23 PERTANYAAN ALKITAB TERJAWAB

  1. Siapa yang menciptakanmu? Tuhan yang menciptakanku. (Kejadian 1:27, Ayub 33:4)
  2. Apalagi yang Tuhan ciptakan? Tuhan menciptakan segala sesuatu. (Kej 1:1-31, Ulangan 10:14, Neh 9:6, Yoh 1:3)
  3. Mengapa Tuhan menciptakanmu dan segala sesuatu? Untuk Kemuliaan-Nya saja. (I Taw 16:28, Rm 11:36, I Kor 6:20, 10:31)
  4. Siapa yang menciptakan Tuhan? Tak seorangpun menciptakan Tuhan. (Mzm 90:2)
  5. Adakah Tuhan punya permulaan? Tidak. Tuhan selalu ADA. (Mzm 90:2, 93:2, Why 4:8)
  6. Akankah Tuhan mati? Tidak, Tuhan hidup selamanya. (Mzm 90:2)
  7. Bagaimana kamu dapat memuliakan Tuhan? Saya dapat memuliakan Tuhan dengan Mengasihi Dia dan Melakukan Apa yang diperintahkanNya. (Mik 6:8, Yoh 15:8, I Yoh 5:3)
  8. Mengapa kamu sudah seharusnya memuliakan Tuhan? Saya sudah seharusnya memuliakan Tuhan karena Dia menciptakanku dan peduli padaku. (Mzm 117:1-2, 146:5-10)
  9. Adakah Tuhan lebih dari satu? Tidak, hanya ada SATU Tuhan. (Yesaya 45:6,18,21-22; I Tim 2:5)
  10. Dalam berapa pribadi, Tuhan yang satu ini ada? Tuhan ada dalam 3 Pribadi. (Mat 3:16-17, 28:19, II Kor 13:14)
  11. Siapakah 3 Pribadi Tuhan ini? 3 Pribadi Tuhan yaitu Bapa, Anak, dan Roh Kudus. (Mat 28:19)
  12. Siapakah Tuhan? Tuhan itu Roh dan tidak punya tubuh seperti manusia. (Yoh 4:24)
  13. Seperti apa Tuhan itu? Tuhan tak terbatas, kekal dan tidak pernah berubah. (Mzm 139:7-10, 90:2, Mal 3:6)
  14. Di mana Tuhan? Tuhan ada dimana-mana. (II Taw 2:6, Mzm 139:7-12, Ams 13:5)
  15. Dapatkah engkau melihat Tuhan? Tidak, Saya tidak dapat melihat Tuhan, tetapi Dia selalu melihat saya. (Yer 23:23-24; Yoh 1:18)
  16. Apakah Tuhan tahu segala sesuatu? Ya, tidak ada yang bias disembunyikan dari Tuhan. (Ayub 34:21, Yeh 11:1)
  17. Dapatkah Tuhan melakukan segala hal? Ya, Tuhan dapat melakukan segala kehendaknya yang Kudus. (Mat 19:26)
  18. Dari mana engkau belajar bagaimana mengasihi dan menaati Tuhan? Saya belajar bagaimana mengasihi dan menaati Tuhan hanya lewat Alkitab. (Ul 30:11-16, Yos 1:8)
  19. Siapa yang menulis Alkitab? Orang-orang kudus yang diajar Roh Kudus yang menulis Alkitab. (II Ptr 1:21)
  20. Siapa moyang pertama kita? Adam dan Hawa adalah moyang pertama kita. (Kej 2:7, 18-22, 3:20)
  21. Dari apa moyang pertama kita diciptakan? Tuhan menciptakan tubuh Adam dari debu tanah dan membentuk Hawa dari tubuh Adam (Kej 2:7, 21-22)
  22. Apa yang diberikan Tuhan kepada Adam dan Hawa selain tubuh? Tuhan memberi mereka jiwa yang tak dapat mati. (Kej 2:7)
  23. Apakah Surga itu? Surga adalah sebuah tempat yang bahagia dan mulia, dimana orang yang selamat akan selamanya bersama dengan Tuhan. (Yoh 14:1-3, I tes 4:17, Why 7:15-17, 21:3-4, 22-27; 22:1-5)

Kategori: Alkitab

Keywords Artikel: Alkitab, PEMAHAMAN ALKITAB

Topic Artikel: Teologi dan Alkitab

Comments

Mohon diperjelas Pak Dede

     Salam Pak Dede,

    Tulisan anda cukup, tetapi jawabannya kalau bisa lebih dirinci dari 1 s/d 23. 

       Saya ada pertanyaan mengenai  no 21 yang dikatakan moyang manusia pertama Adam dan Hawa, memang agak berat bagi anda yang menderngar bahwa Adam bukan lah manusia daging pertama tetapi manusia roh pertama, karena sebelum Adam sudah ada manusia. it's ok

     Saya ingin bertanya seperti anak SD yang bertanya: "Jika Adam manusia pertama , bagaimana dengan fosil-fosil yang ditemukan oleh ahli arkeologi yang sudah ada jutaan tahun yang lalu dan ada juga fosil-fosil manusia purba? Sedangkan Adam kita tahu baru +/- 6000 tahun yang lalu? Kalau ahli arkeologi salah dan Alkitab benar bagaimana dengan hasil temuan juga seperti Dinosaurus?

        Ketika kain membunuh adiknya siapakah manusia yang ditakuti Kain? kain bersetubuh dengan istrinya siapakah manusia tersebut? (pasti bapak akan jawab anak perempuan Adam; tapi ingat juga pak Adam punya anak perempuan diusia 800 tahun) sedangkan Adam waktu diusir dari Eden +/- usianya 20 tahunan(dewasa).

     Waktu kita kecil belajar sejarah dan kita tahu ada manusia purba (manusia goa) yaitu jaman batu lama sedangkan adam hidup dalam jaman batu baru karena kita tahun anak-anak nya kain dan habel hidup dari berternak dan bercocok tanam.

     Coba deh Pak Dede buka kembali pelajaran SD mengenai sejarah manusia Neanderthal dan manusia jaman batu baru. Karena itu bisa jadi referensi.

      Memang bagi penganut doktrin akan mencari berbagai alasan untuk membela doktrin karena jika doktrin yang mengatakan Adam dan Hawa adalah manusia pertama adalah salah maka doktrin dan gereja mereka akan runtuh.

      Coba, Pak  Dede teliti lebih jauh, Kejadian 1:26 dimana dikatakan laki-laki dan perempuan itu apakah Adam dan Hawa?

     Konsekuensinya apa Pak kalau Adam dan Hawa manusia pertama?

1. Yesus datang dari Roh siapa karena Allah menciptakan 2 roh?

2. Yesus datang untuk menebus dan menghakimi roh siapa?

   Ini baru hal kecil saja Pak. Saya tidak bermaksud menggurui tetapi mari kita bahas bersama dan coba juga lihat blog saya mengenai Adam dan Nephilim.

    Terima Kasih

ada waktu yg Missing dlm Alkitab???


Kita hanya menghitung2 umur bumi/sejarah umat manusia sejak Adam dan Hawa keluar dari Taman Eden, jadi Alkitab kita tidak menceritakan berapa lama Adam dan Hawa sudah pernah hidup di Taman Eden di bumi, sebelum mereka jatuh dalam dosa dan terbuang dari Taman Eden.
 
