Alkitab dan Teori Penciptaan

[?] Apakah informasi tentang bagaimana Allah menciptakan dunia dan manusia menurut Alkitab tidak bertentangan dengan teori-teori penciptaan yang ditemukan oleh manusia?

A. Alkitab dan Penciptaan

Alkitab mengatakan bahwa Allah adalah Pencipta alam semesta beserta segala isinya dengan Firman-Nya. Khusus penciptaan manusia, dikatakan, "Tuhan menciptakan manusia dengan membentuknya dari tanah liat, membuatnya segambar dengan Allah sendiri, dan menghembuskan nafas kehidupan, maka jadilah manusia." Allah menciptakan manusia secara langsung.

Bagi yang mempercayai bahwa penciptaan (manusia) dilakukan oleh Allah, umumnya memiliki empat cara pandang, yakni: (1). Penciptaan langsung. Allah menciptakan segala sesuatu dalam waktu enam hari tanpa menggunakan bahan dasar yang sudah ada. (2). Evolusi Deistik. Allah menciptakan segala sesuatu dan mengatur hukum-hukum alam serta serta mengembangkan energi dan materi itu. Tetapi aktifitasnya kemudian berhenti sebab Ia membiarkan proses itu berevolusi pada tingkah laku dan berdiri sendiri. Keterlibatan Allah dalam penciptaan hanya terjadi pada awalnya saja, penciptaan secara tidak langsung dari materi, energi dan hukum-hukum universal. (3). Evolusi Theistik. Mirip pandangan Deistik, tetapi dalam theistik ini, Allah mempertahankan peran-Nya dan melibatkan diri secara lebih aktif di dalam proses evolusi. Ia menanamkan sebuah natur spiritual kepada salah satu primata yang berevolusi tinggi dan menamainya "Adam". (4). Penciptaan progresif. Allah sejak semula menciptakan dan terus menciptakan dari sesuatu yang tidak ada menjadi ada.

Alkitab memang tidak merinci bagaimana teknisnya Allah menciptakan segala sesuatu. Apakah instan, bertahap, atau seperti yang dikemukakan dalam teori "Big Bang", dan sebagainya. Para ilmuwan sedang menyelidiki hal itu. Tetapi, secara tidak terbatas, Allah bisa memakai cara "bagaimana pun". Alkitab hanya memberikan informasi, bahwa "Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi". Faktanya, bumi dan segala isinya telah ada. Pernyataan Alkitab ini adalah kesimpulan yang mendorong kepada penelitian yang bersifat detail -- rasional selanjutnya.

Lamanya penciptaan adalah enam hari, ditambah satu hari dimana Allah memberkati ciptaan-Nya. Waktu penciptaan ini ditafsir secara beragam oleh para ilmuwan (scientis) dan para teolog dikaitkan dengan umur bumi. Meskipun sudah ada beberapa teori yang berusaha menyimpulkannya, secara biblika ataupun secara rasional; namun masih dianggap belum final. Kesimpulan yang valid sampai saat ini adalah, bahwa "Allah menciptakan langit dan bumi serta segala isinya selama enam hari." Dengan rincian-rincian kasar dalam Kitab Kejadian 1. Kesimpulan ini memotivasi kita untuk menyelidikinya dan menemukan kebenaran Allah sambil mengingat keterbatasan manusia dalam berbagai aspek, "Hal-hal yang tersembunyi adalah bagian Allah dan apa yang telah dinyatakan-Nya adalah bagian kita." (Ul. 29:29).

Jadi, Allah mampu menciptakan sesuatu dari yang tak Ada menajdi ada. Walaupun demikian, manusia bebas untuk menyelidiki seluruh karya Allah, bahkan dengan cara yang tidak terbatas.

B. Alkitab dan Teori Evolusi

Tentang teori Evolusi atau Naturalisme; teori ini didasari pada dua pendekatan, yaitu Observasi dan Arkeologis. Teori ini menemukan adanya seleksi alam -- makhluk hidup harus berevolusi agar dapat 'survive'. Kesalahan umum teori ini adalah menolak adanya Oknum Pencipta, tetapi menekankan proses alamiah; dari bentuk sederhana ke bentuk yang kompleks dan menghasilkan keturunan yang secara genetis- hereditas beragam dan selektif dalam jangka waktu tertentu.

Naturalisme Darwin dengan metode Observasi yang didukung fakta Arkeologi "bisa" membuktikan adanya eksistensi kehidupan, tetapi sulit untuk membuktikan proses perkembangannya secara komprehensif. Pendekatan ini belum selesai dan masih berkembang dan seringkali terjadi ketidakcocokan dalam berbagai sisi. Inilah yang disebut oleh Darwin sendiri sebagai "Difficulties of the Theory". Terutama dalam "missing Link" fosil dan perkembangan organ-organ rumit makhluk hidup, termasuk naluri.

