Jikalau KEMATIAN Menjadi PILIHAN - Jangan Bunuh Diri Donk ;o)

BathiQoY's picture

Stair Way to Heaven, absolutely without suicide

Mengapa ada banyak kasus bunuh diri yang terjadi di muka bumi ini ? berbagai alasan bisa kita saksikan mulai dari gagal dalam percintaan, lilitan hutang, masalah harga diri (harakiri), bahkan sampai masalah tidak bisa kuliah seperti yang belum lama ini beritanya tersiar di TV.

Adakah kenikmatan dari kematian secara otoriter ?Bunuh diri adalah buah putus asa. Bunuh diri adalah kebodohan, bunuh diri adalah menyelesaikan masalah dengan masalah yang jauh lebih besar. Bahkan beberapa waktu yang lalu teman saya mati gantung diri karena suatu masalah. Aah sayang sekali, andai saja ia mau berkaca dari kisah Ayub lebih dulu.

~Sekilas Ayub
Kisah Ayub menceritakan mengenai perjuangan dahsyat mengenai seorang hamba Tuhan yang setia, seorang yang saleh, dan taat seorang yang luar biasa berkenan kepada Allah. Sosok yang paling jujur dan saleh yang ada di bumi, penderitaan Ayub sangat dahsyat, penderitaan tersebut melalui 2 fase, yakni fase external dimana menyerang milik kepunyaan Ayub, kemudian fase internal yang lebih fokus kepada penderitaan Indpenden Ayub. Akhirnya Ayub protes kemudian terjadi diskusi yang sangat sengit antara Ayub-Elifas,Zofar,Bildad, dan Elihu.

Intinya ke-3 teman Ayub; Elizobi (Elifaz,Zofar,Bildad) mengatakan kalau Ayub bersalah dan berdosa dihadapan Tuhan, Ayub menurut mereka dinilai terlalu naif, dengan melakukan protes kepada Tuhan. Ayub menyatakan dirinya sudah berbuat apa yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sesuai dengan ketetapan Allah. Sebenarnya Ayub rela dan tabah pada awalnya, yakni saat anak-anak dan hartanya raib. Tetapi penyakit yang dideritanya selama berbulan-bulan membuatnya menjadi sangat depresi. Ia berkata kalau tidak pantas derita sehebat itu ia terima, bahkan ia menjadi orang terkucil dan seperti gelandangan.

~Tuhan Berdaulat
Kisah ini menyatakan mengenai kedaulatan Tuhan dan rencanaNya, yang bahkan dimata seorang saleh dan bijaksana seperti Ayub terasa begitu hambar dan penuh misteri saat ia mengalami derita. Ayub seperti anak hilang, sudah hilang kesasar masuk sarang penyamun pula. Ya.. Ayub tertawan oleh deritanya, dan dimasa itu baginya kematian lebih indah daripada kehidupan. Ia lebih baik tidak pernah dilahirkan kedunia. Apa yang Ayub nyatakan sudah jelas yakni Ayub minta Tuhan bertindak adil terhadapnya. Kisah Ayub adalah sebuah gambaran luar biasa mengenai kedaulatan Allah terhadap umatNya

Ayub melakukan protes kepada Allah, kemudian Ayub juga berkeluh kesah sebagai orang benar yang ada di bumi. Ayub bingung, bahkan Ayub putus asa sedemikian rupa. Ia pusing bukan kepalang mengenai Tuhannya. Bahkan kalau Tuhan itu manusia, ia ingin agar masalahnya ini bisa "di sidangkan"

~Reflexi
Kisah Ayub menjadi gambaran yang sangat nyata kalau manusia adalah ciptaan yang luar biasa. Terus terang percakapan Ayub dan semua temannya itu bagi saya sungguh luar biasa. Ternyata pada zaman-zaman awal sudah ada orang-orang yang demikian berhikmat, yang bahkan di era milenium ini belum ada tandingannya

Daniel Webster mengatakan kalau Kitab Ayub, adalah salah satu kitab literatur paling luar biasa yang pernah ada. Hal ini bisa dinilai dari kejeniusan para subyek-subyek yang tertulis didalamnya dalam mengungkapkan pendapat.

*Roma
15:4 Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.

Abraham mengajarkan Iman, Salomo mengajarkan Hikmat, bersikap dan menikmati hidup,Daud mengajarkan pujian dan keintiman, Ayub mengajarkan ketekunan dan kegigihan dalam penderitaan (Yak 5:11)

Disini kita belajar; manusia tidak mampu menganalisa maksud Tuhan dalam suatu kejadian tertentu. Karena rencana Tuhan mengatasi kemapuan dari manusia. Disinilah diperlukan sikap percaya (trust) penuh kepada rancangan dan rencana Tuhan. Penderitaan tidak selalu identik dengan buah dari dosa. Ke-tiga teman Ayub selalu berprasangka demikian. Penderitaan mungkin saja terjadi dengan suatu maksud spiritual. Tuhan mengizinkan Ayub menderita untuk menyatakan kepada iblis siapa sebenarnya Ayub. Dan betapa Tuhan yakin kepada kesungguhannya.

