Blog Penulis

Hidupmu di Ujung Penamu

Sekadar memberimu inspirasi
Aku sempat melukis bianglala sehabis hujan
dan menyentuh beberapa awan yang sebelumnya hanya aku bayangkan
Kau pernah menjadi tawanan? Aku pernah
Dibuang dan diasingkan, hidup dalam ruang yang terbatas...
sungguh menyakitkan

Menjadi subjek yang diacuhkan
Menjadi seorang pahlawan yang dielu-elukan...
aku pernah mengalaminya

Memang, aku orang biasa
Tapi tulisan, seringkali mengajakku berpetualang hingga di padang
belantara yang luas, keramaian metropolitan yang hingar bingar,  ... selengkapnya »

ProfilGereja's picture

Profil Gereja di Indonesia

Profi Gereja di Indonesia, yang beralamat di http://profilgereja.wordpress.com adalah blogsite buatan Tim PPGI (Peliputan dan Pendataan Gereja di Indonesia ) yang berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan gereja gereja kristen yang ada di indonesia, mulai dari hal aliran hingga alamat dan sejarah setiap gereja ataupun jemaat-jemaat di indonesia.  ... selengkapnya »

BathiQoY's picture

Jika Hidup Menjadi Hampa Jangan Kuatir !!

Hidup ini untuk apa ? Mengapa aku hidup ? Mengapa aku di sini ? Mengexplorasi kesana-kemari, merenung di sana-sini. Aku melihat dalam dunia humanis, pertanyaan ini datang tanpa bisa terhitung lagi banyaknya. Ada yang bilang bahwa hidup ini untuk BELAJAR dan MEMPERKAYA pengalaman. Dengan terus belajar dan memperkaya pengalaman maka benih-benih kebijaksanaan dalam diri Anda akan bertumbuh dengan subur dan teratur. Daya pertumbuhannya bergantung dari RESPON Anda terhadap setiap fenomena yang Anda alami. Ya, aku cukup sependapat dengan pandangan tersebut  ... selengkapnya »

BathiQoY's picture

Pantun Sang Provokator

 

Ada apa gerangan kawan

Adakah hatimu tertawan

Dalam gelapnya badai dan awan
Dalam dunia yang mungkin menawan  ... selengkapnya »

BathiQoY's picture

Buat Apa Juga Baca ALKITAB ?

Suatu kenyataan bahwa kita sekarang masih memiliki ALKITAB adalah suatu keajaiban yang luar biasa. Bila kita perhatikan sejarahnya yang penuh dengan perlawanan dan penganiayaan sepanjang abad, kita merasa heran mengapa ALKITAB masih tetap ada sampai sekarang.  ... selengkapnya »

dianpra's picture

Menjadi Penulis Kristen Kreatif

writingMenjadi penulis Kristen yang kreatif sebenarnya, secara teori, adalah hal yang mudah. Cuma praktiknya saja yang terkadang sulit. Nah, bagaimana kita dapat membuat suatu tulisan yang kreatif? Salah satunya ya dengan mencari ide yang kreatif, ide yang lain dari pada umumnya. Ide kreatif yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah tulisan.  ... selengkapnya »

dianpra's picture

Menulis: Cuma Modal Pengetahuan

Setiap saya bertandang ke Gramedia, melihat banyaknya buku dari banyak penulis, saya selalu tertantang: “Masa sih, saya tidak bisa jadi salah satu dari mereka, saya pasti bisa!” Akan tetapi, tak lama setelah itu, keyakinan itu “ciut” seiring dengan pertanyaan yang muncul dalam benak, “Tapi mau nulis apa?”  ... selengkapnya »

Alasan Utama Mengapa Anda Membalas Kejahatan dengan Kebaikan ?

