MENGGUGAT PENEBUSAN TERBATAS (LIMITED ATONEMENT)


Para Calvinis/Reformed/Reformed Injili berkata: Alkitab mengajarkan bahwa Yesus Kritus mati HANYA untuk menebus dosa (menanggung upah dosa) kaum pilihan, bukan seluruh manusia.
 
Komentar:
Apakah Pandangan Calvinis ini benar? Yesus mati hanya bagi kaum pilihan? Yesus mati hanya untuk menebus dosa kaum pilihan? Benarkah Tuhan hanya ingin menyelamatkan Umat pilihanNya? Benarkah Tuhan membiarkan sebagian besar manusia binasa? Benarkah Tuhan tidak mati bagi orang yang tak percaya?

Saya tidak tahu apakah Para Calvinis mau menyangkal ayat-ayat berikut ini yang dengan jelas mengungkapkan Penebusan Universal atau Yesus mati bagi seluruh umat manusia, Yesus mati untuk menebus dosa seluruh dunia/manusia. Mari kita lihat apa kata Alkitab:

Yesus menyediakan Pendamaian bagi semua orang (1 Yohanes. 2:2).

I Yohanes 2:2 Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

Yohanes 1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Yesus merasakan kematian bagi semua orang (Ibrani. 2:9).

Ibrani 2:9 Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

Yesus menjadi tebusan bagi semua orang (1 Tim. 2:6).

I Timotius

2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

2:6 yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia: itu kesaksian pada waktu yang ditentukan.

4:10 Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya

Tuhan sangat ingin memperdamaikan semua manusia dengan DiriNya (2 Kor. 5:19).

2 Korintus 5:15 Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.

5:19 Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami

Lukas 2:10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa

Tuhan Mengasihi semua manusia (Yoh 3:16).

Yohanes

3:15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

3:18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

Titus 2:11 Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata

TUHAN ingin semua manusia beroleh selamat (2 Pet. 3:9).


2 Petrus 3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

I Yohanes 4:14

4:14 Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia.

Dosa semua manusia ditimpakan kepada Yesus (Yesaya 53:6).

Yesaya 53:6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian

Tuhan memerintahkan bahwa Injil harus dikabarkan ke setiap orang. (Mark 16:15).

16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. 


Tuhan ingin melimpahkan Anugerah KeselamatanNya atas semua orang (Roma 11:32).

11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan belas kasihan-Nya atas mereka semua.

Janji Iman dalam Yesus untuk semua orang (Gal. 3:22).

3:22 Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu di bawah kekuasaan dosa, supaya berdasarkan iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya

Yesus membeli/menebus bahkan juga guru-guru palsu yg tidak selamat. (2 Pet. 2:1).

2:1 Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.

Dede Wijaya

Kategori: Teologi

Topic Blog: Teologi dan Alkitab

Keywords Blog: CALVINISME, TULIP