Dugaan/Perkiraan para ahli Alkitab umumnya 6000-10000 tahun usia sejarah umat manusia.
 
Teori2 para ahli tt Usia bumi, Cara Hitung umur Fosil, masih penuh keraguan dan berdasarkan Waktu Paro T 1/2, dan hitung usia dari usia tanah/batu di sekitar fosil, dll. ini masih penuh perdebatan, dan beberapa ahli meragukan hasil hitungnya.
 
katakanlah BENAR, jutaan tahun, sangat mungkin waktu Adam dan Hawa di Taman Eden itu bukan 1 hari, 1 tahun, 100 tahun, maybe bisa ribuan bahkan jutaan tahun, who body knows? Alkitab mencatat usia Adam dan Hawa sejak diusir dari Taman Eden.
 
www.dedewijaya.co.cc
 
saya termasuk yg lebih percaya umur bumi masih muda, dan Adam dan Hawa manusia pertama. Anak2nya buanyak, jadi bisa nikah dan punya keturunan juga.

Alkitab adalah buku yang sempurna, tidak ada yang missing

          Benar Pak Dede, penganut doktrin akan terbentur dengan masalah penciptaan manusia. Tetapi tidak demikian dengan Alkitab.

     Alkitab pernah mencatat adanya manusia purba di 1 Petrus 2:5   

     Alkitab tidak dimulai dari Adam dan Hawa dan tidak dimulai dari pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi tetapi sebelum itu Alkitab sudah mencatatnya.

      Matius 21:33-46 bercerita tentang sorga.     

     Alkitab sudah mencatat dari pada mulanya ''Yang berada dengan sendirinya" dan sampai kepada "Kekekalan".   

  Jawaban yang Pak Dede berikan sebenarnya lucu juga,  anda katakan ada waktu yang missing???

        Bagaimana Alkitab yang adalah Allah sendiri dan Allah adalah sempurna dan anda mengatakan ada yang missing dan ini berarti anda menganggap seolah-olah ada sesuatu yang tidak sempurna. Dan Allah juga menyampaikan firman HT juga tidak sempurna atau Musa yang disalahkan karena tidak lengkap menulisnya.

       Jawaban yang paling gampang yang ingin gampangnya seperti beberapa hal berikut :

1. Wah...masalah Adam dan Hawa itu misteri Allah. Padahal rahasia Allah adalah Kristus (Kolose 2:2-3)

2. Ini pasti ada sesuatu yang missing. Padahal 1 petrus 2:5 berkata:"dan jikalau Allah tidak menyayangkan dunia purba, tetapi hanya menyelamatkan Nuh , pemberita kebenaran itu, dengan tujuh orang lain...

3. Mana mungkin otak yang kecil ini bisa mengenal Allah yang maha besar."(Kita mengenal Allah hanya sifat dari Allah saja bukan Allah itu seluruhnya dan kita mengenal sifat Allah dari Alkitab sebatas yang Allah sampaikan di firman-Nya)

    dll....

     Itulah jawaban yang sering kita dengar.

    Sebenarnya Alkitab harus memuat semua golongan baik itu Teolog, ahli filsafat, ahli arkeologi ahli angkasa, perempuan sundal, penjahat, orang kafir, orang kaya, orang miskin.

     Dalam dunia materi yang diciptakan oleh Allah, ada permulaan dan ada akhir. Oleh sebab itu bisa diselidiki oleh para ahli.

     Bagaimana beda waktu di sorga dan di angkasa itu?

      Waktu di sorga itu seperti garis lingkaran dimana tidak ada awal dan akhir. Sedangkan di angkasa itu waktunya seperti garis lurus; ada waktu pagi, siang dan malam. Mengapa ada beda waktu? karena ada matahari.

       Oleh sebab ada awal mula penciptaan pasti ada akhir dan yang pasti di alam semesta segala sesuatu itu bisa diukur karena angkasa adalah dunia materi yang diciptakan.

       Alkitab selaras dengan hasil ilmu pengetahuan. Segala sesuatu di angkasa ini harus selaras dengan Alkitab.

        Tidak bolhe ada yang bertentangan dan ada sesuatu yang hilang.

       Bagaiman ahli arkelologi, ahli astronomi bertemu dengan orang Krtisten yang mengatakan bahwa Adam dan hawa adalah manusia pertama ya...yang kalau dipanjang-panjangin paling banter 10.000 tahun.

     Mereka akan mengatakan orang-orang Kristen adalah orang-orang yang bertahyul, dimana menerima firman tanpa dicerna pakai otak/logika. Kalau kita terima firman langsung masuk ke dalam hati tanpa dibaca dan dipikir untuk apa Allah menciptakan otak.

       Maksud dari pernyataan diatas adalah  kita harus pikir dulu setelah membaca firman, sebagai contoh di Firman katakan Sembahlah aku kata Iblis lantas apakah kita langsung katakan "amin"  

     Di Alkitab sudah ada bukti-bukti yang jelas mengenai manusia laki-laki dan perempuan itu.

     Perbedaan Kej 1:27 dan Kej 2:4 itu sebagai berikut:

1.Laki-laki dan peremuan (jamak).

2. Tugasnya hanya beranak cucu penuhi bumi.

3. Makananya tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan buah-buahan yang berbiji.

      Kejadian 2:4:

1. Tunggal.

2. Tugasnya menjaga taman Eden.

3. Peirntah "jangan makan"

    Kejadian 2:4 itu dimana Allah menceritakan kembali bagaimana dari Kegelapan - muncul air - muncul daratan - muncul tumbuhan - muncul laki-laki dan perempuan - hingga munculnya Hawa.

       Di kejadian 2:4 itu Allah menceritakan kembali bagaimana bisa munculnya Hawa.

   Ahli angkasa mengatakan angkasa diciptakan +/- 15 Milyard tahun yang lalu dari ledakan (teori Big bang).

     Hari pertama Allah menciptakan apa? Terang, lantas apakah terang itu matahari? kalau "ya" adalah jawaban yang ngawur... padahal matahari itu diciptakan dihari ke 4.

     Hari pertama itu Allah memisahkan sorga dari angkasa dimana angkasa yang ada kegelapan dan menciptakan "energi". Mengapa energi? karena sebagai unsur pengikat dari bahan dasar cakrawala.

      Jadi firman itu tidak bisa missing dan tidak bisa salah karena firman itu adalah Allah sendiri.

      Firman itu harus bisa diterima oleh semua lapisan, karena Yesus datang bukan hanya untuk orang Kristen tetapi untuk semua orang. dan sifat firman itu harus universal.

     Tidak masalah Bapak punya kepercayaan umur bumi masih muda tetapi Alkitab tidak katakan demikian,  Dan Adam dan Hawa juga manusia pertama menurut Bapak , itu tidak masalah tetapi Alkitab tidak katakan demikan karena 1 Petrus 2:5 katakan ada manusia purba.

      Orang Krisen masa kini bermasalah dengan hal Adam dan Hawa. Mereka punya keyakin yang kuat akan hal itu tetapi setelah dikaitkan dengan ayat lain mereka akan bingung dan mulai mencari-cari alasan untuk menutupi kesalahan demi kesalahan?

      Jika manusia pertama adam dan hawa pertanyaan berikut akan membingungkan mereka :

1. Siapakah anak-anak Allah di Kejadian 6. Sudah banyak saya dengar bahwa itu adalah malaikat. lantas bagaimana malaikat bisa kawin dan mengawinkan?