@ All ICN Lovers

Manusia adalah pribadi yang egois, manusia hidup untuk kebahagiaan diri dan kepedulian terhadap dirinya sendiri. Manusia bisa mulai mencintai mulai dari dirinya lebih dahulu, setelah ia merasa penuh dengan kelimpahan cinta, maka cinta itu bisa mengalir keluar, belajar peduli pada diri sendiri dahulu, kemudian ia akan mampu peduli dengan orang di luar dirinya.
Visobar Bankulon's picture

KONFLIK Israel-Palestina; (Masih) SEBUAH PENANTIAN AKAN MESIAS

Masalah Israel - Palestina adalah masalah perebutan teritori yang telah berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu, ketika Islam masih belum eksis sebagai sebuah agama.
LanFlAt TreemakaZZi's picture

WAYANGISME-Rahasia Tuhan Dalam Garis Tangan

Analisa Karier,jodoh,karakter,dll. Adakah sesuatu yang lain mengenai garis tangan, sesuatu yang spesial mengenainya? Lampat sang pengamat coba memberanikan diri untuk menjelaskan secara simple.
LanFlAt TreemakaZZi's picture

Perspektif ala Lampat Mengenai Sisi - Sisi Kelam nan Kelabu Media

"Good news is the bad news, and bad news is the good news." Suatu ketika Lampat ngobrol-ngobrol santai dengan teman seperjuangan mengenai apa yang sesungguhnya menjadi masalah maraknya kasus-kasus degradasi moral yang nyatanya makin signifikan dari hari ke hari terutama yang disebabkan oleh media sebagai "The Octopus Information ".
LanFlAt TreemakaZZi's picture

Nostalgia Lampat dan Sidang Skripsinya

"Aku harus jadi sarjana", itulah tulisan yang Lampat lihat pada secarik kertas yang ditempelkan ibu teman Lampat di meja belajarnya, waktu itu kami masih duduk di kursi sekolah dasar. Untuk menjadi seorang sarjana biasanya dibutuhkan sidang skripi atau tugas akhir. Bagaimana sesunggunhya animo mahasiswa milenum ke-3 ini dalam melihat fenomena skripsi tersebut?  ... selengkapnya »

Skycentro's picture

Sudahkah Kita Menjadi VISIONARIS Kristen yang Konkret dan Sustainable ?

Kesadaran akan Pentingnya Fokus.
Kita yang pernah memakai kamera untuk memotret sesuatu tentu tahu apa dan betapa pentingnya fokus yang tepat. Jikalau kamera kita difokuskan dengan tepat pada obyek yang sedang difoto, tentu hasilnya akan jelas dan tajam. Di pihak lain, jikalau kita lalai mengatur fokus kamera kita, hasil fotonya akan menjadi kabur. Kita semua tentu ingin mendapatkan hasil yang jelas dan tajam, sehingga mengatur fokus menjadi bagian penting di dalam kita memakai kamera.

LanFlAt TreemakaZZi's picture

Renungan Lampat Dibalik Lembaran Kematian

Akhir-akhir ini Lampat coba merenung (ceilah) tentang kematian. Lampat tidak takut mati, yang Lampat renungkan adalah nasib manusia yang sama. Yakni semua manusia mati. Lampat sedih jika ada orang-orang hebat (versi Lampat) yang meninggal dunia, karena Lampat bertanya-tanya siapakah gerangan yang akan mampu meneruskan perjuangan beliau dan terus menghadirkan kontribusi terhadap dunia ini ?


Sudah tak terhitung banyaknya orang yang meninggalkan planet terindah di Galaxy Bima sakti (milky way)ini. Semuanya meninggalkan jejak-jejak kaki yang unik dalam karang bunga kenangan. Ada yang meninggalkan kenangan yang indah dan manis. Sehingga menggugah hasrat kerinduan dan titik tetes air mata. Ada juga yang meninggalkan problema,dilema, dan..hutang
LanFlAt TreemakaZZi's picture

Lampat dan Aksi Menggelandangnya

Lampat suka sekali bertualang ria dengan motor bebeknya. Lampat selalu menikmati hidupnya dengan menikmati pesona keindahan alam-alam sekitar. Menikmati indahnya pantai dan indahnya alam pegunungan siapa yang tidak senang ?
Hanya saja banyak kisah petualangan Lampat yang terbentur dengan masalah dana, biarpun begitu Lampat tetap semangat bersama teman-teman Lampat untuk bisa bertualang walau dengan modal seadanya. Lampat berharap bisa mendaki gunung Everest suatu saat nanti, walau katanya mendaki Everest itu bak perjudian.
LanFlAt TreemakaZZi's picture

