Forum In-Christ.Net
Welcome, Guest. Please login or register.
March 28, 2024, 10:45:39 AM

Login with username, password and session length
Search:     Advanced search
Dear In-Christ.Netters, pengkategorian forum ICN mulai Juni 2015 telah dirombak. Beberapa board kini telah disatukan untuk meningkatkan efektivitas dan kenyamanan dalam menjelajahi dan berpartisipasi di forum ini.

Silakan berikan masukan/saran bagi kemajuan forum ini di http://www.in-christ.net/forum/index.php/board,3.0.html
2910 Posts in 832 Topics by 4096 Members
Latest Member: JeorgeSmith
* Home Help Search Login Register
+  Forum In-Christ.Net
|-+  Teologi
| |-+  Teologi (Moderators: ayub, amidya)
| | |-+  "Pembinasa Keji"
0 Members and 1 Guest are viewing this topic. « previous next »
Pages: [1] Go Down Print
Author Topic: "Pembinasa Keji"  (Read 2969 times)
pa_ul
Hamba Tuhan
****

Karma: 0
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 368



View Profile
« on: March 05, 2015, 09:18:22 PM »

Dalam Matius 24 Tuhan Yesus berpesan agar semua org percaya memperhatikan tanda2 Kedatangan-Nya yg kedua kali dan kesudahan dunia ini.
Salah satu tanda yang DIA berikan adalah pada ayat 15:

Matius 24:15 "Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel -- para pembaca hendaklah memperhatikannya --

Siapakah pembinasa keji dan dimana tempat kudus yang dimaksudkan oleh Tuhan Yesus itu?
Logged

"tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru : mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah". Yesaya  40:31
ayub arifin tanjung
Anak Tuhan
***

Karma: 0
Offline Offline

Posts: 117


View Profile
« Reply #1 on: March 10, 2015, 01:30:22 AM »

Karena ayat ini memberi klue pada kitab Daniel,saya mengutip sebuah tafsiran sperti ini , " Daniel (Dan 9:27) kata ini berarti: sebuah berhala yang ditempatkan raja Antiokhus dalam Bait Allah di Yerusalem (dalam th. 168 seb. Mas.; bdk 1Ma 1:54). Yesus mengetrapkan nubuat itu pada pengepungan dan perebutan kota suci dan Bait Allah oleh tentara Roma (bdk Luk 21:20)."

Pembinasa keji merupakan peristilahan LXX yang menerjemahkan Daniel 9:27; 12:11; 11:31, di mana dua yang pertama jelas bersifat eskatologis, sedangkan yang terakhir menubuatkan pengotoran ibadah oleh Atiokhus, yang tindakannya merupakan pertanda pembinasaan terakhir. Peristiwa ini terjadi di tengah masa ketujuh puluh (Dan. 9:27) dan jangka waktunya secara beragam disebutkan sebagai "42 bulan" (Why. 11:2; 13:5), "1260 hari" (Why. 12:6), atau "suatu masa dan dua masa dan setengah masa" (Dan. 7:25: 12:7; Why. 12:14). Di tempat kudus. Bait Allah, akan dipulihkan. Pembinasa yang penuh teka-teki ini terkait dengan ibadah, dan nas lainnya menunjukkan penyembahan berhala yang akan dituntut oleh Antikristus. Lihat Wahyu 13:5-8; II Tesalonika 2:1-4. Jelas pada masa Yesus hal ini masih belum terjadi, sehingga membatalkan semua pandangan Daniel yang beranggapan bahwa semua penggenapannya adalah pada masa Antiokhus. Ayat ini juga tidak dapat dibatasi pada malapetaka dari tahun 70 M, sebab Matius 24:21 membatasi acuan ini kepada penderitaan yang paling hebat (bdg. Dan. 12:1).
Logged
pa_ul
Hamba Tuhan
****

Karma: 0
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 368



View Profile
« Reply #2 on: March 10, 2015, 06:32:55 PM »

Karena ayat ini memberi klue pada kitab Daniel,saya mengutip sebuah tafsiran sperti ini , " Daniel (Dan 9:27) kata ini berarti: sebuah berhala yang ditempatkan raja Antiokhus dalam Bait Allah di Yerusalem (dalam th. 168 seb. Mas.; bdk 1Ma 1:54). Yesus mengetrapkan nubuat itu pada pengepungan dan perebutan kota suci dan Bait Allah oleh tentara Roma (bdk Luk 21:20)."