2. Mengapa orang -orang dibinasakan oleh Allah dengan air Bah di zaman Nuh. Akan dijawab banyak dosa. Padahal kita tahu sifat Allah bahwa Allah itu baik sampai pada kekekalan.

      Karena mencocok-cocokan ayat ayat yang tidak cocok makanya jawabannya pun tidak selaras.

      Padahal Alkitab katakan sebelum Adam sudah ada manusia yang disebut Nephilim yang artinya gugur. Dan Adam termasuk anak Nephilim yang paling unggul dan terpilih.

       Setelah dipilih Adam di berangkat ke taman Eden lalu Adam diberi roh supaya keberadaannya tidak hilang karena nephilim itu tidak punya roh  disana tugasnya menjaga taman dengan perintah "Jangan makan".

        Setelah merosot diusir dan kembali ketempat asal dimana dia diambil (kampung halamannya) Kej 3:23 dan kembali lagi bercocok tanam. Oleh sebab itu anaknya kain pun jadi petani.

        Kain bersetubuh dengan istrinya(tidak ada roh) oleh sebab itu Allah harus menghapuskan manusia-manusia yang tidak ada roh , dengan apa?

       Dengan air karena daratan muncul dari air dan daratan adalah bahan dasar manusia. Bukan karena manusia-manusia itu berdosa seperti di zaman Nuh.

   Jika sifat Allah seperti itu yang membabi buta, orang berdosa dilenyapkan apakah akan ada manusia sampai saat ini.

      Hanya keluarga Nuh yang memiliki roh, supaya Yesus bisa datang dalam roh (maleakhi 2:15)

      Kalau Adam manusia pertama dan Allah menciptakan dia lantas dihembuskan roh lalu Adam itu hidup , maka sebenarnya Allah itu menciptakan manusia atau mayat?

      Adam diciptakan dulu dengan kodisi tidur lalu diberi nafas hidup/roh lalu apakah itu manusia atau mayat yang dibangunkan?

      Terima kasih, sedikit penjelasan ini adalah sebagai hal yang membangun. Perbedaan harus ada seperti di jaman menara babel.

     Iman tanpa dasar adalah tahyul. Keyakinan tanpa dasar Alkitab adalah membabi buta. 

to Gunawan

yg kumaksud dg "waktu yg missing" itu adalah berapa lama Adam dan Hawa tinggal di Taman Eden sejak diciptakan sampai diusir keluar dari Taman Eden? Bisa Gunawan jawab?inilah yg Alkitab tidak katakan, sehingga saya katakan sbg "waktu yg missing" alias kita hanya mungkin menduga2 saja.

sejarah umat manusia dihitung sejak Adam dan Hawa diusir dari Taman Eden. sehingga para teolog prediksi 6000-10rb tahun.

Adam di taman Eden

                Memang di Alkitab tidak tertulis berapa lama Adam hidup di taman Eden, tetapi mari kita coba lihat.

           Adam adalah manusia yang paling unggul yang terpilih.

         Seperti kita lihat bahwa Adalah juga manusia, sama seperti kita.

        Usia genap manusia rata-rata adalah 120 tahun, seperti padi disawah di mana ada yang tinggi dan ada yang pendek. Dan mazmur katakan ya...kalau 80 cukup lah. Sebab kalau umur panjang tanpa beritakan injil dan lakukan perintah Agung Tuhan Yesus juga percuma karena tidak menguntungkan bagi Kerajaan Sorga.

        Kapan Usia manusia 120 tahun itu tergenapi? Semua firman digenapi pada saat Tuhan Yesus datang. Karena yang sempurna mau datang maka semua yang ada di dalam angkasa itu harus dipercepat termasuk usia manusia, sebab jika usia manusia 1000 tahun terus kapan Yesus akan datang kembali.

        Umur manusia yang dari ribuan tahun itu diperpendek menjadi genap usia 120 tahun saja.

        Kalau kita lihat pemilihan Mr. Universe pastilah dia yang paling unggul dari seluruh jagat di bumi.

     Begitu juga Adam, dialah yang paling unggul dan terpilih.

      Misalkan usia Adam yaitu yang disebut usia dewasa adalah rata-rata 20tahun karena usia ini yang paling puncak dan setelah itu menurun terus. Dan saat itu dia yang terpilih dan pergi ke taman Eden berarti kira-kira 20 tahunan dan sewaktu dia diusir dan memiliki keturunan kain dan habel misal: kira-kira usianya 30 tahunan , bisa saja di taman itu sekitar 10 tahun, (Ini adalah diagnosa pribadi saya) atau kurang atau lebih.

       Yang pasti juga taman itu bukan rekaan atau hayalan atau fisafat/gagasan orang kristen tetapi taman itu pernah ada dan hilang dalam arti bukan diangkat keatas seperti kebanyakan pernyataan orang. tetapi taman itu sudah tertimbun oleh pasir dan perubahan alam sehingga tidak ada yang tahu dimana letaknya.

Opini Gunawan ada benarnya...

Kalau saya sependapat dengan Bp Gunawan. 

Dulu di awal kekristenan saya, saya sempat bingung tentang darimana asalnya keturunan Adam.  Tapi tidak saya pikirkan lagi, saya anggap ya adam memang manusia pertama yang diciptakan dihari ke 6, tentang keturunannya tak ambil pusing lah...

Namun seiring waktu, ketika saya baca lagi isi alkitab kejadian, ternyata manusia hari ke 6 itu bukan Adam. Karena pada hari ke6 Tuhan menciptakan manusia, lelaki dan perempuan.  Kata menciptakan sama artinya dengan Tuhan menciptakan langit, bumi dan isinya.

Sedangkan Adam, dibentuk Tuhan dari debu tanah, Hawa diambil dari tulang rusuk Adam. Kata 'dibentuk' terdengar sangat spesial.  Karena Adam spesial dimata Tuhan.

Seandainya Adam adalah manusia hari ke 6 yang diciptakan Tuhan, untuk apa ada penjelasan lagi mengenai pembentukan Adam di hari ke 7 di pasal berikutnya?

Ketika Tuhan menciptakan manusia di hari ke 6, Tuhan memerintahkan 'manusia hari ke 6' untuk berkembang biak. Sedangkan 'manusia Adam' bersetubuh dengan Hawa setelah mereka makan buah pengetahuan yang baik dan jahat (jatuh ke dlm dosa). Sebelumnya tidak ada penjelasan mereka bersetubuh.

To Gunawan tt 120 th

120 tahun itu lamanya waktu yg YAHWEH berikan kepada orang2 zaman Nuh untuk bertobat, tentang ini saya sudah buat artikel 120 Tahun itu bukan usia manusia. bisa dibaca di blog www.dedewijaya.co.cc, bagian PESONA ALKITAB.usia adam yg panjangnya 930 tahun dihitung sejak dia jatuh dalam dosa sampai meninggalnya Adam. Nah umur Adam di Taman Eden, sejak dia diciptakan sampai jatuh dalam dosa, kita tidak tahu berapa lama dia di Taman Eden.

Jadi berbagai kemungkinan usia bumi, dll masih terbuka untuk diperdebatkan, meski saya meyakini usia bumi antara 6000-10000 tahun saja. Tidak berjuta2 tahun.

to anonymous

       Sobat, banyak yang menafsirkan bahwa 120 tahun adalah lamanya Nuh buat bahtera. Dan juga masa dimana Yang berada dengan sendiri-Nya memberikan waktu supaya orang-orang zaman Nuh bertobat.