Teori ini tidak salah total, hanya ada saja keterbatasan dalam melakukan "pengamatan" terhadap ciptaan Allah yang berujung pada kesimpulan yang gegabah atau tidak valid. Selain itu, tidak dapat disangkali bahwa fakta-fakta Ilmu Pengetahuan yang sangat maju dan bermanfaat telah mendorong kemajuan dalam berbagai hal. Dengan Ilmu pengetahuan, kita tahu berbagai fakta, walaupun masih sangat terbatas.

Teori apapun memang seringkali bersifat relatif dan terkadang kontroversial. Itu artinya "tidak dapat diandalkan", kecuali sebatas metodologi atau alat pengembangan Ilmu Pengetahuan. Pertentangan antara iman dan Ilmu Pengetahuan terjadi ketika menolak fakta keberadaan Allah berdasarkan pengamatan manusia yang sangat lemah dan terbatas. Jadi, Kekristenan dan Ilmu Pengetahuan telah dipandang sebagai bagian dari bidang yang sama, yaitu "pencarian" dan "pembuktian" kebenaran. Bukankah pengetahuan kita adalah pemberian Allah?

Demikian.

Kontributor:

Anton Priyadhi - Chatty Mintje - Christian Yanto - David Ho - Dedy Yanuar - Dwi Wong - Ivan Hariman – Iwan – Joshua - Lilik Sulistiawati - Loudy Rauan – Oktavianus - Victor Prahara - Yohanna Prita Amelia – Yuli - Yulien Djong - Yuli Rahayu - Evelyn Natalia - Gerard Binilang

Sola Gratia,
Riwon Alfrey

Kategori: Teologi

Keywords Artikel: Alkitab, Penciptaan, Teori

Topic Artikel: Teologi dan Alkitab

Comments

TEORI LUCIFER

Wahyu 12:7 Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan LUCIFER itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, 12:8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga.

karena LUCIFER & Malaikat2nya tidak mendapat tempat di Sorga, maka ALLAH menciptakan langit dan bumi. sebagai tempat pengasingan & perenungan bagi LUCIFER & malaikat2nya itu. tentu saja supaya mereka menyesal & bertobat.

nah untuk memicu pertobatan itu, ALLAH menciptakan EDEN, sehingga LUCIFER & Malaikat2nya itu terbayang-bayang akan kehidupan Sorga, sebagai tempat tinggal mereka dulunya.

ALLAH juga menciptakan Manusia di Eden, sebagai role model atau teladan bagi LUCIFER. bagaimana seharusnya berperilaku dihadapan ALLAH.

pertanyaan besar : KENAPA ALLAH MENGINGINKAN PERTOBATAN LUCIFER ? simple saja, seperti yang kita ketahui LUCIFER ADALAH SALAH SATU PENYEMBAH TERBAIK. ALLAH sangat menyukai penyembahan LUCIFER, dan ALLAH sangat merasa kehilangan saat LUCIFER memberontak.

Kiranya koment saya bisa memberikan warna baru terhadap teori penciptaan.

Regards,

JF

Teori Lucifer

JF Wrote:

karena LUCIFER & Malaikat2nya tidak mendapat tempat di Sorga, maka ALLAH menciptakan langit dan bumi. sebagai tempat pengasingan & perenungan bagi LUCIFER & malaikat2nya itu. tentu saja supaya mereka menyesal & bertobat. nah untuk memicu pertobatan itu, ALLAH menciptakan EDEN, sehingga LUCIFER & Malaikat2nya itu terbayang-bayang akan kehidupan Sorga, sebagai tempat tinggal mereka dulunya. ALLAH juga menciptakan Manusia di Eden, sebagai role model atau teladan bagi LUCIFER. bagaimana seharusnya berperilaku dihadapan ALLAH. pertanyaan besar : KENAPA ALLAH MENGINGINKAN PERTOBATAN LUCIFER ? simple saja, seperti yang kita ketahui LUCIFER ADALAH SALAH SATU PENYEMBAH TERBAIK. ALLAH sangat menyukai penyembahan LUCIFER, dan ALLAH sangat merasa kehilangan saat LUCIFER memberontak

 

JF yg saya hormati, apakah tuliasan anda di atas hanyalah pemahaman anda secara pribadi atau apakah ada ayat di Alkitab yang dapat mendukung tulisan anda? Regards, Mario Bross

Difficulties of the Theory

Baiklah JF, Anda telah meneguhkan Pernyataan ini:

Bahwa, "...Teori apapun memang seringkali bersifat relatif dan terkadang kontroversial. Itu artinya "tidak dapat diandalkan", kecuali sebatas metodologi atau alat pengembangan Ilmu Pengetahuan. Pertentangan antara iman dan Ilmu Pengetahuan terjadi ketika menolak fakta keberadaan Allah berdasarkan pengamatan manusia yang sangat lemah dan terbatas...".