Pembinasa keji merupakan peristilahan LXX yang menerjemahkan Daniel 9:27; 12:11; 11:31, di mana dua yang pertama jelas bersifat eskatologis, sedangkan yang terakhir menubuatkan pengotoran ibadah oleh Atiokhus, yang tindakannya merupakan pertanda pembinasaan terakhir. Peristiwa ini terjadi di tengah masa ketujuh puluh (Dan. 9:27) dan jangka waktunya secara beragam disebutkan sebagai "42 bulan" (Why. 11:2; 13:5), "1260 hari" (Why. 12:6), atau "suatu masa dan dua masa dan setengah masa" (Dan. 7:25: 12:7; Why. 12:14). Di tempat kudus. Bait Allah, akan dipulihkan. Pembinasa yang penuh teka-teki ini terkait dengan ibadah, dan nas lainnya menunjukkan penyembahan berhala yang akan dituntut oleh Antikristus. Lihat Wahyu 13:5-8; II Tesalonika 2:1-4. Jelas pada masa Yesus hal ini masih belum terjadi, sehingga membatalkan semua pandangan Daniel yang beranggapan bahwa semua penggenapannya adalah pada masa Antiokhus. Ayat ini juga tidak dapat dibatasi pada malapetaka dari tahun 70 M, sebab Matius 24:21 membatasi acuan ini kepada penderitaan yang paling hebat (bdg. Dan. 12:1).
Ketika membuka Matius 24:15 tsb di versi KJV dan NIV, maka didapati sbb:
KJV  Matthew 24:15 When ye therefore shall see the abomination of desolation, spoken of by Daniel the prophet, stand in the holy place, (whoso readeth, let him understand:)

NIV  Matthew 24:15 "So when you see standing in the holy place 'the abomination that causes desolation,'spoken of through the prophet Daniel--let the reader understand--

Dari hasil strong analysis didapat:
abomination > 946 βδέλυγμα bdelugma {bdel'-oog-mah}
Meaning:  1) a foul thing, a detestable thing 1a) of idols and things pertaining to idolatry

desolation > 2050 ἐρήμωσις eremosis {er-ay'-mo-sis}
Meaning:  1) a making desolate, desolation
Logged

"tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru : mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah". Yesaya  40:31
ayub arifin tanjung
Anak Tuhan
***

Karma: 0
Offline Offline

Posts: 117


View Profile
« Reply #3 on: March 10, 2015, 09:55:32 PM »

Ya, menurut saya Pembinasa Keji di ayat ini mempunyai makna eskatologis yang mengacu pada Pembenci-pembenci umat Allah, mereka yang akan membinasakan secara keji, bahkan hal ini belum pernah terjadi sebelumnya. Namun kenapa diikuti dengan kata "berdiri di Tempat Kudus (Holy Place)", sementara ini menurut saya yang dimaksud tempat kudus adalh mengacu pada kumpulan orang-orang kudus (gereja).
Logged
pa_ul
Hamba Tuhan
****

Karma: 0
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 368



View Profile
« Reply #4 on: March 11, 2015, 10:42:49 PM »

Ya, menurut saya Pembinasa Keji di ayat ini mempunyai makna eskatologis yang mengacu pada Pembenci-pembenci umat Allah, mereka yang akan membinasakan secara keji, bahkan hal ini belum pernah terjadi sebelumnya. Namun kenapa diikuti dengan kata "berdiri di Tempat Kudus (Holy Place)", sementara ini menurut saya yang dimaksud tempat kudus adalh mengacu pada kumpulan orang-orang kudus (gereja).
Tempat kudus di ayat itu sptnya bkn arti sebenarnya
karena sejak kematian Tuhan Yesus tdk ada lagi tempat kudus di bumi ini
Tempat kudus dlm PB adl orang percaya Yesus.
Saya mengasosiasikan tempat kudus tsb dgn tempat yg dianggap kudus, shg disebut takhta suci
tempat itu hanya satu2 nya di duia ini, dan itu sesuai dgn rujukan tt pembinasa keji
« Last Edit: March 18, 2015, 08:25:10 PM by pa_ul » Logged

"tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru : mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah". Yesaya  40:31
Pages: [1] Go Up Print 
« previous next »
Jump to:  

Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.8 | SMF © 2006-2008, Simple Machines LLC Valid XHTML 1.0! Valid CSS!
Page created in 0.08 seconds with 17 queries.