa mereka akan keluar bebas dari Mesir itu telah ada, bahkan Allah memateraikan janjiNya itu melalui perjanjian darah yang pertama dengan Abram ..sewaktu suluh api itu berjalan di tengah porongan korban perjanjian.

God sealed it with His blood covenant...

tapi kita lihat.... dari sekian banyak generasi I bgs Israel itu cuman 2 orang yang masuk ke tanah perjanjian.. Musa tidak diperkenankan masuk. sisanya mati di padang gurun setelah berputar2 40 tahun lamanya..

berapa jauh kah jarak menuju tanah perjanjian... hanya 11 hari perjalanan tapi gara gara sungut sungut menjadi 40 tahun.

berapakah kira kira uamt Israel yang binasa ? sekitar 2.5 s/d 3 juta jiwa.

tragis cuman 2 orang dari 2,5 atau 3 juta jiwa.

kegagalan Allah dalam menepati janjiNya atau kah karena orang Israel sendiri?

bisa kah nubuat gagal...? ada yang berkata Dia yang memulai Dia juga yang akan mengakhiri...

kalau menurut saya lihat2 dulu casenya... .yang ini apa?? bukankah karena sungut sungut...

ntar kita sambung lagi ya Setyo,

Syalom Ang Che Chen

 

 

 

Apa Janji Tuhan Pada Generasi Ini?

Ang Che Chen, tolong jangan menyangka saya sadang menguji anda. Saya benar-benar tidak tahu apa yang anda maksudkan dengan JANJI-JANJI Allah kepada orang Kristen generasi ini yang akan BUYAR bila orang Kristen bersungut-sungut.

tolong beritahu saya daftar janji-jani itu dan sekalian jelaskan kepada saya kenapa bila kita tidak tekun dan bersungut-sungut kita tidak akan mendapatkan janji-janji itu?

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

@ iah iah re : ketekunan dan sungut sungut.

Syalom iah iah,

besok saya ulas tentang janji Allah dan sungut sungut versi saya..

tolong kalau salah silahkan dikoreksi atau ditambah,

saya pada dasarnya adalah orang yang full of cin cai, kecuali kalau masalah pengajaran keselamatan 'agak keras' dikit sama 'mereka'

ketekunan dan sungut sungut seri ke 2,

Syalom semua,

Salam damai sejahtera dalam Kristus Yesus

malam ini saya mau mengulas ketekunan dan sungut sungut seri 2 menurut versi saya.

Pokok pembahasan kita diambil dari kitab Yakobus 5:7-11

Yak 5:7  Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah/bertekunlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi.
Yak 5:8  Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!
Yak 5:9  Saudara-saudara, janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Sesungguhnya Hakim telah berdiri di ambang pintu.
Yak 5:10  Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan dan kesabaran para nabi yang telah berbicara demi nama Tuhan.
Yak 5:11  Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan.

1. Yak 5:7a.. Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah/bertekunlah sampai kepada kedatangan Tuhan.
(American King James Version :Be patient therefore, brothers, to the coming of the Lord. Behold, the farmer waits for the precious fruit of the earth, and has long patience for it, until he receive the early and latter rain.)

perhatikan kata bersabar di atas.. , Firman Tuhan katakan bersabarlah.. be patient.., mengapa perlu kesabaran mengapa perlu ketekunan, karena ketekunan dan kesabaran itu mutlak diperlukan untuk menyambut kedatangan Tuhan dalam hidup kita.

Apa yang dimaksud dengan kedatangan Tuhan... ? apakah itu sama seperti saat Yesus menjemput kita di awan awan kalau kita belum game over duluan?? apakah kedatangan Tuhan itu sama seperti waktu maut menjemput kita... semua orang memiliki tafsiran yang bebas dalam hal ini,

tapi menurut saya kedatangan Tuhan itu berbicara tentang Allah datang melawat kita..., saat Ia menjawab doa doa kita

Kalau saudara datang ke Sara dan bertanya apakah arti kedatangan Tuhan , maka ia akan berkata kedatangan Tuhan adalah saat Tuhan mengunjungi saya sehingga saya bisa memiliki anak yang sudah saya tunggu tungu sekian puluh tahun dalam pernikahan saya..(Sara dalam kondisi menopause saat itu)

New American Standard Bible (©1995)
"Is anything too difficult for the LORD? At the appointed time I will return to you, at this time next year, and Sarah will have a son."

Kalau saudara tanya ke Abraham, maka ia mengatakan kedatangan Tuhan adalah saat saya bisa mempunyai Ishak boleh dilahirkan setelah saya bertekun 25 tahun lamanya saat Tuhan membawa saya keluar dari Ur kasdim

Kalau saudara bertanya ke Yusuf, ... Yusuf apa sih kedatangan Tuhan menurut kamu... maka ia akan berkata kedatangan Tuhan bagi saya adalah saat  Firaun berkata ......dan saya menunggu belasan tahun lamanya lho..

Kej 41:38  Lalu berkatalah Firaun kepada para pegawainya: "Mungkinkah kita mendapat orang seperti ini, seorang yang penuh dengan Roh Allah?"

Kej 41:39  Kata Firaun kepada Yusuf: "Oleh karena Allah telah memberitahukan semuanya ini kepadamu, tidaklah ada orang yang demikian berakal budi dan bijaksana seperti engkau.

Kej 41:40  Engkaulah menjadi kuasa atas istanaku, dan kepada perintahmu seluruh rakyatku akan taat; hanya takhta inilah kelebihanku dari padamu."

Kej 41:41  Selanjutnya Firaun berkata kepada Yusuf: "Dengan ini aku melantik engkau menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir."

kalau kita bertanya kepada Elizabeth dan Zakharia, maka ia menjawab kedatangan Tuhan adalah saat kami bisa mempunyai anak di usia kami yang lanjut dan tak berpengharapan saat mempunyai anak lagi.

Kalau kita bertanya kepada perempuan yang sakit pendarahan apa arti kedatangan Tuhan bagi ibu dan ia menjawab kedatangan Tuhan bagi saya adalah saat disembuhkan oleh kuasa Yesus setelah 12 tahun mengalami pendarahan..

kalau kita tanya lagi kepada Bartimeus yang buta.. apa ati kedatangan Tuhan, maka ia menjawab kedatangan Tuhan bagi saya adalah saat ia menyembuhkan mata saya yang buta....

dst, dst.. daftarnya tidak pernah habis

Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi.

saya akan kupas dari sisi petani.. apa yang paling menonjol dari sikap para petani... bukan kah ketekunannya dalam hal mengerjakan dan menantikan hasil panennya.. pernah lihat petani ia pergi ke sawah atau ladang kemudian mulai mencangkul setelah beberapa cangkulan dia istirahat lama dan mulai ngisap rokoknya,... bisa selesai nda garapannya.. tentu tidak.. ia terus bekerja, istirahat sejenak terus nyambung lagi, istirahat bentar terus nyambung lagi.. biar siang terik... terus ia kerja... ia sabar menunggu sampai ia bisa menikmati hasilnya...

prinsip petani adalah prinsip ketekunan.. karena bertani tidak sama dengan nanam tauge atau kecambah.. hari ini semai besok mulai ada hasil... diperlukan endurance....ketahanan..

itu sebabnya Tuhan berkata dalam Mat 7:7 (mintalah maka kamu akan mendapat, dst...

versi Amplified Bible sangat bagus karena diterjemahkan dari bhs aslinya :
Keep on asking and it will be given you; [f] keep on seeking and you will find; [g]keep on knocking [reverently] and [the door] will be opened to you. (mintalah terus terusan, carilah terus menerus, ketuklah pintu terus menerus...

terus Tuhan Yesus ngajar tentang sahabat yang meminta roti... terus juga hakim yang tidak benar... Luk 18:1  Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu.( that men ought always to pray, and not to faint;)  tidak menjadi tawar hati..

ketekunan itu penting .. petikan cerita di bawah adalah kisah yang saya ambil dari seorang anak yang nyaris tewas dalam sebuah kecelakaan...
silahkan klik di SINI

Artikel tadi kurang lengkap tapi kalau baca versi Inggrisnya luar biasa, record demi record dia ukir dan yang nikin kita bangga sebagai umat Kristen ia berkata oleh anugerahNya aku bisa seperti ini. Glenn Cunningham bisa saja menyerah dengan keadaannya, tapi ia menolak... dan hasil record record nya dapat dilihat di SINI

Ketekunan adalah salah satu buah roh.

ingat kasus perempuan Sirofenisia yang anaknya kerasukan... mengapa akhirnya Tuhan menjawab dia... she refused to give up.. in her heart she said I would never leave without.........(aku tidak akan pernah pergi sampai....)

