Iman Dan Teologi: "Apa Hubungannya?"

"Melalui Iman Kita Mengerti" (Ibrani 11:1)

Teologi merupakan "penemuan", "penyusunan" dan "penyajian" mengenai kebenaran-kebenaran tentang Allah. Sama sekali tidak ada unsur yang merekomendasikan bahwa teologi itu bisa "direkayasa". Pada dasarnya ada tiga prinsip dalam teologi, yakni: (1). Teologi dapat dimengerti. Artinya teratur dan rasional, berlawanan dengan "perasaan", "kontemplasi-perenungan" dan "imajinasi-hayalan". Kemampuan berpikir analitis sangat diperlukan. Agar bisa mengerti, teologi harus dipelajari dan ditekuni serta "hidup" di dalamnya. (2). Teologi menuntut adanya penjelasan. Artinya melibatkan "interpretasi" dan "sistematisasi". Ini ada kaitannya dengan pemaknaan suatu tema ajaran alkitabiah, istilah-istilah dan kosep-konsep teologi. Dalam prinsip ini, seseorang yang hendak belajar atau ingin memahami "sesuatu" dalam dan tentang teologi, ia harus menjadi seorang "penafsir" dan memiliki "sistem" berteologi tersendiri. Atau, paling tidak, mengadopsi sistem teologi tertentu yang diyakini "benar". (3). Beriman. Iman harus bersumber pada Alkitab. Antara "beriman" dan "berteologi" secara Kristen itu hampir tidak ada bedanya. Namun, kadang-kadang suatu prinsip teologi bisa dikorbankan untuk iman; atau sebaliknya. Walau demikian, sumber teologi dan iman Kristiani harus berdasarkan pada [bukan 'dari' atau 'dalam'] Alkitab sebagai standard -- pedoman utama.

Syarat-syarat Berteologi Secara Sederhana:

(1). Harus percaya.

Memang ada seseorang yang mampu berteologi dengan baik tetapi tanpa iman. Tetapi, seorang teolog yang percaya, akan mampu memberikan penjelasan wahyu Allah yang tidak sepenuhnya dimengerti dengan pikiran yang terbatas. - Di sinilah pernyataaan, "Kita diam apabila Alkitab diam" sangat relevan. "Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita..." (Ul. 29:29).

(2). Harus berpikir

Berpikir identik dengan berfilsafat. Dalam berteologi, filsafat dianggap sebagai "Ibu" yang menggendong teologi itu. Tanpanya, teologi akan kekurangan. Pola berpikir seorang teolog, bukanlah mengabaikan rasio, tetapi, sebaliknya ia mampu mengatur - memanaga rasionya dengan teratur. Seorang teolog harus mampu berpikir secara teologis, yakni, berpikir secara eksegetik, berpikir dengan memahami suatu arti secara tepat. Misalnya, istilah "teologia Reformasi", secara tepat mengacu kepada suatu aliran teologi yang muncul pada era Reformasi abad ke-16-17. Bukan atau tidak ada kaitannya dengan reformasi politik di Indonesia, dsb. Dalam syarat inilah, mengapa istilah-istilah teologi itu tetap dipertahankan dan seminimal mungkin tidak dikontekstualkan. Seorang teolog, tidak hanya sebagai interpreter, tetapi juga mampu mempertahankan konsep-konsep teologianya secara utuh (logis dan berwibawa).

(3). Harus Interdependen

Cara berpikir setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang berpikir secara zig-zag, tetapi ada juga yang berpikir secara sistemik, teratur. Orang yang berpikir zig-zag tidak akan mampu mengintegrasikan pemikirannya secara konsistena. Sebaliknya, mereka yang berpikir sistematis, mampu melihat dan mengintegrasikan seluruh pemikirannya secara konsisten. Dunia teologi, adalah dunia berpikir dan analisis. Dalam berpikir dan menganalisa, seorang teolog tidak mungkin berdiri sendiri. Ia harus bergantung kepada pihak di luar diri dan pemikirannya. Dalam hal ini, intelek saja tidak cukup. Seorang teolog harus memiliki sumber pemikiran dan pemahaman yang berasal dari luar dirinya sediri. Seorang teolog harus interdependen. Seorang teolog harus memiliki pegangan utama, Alkitab -- wahyu Allah. Teolog harus memiliki panduan yang dapat dipercaya, yaitu para ahli dan karya mereka yang dapat dipertanggungjawabkan. Dan teolog harus tunduk pada pembimbingnya, yaitu Allah, yang kepadanya ia sedang belajar dan berteologi. Karena, "Roh Kebenaran itu akan memimpin ke dalam seluruh kebenaran" (Yoh. 16:13).

(4). Harus Menyembah.

