Kelimpahan Seperti apa yang Yesus maksud…!!! Yohanes 10:10

daniel yehuda's picture

Kelimpahan Seperti apa yang Yesus maksud…!!! Yohanes 10:10

Hari-hari ini mimbar-mimbar gereja sedang populer menggemakan bahwa kita orang-orang yang percaya kepada Yesus sebagai Tuhan, berhak menerima janji Tuhan, termasuk didalamnya janji untuk hidup dalam kelimpahan…(Amin…!!!). Namun kadang kita sebagai orang percaya tidak mengerti apa yang Tuhan Yesus maksud dengan “kelimpahan” yang Tuhan janjikan, sehingga orang-orang percaya sibuk dengan hal-hal yang sesungguhnya tidak perlu kita pusingkan. Ironisnya lagi secara tidak sadar orang-orang percaya tidak hidup lagi dalam jalur kerajaan Allah di mana Tuhan Yesus berdaulat penuh dalam hidup kita, tetapi justru sebaliknya…kita menjadikan Tuhan sebagai alat untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

Nah saudara-saudara yang dikasihi Tuhan, kita perlu mengerti injil yang seutuhnya. Injil yang seutuhnya adalah satu-satunya injil yang Tuhan Yesus beritakan, dimana 1. Tuhan harus semakin berdaulat, 2. Hak kita harus semakin berkurang. Itulah injil kerajaan Allah yang Yesus beritakan, di mana kalau kita mengerti ini kita akan menjadi orang-orang yang merdeka. Namun faktanya pemahaman yang salah tentang kebenaran justru akan membuat kita terikat oleh dunia, mata kita dikaburkan dengan hal-hal yang sifatnya sementara, dan kita kehilangan fokus kita untuk hidup di dalam kerajaan-Nya.

Dalam Yohanes 10: 10…ayat yang menurut saya sudah begitu popular bagi kita, bahkan sering kali dikhotbahkan oleh hamba-hamba Tuhan, akan menjadi ayat kunci kita pada pembahasan kali ini.
Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan;
Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Nah sering sekali kita mendengar khotbah yang mengutip ayat ini, dan sering sekali kita spontan meng-amin-kan, bahwa janji Firman Tuhan ini membuat kita orang-orang yang percaya kepada Yesus akan diberi “KELIMPAHAN” (Saya juga meng-amin-kan ayat tersebut dan janji yang terkandung di dalamnya). Namun kita harus mempercayai ayat tersebut sesuai dengan maksud yang sesungguhnya dari ayat tersebut. Dari apa yang saya pelajari, saya renungkan dan saya gumulkan dari ayat tersebut, ternyata saya temukan bahwa ayat tersebut mengandung Firman yang sangat hebat, dan lebih dari apa yang sering kita dengar hari-hari ini. Tanpa bermaksud merendahkan hamba-hamba Tuhan yang sudah mengkhotbahkan ayat tersebut (saya sangat menghargai pelayanan banyak hamba Tuhan yang sudah mengkhotbahkan ayat tersebut menurut apa yang telah Tuhan anugerahkan kepada mereka), namun ayat tersebut ternyata tidak sedang berbicara tentang hal-hal yang bersifat fisik, atau bersifat sementara. Namun Tuhan sedang ingin memberikan kekayaan yang sesungguhnya bagi setiap yang percaya kepada Tuhan. Kita harus melihat ayat tersebut secara jujur dan alkitabiah, agar dapat memahami kebenaran yang seutuhnya. Kebenaran yang sedang Tuhan bukakan dalam ayat tersebut ternyata jauh berbeda dari yang sering kita dengar dalam mimbar-mimbar gereja hari-hari ini. Saya akan memberikan beberapa fakta dan saya berdoa biarlah itu mengubah paradikma kita dan saya berdoa biar hak kita semakin berkurang, namun kedaulatan Tuhan semakin bertambah atas hidup kita.