Di alkitab saya hanya dua kali Yesus berkata tentang iman yang besar... ibu ini dan perwira yang anak buahnya sakit.. 

Ibr 10:36  Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.
Ibr 10:37  "Sebab sedikit, bahkan sangat sedikit waktu lagi, dan Ia yang akan datang, sudah akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya.
Ibr 10:38  Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya." 

 

Yak 5:9  Saudara-saudara, janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Sesungguhnya Hakim telah berdiri di ambang pintu.

Sungut sungut terjadi ketika keadaan yang kita alami tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan malahan sering bertolak belakang.

sungut sungut juga terjadi ketika kita mengalami bencana dalam kehidupan ini.. 

ada orang yang berani langsung bersungut sungut kepada Allah, atau ada juga yang tidak berani langsung kepada Allah jadi ia bersungut sungut terhadap keadaan sekelilingnya, kepada orang lain... sebagai pelampiasannya..

sungut sungut sangat 'keji' di hadapan Allah kita..

Ketika kita sedang bersungut sungut, kita sederhananya mengatakan Tuhan aku tidak percaya padaMu, masakan hal ini terjadi padaku.. mana janjiMu.. mengapa Engkau buat aku mengalami hal ini.. Apa Tuhan nda becus jaga aku sehingga masalah ini terjadi... 

What is faith? Faith is a result of our conviction concerning the person and the integrity of God's word. It is judging God faithful.. 

Iman adalah hasil dari keyakinan/kepercayaan kita thd seseorang dan integritas Firman Tuhan, ini dengan jelas mengatakan Allah itu setia..

terus kalau sungut sungut apa? gampang kebalikan dari iman kita... it is judging God I don't believe You anymore, you are liar and so and so....

When we are murmuring, complaining, grumbling we are simply saying Lord I don't believe in You, 

God demands our faith before He will deliver the blessing to us,

Ia memerlukan iman kita sebelum berkat diberikan pada kita.

ntar kalau sempat besok saya akan menulis lagi tentang sungut sungut bangsa Israel...

Sesungguhnya Hakim telah berdiri di ambang pintu.

perhatikan kata Hakim ditulis dalam huruf besar itu berbicara tentang seorang pribadi ilahi... sama seperti MALAIKAT TUHAN, Malaikat Tuhan....

siapa kah Hakim itu... kita semua tahu siapa Hakim Itu menurut alkitab kita...

ketika kita bersungut sungut.. apakah Hakim itu tidak mendengar sungut sungut kita..

di katakan Ia berdiri di ambang pintu .. Ia menanti untuk memberi jawaban kepada kita tapi Ia melihat dahulu ' apa yang keluar dari mulut kita' dan juga semua tindakan kita...

Please be careful brother dan sister.. Hakim berediri di ambang pintu mengawasi 'mulut dan perkataan kita"

ingatkan perkataan Yesus.. 

Mat 12:36  Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

Mat 12:37  Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum." 

banyak orang Kristen sembrono dalam hal ini.. setiap kali mereka mengalami 'masalah' bencana dan sejenisnya langsung mereka menjadai orang 'Kristen kampungan' yang berkata ...  "mati aku.. mati aku.. mampuslah aku.. celaka aku.. wah sudah tidak ada harapan lagi..."

dan Tuhan berkata sesuai  dengan imanmu jadilah demikian.

Banyak orang Kristen tidak sadar akan kuasa perkataan sehingga mereka menjadi sembrono.. dalam hal bersungut sungut misalnya....

Yes we are in the world,.... but we are not from this world,... and we are not in the world without a Saviour .

Mungkin ada yang nanya demikian.. emang Tuhan dengar perkataan kita.. bukan kah Ia di surga nu jauh di sana...

saya kutipkan ayat di bwh ini ya....

Bil 14:26  Lagi berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun:

Bil 14:27  "Berapa lama lagi umat yang jahat ini akan bersungut-sungut kepada-Ku? Segala sesuatu yang disungut-sungutkan orang Israel kepada-Ku telah Kudengar.

Bil 14:28  Katakanlah kepada mereka: Demi Aku yang hidup, demikianlah firman TUHAN, bahwasanya seperti yang kamu katakan di hadapan-Ku, demikianlah akan Kulakukan kepadamu.

Bil 14:29  Di padang gurun ini bangkai-bangkaimu akan berhantaran, yakni semua orang di antara kamu yang dicatat, semua tanpa terkecuali yang berumur dua puluh tahun ke atas, karena kamu telah bersungut-sungut kepada-Ku.

Bil 14:30  Bahwasanya kamu ini tidak akan masuk ke negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kujanjikan akan Kuberi kamu diami, kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun!

Bil 14:31  Tentang anak-anakmu yang telah kamu katakan: Mereka akan menjadi tawanan, merekalah yang akan Kubawa masuk, supaya mereka mengenal negeri yang telah kamu hinakan itu.

Bil 14:32  Tetapi mengenai kamu, bangkai-bangkaimu akan berhantaran di padang gurun ini,

Bil 14:33  dan anak-anakmu akan mengembara sebagai penggembala di padang gurun empat puluh tahun lamanya dan akan menanggung akibat ketidaksetiaan, sampai bangkai-bangkaimu habis di padang gurun.

Bil 14:34  Sesuai dengan jumlah hari yang kamu mengintai negeri itu, yakni empat puluh hari, satu hari dihitung satu tahun, jadi empat puluh tahun lamanya kamu harus menanggung akibat kesalahanmu, supaya kamu tahu rasanya, jika Aku berbalik dari padamu:

Bil 14:35  Aku, TUHAN, yang berkata demikian. Sesungguhnya Aku akan melakukan semuanya itu kepada segenap umat yang jahat ini yang telah bersepakat melawan Aku. Di padang gurun ini mereka akan habis dan di sinilah mereka akan mati."

Bil 14:36  Adapun orang-orang yang telah disuruh Musa untuk mengintai negeri itu, yang sudah pulang dan menyebabkan segenap umat itu bersungut-sungut kepada Musa dengan menyampaikan kabar busuk tentang negeri itu,

Bil 14:37  orang-orang itu mati, kena tulah di hadapan TUHAN.

Demi Aku yang hidup, demikianlah firman TUHAN, bahwasanya seperti yang kamu katakan di hadapan-Ku, demikianlah akan Kulakukan kepadamu.

di sekeliling kita , suka atau tidak suka percaya atau tidak, ada roh roh jahat dan juga ada malaikat malaikat.. karena itu hati hati dengan perkataan kita..

perhatikan kata kata yang sembrono ini..

Dan 4:29  sebab setelah lewat dua belas bulan, ketika ia sedang berjalan-jalan di atas istana raja di Babel,

Dan 4:30  berkatalah raja: "Bukankah itu Babel yang besar itu, yang dengan kekuatan kuasaku dan untuk kemuliaan kebesaranku telah kubangun menjadi kota kerajaan?"