        Kehidupan iman adalah yang nyata bukan gagasan. Manusia berdosa atau tidak berdosa dia pasti mati. Dan bagi manusia yang berdosa Allah tidak pernah membatas-batasi, kalau kamu dalam 5 tahun tidak bertobat Saya akan cabut nyawa kamu.

        Ingat, bagi manusia Allah itu panjang sabar tapi tidak sabar sampai akhir. Makanya Allah menciptakan Neraka bagi Malaikat yang merosot dan antek-anteknya dan roh roh yang merosot.

       Pertanyaan kepada anda "Mengapa Allah membinasakan manusia-manusia pada zaman Nuh?"

       Apakah berdosa sangat parah? sehingga Allah begitu murkanya untuk menghabiskan ciptaannya? berarti Allah adalah Pembunuh.

         Mengapa orang jaman ini yang sudah "Edan" tidak dibinasakan Allah?

       Kita harus selidiki mengapa Allah melakukan demikian.

       Untuk mendapatkan pointnya anda tidak akan pernah ketemu kalau Adam dan hawa adalah manusia daging pertama (Anda bisa baca Blog Saya mengenai Adam dan Nephilim) kalau tidak anda akan melihat Allah sedang menjadi seperti Hitler yang membantai manusia dengan air.

       Bukan hanya 120 tahun saja Allah menunggu tetapi lebih dari itu sejak Adam diberi roh.

       Adam adalah manusia roh pertama itu benar tetapi kalau manusia daging pertama itu tidak benar.

        Sebelum Adam sudah ada manusia dan adam juga termasuk Nephilim.

        Setelah dihembuskan roh Adam hidup bukan hanya dari roti saja tapi dari firman juga karena sudah menjadi keberadaan roh.

         Karena Anak Allah harus datang dalam roh maka harus ada manusia yang memiliki roh dan semua roh manusia dibagikan dari roh Adam.

      Jika manusia yang memiliki roh kawin dengan yang tidak memiliki roh, lantas bagaimana Anak Allah bisa datang?

       Jika tidak ada roh kita semua akan seperti binatang dan akan lenyap setelah kembali ke debu.

      Oleh sebab itu supaya yang ada roh tidak hilang dan mengganggu rencana Allah maka yang tidak punya roh itu harus lenyap supaya Yesus Bisa datang(maleakhi 2:15)

       Seperti tumbuhan jagung dimana ada batang dan daun juga, setelah menghasilkan jagung yang lain dibuang.

      Begitu juga manusia, setelah yang unggul terpilih yaitu Adam sebenarnya manusia yang tidak ada roh itu harus lenyap (gugur).

     Firman katakan: Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan 120 tahun saja.

     Siapakah orang raksasa itu? orang-orang kenamaan itu? orang-orang gagah perkasa di zaman purbakala? apakah mereka itu keturunan Adam?

      Orang Purbakala itu hidup di bumi Kapan? apakah dinosaurus juga reka-rekaan para ahli? apakah Homo sapiens itu juga keturunan adam?

      Roh Adam dibagikan dari roh Allah karena Allah adalah sumber Roh dan bukan menciptakan roh Adam.

       Roh kita dari siapa?

      Dibagikan dari Roh Allah atau kah dibagikan dari roh Adam?

       Kalau dari Roh Allah berarti kita tidak ada dosa asal donk?

       Yang tepat roh kita dibagikan dari roh Adam; seperti pohon labu yang menjulur, dimana roh Adam dibagikan terus sehingga setiap manusia yang lahir membawa dosa asal itu.

     Bagaimana kita tahu bahwa usia genap manusia itu rata-rata 120 tahun?

     Gampang saja, Lihat di guiness book of record berapa usia tertua manusia ? 101-121 kurang lebih.

      Usia dari Adam yang hampir mencapai 1000 tahun menurun dan memang harus menurun karena semua firman itu harus tergenapi pada saat Anak Allah datang. Semua firman itu harus sempurna karena yang Sempurna itu mau datang.

     Jika Hawa tidak makan buah maka konsekuensinya apa? Anda harus jawab!!!

     berapa usia manusia sekarang? apakah ada yang lebih dari 200 /300 atau 500 tahun? Bukan kah usia genap manusia itu sudah terpenuhi pada waktu Yesus datang dan sampai sekarang?

      Bisa usia 1000 tahun itu terjadi lagi dibumi ini tetapi bukan untuk kita tetapi 144.000 orang Israel pada kehidupan di zaman 1000 tahun karena Iblis, 1/3 antek, roh-roh najis dan roh-roh penyesat sudah dikurung di jurang maut.

   

 

Gunawan, Sebelum Ngoceh, Belajar Dulu

Saduara Gunawan, sebelum ngoceh nggak karu-karuan sebaiknya belajar dulu baik-baik. Apabila tidak, maka anda akan menjadi bahan tertawaan seperti saat ini. Orang Bodoh yang menyangka dirinya pintar dengan memprtontonkan kebodohannya.

Dengan apa para ahli menentukan umur fosil? Anda pasti tidak tahu, karena bila anda tahu, pasti nggak akan ngoceh nggak karu-karuan. Mereka mengukur Carbon 14 yang ada pada fosil yang bersangkutan. Nah, sebaiknya anda pelajari dulu apa itu C14 dan bagaimana pengukuran itu dilakukan.

Selamat belajar Gunawan, setelah anda sedikit lebih pintar kita akan diskusi lagi. 

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

to iah-iah

        Sobat, itu urusan saya, lagian saya tulis di blog saya.

      Kalau anda hebat anda ceritakan saja dari Allah , penciptaan malaikat, bagaimana malaikat merosot, mengapa Allah menciptakan manusia, kemana orang percaya dan tidak percaya setelah meninggal dll.

      Saudara seorang pengecut!!!! Kalo hebat tulis di Blog anda sendiri seperti yang anda bilang, jangan berak di rumah orang , buat tulisan anda ceritakan semua isi Alkitab.

     Kalau ga suka tulisan saya ya jangan di baca, masih banyak orang lain yang baca dan lagi biar orang lain yang baca.

    Lagian biar orang lain yang menilai

Gunawan, Sebelum Komentar, Mikir Dulu

Ha ha ha ha ha … Gunawan, hati boleh panas namun kepala harus tetap berpikir. Bila hati panas kepala tidak berpikir, maka jadinya ya ngawur seperti anda ini. Jelas-jelas blog ini ditulis oleh Dede Wijaya, kok diaku sebagai blog anda? Ha ha ha ha ha … blog anda dari hongkong? Mohon maaf, saya memang membaca beberapa blog anda, namun sayang, tulisan anda tidak membangkitkan minat untuk komentar. Terlalu ngawur. 

