Blog Kepemimpinan

hz's picture

Apa Jabatanmu?

"Apa jabatanmu?",Tanya Pak tua pada orang-orang yang duduk mengelilinginya. Semuanya diam tak menjawab. Hening.

"Apa kau merasa dirimu hebat?",Lanjut Pak tua. Tak ada satu pun yang berusaha menjawab. Mungkin karena tidak diiming-imingi hadiah permen bagi yang menjawab pertanyaan dengan benar.  ... selengkapnya »

Majelis

MAJELIS GEREJA
Sesuai dengan azas yang dianut oleh Gereja Protestan bahwa setiap warga gereja/orang beriman pada dasarnya setara di hadapan Tuhan, ini yang biasa disebut sebagai azas Imamat Am, yaitu posisi tiap orang percaya sebagai yang sama-sama diampuni dan dikasihi oleh Allah sehingga tidak ada gradasi atau hierarki maka ajaran GKJ mengenai posisi kepemimpinan adalah sebagai berikut:
Berbentuk Dewan atau Majelis.  ... selengkapnya »

ENDLESS LOVE

ENDLESS LOVE
Fil.2:1-4

Endless love berarti Cinta yang tidak dibatasi oleh waktu, materi, atau apapun juga. Ini cinta yang utuh dan tidak bisa dibagi-bagi. Cinta antara satu pria dengan satu wanita dan sebaliknya satu wanita dengan satu pria!
Cinta/kasih adalah sesuatu yang sangat popular dalam dunia kita ini. Amazon.com mencatat bahwa buku-buku yang bertemakan tentang cinta ternyata mengungguli tema-tema lainnya :
 2.652 buku bertemakan tentang “surga”.
 10.304 buku bertemakan tentang uang.
 16.765 buku bertemakan tentang “Sex,”
 18.818 bertemakan tentang “Tuhan”  ... selengkapnya »

s_liputra's picture

Dasar KeKristenan 2: Doktrin , Gereja , Sikap Anak Tuhan , Organisasi

Di jaman semoderen sekarang , banyak orang yang menggagap bahwa Kristen adalah sebuah organisasi dan gereja adalah tempat pertemuan untuk anggota angota organisasi tersebut . adalagi yang berkata bahwa gereja adalah tempat usaha yang paling baik untuk mencari uang .bahkan ada yang berpendapat bahwa gereja adalah formalitas ibadah saja. Apakah ini adalah pembenaran dari sebuah gereja ? apa tujuan dan maksud gereja di masa sekarang ?  ... selengkapnya »

10 kiat mempertahankan semangat hidup

Banyak hal positif yang dapat Anda lakukan di tengah kesibukan rutin. Nikmatilah hidup sembari bekerja, niscaya Anda akan tetap mempertahankan semangat dan memiliki kehidupan yang bertenaga. Filipi 4:4 “Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan. Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!”

1. BERIKANLAH LEBIH
Jadilah orang yang selalu memberikan ‘lebih’ dalam apa saja yang Anda lakukan. Jadikanlah ‘totalitas’sebagai

gaya hidup Anda karena kebiasaan membentuk karakter. Berilah tanpa mengharap imbalan dan pujian.
Visobar Bankulon's picture

Merdeka dan BERTOBAT; Indonesia Bangkit dan Berjaya

MERDEKA atau MATI ? Demikian semangat para pejuang kemerdekaan negeri ini dalam memburu nikmatnya menjadi Tuan di negeri sendiri. Walau pada kenyatannya setelah merdeka, para pejuang tersebut luntang-lantung kian merana

Memasuki usia kemerdekaan RI yang ke-63, sewajarnya, bahkan seharusnya, rakyat Indonesia dibawa kepada hidup makmur, adil dan sejahtera, sebagaimana tertuang dalam pembukaan UUD 45. Hal itulah yang dicita-citakan oleh para pejuang Republik ini. Untuk itulah mereka rela mengorbankan segalanya: harta benda, kenikmatan, bahkan nyawa mereka.  ... selengkapnya »

200.000 muslim baru / tahun di amerika????????

kira - kira satu bulan yang lalu ketika sedang nge-net, saya meliha sebuah judul tulisan yang menyebutkan bahwa pertumbuhan umuat muslim baru (convert to muslim) di amerika mencapai angka 200.000 jiwa per tahun.

OMG!!!! BENARKAH?? jika ya... BAGAIMANA MUNGKIN?????  ... selengkapnya »

dianpra's picture

Keajaiban Matematika Terbesar di Dunia

Moses Split The Red SeaBaru-baru ini aku mendapat artikel dengan bahasan seputar panggilan dan karier -- kita melayani sebagai panggilan atau karier. Ini yang kutangkep.