Dan 4:31  Raja belum habis bicara, ketika suatu suara terdengar dari langit: "Kepadamu dinyatakan, ya raja Nebukadnezar, bahwa kerajaan telah beralih dari padamu;

Dan 4:32  engkau akan dihalau dari antara manusia dan tempat tinggalmu akan ada di antara binatang-binatang di padang; kepadamu akan diberikan makanan rumput seperti kepada lembu; dan demikianlah akan berlaku atasmu sampai tujuh masa berlalu, hingga engkau mengakui, bahwa Yang Mahatinggi berkuasa atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya!"

Dan 4:33  Pada saat itu juga terlaksanalah perkataan itu atas Nebukadnezar, dan ia dihalau dari antara manusia dan makan rumput seperti lembu, dan tubuhnya basah oleh embun dari langit, sampai rambutnya menjadi panjang seperti bulu burung rajawali dan kukunya seperti kuku burung. 

lagi di kisah para rasul...

Kis 12:21  Dan pada suatu hari yang ditentukan, Herodes mengenakan pakaian kerajaan, lalu duduk di atas takhta dan berpidato kepada mereka.

Kis 12:22  Dan rakyatnya bersorak membalasnya: "Ini suara allah dan bukan suara manusia!"

Kis 12:23  Dan seketika itu juga ia ditampar malaikat Tuhan karena ia tidak memberi hormat kepada Allah; ia mati dimakan cacing-cacing. 

hati hati dengan apa yang kita pikirkan, karena apa yang kita pikirkan akan kita tuai dalam bentuk perkataan kita.. hati hati dengan perkataan karena bila ia sudah matang ia akan manifest dalam bentuk perbuatan kita.. dan hati hati dengan perbuatan kita karena apa yang kita lakukan terus menerus akan membentuk sikap kita.. dan dari sikap akan melahirkan akrakter dan karakter itu yang akan menentukan our destiny.. kehidupan kita yang sesungguhnya.

ini tambahan buat para netter..

You Can If You Think You Can!

If you think you are beaten, you are,
If you think you dare not, you don't.
If you like to win, but you think you can't,
It is almost certain you won't.

If you think you'll lose, you're lost,
For out in the world we find,
Success begins with a fellow's will.
It's all in the state of mind.

If you think you are outclassed, you are,
You've got to think high to rise,
You've got to be sure of yourself before
You can ever win a prize.

Life's battles don't always go
To the stronger or faster man.
But soon or late the man who wins,
Is the man who thinks he can.

~ C. W. Longenecker ~ 

 

terus mengenai Ayub... ketekunanya ...besok aja yah udah ngantuk soale nulis kebanyakan.. heheheh.. 

NB : oh ya please buat para netter kasih masukan atau kritik atau saran atau kalau mau kasih uang juga boleh kok, ntar ta doain biar banyak rejeki dan panjang umur.. hehehe

Syalom Ang Che Chen

 

 

 

 

Thanks buat Ang che chen dan Iah iah.

Syalom balik untukmu Ang che chen.

komentar anda menunjuk kualitas pemikiran yg lengkap akan bapa leluhur. anda kutip banyak tokoh yg juga direferensikan oleh penulis ibrani. saya salut atas ingatan anda dan kesesuainnya dg tulisan kitab ibrani.

yang kedua tulisan anda tidak hanya berpijak pada teks namun merambah juga wilayah konteks kita. meskipun mendapat kritik dari Iah iah tulisan komentar anda paling tidak senada dg nada dasar tulisanku. cuma anda lebih aplikatif.
senang membaca komentar anda.

untuk Iah iah. anda kritis. saya sudah lama kehilangan daya kritis spt yg anda miliki. mungkin karena sudah lama tidak duduk di bangku sekolah..he.he.
thanks berat untuk anda. karena orang2 yg sukses dan berhasil selalu memiliki sahabat spt anda, yaitu sahabat yg kritis. syalom untuk anda berdua.

untuk Ang che chen

Wow luar biasa. diterusin dong. setyo.

ketekunan dan sungut sungut seri ke 3, Allah turut bekerja ...

Syallom, met malam semuanya.

Pembacaan firman diambil dari : 

Yak 5:10  Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan dan kesabaran para nabi yang telah berbicara demi nama Tuhan.
Yak 5:11  Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka
yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan
kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena
Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan.

Saya coba ngulas dikit kisah tentang Ayub . A hero from the old. Kitab Ayub adalah kitab tertua yang ada di Alkitab kita dan menurut ahli theologia Ayub ada sebelum Abraham..

DO ALL THINGS WORK TOGETHER FOR MY GOOD?  

(Akankah segala sesuatu bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi saya..??)

Ketika keadaan sekeliling kita 'hancur' hati kita sedang remuk dan dunia kita seakan 'kiamat' sangat berat bagi kita untuk mendengar  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.(Rom 8:28)

mungkin kita berpikir begini.. enak saja ngomong.. coba kamu yang ngalamin.. baru kamu tahu apa yang aku alami..kalau kamu ada di posisi aku sekarang bisakah kamu masih berkata that all things work together for my good??

Kehilangan pekerjaan.. jadi pengangguran, ngalamin sakit, nda punya uang untuk kebutuhan hidup sehari hari , pernikahan di ambang perceraian, kesulitan bayar biaya sekolah buat anak.... mungkin kah Allah akan bekerja di tengah 'keadaan keadaan' demikian ??

Apakah kita masih bisa mempercayai Allah di tengah kondisi demikian... ? dan sebagaianak anak Allah apakah kita percaya bahwa Dia memegang kendali atas segala keadaan yang menimpa kita??

Pernah tahu ada orang yang kehilangan  'semuanya' hanya dalam 1 hari..

kitab Ayuh dengan sederhana menjelaskan bahwa sebagai anak Allah kita tidak boleh hidup dalam 'ketakutan' . ini bukan berarti kita tidak bisa takut... dalam kehidupan ini. 

Ada hal hal yang indah dan penting kita bisa belajar dari kisah Ayub namun satu hal kita harus tanamkan di benak kita...

Understand that the covenant between God and Job (Ayub) doesn't involve you and me.. for we know that we are governed (diatur) by Abrahamic covenant because we are the seed (keturunan) of Abraham. 

Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. ..Ia mendapat tujuh anak laki-laki dan tiga anak perempuan, ia memiliki tujuh ribu ekor kambing domba, tiga ribu ekor unta, lima ratus pasang lembu, lima ratus keledai betina dan budak-budak dalam jumlah yang sangat besar, sehingga orang itu adalah yang terkaya dari semua orang di sebelah timur...Anak-anaknya yang lelaki biasa mengadakan pesta di rumah mereka masing-masing menurut giliran dan ketiga saudara perempuan mereka diundang untuk makan dan minum bersama-sama mereka. Setiap kali, apabila hari-hari pesta telah berlalu, Ayub memanggil mereka, dan menguduskan mereka; keesokan harinya, pagi-pagi, bangunlah Ayub, lalu mempersembahkan korban bakaran sebanyak jumlah mereka sekalian, sebab pikirnya: "Mungkin anak-anakku sudah berbuat dosa dan telah mengutuki Allah di dalam hati." Demikianlah dilakukan Ayub senantiasa. (Ayub 1:1-5)

Setiap kali, apabila hari-hari pesta telah berlalu, Ayub memanggil
mereka, dan menguduskan mereka; keesokan harinya, pagi-pagi, bangunlah
Ayub, lalu mempersembahkan korban bakaran sebanyak jumlah mereka
sekalian

Seandainya saja Ayub punya confidence dalam Allah ia cukup mempersembahkan korban sekali saja dan kemudian berdiri di atas imannya. tetapi ia berulang kali mempersembahkan kurban buat anak2nya dan sbg hasilnya.. the things he feared came upon him (apa yang ia takutkan itu yang menghampirinya)

