Penghakiman yang Boleh dan yang Dilarang

julius tarigan's picture

Pada umumnya kita sudah mengenal frasa yang telah diambil alih dari Alkitab ini, yaitu: "Jangan menghakimi!" Dan, sudah sering kali frasa tersebut digunakan untuk menegur atau mengingatkan orang-orang yang mengemukakan penilaian atau pernyataan yang mengritik atau mengoreksi perilaku atau perkataan dari orang-orang yang lainnya. Tetapi, saya juga mendapati bahwa kita, pada umumnya, tidaklah memiliki pemahaman yang jelas dan tegas mengenai frasa yang merupakan sebuah instruksi atau larangan tersebut. Menurut hemat saya, hal itu disebabkan karena kita belum pernah menjawab atau mendapatkan jawaban yang tuntas atas pertanyaan yang berikut ini: "Dalam hal apa sajakah instruksi atau larangan ini berlaku atau tepat untuk diberlakukan?"

Ya, pertanyaan itu memang perlu dan, bahkan, merupakan suatu keharusan untuk kita tanyakan dan dapatkan jawabannya. Mengapa? Sebab, sudah tentulah bahwa instruksi atau larangan itu tadi ("jangan menghakimi") tidak mungkin dimaksudkan untuk berlaku atau diberlakukan di dalam atau terhadap sehgala hal. Karena, kalau demikian, maka orang-orang yang sudah nyata berkelakukan tidak bermoral pun (mis: mencuri, berzinah, dsb.) atau yang menyebarkan ajaran sesat (mis: Saksi Yehova, Mormon, dsb.) akan menjadi tidak boleh juga untuk kita hakimii atau menyatakan bahwa mereka itu bersalah. Wah, kacau dong, kalau begitu! Tetapi, syukurlah, karena keadaan yang yang sesungguhnya bukanlah begitu. Nah, karena kita sudah sama-sama setuju bahwa instruksi atau larangan itu taditidak ditujukan untuk segala hal, maka kita pun kini sudah bisa kembali lagi kepada pertanyaan yang di atas itu tadi, yaitu: "Dalam hal apa sajakah instruksi atau larangan itu berlaku atau tepat untuk diberlakukan?" Marilah kita memeriksanya.

Bagian Alkitab yang hendak saya periksa di sini bersama dengan Anda ialah Matius 7. Pasal yang ketujuh dari kitab Matius ini memang sangat tepat untuk kita periksa sekarang di sini. Sebab, di dalam pasal ini terdapat bahan-bahan yang cukup lengkap untuk membicarakan mengenai penghakiman. Dari ayat yang pertamanya saja kita sudah disambut dengan: "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi," (tentunya tidak perlu saya katakan lagi, bahwa frasa di atas tadi adalah merupakan versi singkatnya dari perkataan Yesus ini). Yang akan saya lakukan di sini nanti, tentulah bukan bermaksud untuk memeriksa keseluruhan dari pasal tersebut secara ayat per ayat. (Sebab, terus terang saja, tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk melakukan hal yang demikian itu. Untuk mengerjakan hal yang demikian itu, sebaiknya kita serahkan saja kepada ahlinya!). Apa yang hendak saya lakukan di sini nanti hanyalah akan menunjukkan semacam "benang merah" mengenai penghakiman, yang terdapat di dalam pasal yang khusus ini. Untuk itu, saya akan membagikan hal yang saya maksudkan tadi di dalam 3 butir sebagai yang berikut ini.

1. Jangan cenderung hanya menghakimi Kesalahan orang lain saja

2. Jangan menghakimi secara sembarangan saja

3. Jangan pernah menghakimi mengenai keselamatan Kekal seseorang

 

Berikutnya kita akan membahas ketiga hal itu secara satu demi satu.

JANGAN CENDERUNG HANYA MENGHAKIMI KESALAHAN ORANG LAIN SAJA

Di dalam ayat 1 sampai ayat 5 Yesus membicarakan mengenai hal ini. Di sini kita bisa melihat dengan jelas bahwa ketika Yesus berkata, "jangan kamu menghakimi...", hal itu tidaklah dimaksudkan-Nya bahwa kita sama sekali tidak boleh menghakimi. Hal itu terlihat nyata daari contoh yang diberikan-Nya di dalam ayat 3-5, di mana Dia memberikan kiasan mengenai "selumbar dan balok dimata". Ada 3 hal yang dikatakan oleh Yesus di sana, yang sangat baik dan berguna untuk kita perjhatikan dalam konteks pembicaraan kita di sini.