Karier berasal dari kata bahasa Inggris, "career", yang berasal dari bahasa Perancis, "carriere", yang berarti suatu jalan atau suatu "highway". Jika begitu, dalam karier ada peta, ada rencana, ada tujuan yang jelas, kapan kita akan berhenti makan, dan kapan kita berhenti mengisi bensin. Organ tubuh yang dipakai dalam berkarier adalah mata.  ... selengkapnya »

BathiQoY's picture

Perlukah Kita Membakar Jembatan ??

Dibutuhkan komitmen dan nyali untuk hidup dalam kebenaran. Julius Caesar adalah komandan perang yang berhasil merebut pantai Brittania karena strateginya yang cukup unik. Dalam catatan sejarah, tercatat bahwa ketika Caesar berhasil medaratkan pasukannya pada tengah malam yang dingin, sang Komandan berdiam diri sejenak, sementara pasukannya sibuk merapatkan dan menyembunyikan perahu-perahunya. Mereka berpikir setelah pertempuran selesai akan kembali kekapal induk menggunakan perahu-perahu tersebut.  ... selengkapnya »

KEPEMIMPINAN ALKITABIAH dalam Gereja dan Keluarga

Alkitab dengan sangat jelas menyatakan bahwa pria adalah pemimpin di dalam rumah tangga dan gereja lokal sedangkan peran wanita adalah tunduk pada kepemimpinan pria. Tetapi sekarang penentangan terhadap prinsip Allah ini sudah begitu meluas dengan banyaknya wanita yang ditahbiskan dalam posisi kepemimpinan di gereja.

RESENSI BUKU - Perjalanan Menuju Sukses, John Maxwell

Latar Belakang Penulisan
Masih banyaknya kesalapahaman orang
mengartikan arti sukses di dalam hidupnya, membuat John Maxwell menulis
buku ini. Dan juga kerinduan hatinya untuk memberikan potensi dirinya
membawa setiap pribadi menjalankan hidupnya dengan potensi penuh,
dengan demikian akan membawa mereka dalam perjalanan yang tepat menuju
sukses.

Pesan dan Inti Tulisan  ... selengkapnya »

7 KIAT MEMULAI USAHA SENDIRI

1. Kemauan untuk Sukses
2. Di awali dari apa yang Anda punya, bukan apa yang Anda tidak miliki
3. Melakukan pengamatan dan pembelajaran sekitar Anda
4. Beranilah untuk memulai
5. Lewati tahap pengujian (baik data maupun pendapat orang lain)
6. Pekalah untuk melihat peluang
7. Beridelah tidak seperti pada umumnya (biasa)

 more detail at www.entrepreneurleadercenter.blogspot.com

Entrepreneur & Leadership Center

12 Karaker Utama Usahawan

  • Adaptasi : Kemampuan mengendalikan situasi baru dan
    menemukan penyelesaian yang kreatif atas masalah-masalah
  • Bersaing : Keinginan untuk bersaing dan mengetes diri
    dengan orang lain

Entrepreneur & Leadership Center

Pemimpin adalah mereka yg berhasil membawa orang yang "tidak berguna" menjadi "berfungsi".

Di manakah letak martabat seorang pemimpin ? Itu terletak di setiap orang yg mengikutinya.

Mengerti potensi dan keterbatasan pengikutnya, mutlak dimiliki oleh pemimpin yang efektif.  ... selengkapnya »

Bagoooooooosssss.....

Seminar ini adalah seminar Kepemimpian yang pertama kuikuti. Awalnya nggak tertarik...eh sampai hari H - 1 juga gak tertarik sih...mungkin dari judulnya yang kurang menarik buatku..Cool. Tapi setelah mengikuti seminar ini, ternyata lebih dari sekedar menarik...hehehe..Laughing  ... selengkapnya »

yohanna's picture

Pelajaran dari Sebuah Seminar

Seminar kepemimpinan? Baru pertama kali ini aku ikut. Waktu ditawari sama teman sekantor pun ogah-ogahan mau berangkat. Masalahnya sederhana saja sih, aku tidak tahu apa yang akan kudapatkan nanti, bahkan aku sama sekali tidak memiliki gambaran apapun tentang kepemimpinan.