Ha ha ha ha … memaki-maki saya tidak akan membuat anda pintar kawan. Bukankah sejak kecil kita diajarkan, “Belajar pangkal pinter?” Anda tahu apa itu tahu? Gunawan, bila tahu katakan tahu, bila tidak tahu katakan tidak tahu, itulah tahu. Anda tahu?  Belajar tanpa berpikir sia-sia, berpikir tanpa belajar berbahaya. Jadi, kawan, belajar dan berpikirlah. Namun, menurut saya yang harus anda lakukan adalah belajar berpikir dengan benar.

bukankah saya sudah menunjukkan kehebatan saya? Dengan membaca komentar anda, saya langsung tahu bahwa anda tidak tahu bagaimana para arkeolog mengukur umur fosil dan apa itu C 14. Nggak paham apa itu UJI C 14 namun ngoceh tentang umur fosil dan umur bumi? Ho ho ho … NEKAD! Berak sembarangan? Pengecut? Ha ha ha ha … Gunawan – Gunawan tentu saja orang lain juga menilai anda harus belajar dulu sebelum ngoceh sembarangan.
 

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

heheeh orang goblok ngasi Comment

kalo menurut saya justru kita harus btanya kembali di mana taman eden?ada kah d bumi?dan pernah kah kita tau ada taman ditutup di bumi dan ditulis "TAMAN EDEN" Tidak kan jadi kira kira jawaban bodoh saya bgini.pada jaman man adam dan hawa manusia hidup d taman eden dalam kuasa ROH dimana dalam kehidupan itu tdk ada batas ruang,waktu,umur,tua,sakit,mati.karena kita yakini bahwa kehidupan roh itu nyata dan tanpa batas ruang.bisakah kita menghitung itu?jelasnya TIDAK jadi sangatlah percuma membahas umur adam atopun hawa bener kata dedewijaya.kita tidak bisa hitung brapa lama adam dan hawa di sana dan setelah diusir dari taman eden itulah terhitung usia....kira2 bener ato gak gw jg gak tau tapi ini cm logika bodoh gw aja yah.jd klo salah yah maap.namanya jg orang baru

tt Kej pasal 1 dan 2

Pasal 1 kata Pada mulanya Elohim menciptakan Langit dan Bumi, dalam kepercayaan Yahudi itu sudah segala2nya, baik surga, neraka, galaksi, planet2 dan seisinya.

ayat 2 dst itu detail penjelasannya hari pertama apa, hari ke dua apa.

Kejadian pasal 2, kisah Penciptaan manusia lebih detail dikisahkan, karena fokus YAHWEH Elohim adalah manusia sbg Puncak Penciptaan dan wakil YAHWEH di bumi.

Jadi pasal 2 detail kisah penciptaan manusia dari pasal 1 ayat 26-28.

www.dedewijaya.co.cc

to Fredy bin Anonymous

Matius 5:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.
Wahai sobatku Fredy bin Anonymous, bertobatlah Nak! Selain anda sudah menuding orang kafir, komentar anda sangat Jahil!
Bertobatlah sebelum dikayu diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.

 

MikRo

heran

Saya heran melihat kalian ini ribut dalam suatu materi yang sama dimana sebenarnya dapat saling mendukung dengan mengesampingan paradigma yang dapat menimbulkan friksi tanpa mengurangi subtansi pembahasan yang ada. Bekerjasamalah dengan menerima segala macam kritik yang membangun tanpa saling menjatuhkan, sehingga kamipun dapat tambahan pengetahuan.GBU.