  • "Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?" -- Melihat kesalahan orang lain, tetapi tidak melihat kesalahan diri sendiri adalah suatu hal yang amat janggal (aneh/ganjil) dan sangat tidak masuk akal.
  • "Bagaimana engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu" -- Mau mengurus kesalahan orang lain, padahal kesalahannya sendiri belum diurus, itu adalah suatu hal yang muskil dan mustahi akan bisa berhasil.
  • "Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu" -- Hanya apabila kesalahan kita sendiri telah kita tanggulangi, barulah kita pun akan bisa (dengan leluasa) menolong orang lain untuk menanggulangi kesalahan mereka.

Jadi, bukannya kita tidak diperbolehkan sama sekali untuk menghakimi orang lain, tetapi kalau kita mau melakukannya, hakimilah terlebih dahulu diri kita sendiri dengan cara yang benar atau sebagaimana mestinya. Hanya jika kita sudah menghakimi diri kita sendiri, barulah kita pun akan bisa dan pantas untuk menghakimi orang lain juga.

JANGAN MENGHAKIMI SECARA SEMBARANGAN SAJA

Di dalam ayat 15 sampai ayat 20 Yesus berbicara mengenai "nabi-nabi palsu". Di sini justru, dengan sangat tegas sekali, Yesus mengatakan bahwa kita harus menghakimi atau melakukan penilaian terhadap orang lain. Yang secara khusus dikatakan-Nya harus kita hakimi di sini adalah semua orang yang menyampaikan pengajaran kepada kita (umat). Adapun yang menjadi tujuan dari penghakiman dan penilaian itu ialah untuk mengetahui atau mengenali, apakah mereka itu adalah pengajar-pengajar yang benar atau pengajar-pengajar yang culas (Yesus menyebut mereka dengan "nabi-nabi palsu").

Tetapi, sekalipun demikian, yaitu sekalipun kita memang harus menghakimi orang lain (khususnya mereka yang mengajar), bukan berarti kita boleh melakukannya secara sembarangan saja. Tugas untuk menghakimi itu bukanlah diperuntukkan bagi orang-orang yang usil atau yang "kurang kerjaan", yang kesibukannya hanyalah untuk mencari-cari kesalahan orang lain saja dan yang menuduh atau menuding orang-orang tertentu (yang kebetulan tidak disukai oleh mereka) dengan semau-maunya atau dengan seenaknya saja. Karena itu, kalau Anda sudah sangat ingin untuk menghakimi orang lain, pastikanlah terlebih dahulu bahwa Anda sendiri sudah: 1) Menghakimi diri Anda sendiri dengan cara yangbenar atau sebagaimana mestinya, 2) Mengetahui cara kerjanya dan ukuran apa yang semestinya Anda gunakan dalam penghakiman itu nanti. Di dalam bagian Alkitab yang kita periksa ini, Yesus memberikan sebuah ukuran (standart) yang sangat tepat jika digunakan untuk jenis penghakiman yang dimaksudkan di sini. Ukuran itu ialah: "Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?" (16).

Supaya tidak terjadi kesalahfahaman (yang akan berujung kepada penyalahgunaan), perlulah di sini saya kemukakan bahwa penghakiman yang dimaksudkan oleh Yesus di sini bukanlah penghakiman atas doktrin dari para pengajar tersebut. Atau, dengan kata lain, bukan kebenaran mereka secara doktrin yang hendak dihakimi di sini. Kalau begitu, dalam hal apakah penghakiman itu ditujukan? Penghakiman yang dimaksudkan di sini secara khusus ditujukan terhadap kebenaran moral-spiritual mereka. Yaitu untuk mengetahui apakah mereka itu memang hamba-hamba sejati yang benar-benar diutus oleh Tuhan atau bukan. Tetapi, hal ini bukanlah bermaksud mengatakan bahwa penghakiman terhadap doktrin dari seseorang itu tidak boleh atau tidak perlu untuk kita lakukan atau mengatakan bahwa Yesus tidak memandang perlu mengenai penghakiman terhadap doktrin dari seseorang itu. Tentulah doktrin seseorang itu harus kita hakimi juga. Tetapi untuk melakukan hal yang satu ini kita memerlukan ukuran yang lain lagi. Mengapa? Sebab, ukuran yang di sini tadi diberikan oleh Yesus (yang ditujukan untuk menghakimi para pengajar secara moral-spiritual) sudah tidak tepat lagi kalau kita gunakan untuk tujuan yang lainnya (seperti untuk menghakimi doktrin seseorang).