1. Kata “hidup"
Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup,
dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Dari ayat ini kita melihat bahwa tujuan Tuhan Yesus datang supaya kita memiliki hidup dalam segala kelimpahan. Ternyata dalam bahasa asli Alkitab, hidup dalam teks ini menggunakan kata "Zoe". Dalam Alkitab kita dapat menemukan 2 kata yang dapat diterjemahkan “hidup”. Pertama "bios", kedua "zoe". Nah kita akan belajar tentang 2 kata tersebut supaya kita memiliki pemahaman yang lebih terbuka. “Bios” adalah hidup yang dimiliki oleh semua mahluk hidup, baik manusia, binatang, dan tumbuhan. Dari kata ini kita mengenal istilah “biologi”. Ciri” bios paling tidak kita dapat temukan bahwa tujuan mahluk hidup adalah mencari makan, kenyang, berkembang biak, begitu seterusnya sampai pada satu titik kematian. Dengan kata lain bios adalah hidup yang selalu berhubungan dengan hal-hal fisik. Jika dalam konteks hidup manusia, paling tidak kehidupan bios bisa digambarkan bagaimana manusia bekerja mencari uang untuk melangsungkan kehidupan yang layak, menikah, memiliki keturunan, begitu sepanjang hidupnya sampai akhirnya mati. Bios selalu berhubungan dengan hal yang besifat fisik. Namun dalam diri orang percaya, kita memiliki kehidupan seperti yang disebutkan dalam ayat tersebut, yaitu kehidupan “zoe”. Zoe sangat berbeda dengan bios. Zoe adalah hidup dengan segala kekayaan dan kualitas hidup sebagai manusia yang sesungguhnya. Hidup zoe adalah hidup yang membawa arti, bukan hanya arti yang bisa dirasakan orang lain, tetapi membawa arti untuk kekekalan. Sederhananya zoe adalah hidup seperti Yesus hidup. Zoe selalu berbicara tentang kehidupan dalam hubungannya dengan Tuhan yang dimanifestasikan dalam segala hal, atau ektrimnya zoe adalah hidup yang selalu berhubungan dengan hal rohani dan tidak bersentuhan dengan hal yang bersifat fisik atau yang sementara. Zoe juga berbicara bagaimana kita mengisi hari-hari hidup kita agar apapun yang kita lakukan memiliki nilai kekal. Zoe tidak berbicara tentang panjangnya hidup dan segala prestasi yang kita dapatkan, tetapi zoe berbicara tentang dalamnya hidup, dan segala makna yang mampu kita berikan untuk orang lain dan kerajaan Allah.

Saya mengakui keterbatasan saya dalam menterjemahkan kata zoe ini, namun paling tidak kalimat saya diatas sudah mewakili arti dari kata zoe tersebut. Kita dapat melihat kebenaran di atas bahwa Yesus datang bukan untuk memberi bios (berhubungan dengan hal-hal fisik tadi), namun memberi zoe (hidup rohani). Dalam Yohanes 3: 16 dikatakan bahwa …setiap orang yang percaya kepada Yesus, tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal…hidup yang kekal dalam ayat tersebut juga menggunakan akar kata “zoe”. Artinya bahwa Tuhan memberikan segala kekayaan, kualitas hidup yang sangat tinggi bagi mereka yang percaya kepada Yesus. Itu juga berarti bahwa hidup yang kekal yang Tuhan janjikan bukanlah sekedar hidup di surga nanti, namun hidup yang kekal dimulai saat kita menerima Yesus. Saat kita menerima Yesus sebagai Tuhan, kita memiliki kehidupan zoe dengan segala kualitasnya, kita memiliki kehidupan Yesus, yaitu kehidupan yang maksimal, berkualitas dan menjadi berkat.