 

Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis. ..maka bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Dari mana engkau?" Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Dari perjalanan mengelilingi dan menjelajah bumi."

nah singkat cerita ada malaikat malaikat datang menghadap Tuhan dan juga datang si setan..

pengajaran tradisional sering kali salah ngajar dengan mengambil ayat out of context..seakan akan Tuhan ngajak si setan untuk menyerang Ayub... ini sering saya dengar di gereja gereja saat pendeta kotbah... 

catatan.. dalam kitab Ayub ada saat Tuhan berbicara... ada setan yang bicara dan juga ada Ayub dan teman2nya yang berbicara untuk menginterpretasikan 'keadaan' yang menimpa Ayub. nah perkataan Ayub dan teman2nya ini bukan firman Tuhan murni tapi merupakan hasil interpretasi Ayub dan teman2nya atas keadaan Ayub jadi perlu waspada dan hati hati.. tidak semua itu perkataan Tuhan.. tapi ada yang merupakan 'interpretasi' manusia.

satu yang kita pelajari pertama...

Ayub 3:25  Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku. /  For the thing which I greatly feared is come upon me, and that which I was afraid of is come unto me. 

di 1 petrus 5: 8 dikatakan iblis berjalan seperti singa yang mengaum siap menerkam... tapi ingat dia tidak bisa lakukan sembarangan kecuali ia melihat dan mendengar 'celah' dari anak2 manusia

Saat ayub hidup dalam 'kebimbangan dan takut' ia terpaksa 'tunduk' thd kuasa iblis...

Lalu bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorangpun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan."
Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah?
Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kauberkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri itu.
Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah segala yang dipunyainya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu."
Maka firman TUHAN kepada Iblis: "Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu; hanya janganlah engkau mengulurkan tanganmu terhadap dirinya." Kemudian pergilah Iblis dari hadapan TUHAN

perhatikan kalimat yang saya tebalin... apakah Allah yang mengajak iblis untuk menyerang Ayub seperti pengajaran dari gereja2 yang pernah saya dengar??

perhatikan baik baik.. Tuhan tidak berkata,.. baiklah Iblis .. Aku berikan kamu kuasa atas Ayub...( I give you power over him)  tetapi Ia berkata  Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu (Behold, all that he hath is in thy power).

bagaimana cara iblis masuk dalam kehidupan kita...saat kita membuka celah bagi dia..  dengan cara meragukan firman Allah terus menerus..dengan cara bersungut sungut...dengan cara salah berbicara.. dengan cara berdosa thd Tuhan.. iblis punya hak legal thd kita.ingat dia adalah pembunuh, pencuri, pembinasa, bapa dari segala pendusta...

Pada suatu hari, ketika anak-anaknya yang lelaki dan yang perempuan makan-makan dan minum anggur di rumah saudara mereka yang sulung, datanglah seorang pesuruh kepada Ayub dan berkata: "Sedang lembu sapi membajak dan keledai-keledai betina makan rumput di sebelahnya, datanglah orang-orang Syeba menyerang dan merampasnya serta memukul penjaganya dengan mata pedang. Hanya aku sendiri yang luput, sehingga dapat memberitahukan hal itu kepada tuan." Sementara orang itu berbicara, datanglah orang lain dan berkata: "Api telah menyambar dari langit dan membakar serta memakan habis kambing domba dan penjaga-penjaga. Hanya aku sendiri yang luput, sehingga dapat memberitahukan hal itu kepada tuan." Sementara orang itu berbicara, datanglah orang lain dan berkata: "Orang-orang Kasdim membentuk tiga pasukan, lalu menyerbu unta-unta dan merampasnya serta memukul penjaganya dengan mata pedang. Hanya aku sendiri yang luput, sehingga dapat memberitahukan hal itu kepada tuan." Sementara orang itu berbicara, datanglah orang lain dan berkata: "Anak-anak tuan yang lelaki dan yang perempuan sedang makan-makan dan minum anggur di rumah saudara mereka yang sulung, maka tiba-tiba angin ribut bertiup dari seberang padang gurun; rumah itu dilandanya pada empat penjurunya dan roboh menimpa orang-orang muda itu, sehingga mereka mati. Hanya aku sendiri yang luput, sehingga dapat memberitahukan hal itu kepada tuan." 

terus saat kit membaca pasal2 yang ada di Ayub, mak kita tahu bahwa Ayub berbicara dengan pikiran yang 'kacau' kita bisa maklumi jika kita juga pas kena bencana.    nah nanti di Ayub 40:5-7 baru kita tahu..

misalkan pada saat tertekan ia berkata demikian..

Maka berdirilah Ayub, lalu mengoyak jubahnya, dan mencukur kepalanya, kemudian sujudlah ia dan menyembah,

katanya: "Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!" 

Ayat ini berbicara tentang interpretasi Ayub tentang keadaannya. dan dalam kondisi tertakan ..ini bukan firman Tuhan..... God never said that He would give and take away...  

tapi yang paling hebat.. di tangah penderitaan yang dahsyat itu tidak pernah Ayub bersungut sungut...

ia memang berkeluh kesah.. menyesali kelahirannya tapi belum ada ia bersungut sungut.. (tapi kalau ada netter yang pas ketemu ayat yang mirip sungut sungut dari Ayub.beritahu ke saya.. saya masih belajar dalam hal ini)

Ayub 1:22  Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dan tidak menuduh Allah berbuat yang kurang patut. 

dan yang paling parah 

Kemudian Iblis pergi dari hadapan TUHAN, lalu ditimpanya Ayub dengan barah yang busuk dari telapak kakinya sampai ke batu kepalanya.
Lalu Ayub mengambil sekeping beling untuk menggaruk-garuk badannya, sambil duduk di tengah-tengah abu.
Maka berkatalah isterinya kepadanya: "Masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu? Kutukilah Allahmu dan matilah!" Ayub 2: 7-9,
saat itu bukan cuman teman2nya yang menyalahkan si Ayub bahkan teman hidupnya dia, istrinya (Ibu Ayub) mengatakan  Masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu? Kutukilah Allahmu dan matilah!"
tapi apa jawab Ayub...Tetapi jawab Ayub kepadanya: "Engkau berbicara seperti perempuan gila! Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk?" Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dengan bibirnya.  
ada kah sungut sungut yang keluar dari mulutnya Ayub??
kalau kita ada di sebelah Ayub dan kita bertanya .. Pak Ayub..how do you feel... how do you say ?? is it possible to trust God when these terrible things are happening to you? pak bagaimana perasaanmu , apa yang mau kamu katakan .. masihkah kamu mempercayai Dia setelah semua hal buruk ini menimpamu? 
Maka Ayub berkata...
Ayub  13:15 
Lihatlah, Ia hendak membunuh aku, tak ada harapan bagiku, namun aku hendak membela peri lakuku di hadapan-Nya.
terjemahan Alkitab Indonesia kurang tepat.. kalau kita baca di versi KJV lebih bagus..Though he slay me, yet will I trust (percaya) in him: but I will maintain mine own ways before him. (sekalipun Ia membunuh aku ,aku akan tetap percaya kepada Dia.....)
kata percaya diambil dari bhs Ibrani yaw-chal'
to wait /menantikan; by implication to be patient, hope tetap bertekun bersabar dan menaruh harap: - (cause to, have, make to) hope, be pained, stay, tarry, trust, wait. 

Ayub 23:8  Sesungguhnya, kalau aku berjalan ke timur, Ia tidak di sana; atau ke barat, tidak kudapati Dia;
Ayub 23:9  di utara kucari Dia, Ia tidak tampak, aku berpaling ke selatan, aku tidak melihat Dia.
Ayub 23:10  Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.

perhatikan dan pelajari.. tidak ada sungut sungut meskipun kadang Ayub salah interpretasi keadaannya.