   ... selengkapnya »

Kesanku tentang Seminar

Waktu lihat jadwal acara seminar ini rasanya kok berat untuk ikut hari yang kedua karena dari siang sampai malam. Apalagi setelah tahu model acara di hari pertama yang cuma duduk mendengarkan Pak Robby menyampaikan materi. Tapi ternyata bayangan saya itu salah karena ternyata hari kedua justru lebih seru dari hari pertama. Di hari yang pertama Pak Robby memang sigap menangkap sinyal dari audiencenya, jadi dengan durasi waktu yang panjang itu beliau menggunakan berbagai metode untuk menyampaikan materi. Ada diskusi, nonton film, sharing, dan adu "ketangkasan" menggambar kapal.  ... selengkapnya »

dianpra's picture

Dokumentasi Seminar Seni Memimpin Diri

Salah satu hal yang ngga bisa di stop di dunia ini adalah waktu. Sekalinya suatu hal atau peristiwa berlalu, maka semuanya ngga mungkin dapat terulang lagi. Oleh karena itu, manfaatkan waktu sebaik mungkin, sebisa mungkin berusaha untuk tidak menyesali apa yang terjadi di masa lalu.  ... selengkapnya »

dianpra's picture

Bell Rock

Mercusuar Bell Rock Hai ..., aku mau sharing ni soal pengalamanku dan apa yang aku dapat setelah kemarin ikut seminar kepemimpinan yang digelar atas kerja sama YLI dan YLSA pada 29 Feb - 1 Mar 2008 lalu. Kuharap, yang lain, yang juga ikut seminar juga mau untuk membagikan apa yang kemarin didapat melalui komunitas Solo Leadership.


Secara umum, seminar jalannya baik sekali, materi, pembicara, dan cara penyampaiannya semuanya excellent!  ... selengkapnya »

dianpra's picture

Leaders are BORN? Noop! They're Made

Belakangan ini aku baca bukunya John Haggai. Doi adalah pendiri dan pemimpin Haggai Institute for Advance Leadeship yang markasnya ada di Singapore.

"Be Careful What You Call Impossible"  ... selengkapnya »

dianpra's picture

Antara TRANSFORMASIONAL dan TRANSAKSIONAL


Mungkin kamu sudah kenal Robby I. Chandra, tapi mungkin juga tidak. Mungkin kata "kenal" di situ artinya "tahu". Tahu kalo dia itu gini, dia itu gitu. Yah seperti itulah aku, hanya tahu kalao dia adalah pengarang buku Landasan Pacu Kepemimpinan, buku yang baru-baru ini kubaca, meski belum semua. Dia jugalah yang bakal jadi pembicara di seminar Seni Memimpin Diri tanggal 29 Feb-1 Maret 2008.  ... selengkapnya »

Seminar dan Workshop Kepemimpinan

Seminar "SENI KEPEMIMPINAN" dan Workshop "SENI MEMIMPIN DIRI" akan diadakan pada hari Jumat-Sabtu, 29 Februari - 1 Maret 2008 di Solo dengan pembicara Robby I. Chandra dari Young Leaders Institute (YLI) yang berpusat di Jakarta. Para peserta seminar dan workshop dapat belajar "3 Sisi Seorang Pemimpin ("Know", "Do", dan "Be")", "Menjadi Pemimpin: Dilahirkan atau Dilatih", "Transformasi/Memimpin Diri Mengawali Memimpin Orang Lain" dan banyak pelajaran lain yang akan menolong kita menjadi pemimpin seperti yang Tuhan Yesus inginkan. Melalui Seminar dan Workshop ini diharapkan kita semua dapat terus bertumbuh untuk menjadi pemimpin yang dapat memimpin diri kita sendiri maupun orang lain! Kunjungi "Komunitas Solo Leadership" untuk informasi lebih lengkap. Tuhan memberkati!  ... selengkapnya »

dianpra's picture

Orang KRISTEN ..., JADILAH SEPERTI COCA-COLA!!!

Coca ColaUntuk sementara dihapus dulu

dianpra's picture

DIRIMU MUSUH TERBESARMU!!!

Amy Wilson Carmichael, seorang misionaris yang melayani di India selama lima belas tahun, pernah menulis:

Tuhan, kuatkan aku melawan diriku sendiri,
Pengecut dengan suara meratap
Yang mendambakan kemudahan, kemalasan, dan kenyamanan.
Diriku, adalah musuh utamaku,
Temanku yang paling palsu,
Musuhku yang paling mematikan,
Penghalangku, kemana pun aku pergi.*  ... selengkapnya »

dianpra's picture

Menjadi PemimpiN atau Pemimpi?

Ada dua profesi yang dapat kamu pilih, yakni antara menjadi pemimpin dan menjadi pemimpi. dreamerDua profesi itu sangat bertolak belakang. Saat kamu menjadi pemimpin, kamu memiliki kesempatan untuk berdampak. Sedang jika kamu menjadi pemimpi, kamu hanya akan berada pada tempat di mana kamu ada sekarang, kamu tidak akan maju dan berkesempatan untuk berdampak (stagnant).  ... selengkapnya »

dianpra's picture

Pendidikan Tinggi: Syarat Mutlak Kepemimpinan?

Judulku di atas jelas; apa bener seorang pemimpin itu harus orang yang berpendidikan; yang sekolah tinggi? Kalo aku boleh jawab pertanyaan itu, aku akan jawab ngga harus.  ... selengkapnya »