Meskipun berteologi identik dengan latihan akademik, namun, idealnya seorang teolog adalah penyembah yang baik dan benar. Seorang teolog harus sadar betul kelayakan dari obyek penyembahannya dan sekaligus taat. Kata Yesus, "sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa". (Yoh. 15:5).

Jadi, Bagaimana?

Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: "Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku." (Yoh. 6:45). "Teologi yang sehat bukan hanya melalui pengakuan atau kredo, tetapi melalui kehidupan yang berbuah-buah; dan kehidupan yang kudus harus didasarkan pada teologi yang sehat." - (Charles C. Ryrie).

Sola Gratia,
Riwon Alfre

Kategori: Teologi

Keywords Artikel: Iman, Teologi

Topic Artikel: Teologi dan Alkitab

Comments

sebagai masukkan : "Iman adalah Kebenaran" , Teologia........

--Iman tidak dapat dimasukkan dalam pengertian Teologia , karena Iman Kebenaran setiap Manusia telah disematkan didalam 'AKAL-BUDI' setiap INSAN agar tetap dalam keputusan 'BENAR' saja. Dikehidupan yang berbeda-beda ini hendaknya setiap INSAN menyatakan semua itu adalah BENAR dan TIDAK DIPERMASALAHKAN, tetapi walaupun demikian SETIANYA ALLAH kepada kita, kenyataannya kita sering juga terkecoh oleh perbedaan yang ada disekeliling kita ini. --Oleh karena itulah Teologia tidak dapat dihubungkan dengan ke Imanan yakni Iman Kebenaran Allah.
-----------
sesungguhnya semua itu tidaklah diperdebatkan atau dipersamakan satu dengan yang lainnya, karena sesungguhnya semua itu adalah AWALNYA-SATU yang SEDANG TERPISAH-PISAH.
-----------
THANKS FOR GOD and GOD BLESS US all , AMEN
tdpms

Iman Adalah Bagian Dari Kebenaran

Salam

"iman itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita...".

Iman adalah bagian dari kebenaran. Ada dua macam kebenaran yang membentuk iman, yaitu, (1). Kebenaran obyektif dan (2). Kebenaran subyektif. (1). Kebenaran obyektif, didasarkan pada wahyu Allah secara tertulis -- Alkitab dan di dalam penyataan (in-karna-si: "tindakkan Allah di dalam daging") Allah -- Yesus Kristus. Misalnya, seseorang yang beriman kepada Yesus sebagai Juruselamat pribadinya bukan karena klaim pribadinya, atau pengakuan yang tidak berdasar; tetapi karena wahyu Allah -- Alkitab dan Yesus sendiri yang mendasarinya. Dengan demikian, iman yang obyektif, termasuk pengertian iman yang meng'amin'kan wahyu Allah itu. (2). Kebenaran subyektif. Kebenaran ini bersifat pribadi dan sangat sulit dipertanggungjawabkan. Pengertian subyektif lebih dekat dengan pengalaman, pemahaman, dan perjumpaan pribadi yang eksklusif dengan obyek imannya. Misalnya, perjumpaan antara Allah dengan Musa di Gunung Tabor, tidak dapat dijadikan alasan bagi orang lain untuk menyatakan bahwa dirinya telah berjumpa dengan Allah. Dalam hal ini, hanya Musa yang mengalaminya dan bukan orang lain. Contoh lain, Kesaksian seseorang tidak dapat dijadikan alasan untuk beriman. Pengalaman rohani seseorang hanya bersifat "kesaksian" yang hanya perlu "dipercakapan", bukan "diimani". Kebenaran subyektif tidak valid menjadi landasan iman. Istilah sederhananya, "itu khan menurut pendapatmu secara pribadi." Lalu bagaimana? Iman harus obyektif dan dihidupi dengan pengalaman yang subyektif. Kekuatan iman yang didasarkan pada kebenaran Obyektif adalah, karena Allah sendiri yang menjaminnya; sedangkan iman yang di dasarkan pada kebenaran subyektif, tidak ada jamninannya. Bukankah iman memerlukan dasar yang benar -- sauh yang kuat sebagai jaminannya? Oleh sebab itu, iman tidak bisa dipaksakan tetapi juga tidak dapat dibatalkan.