Ayub 40:1  . Maka jawab TUHAN kepada Ayub:
Ayub 40:2  . "Apakah si pengecam hendak berbantah dengan Yang Mahakuasa? Hendaklah yang mencela Allah menjawab!"
Ayub 40:3  . Maka jawab Ayub kepada TUHAN:
Ayub 40:4  . "Sesungguhnya, aku ini terlalu hina; jawab apakah yang dapat kuberikan kepada-Mu? Mulutku kututup dengan tangan.
Ayub 40:5  . Satu kali aku berbicara, tetapi tidak akan kuulangi; bahkan dua kali, tetapi tidak akan kulanjutkan."
Ayub 40:6  . Maka dari dalam badai TUHAN menjawab Ayub:
Ayub 40:7  . "Bersiaplah engkau sebagai laki-laki; Aku akan menanyai engkau, dan engkau memberitahu Aku. 

Ayub 42:1  Maka jawab Ayub kepada TUHAN:
Ayub 42:2  "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.
Ayub 42:3  Firman-Mu: Siapakah dia yang menyelubungi keputusan tanpa pengetahuan? Itulah sebabnya, tanpa pengertian aku telah bercerita tentang hal-hal yang sangat ajaib bagiku dan yang tidak kuketahui.
Ayub 42:4  Firman-Mu: Dengarlah, maka Akulah yang akan berfirman; Aku akan menanyai engkau, supaya engkau memberitahu Aku.
Ayub 42:5  Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.
Ayub 42:6  Oleh sebab itu aku mencabut perkataanku dan dengan menyesal aku duduk dalam debu dan abu." 

dan ending yang indah...setelah melewati masa ini..

Ayub 42:12  TUHAN memberkati Ayub dalam hidupnya yang selanjutnya lebih dari pada dalam hidupnya yang dahulu; ia mendapat empat belas ribu ekor kambing domba, dan enam ribu unta, seribu pasang lembu, dan seribu ekor keledai betina.
Ayub 42:13  Ia juga mendapat tujuh orang anak laki-laki dan tiga orang anak perempuan;
Ayub 42:14  dan anak perempuan yang pertama diberinya nama Yemima, yang kedua Kezia dan yang ketiga Kerenhapukh.
Ayub 42:15  Di seluruh negeri tidak terdapat perempuan yang secantik anak-anak Ayub, dan mereka diberi ayahnya milik pusaka di tengah-tengah saudara-saudaranya laki-laki.
Ayub 42:16  Sesudah itu Ayub masih hidup seratus empat puluh tahun lamanya; ia melihat anak-anaknya dan cucu-cucunya sampai keturunan yang keempat.
Ayub 42:17  Maka matilah Ayub, tua dan lanjut umur. 

dalam keadaan 'tertekan' mudah kita nge blame Tuhan nyalahkan Tuhan atas segala sesuatu yang menimpa kita.. dari sini kita belajar sama sama... hati ahti dengan mulut dan perkataan kita...

see you all, good night GBU, 

Syalom Ang Che Chen

 

ketekunan dan sungut sungut ke 4, tehnik terbaik untuk 'binasa'

Syalom met malam semuanya.

Umat pilihan Allah dengan mentalitas 'chicken inside'

orang bule sering ngejek orang pengecut dengan istilah chicken.. jadi mereka kalau ngejek pengecut mereka mengepak ngepakan tangannya seperti ayam untuk mengejek 'lawan'nya, ini adalah tehnik mereka mengolok golongan 'pengecut'

berikut adalah Kisah tragis bgs Israel generasi pertama yang keluar dari Mesir.

Kisah ini adalah salah satu kisah tragis dalam sejarah umat Allah, umat pilihanNya yang telah dinubuatkan jauh jauh hari bahkan sebelum bangsa ini lahir ke muka bumi. namun ending dari umat ini mayoritas tidak dapat menikmati janji Allah yang telah didklarasikan oleh Allah hanya karena bersungut sungut..

mudah2an kita bisa belajar betapa 'kejinya' sungut sungut di hadapan Allah

kronologis singkat kisah ini : Kej 15

Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Abram dalam suatu kulapenglihatan: "Janganlah takut, Abram, Akulah perisaimu; dan Akulah upahmu yang sangat besar." (Allah mendeklarasikan dirinya sebagai Perisai dan Upah yang besar) , Abram menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, apakah yang akan Engkau berikan kepadaku, karena aku akan meninggal dengan tidak mempunyai anak, dan yang akan mewarisi rumahku ialah Eliezer, orang Damsyik itu."  Lagi kata Abram: "Engkau tidak memberikan kepadaku keturunan, sehingga seorang hambaku nanti menjadi ahli warisku." Tetapi datanglah firman TUHAN kepadanya, demikian: "Orang ini tidak akan menjadi ahli warismu, melainkan anak kandungmu, dialah yang akan menjadi ahli warismu."  Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: "Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya." Maka firman-Nya kepadanya: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."(ini adalah janji Allah kepada Abram)  Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.  Lagi firman TUHAN kepadanya: "Akulah TUHAN, yang membawa engkau keluar dari Ur-Kasdim untuk memberikan negeri ini kepadamu menjadi milikmu." (janji Allah kepada Abram)  Kata Abram: "Ya Tuhan ALLAH, dari manakah aku tahu, bahwa aku akan memilikinya?" Firman TUHAN kepadanya: "Ambillah bagi-Ku seekor lembu betina berumur tiga tahun, seekor kambing betina berumur tiga tahun, seekor domba jantan berumur tiga tahun, seekor burung tekukur dan seekor anak burung merpati." Diambilnyalah semuanya itu bagi TUHAN, dipotong dua, lalu diletakkannya bagian-bagian itu yang satu di samping yang lain, tetapi burung-burung itu tidak dipotong dua. (perhatikan baik baik Allah dan Abram melakukan perjanjian darah yang pertama) Ketika burung-burung buas hinggap pada daging binatang-binatang itu, maka Abram mengusirnya. Menjelang matahari terbenam, tertidurlah Abram dengan nyenyak. Lalu turunlah meliputinya gelap gulita yang mengerikan. Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun lamanya. Tetapi bangsa yang akan memperbudak mereka, akan Kuhukum, dan sesudah itu mereka akan keluar dengan membawa harta benda yang banyak.
Tetapi engkau akan pergi kepada nenek moyangmu dengan sejahtera; engkau akan dikuburkan pada waktu telah putih rambutmu. Tetapi keturunan yang keempat akan kembali ke sini, sebab sebelum itu kedurjanaan orang Amori itu belum genap."
Ketika matahari telah terbenam, dan hari menjadi gelap, maka kelihatanlah perapian yang berasap beserta suluh yang berapi lewat di antara potongan-potongan daging itu. ....(Allah sadar bahwa Abram sebagai pihak manusia yang lemah itu sebabnya Allah yang berjalan di tengah potongan potongan daging itu sebagai pihak yang berinisiatif ) Pada hari itulah TUHAN mengadakan perjanjian dengan Abram serta berfirman: "Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat: yakni tanah orang Keni, orang Kenas, orang Kadmon, orang Het, orang Feris, orang Refaim, orang Amori, orang Kanaan, orang Girgasi dan orang Yebus itu." 