Kisah Lampat Menikmati Dinamika Sosial Kehidupan


Lampat senang punya banyak teman saat kuliah, Lampat senang untuk bercakap-cakap dengan teman-temannya saat kuliah. Lampat merasa kuliah itu menyenangkan karena tidak seketat waktu sekolah dulu. Lampat bisa keluar seenaknya, pokoknya budaya kuliah yang terkesan cuek memang lebih enak. Lampat juga suka nginap di kosa-kosan temen Lampat yang ada di Depok. Teman Lampat ini anak Sastra Rusia, anak ini sudah Lampat kenal sejak duduk di bangku kelas 3 SMP.
LanFlAt TreemakaZZi's picture

Kisah Lampat dan Sekolah yang Membuatnya Bingung

Lampat tidak suka sekolah, Lampat suka main. Entah sejak kapan Lampat tidak suka sekolah. Rasanya Lampat menyukai sekolah karena disekolah adalah tempat Lampat bisa selalu berinteraksi dengan wanita-wanita cantik. Lampat menyukai siswi yang cantik. Jika mendapat kesempatan duduk satu meja dengannya Lampat selalu senang dan hepi.

Selain dari alasan itu, Lampat tidak suka sekolah. Lampat sering diomelin ibu guru, karena Lampat terlalu pintar, yang ditanya teman Lampat..eh malah Lampat yang menjawab. Lampat sedih, sekolah tidak menghargai para siswa-siswinya berdasarkan talenta mereka, tetapi hanya berdasar nilai yang ada. Yang memiliki nilai tinggi dan alim dikelas selalu disayang dan jadi anak emas. Pada sisi yang lain anak-anak perusuh "digaploki". Anak-anak tidak diharagai sebagaimana seharusnya. Sekolah malah cenderung menjadi tempat penghukuman dan pembunuhan kepribadian.

LanFlAt TreemakaZZi's picture

Kisah Lampat dan Ikan-Ikan Malangnya

Lampat senang sekali memiliki aquarium baru, walau tidak besar, tapi Lampat senang dan hepi (sama aja yah).Dengan aquariumnya Lampat berusaha merancang design ruang dan melakukan pemeliharaan ikan-ikan hias.Ikan Lampat yang pertama adalah sapu-sapu yang biasa disebut juga Pleco. Setelah itu Lampat berusaha untuk membiakan lobster Papua. Tapi sayang lobster Papuanya sudah meninggal karena Lampat tidak memiliki sumberdaya yang baik. Lampat punya ikan dragon juga albino, ikan ini salah satu kesayangan Lampat. Selain itu ada ikan Leopard, Oscar, Louhan, Koi, Pleco albino, Aligator,Dolar,Piranha. Pokoknya Lampat ketagihan belanja ikan.
Visobar Bankulon's picture

Realita Dibalik "Teroris-Teroris" Kehidupan Harian Manusia

*Ibrani:
13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.
Manusia hidup dalam jalinan teror-teror yang terus datang menggulung seperti ombak yang sifatnya konstantual. Dengan kondisi ini, adalah mutlak bagi seorang manusia itu untuk memiliki payung-payung yang mampu melindunginya dari hujan teror, bahkan diperlukan pula perisai-perisai untuk mampu bertahan dalam badai kehidupan. Sejauh mana sebaiknya kita memandang dan menyikapi hal ini ?
Visobar Bankulon's picture

Merdeka dan BERTOBAT; Indonesia Bangkit dan Berjaya

MERDEKA atau MATI ? Demikian semangat para pejuang kemerdekaan negeri ini dalam memburu nikmatnya menjadi Tuan di negeri sendiri. Walau pada kenyatannya setelah merdeka, para pejuang tersebut luntang-lantung kian merana

Memasuki usia kemerdekaan RI yang ke-63, sewajarnya, bahkan seharusnya, rakyat Indonesia dibawa kepada hidup makmur, adil dan sejahtera, sebagaimana tertuang dalam pembukaan UUD 45. Hal itulah yang dicita-citakan oleh para pejuang Republik ini. Untuk itulah mereka rela mengorbankan segalanya: harta benda, kenikmatan, bahkan nyawa mereka.  ... selengkapnya »

dianpra's picture

Mini Sagas

"When i looked at the moon and stars that shone brightly at the silent
night sky, crossed to my mind ,"Maybe there's someone upthere, doing
exactly like what i'm doing, watching his own silent sky and thinking
exactly like what i'm thinking now: Do we really alone in this
universe?"
 ... selengkapnya »

yohanna's picture

Tulisan yang Menjadi Berkat

Saya menjanjikan sebuah tulisan pada seorang teman setelah kopi darat yang saya ikuti baru-baru ini. Sebenarnya ada sebuah topik yang sudah menari-nari di benak saya, tapi saya belum tahu bagaimana menulisnya. Sebuah draft sudah saya buat dan berkali-kali saya hapus, saya merasa belum menemukan "tali" yang tepat untuk menyambung pikiran antar paragraf.  ... selengkapnya »

dianpra's picture

Memper- Atau Memer-?