Sola Gratia,
Riwon Alfrey

crx

The air jordan 2015 cheap barbour jackets ray ban new balance polo ralph lauren ralph lauren uk rolex watches oakley kate spade outlet Buddhist air max 90 michael kors outlet online nike air max northface burberry christian louboutin michael kors pandora uggs association star wars vans shoes ray ban hermes birkin christian louboutin shoes moncler jackets sale tory burch sale coach outlet store nike store louboutin shoes said eyeglasses frames hollister michael kors nike shoes for women true religion jeans outlet chanel handbags michael kors ray ban outlet longchamp outlet the burberry p90x workout schedule hilfiger outlet easton bats calvin klein underwear mizuno wave longchamp outlet polo ralph lauren outlet online michael kors outlet religion burberry hollisterco longchamp handbags adidas superstar baseball jerseys north face jackets abercrombie.com tommy hilfiger canada burberry outlet online would burberry omega north face canada hollister lululemon australia prada shoes converse outlet michael kors bags bottega veneta accept insanity workout calendar juicy couture outlet coach outlet online coach outlet store online reebok michael kors outlet online northface indoor soccer shoes ralph lauren outlet online charity coach outlet store tory burch sandals rayban bebe dresses beats by dr dre toms shoes outlet air huarache michael kors outlet online true religion outlet events mercurial superfly swarovski raybans.com ralph lauren australia adidas sneakers uggs outlet moncler women jackets nike outlet swarovski that oakley mac cosmetics converse sneakers nike store new balance maccosmetics.com uggs outlet longchamp true religion outlet use gucci handbags abercrombie and fitch tiffany and co jewelry michael kors outlet online new balance canada designer bags bcbg max abercrombie timberland outlet auctioning oakley outlet louis vuitton outlet puma baseball bats knockoff handbags pandora jewellery australia pandora uggs nike to clothing websites chanel outlet toms shoes outlet beats audio oakley sunglasses cheap michael kors outlet burberry adidas hollister canada gather michael kors abercrombie and fitch harrods london prom dresses oakley sunglasses cheap louis vuitton swarovski horloges gucci uk donations, abercrombie and fitch cheap jordan shoes tommy hilfiger ugg boots ray-ban sunglasses gucci swarovski uk jordan release rolex replica but northface thomas sabo polo ralph michael kors outlet online louis vuitton polo ralph pandora bracelet tommy hilfiger online oakley sunglasses cheap the woolrich jackets outlet swarovski canada replica watches supra shoes nike coach handbags factory barbour mens jackets ralph lauren uk juicy couture auctioning louboutin polo ralph lauren outlet nike air max nike air max hermes belt tommy hilfiger outlet stores jordans air max uhren of nike shoes michael kors outlet online sale michael kors canada rolex watches for sale coach bags wedding dresses uk beats by dr dre toms shoes outlet ralph lauren outlet privileged mcm bags tommy hilfiger outlet uggs outlet burberry tiffany and co burberry michael kors outlet online sale instyler ionic styler converse access uggs outlet abercrombie uggs jordans for sale tommy hilfiger online shop coach factory store nike air max 2014 prada shoes for men iphone 6 case to nike roshe prada outlet polo ralph lauren ralph lauren uk nike free hogan gucci outlet coach factory outlet store louis vuitton temples jordan retro 11 ray ban outlet p90x workout nike roshe run kate spade outlet louboutin shoes giuseppe zanotti new balance mcm handbags could glasses online ugg boots hermes birkin nike factory store ferragamo shoes christian louboutin salvatore ferragamo omega watches vans damage gucci outlet basketball shoes free run asics north face outlet store oakley sunglasses cheap kate spade adidas louis vuitton the coach factory longchamp handbags hollister lululemon prada replica watches lululemon michael kors outlet online sale chanel religion's tory burch sandals huarache gucci outlet burberry outlet online wholesale handbags ray ban michael kors outlet online polo ralph lauren outlet michael kors outlet online sale social ugg boots air jordan shoes gucci sale louis vuitton outlet online salomon ugg australia north face adidas timberland outlet image babyliss pro bcbg max azria adidas superstar chanel sunglasses louis vuitton outlet online lululemon canada gucci outlet prada outlet cheap boots of true religion jeans outlet mont blanc ferragamo cheap nfl jerseys nike new balance celine handbags tiffany michael kors being louboutin shoes oakley sunglasses cheap nike nike outlet store pandora ray ban nike running michael kors outlet online air max "tranquil nike roshe christian louboutin michael kors pandora tiffany and co hollister online vans marc jacobs handbags ed hardy and uggs outlet chi flat iron louis vuitton outlet online toms outlet tiffany ralph lauren outlet louis vuitton outlet online north face outlet tory burch sandals solemn".

nike roshe run swarovski crystals louis vuitton bags louis vuitton levis jeans north face outlet nike roshe air max thea nike free run 5.0 adidas online air jordan retro ray bans oakley michael kors handbags clearance air force michael kors oakley sunglasses roshe run straightener lululemon thomas sabo uk nike air max ray ban sunglasses jimmy choo shoes oakley canada nfl jerseys michael kors purses beats by dr dre c