Saya merasa sangat perlu untuk memperlihatkan secara jelas di sini mengenai perbedaan di antara kedua hal di atas itu tadi (yaitu penghakiman terhadap moral-spiritual seseorang dan penghakiman terhadap doktrin seseorang). Sebab, kalau tidak dilakukan yang demikian itu, saya kuatir nantinya umat akan menjadi bingung atau, yang lebih buruk lagi, tertipu. Mengapa bisa demikian? Sebab, dalam realitanya akan banyak mereka jumpai orang-orang yang -- setidaknya, sebagaimana yang terlihat daripenampilan luarnya -- memiliki perangai yang sangat baik, ramah, lemah lembut, rendah hati, murah hati dan penuh tanggung jawab, tetapi mereka itu memiliki doktrin yang sangat menyimpang. Sebagai contohnya kita bisa menunjuk kepada orang-orang yang menjadi penganut/aktivis Saksi Yehova, Mormon, dsb.

JANGAN PERNAH MENGHAKIMI MENGENAI KESELAMATAN KEKAL SESEORANG

Sesungguhnya butir yang ketiga inilah yang ingin sekali untuk saya tekankan kepada kita semua dalam kesempatan ini. Sebab, memang, di dalam hal inilah yang selama ini kita (yaitu orang Kristen secara keseluruhannya) telah banyak sekali melakukan kesalahan (khususnya yang berkaitan dengan hal menghakimi ini). Dan, sesungguhnyalah larangan untuk menghakimi itu, yaitu yang secara mutlaknya, hanyalah dalam penggunaannya terhadap hal yang satu ini saja, yaitu dalam hal mengenai keselamatan kekal dari seseorang.

Untuk lebih jelasnya, marilah sekarang kita perhatikan ayat 21 sampai ayat 23. Sesungguhnya yang dibicarakan di sini tidak lain adalah mengenai penghakiman (juga). Tetapi, kalau di bagian yang pertama tadi (ayat 1-5) dan juga di bagian yang keduanya (ayat 15-20) yang menjadi hakimnya adalah kita (manusia), maka di sini yang menjadi hakimnya ialah Tuhan. Selama ini (mungkin, secara tidak disadari atau karena belum memahami) banyak orang yang menghakimi orang lain dengan menggunakan bagian Alkitab ini. Dengan demikian, mereka itu sesungguhnya sedang berperan sebagai hakimnya di sini. Padahal, hanya Tuhan sendirilah yang bisa dan layak untuk menjadi hakimnya di sini. Sebab, bidang yang hendak dihakimi di sini pun memang sangatlah istimewa, yaitu mengenai keselamatan kekal dari seseorang atau penentuan final dari nasib kekal seseorang.

Saya tahu, ada segolongan orang yang berpendapat bahwa penghakiman yang dimaksud di sini adalah apa yang dikenal sebagai "tahta pengadilan Kristus" (2 Kor 5:10), yang hanya akan menentukan upah yang akan diterima oleh seseorang, bukan mengenai keselamatan atau nasib kekalnya. Saya sendiripun cukup lama juga mempercayai penjelasan yang seperti itu atas bagian Alkitab yang khusus ini. Tetapi, kalau ditimbang-timbang lagi, maka sesungguhnya akan sangat sukarlah untuk menerima bahwa kata-kata yang berikut ini akan diucapkan oleh Tuhan nanti di "tahta pengadilan Kristus" itu, yaitu: "Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan" (23).

Jadi, saya ulangi, penghakiman yang dilakukan di sini adalah penghakiman yang dilakukan oleh Tuhan dan penghakiman tersebut adalah untuk menentukan keselamatan atau nasib kekal dari seseorang. Karena itu, harus ditegaskan begini: Khusus untuk atau mengenai hal yang satu ini (keselamatan kekal) kita harus sepenuhnya atau sama sekali tidak diperbolehkan untuk menghakimi. Sebab, hanya Tuhan sajalah yang bisa (mampu) dan berhak untuk menghakimi seseorang di dalam hal yang sangat khusus ini.

Demikian sajalah dulu uraian ini, semoga membawa pencerahan!