vHe michael kors

vHe michael kors outlet,michael kors,kors outlet,michael kors handbags,michael kors outlet online,michael kors outlet online sale,michael kors handbags clearance,michael kors purses,michaelkors.com,michael kors bags,michael kors shoes,michaelkors,cheap michael kors attempted to marc jacobs handbags,marc jacobs,marc by marc jacobs,marc jacobs outlet rise, christian louboutin but wedding dresses found air max that ugg boots uk,ugg,ugg boots,uggs,ugg australia,ugg slippers,ugg sandals,ugg flip flops,ugg uk,ugg shoes,uggs uk,cheap ugg boots,ugg sale,ugs,ugg trainers,ugg boots on sale,uggs on sale,ugg wedges,baby ugg boots,ugg boots clearance,ugg boots sale his fever-thralled limbs refused salomon shoes to ray ban sunglasses obey adidas uk,adidas trainers,adidas originals,adidas zx,adidas zx flux,adidas gazelle,adidas,mi adidas,adidas superstar,adidas football,adidas flux,adidas samba,adidas predator,adidas shoes,adidas hamburg,adidas outlet,adidas football boots,adidas sale the ray ban sunglasses impulse air max 95 of his vans shoes will. bebe dresses He new balance outlet made ugg australia,ugg,ugg boots,uggs,ugg boots uk,ugg slippers,ugg sandals,ugg flip flops,ugg uk,ugg shoes,uggs uk,cheap ugg boots,ugg sale,ugs,ugg trainers,ugg boots on sale,uggs on sale,ugg wedges,baby ugg boots,ugg boots clearance,ugg boots sale an nike outlet,Cheap Jordans,Cheap Jordan Shoes,Cheap Air Max,Cheap Free Run Shoes,nike shoes,nike factory,nike store,nike factory outlet,nike outlet store,cheap nike shoes,nike sneakers effort mac cosmetics to asics trainers speak, yoga pants,lululemon,lululemon outlet,lululemon athletica,lululemon addict,lulu lemon,lulu.com,lululemon.com but nike mercurial superfly his new balance trainers tongue clove mizuno wave to the roof of his michael kors outlet,michael kors handbags,michael kors uk,michael kors,michael kors,michael kors bags mouth, timberland and jordan shoes,air jordan,cheap jordans,air jordans,jordan retro,air jordan shoes,jordans,jordan 11,jordan xx9,jordan 6,new jordans,retro jordans,jordan retro 11,jordan 5,air jordan 11,jordans for sale,jordan 4,jordan 1,jordan future,jordan 3,jordan 12,michael jordan shoes,air jordan retro his nike air force jaws coach outlet,coach outlet store,coach outlet store online,coach outlet stores,coach factory outlet,coach factory,coach factory online,coach factory outlet online,coach outlet online stuck tiffany and co,tiffany jewelry,tiffany and co jewelry,tiffany and co outlet,tiffany's,tiffanys,tiffany co together. bcbg max He could dansko shoes not christian louboutin,louboutin,red bottom shoes,louboutin shoes,red bottoms,louboutin outlet,christian louboutin shoes,christian louboutin outlet,red bottom shoes for women,louboutins raise a yoga pants finger michael kors,michael kors uk,michael kors handbags,michael kors outlet,michael kors bags,michael kors watches,michael kors watch,michael kors bag nor utter north face uk a sound. The levi's jeans,levis jeans,levis outlet,levis outlet store boards jordan shoes over his beats headphones head waved designer handbags,handbags outlet,purses and handbags,wholesale handbags,designer bags,bags outlet,handbags wholesale,cheap purses,discount handbags,cheap handbags,handbags sale,wholesale purses,handbags and purses,designer purses like beats by dre,dr dre,beats headphones,dre beats,beats by dr,beats by dr dre,beats audio,dr dre beats,dre headphones,beats by dre headphones,beats by dr. dre,cheap beats a shaken lululemon sheet, chaussures louboutin and ugg boots,uggs outlet,ugg,uggs,ugg boots clearance,uggs on sale,uggs boots,ugg australia,ugg slippers the sac michael kors cabin tory burch outlet,tory burch,tory burch handbags,tory burch shoes,tory burch sale,toryburch,tory burch sandals,toryburch.com,tory burch flip flops whirled north face,the north face,northface,north face uk,north face jackets round, cheap jerseys while michael kors outlet the burberry patch of true religion outlet light beats by dre at replica watches his feet north face outlet,the north face,north face,the north face outlet,north face jackets,north face jackets clearance,northface bobbed ray ban sunglasses up and converse uk down hilfiger uk like nike air,air max,nike air max,air max 90,nike air max 90,air max 95,air max 1,airmax,nike air max 1,air max thea,cheap nike air max,air max 2015,air max trainers,nike air max 95,cheap air max,nike air max thea,nike air max trainers the jordans reflection puma shoes from a insanity workout wavering nike free,free running,free run,nike free run,nike running,nike free 5.0,free running 2,nike running shoes,running 2,free runs,nike free runs,free running games,free run 2 candle. ralph lauren outlet He closed nike roshe his omega watches eyes gucci uk with michael kors outlet online a louis vuitton uk terrible sigh tommy hilfiger outlet of michael kors despair, ugg boots uk and resigned gucci handbags himself to jordan uk his fate. religion jeans At toms shoes that burberry instant timberland uk the jordan retro sound of hammering gucci outlet,gucci handbags,gucci belts,gucci shoes,gucci,gucci belt,gucci sunglasses,gucci bags,cheap gucci ceased, and new balance shoes the louis vuitton,louis vuitton bags,louis vuitton handbags,louis vuitton uk,louis vuitton outlet door prada uk opened. It was michael kors uk six o’clock, timberland,timberland boots,timberland uk,timberlands,timberland shoes,timberland boots for women,timberland outlet,timberland boots for men and Pine air max uk had adidas outlet come hermes to nike blazer,blazer nike,nike blazer pas cher,Chaussures Nike Blazer,Nike Blazer Femme have michael kors,sac michael kors,michael kors sac,michael kors pas cher,sac michael kors pas cher,michael kors france a nike air max 2015,air max 90,nike air max 90,air max 95,air max 2015,air max 1,nike air max,air max,airmax last toms shoes uk look oakley sunglasses at insanity workout his patients chanel handbags,chanel bags,chanel sunglasses,chanel outlet,chanel purses,chanel handbags official site before marc jacobs dinner. It cartier watches seemed that there tiffany,tiffany and co,tiffany jewellery,tiffany's,tiffanys,tiffany uk was north face outlet somebody uggs,ugg,ugg boots,ugg australia,ugg boots uk,ugg slippers,ugg sandals,ugg flip flops,ugg uk,ugg shoes,uggs uk,cheap ugg boots,ugg sale,ugs,ugg trainers,ugg boots on sale,uggs on sale,ugg wedges,baby ugg boots,ugg boots clearance,ugg boots sale with him, jordan,jordans,michael jordan,air jordan,air jordans,jordan 11,jordan shoes,nike jordans,jordan retro for tiffany and co a kind, lebron 11 though somewhat north face pompous, voice remarked michael kors outlet online,michael kors,kors outlet,michael kors outlet,michael kors handbags,michael kors outlet online sale,michael kors handbags clearance,michael kors purses,michaelkors.com,michael kors bags,michael kors shoes,michaelkors,cheap michael kors upon Ray Ban Sunglasses,Ray Ban Outlet,Ray Ban Sale,Cheap Ray Bans,Cheap Ray Ban Sunglasses,ray ban sunglasses outlet,ray ban,rayban,ray bans,ray-ban,raybans,ray ban wayfarer,ray-ban sunglasses,raybans.com,rayban sunglasses,cheap ray ban the NFL Jerseys,Nike NFL Jerseys,NBA Jerseys,Soccer Jersey,NHL Jerseys,Baseball Jerseys,Custom Jersey,Youth Jerseys,Women Jerseys,NCAA Jerseys,cheap jerseys,cheap nfl jerseys,basketball jerseys,jerseys,hockey jerseys scantiness tommy hilfiger outlet,tommy hilfiger,hilfiger outlet,tommy hilfiger outlet stores,tommy hilfiger outlet stores online,tommy hilfiger bedding of cheap jordans,cheap jordan shoes,cheap jordan,cheap jordans for sale,jordans for cheap,jordan shoes,jordans,air jordan,jordan retro,jordan 11,jordan xx9,jordan 6,new jordans,air jordans,retro jordans,jordan retro 11,jordan 5,air jordan 11,jordans for sale,jordan 4,jordan 1,jordan future,jordan 3,jordan 12,michael jordan shoes,air jordan shoes,air jordan retro accommodation, ed hardy and levi's jeans the “necessity pandora charms,pandora uk,pandora bracelet,pandora rings,pandora sale,pandora,pandora bracelets,pandora jewellery,pandora ring,pandora charm,pandora earrings,pandora jewelry,pandora necklace,pandora charms ukharrods the absolute nWith tory burch his michael kors mouth gucci handbags,gucci outlet,gucci belts,gucci shoes,gucci,gucci belt,gucci sunglasses,gucci bags,cheap gucci agape and jimmy choo his nike shoes hands Ray Ban Sunglasses,Ray Ban Outlet,Ray Ban Sale,Cheap Ray Bans,Cheap Ray Ban Sunglasses,ray ban sunglasses outlet,ray ban,rayban,ray bans,ray-ban,raybans,ray ban wayfarer,ray-ban sunglasses,raybans.com,rayban sunglasses,cheap ray ban clenched, oakley sunglasses,cheap oakley,cheap oakley sunglasses,oakley sunglasses cheap,oakley outlet,oakley sunglasses outlet,oakley vault,oakleys,oakley.com,sunglasses outlet,cheap sunglasses,oakley prescription glasses,fake oakleys,oakley glasses,oakley store,fake oakley,oakley sale,cheap oakleys,discount oakley sunglasses Rufus boots on sale,shoes outlet,shoes on sale,cheap shoes,discount shoes,shoe stores,shoes sale,shoe sale,designer shoes,cheap boots,clearance shoes,cheap shoes for women,women's boots on sale or clearance Dawes, nike shoes incapable tommy hilfiger,hilfiger outlet,tommy hilfiger outlet,tommy hilfiger outlet stores,tommy hilfiger outlet stores online,tommy hilfiger bedding of hermes uk further ray ban uk speech, prada made a rolex watches,rolex,watches for men,watches for women,omega watches,replica watches,rolex watches for sale,rolex replica,rolex watch,cartier watches,rolex submariner,fake rolex,rolex replica watches,replica rolex last cheap nfl jerseys effort uggs to omega watches,omega watch,replica watches,rolex watches,replica omega watches,rolex,watches for men,watches for women,rolex watches