Hai nimbrung ya, kayaknya udah lama ngga ada postingan yang topiknya ringan. Nah, semoga tulisan ini cukup ringan dan bisa menambah pengetahuan.

Kalau tidak salah ... sejak koran Kompas memulai menggunakan kata "memerhatikan" sebagai ganti kata "memperhatikan", imbuhan memper- menjadi banyak diperhatikan. Ada beberapa teori diungkapkan untuk membuktikan mana yang benar -- memper- atau memer-.

Teori satu, ada yang bilang kalau sebenarnya memper- merupakan kesalahan yang berlarut-larut, artinya,  ... selengkapnya »

Konteks, Ngomong-ngomong Soal Omongan

                  Konteks, Ngomong-ngomong Soal Omongan
 
  Ngomong-ngomong, ada salah satu hal penting yang harus kita ingat
  sewaktu menulis atau ketika sedang bicara. Kita tidak bisa
  sembarangan memakai bahasa dengan orang lain tanpa melihat dulu di
  mana, siapa, dan kapan kita bicara. Ketiga hal tersebut, dinamakan
  konteks. Konteks itu meliputi tempat dan waktu, tapi dalam hal ini
  juga perlu ditambahkan si pelaku, atau "siapa". Konsep "siapa" ini  ... selengkapnya »

BathiQoY's picture

KAKA: Cahaya Kekudusan Dalam Dunia Glamor dan Hedonis


"I belong to Jesus" Do you..?

Kaka adalah cahaya terang dalam kegelapan malam yang pekat. Yakni dunia glamor dan gaya hidup Jetset dari para milyuner pengolah si kulit bundar. Kaka sangat suka membaca dan belajar Alkitab, serta menikmati musik Gospel sebagai favoritnya, disaat rekan-rekan setimnya asyik menikmati wanita dan klub malam. Seperti yang belum lama ini dilakukan oleh sang el phenomenon (mantan) plontos Ronaldo, yang mengadakan pesta sex. Ia malah asyik menyepi dan membaca Alkitab atau kadang belajar bahasa Inggris  ... selengkapnya »

PREDIKSI SINGKAT PEMILU 2009

  1. HANURA Partai Hati Nurani Rakyat
    (Wiranto),
  2. PPRN Partai Peduli Rakyat Nasional
    (Amelia A Yani),
  3. PDP Partai Demokrasi Pembaruan (Roy
    Binilang Bawatanusa Janis),
  4. PRI Partai Republik Indonesia (Laksda
    purnawirawan Wahyu Sasongko),

Salah Kaprah

Mengapa setiap orang ingin merubah hidupnya dari miskin menjadi kaya? Memang benar, hal itu tidak dapat dipungkiri lagi! Seringkali orang nekat melakukan perbuatan curang untuk meraihnya. Hati nurani pun memberontak dengan mengatakan bahwa hal itu tidak benar. Tapi, tetap diam saja alias tidak bergeming untuk menanggapi.  ... selengkapnya »

dianpra's picture

Bahasa SMS

sms"km knp g dtg, bkne ak kmrn dh blg kl0 km hrs dtgYell, udh kt pts az" (Kamu kenapa ngga datangYell, bukannya aku kemaren dah bilang kalau kamu harus datang, udah kita putus aja)
dianpra's picture

Steak dan Event

SteakTulisan Indonesia Saram yang berjudul "Apotik
dan Praktek
" mengilhamiku untuk menulis sesuatu yang sebenarnya sudah lama ada dalam pikiranku.

Serupa dengan miliknya, tulisanku ini berkaitan dengan "salah kaprah" tentang beberapa kata yang terjadi dalam masyarakat. Bedanya, aku menulis tentang pengucapan kata-kata dalam bahasa Inggris yang kerap kali diucapkan dengan tidak benar, baik dalam televisi dan orang-orang sekitarku. Kata-kata tersebut adalah "event" dan "steak"  ... selengkapnya »