 

 

 

 

 

Kategori: Kepemimpinan Kristen, Teologi

Comments

Buckles commonly claim Fendi

Buckles commonly claim Fendi within the features advisors likewise, while other people will not. Besides would be the patek philippe replica buckle properly block, every little thing in relation to real Fendi carriers is usually properly consistent. There is absolutely no unevenness to help Fendi carriers, although the majority of the replicated carriers will likely be small during one area in comparison with there're within the different, this zipper probably will not be made with accurately possibly, in addition to at this time there is simply not a persons vision to help aspect of which Fendi allows the carriers. An occasion you had that you simply contemplate while you are purchasing real Fendi carriers is usually of which tag heuer replica uk this dealer won't be miserable to you considering these types of simple dissimilarities. Shops of which receive tense before you start zipping in addition to unzipping, buckling in addition to unbuckling, in addition to verifying intended for authentic Fendi attributes commonly include anything to hide in addition to it becomes with your very best fascination to relocate through to some sort of dealer that is certainly start in addition to straightforward in addition to at ease all of their merchandise currently being looked at by means of the omega replica sale shoppers. Be the technique retail store is effective, and the which might be reliable learn the item. Due to the fact it is place with 1925, the property connected with Fendi continues to grow in a corporation regarding excellent in addition to fashion-forward outfits in addition to gadgets.

Besten Replica Uhren

2015 ist definitiv ein Jahr, wenn Omega besten replica uhren tief Schocks Uhrenkäufer. Neben der erstaunlichen Speedmaster Moon Professionelle Silber Snoopy Uhr und die subtilen Globalmaster Modellen replica uhren, gibt es noch eine fantastische Speedmaster "First Omega In Space" Uhr in diesem Jahr eingeführt. Es ist ein Element, das leicht zu replica uhren Deutschland bestechen können Uhrenkäufer aufgrund seiner charakteristischen Design. Dieses Speedmaster Moon nummerierte Auflage Uhr trafen verschiedenen Geschmacksrichtungen mit Günstige Replica Uhren einem mutigen dennoch dezentes Design. Die ikonische Speedmaster Designkonzept und Omega Abenteuergeist sind in einer völlig neuen Form interpretiert.