for sale,rolex replica,rolex watch,cartier watches,rolex submariner,fake rolex,rolex replica watches,replica rolex nod assent, lululemon but mont blanc his adidas shoes head nike blazer fell upon timberland boots,timberland shoes,timberland outlet his lebron 12 breast; polo ralph lauren the mizuno,mizuno wave,mizuno running,mizuno running shoes,mizuno baseball,mizuno volleyball,mizuno wave rider,mizuno volleyball shoes,mizuno softball,mizuno shoes,mizuno wave inspire,mizuno wave prophecy next moment, the flickering ray ban sunglasses light, mercurial superfly the ferragamo gloomy nike mercurial prison, toms outlet the mont blanc pens eager face kevin durant shoes of the kobe 9 high doctor, air max 90,nike air max 90,air max 95,air max 2015,air max 1,nike air max,air max,nike air max 2015,airmax and adidas uk the harrods london astonished louis vuitton face mulberry,mulberry handbags,mulberry bags,mulberry outlet,mulberry sale,mulberry purse of hermes Vickers, adidas uk vanished from reebok shoes before jimmy choo,jimmy choo shoes,jimmy choo outlet,jimmy choo handbags his flip flops uk straining marc jacobs eyes. boots on sale He converse saw the ugg uk two wedding dresses men kobe 9 elite stare chanel bags at each toms shoes,toms outlet,toms shoes outlet,tom shoes,toms wedges,cheap toms,toms.com other, flip flops,fitflops,fitflop,fit flops,flip flop in oakley uk mingled incredulity vans shoes,vans outlet,vans store,star wars vans shoes,cheap vans,vans shoes outlet,white vans,black vans,red vans,vans star wars,vans sneakers,vans shoes outlet store,vans sale,cheap vans shoes and mac cosmetics alarm, and then he was Balenciaga,balenciaga sneakers,balenciaga handbag floating abercrombie and fitch down jerseys from china the pandora uk cool bcbg max,bcbg max azria,bcbg dresses,bcbg shoes,bcbg outlet,bcbg brown river toms shoes of his roshe run boyhood, on fendi handbags his michael kors way — in ed hardy clothing company Balenciaga with Sarah uggs outlet,ugg boots,ugg,uggs,ugg boots clearance,uggs on sale,uggs boots,ugg australia,ugg slippers Purfoy reebok shoes,reebok outlet,reebok,reebok skyscape and prada handbags Lieutenant cheap basketball shoes Frere jordan retro,jordan shoes,air jordan,air jordans,retro jordans,air jordan retro,jordans,jordan 11,jordan xx9,jordan 6,new jordans,cheap jordans,jordan retro 11,jordan 5,air jordan 11,jordans for sale,jordan 4,jordan 1,jordan future,jordan 3,jordan 12,michael jordan shoes,air jordan shoes — to toms outlet,toms shoes,toms shoes outlet,tom shoes,toms wedges,cheap toms,toms.com raise tommy hilfiger uk the mutiny of five finger shoes the nike free Hydaspes, ugg boots that ugg lay omega watches on the omega watches,rolex watches for sale,rolex watches,replica watches,replica watches uk,fake rolex stocks rolex replica in bebe dresses,bebe clothing,bebe outlet,bebe outlet online,bebe stores the old house mizuno at oakley sunglasses Hampstead.Well,” birkin bag,hermes belt,hermes handbags,hermes birkin,hermes bags,birkin bags says replica watches,rolex watches,rolex,watches for men,watches for women,omega watches,rolex watches for sale,rolex replica,rolex watch,cartier watches,rolex submariner,fake rolex,rolex replica watches,replica rolex Pine, “look hollister here. abercrombie Suppose nike free 5.0, nike free trainer 5.0,nike free run 5.0,free running 2,nike free run,nike free,free running,nike running shoes,nike free trainer,free runs,free run 5.0 we tell tommy hilfiger these gucci outlet scoundrels that mulberry their timberland uk,timberland,timberland boots,timberlands,timberland shoes,timberland boots for women,timberland outlet,timberland boots for men design, whatever nike air force,air force,nike air force 1,nike air force one,air force one nike,air force 1,air force one it burberry,burberry outlet,burberry outlet online,burberry factory outlet,burberry sale,burberry handbags may hollister clothing store be, insanity is known. michael kors,michael kors canada,michael kors outlet,michael kors outlet online Very good. They insanity workout,insanity,insanity workout calendar,insanity calendar,insanity workout schedule will flip flops profess Ray Ban Sunglasses,Ray Ban Outlet,Ray Ban Sale,Cheap Ray Bans,Cheap Ray Ban Sunglasses,ray ban sunglasses outlet,ray ban,rayban,ray bans,ray-ban,raybans,ray ban wayfarer,ray-ban sunglasses,raybans.com,rayban sunglasses,cheap ray ban absolute jerseys from china,cheap jerseys from china,nfl jerseys,cheap jerseys,cheap nfl jerseys,jerseys,baseball jerseys,nba jerseys,hockey jerseys,basketball jerseys ignorance, and cheap eyeglasses try michael kors outlet again air max on the next tommy hilfiger opportunity, when, nike free run,nike free,nike free 5.0, nike free trainer 5.0,nike free run 5.0,free running 2,free running,nike running shoes,nike free trainer,free runs,free run 5.0 perhaps, gucci handbags we pandora charms may dolce and gabbana not know christian louboutin anything nike free 5.0 about it. nike free At wedding dresses,prom dresses,bridesmaid dresses,evening dresses,beach wedding dresses,cheap wedding dresses,homecoming dresses,prom dresses,wedding dresses all air max 90 events, we are eyeglass frames,eyeglasses online,glasses frames,glasses online,eyeglasses frames,eyeglasses stores,cheap eyeglasses,cheap glasses,sunglasses for women,39 dollar glasses,cheap eyeglasses online,discount eyeglasses,cheap sunglasses,sunglasses outlet,sunglasses wholesale,wholesale sunglasses completely ferragamo ignorant guess clothing of converse uk the nature michael kors of the chanel handbags plot weitzman shoes and tory burch,tory burch outlet,tory burch handbags,tory burch shoes,tory burch sale,toryburch,tory burch sandals,toryburch.com,tory burch flip flops the names oakley sunglasses of oakley sunglasses,cheap oakley,cheap oakley sunglasses,oakley sunglasses cheap,oakley outlet,oakley sunglasses outlet,oakley vault,oakleys,oakley.com,sunglasses outlet,cheap sunglasses,oakley prescription glasses,fake oakleys,oakley glasses,oakley store,fake oakley,oakley sale,cheap oakleys,discount oakley sunglasses the ringleaders. mac cosmetics Let designer handbags us jordan double true religion,true religion outlet,true religion jeans the ray ban sunglasses,ray ban,ray bans,rayban,raybans,ray-ban,ray ban uk,ray ban wayfarer sentries, basketball shoes and quietly timberland get kate spade the men under salvatore ferragamo arms. converse,converse uk,converse sale,converse trainers,black converse,converse shoes,leather converse,white converse,cheap converse Let nike roshe run Miss Sarah do fitflops what timberland boots she tiffany and co pleases, and burberry outlet,burberry,burberry outlet online,burberry factory outlet,burberry sale,burberry handbags when true religion outlet the mutiny michael kors breaks out, we asics trainers uk,asics,asics trainers,asics gel,asics running,asics running shoes will cheap jerseys,nfl jerseys,cheap nfl jerseys,jerseys from china,cheap jerseys from china nip nike air max it ugg boots in marc jacobs uk the ralph lauren outlet,ralph lauren outlet online,polo ralph lauren outlet,polo ralph lauren outlet online,polo ralph lauren,ralph lauren,polo ralph,polo shirts,ralphlauren.com,polo outlet,ralph lauren polo bud; hollister,hollister uk,hollister clothing,hollister sale clap wedding dresses uk all polo ralph lauren,ralph lauren outlet,ralph lauren outlet online,polo ralph lauren outlet,polo ralph lauren outlet online,ralph lauren,polo ralph,polo shirts,ralphlauren.com,polo outlet,ralph lauren polo the villains asics we get ferragamo,ferragamo shoes,salvatore ferragamo,ferragamo belts,ferragamo belt,ferragamo outlet in hollister uk irons, oakley sunglasses,cheap oakley,cheap oakley sunglasses,oakley sunglasses cheap,oakley outlet,oakley sunglasses outlet,oakley vault,oakleys,oakley.com,sunglasses outlet,cheap sunglasses,oakley prescription glasses,fake oakleys,oakley glasses,oakley store,fake oakley,oakley sale,cheap oakleys,discount oakley sunglasses and air max 95,nike air max 95,air max 90,nike air max 90,air max 2015,nike air max,air max,nike air max 2015,airmax hand tory burch outlet them lululemon outlet,lululemon,yoga pants,lulu lemon,lulu.com,lululemon.com over flip flops to coach outlet store the uggs outlet authorities in rolex watches Hobart burberry uk Town. nike shoes,Cheap Jordans,Cheap Jordan Shoes,Cheap Air Max,Cheap Free Run Shoes,nike outlet,nike factory,nike store,nike factory outlet,nike outlet store,cheap nike shoes,nike sneakers I chanel bags am not a cruel man, tiffany sir, cheap jordans but louboutin,louboutin pas cher,christian louboutin,louboutin chaussures,louboutin soldes,chaussure louboutin,chaussures louboutin,chaussure louboutin pas cher,louboutin france we rolex watches,replica watches,omega watches,rolex watches for sale,replica watches uk,fake rolex have ugg australia got burberry outlet a mulberry uk cargo lebron 12 of wild air jordan beasts michael kors handbags aboard, air jordan,jordan shoes,cheap jordans,air jordans,jordan retro,air jordan shoes,jordans,jordan 11,jordan xx9,jordan 6,new jordans,retro jordans,jordan retro 11,jordan 5,air jordan 11,jordans for sale,jordan 4,jordan 1,jordan future,jordan 3,jordan 12,michael jordan shoes,air jordan retro and we chanel bags,chanel handbags,chanel sunglasses,chanel outlet,chanel purses,chanel handbags official site must be nike mercurial careful.”ecessity” of complying with hollister clothing the tod's King’s wedding dresses,wedding dress,dresses for wedding,bride dresses,dresses for weddings,wedding dresses uk,cheap wedding dresses,vintage wedding dresses,monsoon wedding dresses,lace wedding dresses,wedding dresses for older brides,wedding dresses 2014 Regulations.