dalam kisah ini Allah melakukan perjanjian darah yang pertama dengan Abram. di Timur Tengah perjanjian darah adalah perjanjian yang melibatkan 2 pihak , setiap pihak akan mendeklarasikan hak dan kewajiban masing masing kemudian mereka mengambil binatang memotongnya menjadi dua bagian dari kepala sampai ekor dengan cara membelahnya menjadi 2 bagian dan mereka bergandengan  tangan berjalan melewati potongan binatang kurban itu sambil menyebutkan sumpah mereka ..apa yang mjd hak dan kewajiban masing masing dan bila salah satu pihak tidak menepati isi perjanjian maka biarlah ia akan mati seperti binatang itu... demikian lah pihak A terikat dengan pihak B dan sebaliknya. setelah itu mereka akan bertukar senjata, jubah dan memakai nama pihak pasangan perjanjian mereka . untuk lebih jelas dapat di klik di perjanjian darah  


jadi kita tahu dahsyatnya perjanjian darah ini... ada beda yang jelas antara promise (janji) dan covenant (perjanjian). kalau janji mungkin masih bisa dimaklumi kalau gagal tapi tidak dengan covenant.. selalu ada konsekuensi... kalau dalam bhs bisnis ada konsekuensi bagi yang wanprestasi...

waktu berlalu dan nubuat mulai berjalan. Musa menuntun mereka keluar dari Mesir . saya akan berusaha melakukan kronologis sungut sungut bgs Israel ...

sungut sungut yang pertama...(Kel 14:9-14)
Adapun orang Mesir, segala kuda dan kereta Firaun, orang-orang berkuda dan pasukannya, mengejar mereka dan mencapai mereka pada waktu mereka berkemah di tepi laut, dekat Pi-Hahirot di depan Baal-Zefon. Ketika Firaun telah dekat, orang Israel menoleh, maka tampaklah orang Mesir bergerak menyusul mereka. Lalu sangat ketakutanlah orang Israel dan mereka berseru-seru kepada TUHAN, dan mereka berkata kepada Musa: "Apakah karena tidak ada kuburan di Mesir, maka engkau membawa kami untuk mati di padang gurun ini? Apakah yang kauperbuat ini terhadap kami dengan membawa kami keluar dari Mesir? Bukankah ini telah kami katakan kepadamu di Mesir: Janganlah mengganggu kami dan biarlah kami bekerja pada orang Mesir. Sebab lebih baik bagi kami untuk bekerja pada orang Mesir dari pada mati di padang gurun ini." Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: "Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya. TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja." 

yang kedua.. (kel 15:22-26)
Musa menyuruh orang Israel berangkat dari Laut Teberau, lalu mereka pergi ke padang gurun Syur; tiga hari lamanya mereka berjalan di padang gurun itu dengan tidak mendapat air. Sampailah mereka ke Mara, tetapi mereka tidak dapat memi num air yang di Mara itu, karena pahit rasanya. Itulah sebabnya dinamai orang tempat itu Mara. Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: "Apakah yang akan kami minum?" Musa berseru-seru kepada TUHAN, dan TUHAN menunjukkan kepadanya sepotong kayu; Musa melemparkan kayu itu ke dalam air; lalu air itu menjadi manis. Di sanalah diberikan TUHAN ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan kepada mereka dan di sanalah TUHAN mencoba mereka, firman-Nya: "Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku Tuhanlah yang menyembuhkan engkau."

lagi.. (kel 16:1-3)
Setelah mereka berangkat dari Elim, tibalah segenap jemaah Israel di padang gurun Sin, yang terletak di antara Elim dan gunung Sinai, pada hari yang kelima belas bulan yang kedua, sejak mereka keluar dari tanah Mesir. Di padang gurun itu bersungut-sungutlah segenap jemaah Israel kepada Musa dan Harun; dan berkata kepada mereka: "Ah, kalau kami mati tadinya di tanah Mesir oleh tangan TUHAN ketika kami duduk menghadapi kuali berisi daging dan makan roti sampai kenyang! Sebab kamu membawa kami keluar ke padang gurun ini untuk membunuh seluruh jemaah ini dengan kelaparan." 

lagi (kel 17:1-3)
Kemudian berangkatlah segenap jemaah Israel dari padang gurun Sin, berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, sesuai dengan titah TUHAN, lalu berkemahlah mereka di Rafidim, tetapi di sana tidak ada air untuk diminum bangsa itu. Jadi mulailah mereka itu bertengkar dengan Musa, kata mereka: "Berikanlah air kepada kami, supaya kami dapat minum,." Tetapi Musa berkata kepada mereka: "Mengapakah kamu bertengkar dengan aku? Mengapakah kamu mencobai TUHAN?" Hauslah bangsa itu akan air di sana; bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa dan berkata: "Mengapa pula engkau memimpin kami keluar dari Mesir, untuk membunuh kami, anak-anak kami dan ternak kami dengan kehausan?" 

lagi (Ulangan 11:1-10)
Pada suatu kali bangsa itu bersungut-sungut di hadapan TUHAN tentang nasib buruk mereka, dan ketika TUHAN mendengarnya bangkitlah murka-Nya, kemudian menyalalah api TUHAN di antara mereka dan merajalela di tepi tempat perkemahan. Lalu berteriaklah bangsa itu kepada Musa, dan Musa berdoa kepada TUHAN; maka padamlah api itu. Sebab itu orang menamai tempat itu Tabera, karena telah menyala api TUHAN di antara mereka. 

Orang-orang bajingan yang ada di antara mereka kemasukan nafsu rakus; dan orang Israelpun menangislah pula serta berkata: "Siapakah yang akan memberi kita makan daging? Kita teringat kepada ikan yang kita makan di Mesir dengan tidak bayar apa-apa, kepada mentimun dan semangka, bawang prei, bawang merah dan bawang putih. Tetapi sekarang kita kurus kering, tidak ada sesuatu apapun, kecuali manna ini saja yang kita lihat." Adapun manna itu seperti ketumbar dan kelihatannya seperti damar bedolah. Bangsa itu berlari kian ke mari untuk memungutnya, lalu menggilingnya dengan batu kilangan atau mebuknya dalam lumpang. Mereka memasaknya dalam periuk dan membuatnya menjadi roti bundar; rasanya seperti rasa panganan yang digoreng. Dan apabila embun turun di tempat perkemahan pada waktu malam, maka turunlah juga manna di situ. Ketika Musa mendengar bangsa itu, yaitu orang-orang dari setiap kaum, menangis di depan pintu kemahnya, bangkitlah murka TUHAN dengan sangat, dan hal itu dipandang jahat oleh Musa. 

lalu dalam Bilangan 13 dan 14, ini kisah...
Musa memilih dan menyuruh 12 orang dari masing2 suku untuk mengintai tanah Kanaan, dan setelah mereka pulang dari mengintai.. inilah hasilnya...

TUHAN berfirman kepada Musa: "Suruhlah beberapa orang mengintai tanah Kanaan, yang akan Kuberikan kepada orang Israel; dari setiap suku nenek moyang mereka haruslah kausuruh seorang, semuanya pemimpin-pemimpin di antara mereka." Lalu Musa menyuruh mereka dari padang gurun Paran, sesuai dengan titah TUHAN; semua orang itu adalah kepala-kepala di antara orang Israel.

Maka Musa menyuruh mereka untuk mengintai tanah Kanaan, katanya kepada mereka: "Pergilah dari sini ke Tanah Negeb dan naiklah ke pegunungan, dan amat-amatilah bagaimana keadaan negeri itu, apakah bangsa yang mendiaminya kuat atau lemah, apakah mereka sedikit atau banyak; tempat-tempat yang terbuka atau di tempat-tempat yang berkubu, dan bagaimana tanah itu, apakah gemuk atau kurus, apakah ada di sana pohon-pohonan atau tidak. Tabahkanlah hatimu dan bawalah sedikit dari hasil negeri itu." Waktu itu ialah musim hulu hasil anggur. Mereka pergi ke sana, lalu mengintai negeri itu mulai dari padang gurun Zin sampai ke Rehob, ke jalan yang menuju ke Hamat.