mimi

gucci clutch

,http://www.gucciclutch.us

coach crossbody

,http://www.coachcrossbody.us

hermes birkin price

,http://www.hermesbirkinprice.co

gucci diaper bag on sale

,http://www.guccidiaperbag.us.com

gucci diaper bag

,http://www.guccidiaperbag.us.com

mcm clutch bag

,http://www.mcm-clutch.us

longchamp le pliage large tote

,http://www.longchamp-le-pliage-large.com

mcm bags

,http://www.mcm-bags.us

longchamp backpack purse

,http://www.longchamp-backpack.us

coach crossbody handbags

,http://www.coachcrossbody.us

Louis Vuitton Neverfull GM

,http://www.louisvuittonneverfull.co

louis vuitton artsy mm

,http://www.louisvuittonartsymm.co

louis vuitton damier

,http://www.louisvuittondamier.org.in

mcm handbags

,http://www.mcm-handbags.us

michael kors outlet

,http://www.michaelkorsbagsoutlet.us.com

burberry sale

,http://www.burberrysale.us.com

gucci bags outlet

,http://www.gucci-bags.us.com

michael kors purse

,http://www.michaelkorsblackpurse.com

louis vuitton speedy 30

,http://www.louisvuittonspeedy30.us.com

michael kors purses outlet

,http://www.michaelkorspursesoutlet.us

coach tote bags outlet

,http://www.coachtotebags.us

Gucci Crossbody Handbags

,http://www.guccicrossbodybag.us

burberry shoes

,http://www.burberryshoes.us

Coach Factory Outlet Online

,http://www.coachdiaperbag.co

MCM Bags at Macy's

,http://www.mcm-bags.us

Chanel Cross Body Bag

,http://www.chanel-crossbody.org

gucci purses and handbags

,http://www.gucci-purses.co

coach purse outlet

,http://www.coachpurseoutlet.co

Hermes Belts for Cheap

,http://www.hermes-belt.us

burberry men

,http://www.burberrymen.us

chanel bags prices fall winter 2015

,http://www.chanel-bags-prices.co

prada handbags sale online

,http://www.pradahandbags-sale.us

Michael Kors Purses

,http://www.michaelkorspursesonsale.us

Classic Black Chanel Bag

,http://www.black-chanel-bag.com

Hermes Outlet

,http://www.birkinbaghermes.us

Coach Purse Outlet Online 80% Off

,http://www.coachpurseoutlet.co

Louis Vuitton Red Alma

,http://www.louisvuittonalmabag.net.in

Louis Vuitton Monogram Canvas

,http://www.louisvuittonmonogram.us.org

Coach Wallets on Sale Outlet

,http://www.coach-wallets.co

cheap michael kors clutch

,http://www.michaelkorsclutch.us

Chanel Classic Flap Bag Price

,http://www.chanelclassicflapbag.us

longchamp sale outlet

,http://www.longchamp-sale.us

chanel tote

,http://www.chanel-tote.co

coach backpack

,http://www.coach-backpack.us

louis vuitton diaper bag

,http://www.louisvuittondiaperbag.org

coach bags on sale

,http://www.coachbagsonsale.us.com

michael kors crossbody handbag

,http://www.michaelkorscrossbody.us

hermes purses prices

,http://www.hermespurses.co

louis vuitton speedy 25

,http://www.louisvuittonspeedy25.us.com

louis vuitton purses on sale

,http://www.louisvuittonpursesonsale.us

louis vuitton shoes

,http://www.louisvuittonshoesmen.net.in

Vintage Chanel Handbags

,http://www.vintage-chanel-bags.co

michael kors purses

,http://www.michaelkorspursesoutlet.us

cheap gucci belts

,http://www.cheapguccibelts.co

longchamp bags macy's

,http://www.longchamp-bags.us

cheap louis vuitton tote

,http://www.louisvuittontotebag.us.com

mcm tote bag

,http://www.mcm-tote-bag.us

burberry bags

,http://www.burberrybags.us.com

Louis Vuitton Shoulder Bag Tote

,http://www.louisvuittonshoulderbag.net

louis vuitton alma bag

,http://www.louisvuittonalmabag.net.in

Prada Outlet

,http://www.prada-bags.co

chanel bags outlet

,http://www.chanel-bags-outlet.us.com

gucci cross body bag messenger

,http://www.guccicrossbodybag.us

michael kors factory outlet online

,http://www.michaelkorsfactoryoutlet.biz

louis vuitton wallet

,http://www.louisvuittonwalletforwomen.net

Longchamp Factory Outlet Online

,http://www.longchamp-le-pliage-large.com

louis vuitton tote

,http://www.louisvuittontotebag.us.com

coach diaper bags on sale

,http://www.coachdiaperbag.co

MCM Bags at Macy's

,http://www.mcm-purse.us

burberry for men

,http://www.burberryformen.us

Louis Vuitton Eva Clutch Bag

,http://www.louisvuittonevaclutch.org

MCM Clutch Bag

,http://www.mcm-clutch.us

prada crossbody bags

,http://www.prada-crossbody-bag.us

vintage chanel bags for sale

,http://www.vintage-chanel-bags.co

Prada Women's Loafers

,http://www.prada-loafers.us

coach purse outlet online 80% off

,http://www.coachpurseoutlet.co

Gucci Handbags Outlet

,http://www.gucci-purses.co

Longchamp Medium Shoulder Tote

,http://www.longchamp-le-pliage-medium.us

burberry sale outlet

,http://www.burberrysale.us.com

Price of Hermes Purses

,http://www.hermespurses.co

Louis Vuitton Monogram Tote

,http://www.louisvuittonmonogram.us.org

louis vuitotn speedy

,http://www.louisvuittonspeedy35.us.com

mcm purses handbags

,http://www.mcm-purse.us

Louis Vuitton Outlet Online Store Authentic

,http://www.louisvuittonmessengerbag.us

gucci sunglasses for women

,http://www.guccisunglassesforwomen.co

louis vuitton artsy mm

,http://www.louisvuittonartsy.us.com

burberry purses

,http://www.burberrypurses.us

michael kors bags

,http://www.michaelkorsbagsonsale.biz

prada crossbody bags on sale

,http://www.prada-crossbody-bag.us

coach sunglasses for women

,http://www.coach-sunglasses.co

Prada Clutches on Sale

,http://www.prada-clutch.us

michael kors on sale

,http://www.michaelkorshobobag.us

louis vuitton belts

,http://www.cheaplouisvuittonbelts.us.com

louis vuitotn speedy

,http://www.louisvuittonspeedy25.us.com

burberry men's wallet sale

,http://www.burberrymenswallet.us

coach hobo bag

,http://www.coachhobobag.us

burberry handbag

,http://www.burberryhandbag.us.org

prada belts for men

,http://www.prada-belt.us

Coach Laptop Bag

,http://www.coachmessengerbag.us