Kualitas hidup atau kekayaan yang seperti ini tentu tidak dapat dibandingkan dengan kekayaan fisik yang bersifat sementara. Hidup seperti Yesus hidup, kaya dalam kualitas, kaya dalam pengenalan akan kebenaran, kaya dalam pengenalan akan Allah. Sekalipun dalam kehidupan di dunia, jika dinilai secara materi Yesus dan pengikutnya tidak dipandang dunia, tidak berkelimpahan, bahkan bisa dikatakan “kekurangan”. Kita lihat kehidupan Yesus dari kelahiran-Nya di tempat yang sangat tidak layak; dari masa kecilnya hingga remaja harus hidup dalam perantauan; masa muda yang begitu suram di mata dunia, Yusuf harus mati muda sehingga Yesus sebagai anak sulung harus menghidupi ibu dan saudara-saudara-Nya; dalam perjalanan pelayanan-Nya secara materi tidak dapat dibanggakan, sampai dia berkata bahwa “serigala punya liang, burung punya sarang, Anak Manusia tidak memiliki tempat untuk meletakan kepalanya”; bahkan saat kematian-Nya, dunia memandang Yesus sebagai orang gagal. Sebenarnya dari kehidupan (zoe) Yesus di dunia hendak mengajarkan kita, bahwa harta kita yang sesungguhnya adalah kualitas hidup yang hendak Dia berikan melalui karya keselamatan; harta kita yang sesungguhnya bukanlah harta di bumi, tetapi harta di surga di mana ngengat dan karat tidak merusakannya; dunia bukanlah tanah air kita, ada satu tanah air yang lebih baik di surga nanti sehingga mata kita diajar untuk selalu tertuju kepada kekekalan.

Tuhan Yesus benar-benar mengajarkan kita tentang kebenaran hidup yang sesungguhnya. Dengan kebenaran yang utuh itu kita yang percaya dimerdekakan, dilepaskan dari segala ikatan dunia, mata kita dibuat melihat kekayaan kemuliaan dari harta surgawi yang begitu hebat. Dan hidup tersebut Yesus tawarkan untuk orang yang mau mengikut Dia. Di sini kita melihat janji Tuhan, bahwa Tuhan akan memberikan hidup yang jauh lebih hebat dari yang dunia tawarkan. Kadang kita orang-orang percaya menjadi orang yang egois tanpa mengerti kebenaran yang utuh..Kadang kita berkata bahwa “Yesus miskin, supaya kita menjadi kaya”. Saya berkata Amin… untuk pernyataan tersebut. Namun kekayaan yang Tuhan berikan bukan kekayaan yang bisa hilang oleh ngengat dan karat, namun kekayaan yang sejati yang tidak dapat habis dan binasa, yaitu kekayaan karena pengenalan akan Allah yaitu hidup kekal di dalam Yesus.

2. Dari konteks
Dalam teks Yohanes 10:10 tadi juga masih ada sambungannya…bahwa kita bukan sekedar memiliki zoe (hidup yang berkualitas), tapi kita memilikinya dalam segala kelimpahan. Namun tunggu dulu, kadang kita juga kurang memahami bagian ini secara utuh.

a. Ayat tersebut sedang berbicara tentang fakta
Dalam ayat tersebut dikatakan bahwa pencuri (iblis) datang untuk mencuri, membunuh, dan membinasakan. Kalimat tersebut ternyata sedang berbicara tentang fakta, dan tidak sedang berbicara tentang sebuah kasus. Kita melihat kenyataan yang terjadi di dunia ini, bahwa ternyata iblis justru datang untuk memberi kelimpahan, kekayaan, kesembuhan, biar usaha lancar dan segala hal yang bersifat fisik menjadi mudah tanpa suatu tanggung jawab. Bahkan iblis bukan hanya tawarkan kepada kita orang percaya saja, Tuhan Yesus juga pernah menerima tawaran seperti itu ketika Ia dicobai iblis. Kerajaan dunia dan segala kemegahan, ketenaran, dan kekayaan akan dia berikan asal mau menyembah iblis. Melihat fakta tersebut lalu apa yang dicuri, dibunuh, dan dibinasakan oleh iblis…? Karena faktanya banyak orang sakit datang ke tempat-tempat tertentu untuk meminta kesembuhan dan kenyataannya kesembuhan terjadi (ada orang berkata, sebenarnya orang tersebut tidak sembuh total tapi sakitnya dipindahkan, dsb…menurut saya itu “kasus”…memang ada yang seperti itu…namun faktanya banyak yang sembuh total sampai dia tua dan mati). Dalam kasus lain kita melihat orang-orang yang datang pada iblis dan menyembah dia untuk diberi kelimpahan, lancar usaha, dll dan mereka mendapatkannya (memang ada kasus yang terkesan tidak sempurna, cont: anaknya idiot atau kasus-kasus lain, tetapi Fakta juga membuktikan bahwa apa yang iblis beri kelihatan begitu sempurna). Kalau kita melihat fakta tersebut lalu apa yang dicuri iblis, apa yang dirusak, apa yang dibinasakan….? (renungkan sejenak secara jujur).