Sesudah lewat empat puluh hari pulanglah mereka dari pengintaian negeri itu, dan langsung datang kepada Musa, Harun dan segenap umat Israel di Kadesh, di padang gurun Paran. Mereka membawa pulang kabar kepada keduanya dan kepada segenap umat itu dan memperlihatkan kepada sekaliannya hasil negeri itu. Mereka menceritakan kepadanya: "Kami sudah masuk ke negeri, ke mana kausuruh kami, dan memang negeri itu berlimpah-limpah susu dan madunya, dan inilah hasilnya.

Hanya, bangsa yang diam di negeri itu kuat-kuat dan kota-kotanya berkubu dan sangat besar, juga keturunan Enak telah kami lihat di sana. Orang Amalek diam di Tanah Negeb, orang Het, orang Yebus dan orang Amori diam di pegunungan, orang Kanaan diam sepanjang laut dan sepanjang tepi sungai Yordan." (fsungut sungut keluar saat mata kita tidak lagi memandang Allah sebagai fokus mata kita tapi kita mulai fokus pada besarnya masalah kita)

Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: "Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!"
Tetapi orang-orang yang pergi ke sana bersama-sama dengan dia berkata: "Kita tidak dapat maju menyerang bangsa itu, karena mereka lebih kuat dari pada kita." (bgs Israel sudah kalah dahulu, kalah sebelum bertanding)
Juga mereka menyampaikan kepada orang Israel kabar busuk tentang negeri yang diintai mereka, dengan berkata: "Negeri yang telah kami lalui untuk diintai adalah suatu negeri yang memakan penduduknya, dan semua orang yang kami lihat di sana adalah orang-orang yang tinggi-tinggi perawakannya. Juga kami lihat di sana orang-orang raksasa, orang Enak yang berasal dari orang-orang raksasa, dan kami lihat diri kami seperti belalang, dan demikian juga mereka terhadap kami."

tahukah kita akan arti nama Israel? Israel memiliki arti "Fighter of God" , terus siapa yang mengubah Fighter of God menjadi belalang????

arti lain nama Israel adalah pahlawan yang berkemenangan.. nama ini di dapat setelah Yakub bergulat dengan seorang malaikat.. di sana Allah mengubah namanya dari Yakub menjadi Israel.. (Allah mulai menghembuskan namaNya ke dalam nama Yakub)

arti lain ; may God prevail..

tragis umat pilihan Allah mengganti namanya dengan istilah belalang..

Lalu segenap umat itu mengeluarkan suara nyaring dan bangsa itu menangis pada malam itu. Bersungut-sungutlah semua orang Israel kepada Musa dan Harun; dan segenap umat itu berkata kepada mereka: "Ah, sekiranya kami mati di tanah Mesir, atau di padang gurun ini! Mengapakah TUHAN membawa kami ke negeri ini, supaya kami tewas oleh pedang, dan isteri serta anak-anak kami menjadi tawanan? Bukankah lebih baik kami pulang ke Mesir?" Dan mereka berkata seorang kepada yang lain: "Baiklah kita mengangkat seorang pemimpin, lalu pulang ke Mesir."

tapi 2 orang Yosua dan Kaleb...

Tetapi Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune, yang termasuk orang-orang yang telah mengintai negeri itu, mengoyakkan pakaiannya, dan berkata kepada segenap umat Israel: "Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya.
Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka." Lalu segenap umat itu mengancam hendak melontari kedua orang itu dengan batu. Tetapi tampaklah kemuliaan TUHAN di Kemah Pertemuan kepada semua orang Israel. TUHAN berfirman kepada Musa: "Berapa lama lagi bangsa ini menista Aku, dan berapa lama lagi mereka tidak mau percaya kepada-Ku, sekalipun sudah ada segala tanda mujizat yang Kulakukan di tengah-tengah mereka!
Aku akan memukul mereka dengan penyakit sampar dan melenyapkan mereka, tetapi engkau akan Kubuat menjadi bangsa yang lebih besar dan lebih kuat dari pada mereka."

hati hati dengan berita buruk.... 

Ron kenoly pernah mempublikasikan lagu

Whose report
Will you believe
We shall believe
The report of the Lord

His report says I am healed
His report says
I am filled
His report says
I am free
His report says victory

Are you healed
Yes
Are you filled
Yes
Have you got the victory
Yes

apa yang kita lihat itu adalah fakta tapi ingat itu bisa jadi bukanlah kebenaran sesungguhnya..that may be the fact but not the truth..

saya sering berkata.. setiap saat setiap waktu kapan saja dan di mana saja perkataan Allah jauh lebih berkuasa dibanding perkataan manusia.. dibanding keadaan apa pun yang kita hadapi...

whose report will you believe netters>>???

Bil 14:26 - 38 Lagi berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun:
"Berapa lama lagi umat yang jahat ini akan bersungut-sungut kepada-Ku? Segala sesuatu yang disungut-sungutkan orang Israel kepada-Ku telah Kudengar. Katakanlah kepada mereka: Demi Aku yang hidup, demikianlah firman TUHAN, bahwasanya seperti yang kamu katakan di hadapan-Ku, demikianlah akan Kulakukan kepadamu. Di padang gurun ini bangkai-bangkaimu akan berhantaran, yakni semua orang di antara kamu yang dicatat, semua tanpa terkecuali yang berumur dua puluh tahun ke atas, karena kamu telah bersungut-sungut kepada-Ku.

Demi Aku yang hidup, demikianlah firman TUHAN,
bahwasanya seperti yang kamu katakan di hadapan-Ku, demikianlah akan
Kulakukan kepadamu

hati hati dengan perkataan kita.... apa yang kamu perkatakan di hadapanKu itu yang akan Aku lakukan...

Bahwasanya kamu ini tidak akan masuk ke negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kujanjikan akan Kuberi kamu diami, kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun! Tentang anak-anakmu yang telah kamu katakan: Mereka akan menjadi tawanan, merekalah yang akan Kubawa masuk, supaya mereka mengenal negeri yang telah kamu hinakan itu. Tetapi mengenai kamu, bangkai-bangkaimu akan berhantaran di padang gurun ini, dan anak-anakmu akan mengembara sebagai penggembala di padang gurun empat puluh tahun lamanya dan akan menanggung akibat ketidaksetiaan, sampai bangkai-bangkaimu habis di padang gurun. Sesuai dengan jumlah hari yang kamu mengintai negeri itu, yakni empat puluh hari, satu hari dihitung satu tahun, jadi empat puluh tahun lamanya kamu harus menanggung akibat kesalahanmu, supaya kamu tahu rasanya, jika Aku berbalik dari padamu: Aku, TUHAN, yang berkata demikian. Sesungguhnya Aku akan melakukan semuanya itu kepada segenap umat yang jahat ini yang telah bersepakat melawan Aku. Di padang gurun ini mereka akan habis dan di sinilah mereka akan mati." Adapun orang-orang yang telah disuruh Musa untuk mengintai negeri itu, yang sudah pulang dan menyebabkan segenap umat itu bersungut-sungut kepada Musa dengan menyampaikan kabar busuk tentang negeri itu, orang-orang itu mati, kena tulah di hadapan TUHAN.
Tetapi yang tinggal hidup dari orang-orang yang telah pergi mengintai negeri itu hanyalah Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune. 

Siapa bilang Tuhan tidak bisa meng abolish dan meng abort janjiNya... (membatalkan menggugurkan )

lagi pemberontakan Korah , Datan dan Abiram..