Kitab Ayub juga menjelaskan gambaran peran dari kedatangan Kristus (Ayub 9:33, 33:23, 19:25)

Kitab Ayub melukiskan dengan jelas kebenaran PB bahwa ketika orang percaya mengalami penganiayaan atau ujian penderitaan yang berat, mereka harus tetap teguh di dalam iman dan terus mempercayakan diri mereka kepada Dia yang menghakimi dengan adil, sama seperti yang dilakukan Yesus ketika Ia menderita (1Pet 2:23). Ayub 1:6-2:10 merupakan gambaran paling jelas mengenai musuh kita sebagaimana dinyatakan dalam 1Pet 5:8-9.

Selain itu, Kitab Ayub menggumuli pertanyaan abadi, "Jikalau Allah itu adil dan penuh kasih, mengapa diizinkan-Nya orang yang sungguh-sungguh benar seperti Ayub (Ayub 1:1,18) menderita demikian hebat?" Ketika menggumuli soal ini, penulis mengemukakan kebenaran-kebenaran berikut.

(1) Selaku musuh Allah, Iblis menerima izin untuk menguji kesejatian iman seorang benar dengan menyiksa dia; tetapi kasih karunia Allah menang atas penderitaan karena oleh iman Ayub tetap kokoh dan tidak goyah, bahkan ketika kelihatannya tidak ada keuntungan jasmaniah atau duniawi untuk terus mengabdi kepada Allah.

(2) Allah digerakkan oleh pertimbangan-pertimbangan yang terlalu luas sehingga tak dapat dipahami oleh pikiran manusia (Ayub 37:5); karena kita tidak melihat dengan kelapangan hati dan visi Yang Mahakuasa, maka kita memerlukan Allah menyatakan diri-Nya kepada kita.

(3) Landasan iman yang sesungguhnya tidak terletak dalam berkat-berkat Allah, dalam situasi-situasi pribadi atau jawaban-jawaban yang cerdik pandai, tetapi dalam penyataan Allah sendiri.

(4) Allah kadang-kadang mengizinkan Iblis menguji orang benar dengan kesengsaraan agar memurnikan iman dan kehidupan mereka, sebagaimana emas dimurnikan oleh api (Ayub 23:10;. 1Pet 1:6-7); ujian semacam itu mengakibatkan peningkatan integritas rohani dan kerendahan hati umat-Nya (Ayub 42:1-10).

(5) Sekalipun cara-cara Allah menghadapi kita kadang-kadang tampak suram dan kejam (sebagaimana dikira oleh Ayub sendiri), akhirnya Allah tampak dalam belas kasihan dan kemurahan yang penuh. (Ayub 42:7-17;. Yak 5:11).

Terkadang dalam hidup ini ada masalah yang kelihatan sangat berat, bahkan berlarut-larut yang menguras emosi, tenaga dan pikiran. Tapi nun jauh di masa lalu ada seorang dari US yang sudah lulus, namanya Ayub. Ayub bukan orang miskin pada awalnya, tetapi ia jatuh begitu parah luar biasa. Kisah Ayub adalah suatu kisah ironi yang sangat menarik dan sarat makna from Hero to Zero dan From Zero to Super Hero (Better than before) mungkin kita pernah menyaksikan dan sering membaca kisah-kisah cerita negeri dongeng.

Ada dilema dan drama tetapi akhirnya biasa berakhir dengan happy ending. Bagi saya pribadi kisah Ayub adalah kisah yang paling dramatis, dilematis, dan happy ending. Dan yang lebih luar biasa lagi kisah ini adalah kisah nyata.

Kisah Ayub sungguh menginspirasi mengenai bagaimana hitam-putih kehidupan ini berlangsung dan betapa Tuhan itu setia dan berperkara atas derita umatNya. Naik ke gunung tertinggi dan jatuh ke lembah terkelam... bukan, bahkan palung terkelam, itulah Ayub. Dan Ayub membuktikan dia adalah juara sejati.

Jikalau kematian menjadi pilihan.. sebelum itu terjadi saya mohon silahkan baca KISAH AYUB DULU

*Ibrani
12:1. Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

*Mazmur:
34:19 (34-20) Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;

*Mazmur:
55:22 (55-23) Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

*Wahyu:
3:21 Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

Semoga menjadi berkat

Syallom_Elshadday

Kategori: Konseling Kristen

Topic Blog: Kesaksian

Keywords Blog: Alkitab, Ayub, Bunuh Diri, iman, Inspirasi, Pemenang

Comments

MoZee_Rui's picture

Salibkan diri saja

Yak tul, jangan bunuh diri. Bunuh kedagingan saja lah. Masalah mati tinggal waktu saja. Gak perlu bunuh diri segala. Selain pengecut hal itu juga bodoh, gak berfaedah sama sekali.

Qoheleth~MoZee~^_^