crx

The air jordan 2015 cheap barbour jackets ray ban new balance polo ralph lauren ralph lauren uk rolex watches oakley kate spade outlet Buddhist air max 90 michael kors outlet online nike air max northface burberry christian louboutin michael kors pandora uggs association star wars vans shoes ray ban hermes birkin christian louboutin shoes moncler jackets sale tory burch sale coach outlet store nike store louboutin shoes said eyeglasses frames hollister michael kors nike shoes for women true religion jeans outlet chanel handbags michael kors ray ban outlet longchamp outlet the burberry p90x workout schedule hilfiger outlet easton bats calvin klein underwear mizuno wave longchamp outlet polo ralph lauren outlet online michael kors outlet religion burberry hollisterco longchamp handbags adidas superstar baseball jerseys north face jackets abercrombie.com tommy hilfiger canada burberry outlet online would burberry omega north face canada hollister lululemon australia prada shoes converse outlet michael kors bags bottega veneta accept insanity workout calendar juicy couture outlet coach outlet online coach outlet store online reebok michael kors outlet online northface indoor soccer shoes ralph lauren outlet online charity coach outlet store tory burch sandals rayban bebe dresses beats by dr dre toms shoes outlet air huarache michael kors outlet online true religion outlet events mercurial superfly swarovski raybans.com ralph lauren australia adidas sneakers uggs outlet moncler women jackets nike outlet swarovski that oakley mac cosmetics converse sneakers nike store new balance maccosmetics.com uggs outlet longchamp true religion outlet use gucci handbags abercrombie and fitch tiffany and co jewelry michael kors outlet online new balance canada designer bags bcbg max abercrombie timberland outlet auctioning oakley outlet louis vuitton outlet puma baseball bats knockoff handbags pandora jewellery australia pandora uggs nike to clothing websites chanel outlet toms shoes outlet beats audio oakley sunglasses cheap michael kors outlet burberry adidas hollister canada gather michael kors abercrombie and fitch harrods london prom dresses oakley sunglasses cheap louis vuitton swarovski horloges gucci uk donations, abercrombie and fitch cheap jordan shoes tommy hilfiger ugg boots ray-ban sunglasses gucci swarovski uk jordan release rolex replica but northface thomas sabo polo ralph michael kors outlet online louis vuitton polo ralph pandora bracelet tommy hilfiger online oakley sunglasses cheap the woolrich jackets outlet swarovski canada replica watches supra shoes nike coach handbags factory barbour mens jackets ralph lauren uk juicy couture auctioning louboutin polo ralph lauren outlet nike air max nike air max hermes belt tommy hilfiger outlet stores jordans air max uhren of nike shoes michael kors outlet online sale michael kors canada rolex watches for sale coach bags wedding dresses uk beats by dr dre toms shoes outlet ralph lauren outlet privileged mcm bags tommy hilfiger outlet uggs outlet burberry tiffany and co burberry michael kors outlet online sale instyler ionic styler converse access uggs outlet abercrombie uggs jordans for sale tommy hilfiger online shop coach factory store nike air max 2014 prada shoes for men iphone 6 case to nike roshe prada outlet polo ralph lauren ralph lauren uk nike free hogan gucci outlet coach factory outlet store louis vuitton temples jordan retro 11 ray ban outlet p90x workout nike roshe run kate spade outlet louboutin shoes giuseppe zanotti new balance mcm handbags could glasses online ugg boots hermes birkin nike factory store ferragamo shoes christian louboutin salvatore ferragamo omega watches vans damage gucci outlet basketball shoes free run asics north face outlet store oakley sunglasses cheap kate spade adidas louis vuitton the coach factory longchamp handbags hollister lululemon prada replica watches lululemon michael kors outlet online sale chanel religion's tory burch sandals huarache gucci outlet burberry outlet online wholesale handbags ray ban michael kors outlet online polo ralph lauren outlet michael kors outlet online sale social ugg boots air jordan shoes gucci sale louis vuitton outlet online salomon ugg australia north face adidas timberland outlet image babyliss pro bcbg max azria adidas superstar chanel sunglasses louis vuitton outlet online lululemon canada gucci outlet prada outlet cheap boots of true religion jeans outlet mont blanc ferragamo cheap nfl jerseys nike new balance celine handbags tiffany michael kors being louboutin shoes oakley sunglasses cheap nike nike outlet store pandora ray ban nike running michael kors outlet online air max "tranquil nike roshe christian louboutin michael kors pandora tiffany and co hollister online vans marc jacobs handbags ed hardy and uggs outlet chi flat iron louis vuitton outlet online toms outlet tiffany ralph lauren outlet louis vuitton outlet online north face outlet tory burch sandals solemn".

nike roshe run swarovski crystals louis vuitton bags louis vuitton levis jeans north face outlet nike roshe air max thea nike free run 5.0 adidas online air jordan retro ray bans oakley michael kors handbags clearance air force michael kors oakley sunglasses roshe run straightener lululemon thomas sabo uk nike air max ray ban sunglasses jimmy choo shoes oakley canada nfl jerseys michael kors purses beats by dr dre c