Sola Gratia

 

crx

The air jordan 2015 cheap barbour jackets ray ban new balance polo ralph lauren ralph lauren uk rolex watches oakley kate spade outlet Buddhist air max 90 michael kors outlet online nike air max northface burberry christian louboutin michael kors pandora uggs association star wars vans shoes ray ban hermes birkin christian louboutin shoes moncler jackets sale tory burch sale coach outlet store nike store louboutin shoes said eyeglasses frames hollister michael kors nike shoes for women true religion jeans outlet chanel handbags michael kors ray ban outlet longchamp outlet the burberry p90x workout schedule hilfiger outlet easton bats calvin klein underwear mizuno wave longchamp outlet polo ralph lauren outlet online michael kors outlet religion burberry hollisterco longchamp handbags adidas superstar baseball jerseys north face jackets abercrombie.com tommy hilfiger canada burberry outlet online would burberry omega north face canada hollister lululemon australia prada shoes converse outlet michael kors bags bottega veneta accept insanity workout calendar juicy couture outlet coach outlet online coach outlet store online reebok michael kors outlet online northface indoor soccer shoes ralph lauren outlet online charity coach outlet store tory burch sandals rayban bebe dresses beats by dr dre toms shoes outlet air huarache michael kors outlet online true religion outlet events mercurial superfly swarovski raybans.com ralph lauren australia adidas sneakers uggs outlet moncler women jackets nike outlet swarovski that oakley mac cosmetics converse sneakers nike store new balance maccosmetics.com uggs outlet longchamp true religion outlet use gucci handbags abercrombie and fitch tiffany and co jewelry michael kors outlet online new balance canada designer bags bcbg max abercrombie timberland outlet auctioning oakley outlet louis vuitton outlet puma baseball bats knockoff handbags pandora jewellery australia pandora uggs nike to clothing websites chanel outlet toms shoes outlet beats audio oakley sunglasses cheap michael kors outlet burberry adidas hollister canada gather michael kors abercrombie and fitch harrods london prom dresses oakley sunglasses cheap louis vuitton swarovski horloges gucci uk donations, abercrombie and fitch cheap jordan shoes tommy hilfiger ugg boots ray-ban sunglasses gucci swarovski uk jordan release rolex replica but northface thomas sabo polo ralph michael kors outlet online louis vuitton polo ralph pandora bracelet tommy hilfiger online oakley sunglasses cheap the woolrich jackets outlet swarovski canada replica watches supra shoes nike coach handbags factory barbour mens jackets ralph lauren uk juicy couture auctioning louboutin polo ralph lauren outlet nike air max nike air max hermes belt tommy hilfiger outlet stores jordans air max uhren of nike shoes michael kors outlet online sale michael kors canada rolex watches for sale coach bags wedding dresses uk beats by dr dre toms shoes outlet ralph lauren outlet privileged mcm bags tommy hilfiger outlet uggs outlet burberry tiffany and co burberry michael kors outlet online sale instyler ionic styler converse access uggs outlet abercrombie uggs jordans for sale tommy hilfiger online shop coach factory store nike air max 2014 prada shoes for men iphone 6 case to nike roshe prada outlet polo ralph lauren ralph lauren uk nike free hogan gucci outlet coach factory outlet store louis vuitton temples jordan retro 11 ray ban outlet p90x workout nike roshe run kate spade outlet louboutin shoes giuseppe zanotti new balance mcm handbags could glasses online ugg boots hermes birkin nike factory store ferragamo shoes christian louboutin salvatore ferragamo omega watches vans damage gucci outlet basketball shoes free run asics north face outlet store oakley sunglasses cheap kate spade adidas louis vuitton the coach factory longchamp handbags hollister lululemon prada replica watches lululemon michael kors outlet online sale chanel religion's tory burch sandals huarache gucci outlet burberry outlet online wholesale handbags ray ban michael kors outlet online polo ralph lauren outlet michael kors outlet online sale social ugg boots air jordan shoes gucci sale louis vuitton outlet online salomon ugg australia north face adidas timberland outlet image babyliss pro bcbg max azria adidas superstar chanel sunglasses louis vuitton outlet online lululemon canada gucci outlet prada outlet cheap boots of true religion jeans outlet mont blanc ferragamo cheap nfl jerseys nike new balance celine handbags tiffany michael kors being louboutin shoes oakley sunglasses cheap nike nike outlet store pandora ray ban nike running michael kors outlet online air max "tranquil nike roshe christian louboutin michael kors pandora tiffany and co hollister online vans marc jacobs handbags ed hardy and uggs outlet chi flat iron louis vuitton outlet online toms outlet tiffany ralph lauren outlet louis vuitton outlet online north face outlet tory burch sandals solemn".

nike roshe run swarovski crystals louis vuitton bags louis vuitton levis jeans north face outlet nike roshe air max thea nike free run 5.0 adidas online air jordan retro ray bans oakley michael kors handbags clearance air force michael kors oakley sunglasses roshe run straightener lululemon thomas sabo uk nike air max ray ban sunglasses jimmy choo shoes oakley canada nfl jerseys michael kors purses beats by dr dre c