Ketiga orang ini menganjak orang orang Israel untuk memberontak kepada Musa akhirnya kelompok ini dibinasakan eh tahu tahu besoknya   ....
Tetapi pada keesokan harinya bersungut-sungutlah segenap umat Israel kepada Musa dan Harun, kata mereka: "Kamu telah membunuh umat TUHAN." Ketika umat itu berkumpul melawan Musa dan Harun, dan mereka memalingkan mukanya ke arah Kemah Pertemuan, maka kelihatanlah awan itu menutupinya dan tampaklah kemuliaan TUHAN. Lalu pergilah Musa dan Harun ke depan Kemah Pertemuan. Maka berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah dari tengah-tengah umat ini, supaya Kuhancurkan mereka dalam sekejap mata." Lalu sujudlah mereka.  Berkatalah Musa kepada Harun: "Ambillah perbaraan, bubuhlah api ke dalamnya dari atas mezbah, dan taruhlah ukupan, dan pergilah dengan segera kepada umat itu dan adakanlah pendamaian bagi mereka, sebab murka TUHAN telah berkobar, dan tulah sedang mulai."
Maka Harun mengambil perbaraan, seperti yang dikatakan Musa, dan berlarilah ia ke tengah-tengah jemaah itu, dan tampaklah tulah telah mulai di antara bangsa itu; lalu dibubuhnyalah ukupan dan diadakannyalah pendamaian bagi bangsa itu. Ketika ia berdiri di antara orang-orang mati dan orang-orang hidup, berhentilah tulah itu. Dan mereka yang mati kena tulah itu ada empat belas ribu tujuh ratus orang banyaknya, belum terhitung orang-orang yang mati karena perkara Korah. Ketika Harun kembali kepada Musa di depan pintu Kemah Pertemuan, tulah itu telah berhenti.

akibat ketidakpercayaan mereka yang melahirkan sungut sungut hanya 2 orang dari generasi pertama yang masuk tanah perjanjian dan anak anak israel yang lahir selama di padang gurun. ( 2 orang dari sekitar 2,5 juta jiwa)  musa dan Harun tidak dapat memasuki tanah perjanjian tapi buakn berarti mereka dibinasakan Tuhan,

hati hati dengan sungut sungut

mau binasa dengan mudah.. silahkan bersungut sungut ria deh.... hehehe.Smile.

Percaya atau tidak , suka atau tidak ... kita tahu di sekeliling kita banyak sekali roh roh jahat dan malaikat malaikat Tuhan, itu sebabnya hati hati kalau bicara.. mbo ya dipikir pikir dulu...Mat 12:36. oleh eprkataan kita kita dibenarkan atau dihukum...

syalom ... besok lagi yah kalau masih kuat heheSurprised

Ang Che Chen

 

 

Ang Che Chen, Anda Tidak Fokus

Ang Che Chen, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, anda hebat dalam mengutip ayat-ayat Alkitab namun sayang anda hanya hebat dalam mengutip ayat-ayat Alkitab.

Silahkan baca apa yang ditulis oleh Setyo dalam blognya. Dia sedang membahas Kolose 1:1-14. Apa yang anda lakukan melalui komentar-komentar anda? Jesus is The Unswer! Jesus adalah Jawaban! Namun, apa PERTANYAANNYA? Sebelum menjawab, anda harus MENGERTI pertanyaannya dulu kawan.

Ang Che Chen, anda membuat saya benar-benar gemas. Mari kita pibu (adu ilmu, diskusi, debat, saling menguji, saling mengasah, dll). Ketekunan dan Sungut-sungut, jadikan keempat komentar anda menjadi satu blog baru dan saya akan mengujinya dengan sepenuh hati. Mari kita tunjukkan kembali kepada handai taulan lainnya, berdiskusi abis-abisan namun tidak menjadikan kita musuh dan saling membenci. Saya pernah melakukannya dengan BathigOy dan Vantillian, walaupun kami diskusi abis -abisan, namun saya tidak membenci keduanya, bahkan melalui diskusi itu saya jauh lebih menghormati keduanya dan ha ha ha ha ... saya sering kangen kepada keduanya.

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

benar iah iah

syalom iah iah..

anda benar.. sebenarnya ke 4 komentar itu lebih baik dibuat 1 blog sendiri..biar tdk mengganggu fokus di Kol 1:11,

nanti saya mau buat blog nanti lagi...ntar tolong ditanggapi biar kita 'pibu' habis habisan ya bro...
OK see you next

film love never fails : kisah tentang dan sabar

Syalom all,
met pagi...

minggu lalu ada pemutaran film 'love never fails' sebuah kisah nyata tentang 'ketekunan' seorang pria dalam 'menangung' penyakit kankernya yang membawa ia pada kematiannya. (ending cara dia 'menanggung' penyakit ini juga yang konon membawa injil kristus kepada keluarganya.

di pertengahan film saya sempat terharu melihat kasih keduanya kepada Kristus.. tapi begitu saya mendengar komentar sang istri .. aku melihat kemuliaan Kristus dalam diri ralph (kalau tidak salah nama suaminya) di wajahnya saya langsung menjadi ..neek perasaan nda enak (bhs jawanya) ..(I don't know how to say it correctly in bhs Indonesia) ...langsung saya meninggalkan ruangan tempat pemutaran..

menurut saya ini film bagus sekali mengenai komitmen thd Kristus tapi juga setengah 'tidak alkitabiah'  .  masakan dia yang menangung penyakit dengan sabar untuk kemuliaan Kristus.

film ini pertama saya tonton thn 2001 dan kedua kali thn ini.

mari rekan rekan dari semua 'kalangan' dan 'aliran"silahkan menanggapi komentar saya.. siapa yang harusnya menanggung penyakit... kristus kah atau kah manusia untuk kemuliaan Allah... (supaya lewat penyakit ini nama Allah dimuliakan.. seperti yang saya sering dengar dari para pendeta. yang bagi saya lucunya meskipun demikian mereka tetap berusaha ke 'dokter' dan pengobatan2 lain untuk mengenyahkan 'kemuliaan' bagi Allah.) kan harusnya ditanggung terus menerus supaya setiap kali orang melihat penyakitnya orang orang bersimpati dan berkata aku melihat kemuliaan Allah di dalam 'penderitaan dan penyakitmu".. terus nak terus nak... kalau perlu penyakitmu ditambah lagi dengan 'komplikasi' biar kemuliaan Allah semakin dahsyat...

hehehe jangan tersinggung yah.mari kita diskusi di sini bukan untuk saling menjatuhkan tapi gunakan standard firman Allah dan bukan pengalaman untuk mengujinya

 

kita diskusi di sini...

Syalom

Ang Che Chen

 

Ang Che Chen yang terhormat

Ang Che Chen yang baik, mengapa anda tidak membuat sebuah blog sendiri saja?. Saya yakin kepercayaan diri seorang Ang Che Chen sudah lebih dari cukup untuk menulis blog sendiri.

Quote from Ang:[siapa yang harusnya menanggung penyakit... kristus kah atau kah manusia untuk kemuliaan Allah... (supaya lewat penyakit ini nama Allah dimuliakan.. seperti yang saya sering dengar dari para pendeta. yang bagi saya lucunya meskipun demikian mereka tetap berusaha ke 'dokter' dan pengobatan2 lain untuk mengenyahkan 'kemuliaan' bagi Allah.)]

Saya kira memang sebaiknya anda menulis blog sendiri. Anda sudah memiliki sebuah bahan yang menarik. dengan demikian isi blog saudara setyo tetap fokus pada judulnya. Bukankah sebaiknya demikian ?

Thanks Before

Wong Kampoeng  
 

OK Wong Kampoeng

Syalom Wong Kampoeng

Salam damai sejahtera buat semuanya..

Aku mau buat blog sendiri bentar lagi.. nanti kalau ada masukan tolong diinput ya friend thanks.

oh ya Wong Kampoeng masih ada kerabat dengan Wong Fei Hung di serial KungFu Master..? kok keliatannya nama familynya masih sama ?? hehehe