Petakan Perasaanmu

Ada banyak orang bergumul dengan hatinya, tanpa tahu sebabnya dengan jelas. Akhirnya ada banyak orang menimbun perasaannya tanpa menyelesaikannya. Sehingga suatu saat pemicu datang, dia akan meledak-ledak karena perasaannya tidak pernah dikeluarkan. Melalui Seminar Konseling Sesi I (Relational and Emotional Counseling), ada satu hal penting dan paling berkesan di pikiran saya, yaitu perlunya memetakan perasaan kita. Memetakan perasaan berarti kita harus membawa apa yang kita rasakan dalam hati kita ke alam sadar/pikiran kita. Sebagai contoh: kita marah dengan A dan apa penyebabnya, iri hati dengan B dan apa penyebabnya, dll. Setelah kita membawa perasaan kita ke alam sadar kita, kita harus mengambil keputusan untuk membereskan hati kita, tanpa menunda-nunda. Salah satu cara untuk membereskan hati kita adalah mengadakan rekonsiliasi dengan orang di mana kita bermasalah. Libatkan Roh Kudus dalam setiap proses ini. Izinkan Roh Kudus bekerja dan menjamah hati kita untuk belajar mengampuni orang-orang yang bermasalah dengan kita. Tuhan Memberkati!

Topic Blog: Tokoh Alkitab

Keywords Blog: konseling

Comments

billy's picture

Roh Kudus.. peran yang sangat penting

Peran Roh Kudus memang sangat penting dalam pemulihan masalah relasi atau emosi.
Manusia mungkin bisa sampai tahap memetakan perasaannya sendiri. Kita bisa tau kalau kita sedang marah, emosi, iri, cemburu dan lain sebagainya, tapi keterbatasan manusia adalah sulit untuk mengampuni atau melupakan hal-hal buruk yang mempengaruhi relasi kita dengan orang lain. Apalagi kalau masalah itu adalah masalah yang sangat dalam dan berat.
Peran Roh Kudus sebagai penolong sangat kita butuhkan dalam hal ini. Roh Kudus akan menolong kita untuk bisa menyelesaikan hal-hal yang mungkin untuk kita adalah sebuah hal yang sangat sulit bahkan mustahil untuk diselesaikan.