Tetapi Firman tersebut sekali lagi sedang berbicara tentang Fakta…bahwa iblis datang untuk mencuri, membunuh, dan membinasakan kualitas hidup kita, potensi kita untuk melayani Tuhan, kehidupan rohani kita. Memang ada kasus-kasus setelah kita putus hubungan dengan iblis usaha kita seakan-akan seret, apa yang kita peroleh seakan-akan hilang dalam sekejap, anak kita sakit-sakitan, dll seakan-akan apa yang kita punya dicuri iblis…namun sekali lagi itu adalah kasus…sedangkan Tuhan Yesus sedang bebicara tentang fakta bahwa pekerjaan iblis adalah mencuri, membunuh dan membinasakan bukan daging kita, bukan uang kita, bukan harta kita (sekalipun kita harus jujur ada kasus-kasus bahwa iblis juga mencuri apa yang kita miliki), namun faktanya adalah sekalipun iblis beri kita kelimpahan materi (namun dia bunuh rohani kita), dia berikan apa yang kita inginkan (namun dia rusak hubungan kita dengan Tuhan), iblis beri kedudukan, kekayaan, usaha lancar, kita dapatkan dunia dan keindahannya (namun dia binasakan rohani kita sehingga kita tidak hidup dalam pengaturan Tuhan).

Itulah faktanya iblis memberi segala hal namun dia binasakan rohani kita. Nah sekarang kita bisa jawab apa yang iblis curi, bunuh, dan binasakan…? Sesuai fakta yang Yesus sampaikan dalam ayat tersebut, iblis sedang membunuh kehidupan rohani kita, kehidupan kekal kita, kualitas kita untuk melayani Tuhan, bukan daging kita, bukan fisik kita, sekalipun ada beberapa kasus yang seperti itu. Melihat itu kita dapat memahami kalimat selanjutnya dalam ayat itu…bahwa Tuhan Yesus datang untuk memberikan kelimpahan. Kalau iblis mencuri harta rohani kita, kekayaan rohani kita, berarti kebalikannya bahwa Yesus datang memberikan kelimpahan yang sifatnya rohani. Sangat tidak konsisten jika kita berkata “bahwa iblis mencuri kehidupan rohani kita, tetapi Yesus datang memberikan kelimpahan materi”.

b. Bahasa Asli dari kata “kelimpahan”
Kata kelimpahan dalam teks tersebut menggunahan kata “Perissos” yang berarti berkelimpahan, sampai meluber, bisa dikatakan tidak terukur, namun dalam hal kualitas hidup seperti tadi yang sudah saya bahas (superabundant in high kuality). Memang akar kata perissos itu digambarkan seperti domba yang dibawa ke padang rumput yang hijau dan sangat lebat. Karena itu Yesus dalam perikop pasal 10 juga menggunakan perumpamaan bahwa kita adalah domba-dombanya Tuhan. Nah saya mau tanya pada saudara, kakayaan seperti apa yang tidak dapat diukur (perissos)…? Kelimpahan seperti apa yang tidak dapat diukur (perissos)…? Semua kekayaan yang ada didunia pasti bisa diukur bukan…? Kekayaan apa yang tidak bisa diukur…? Kalau saya katakan kekayaan rohani kira-kira itu bisa diukur tidak…? Tuhan Yesus juga pernah katakan bahwa kita akan menuai 100 kali lipat, 60 kali lipat, dan 30 kali lipat (Matius 13:23)…amin…? Namun sekali lagi kebenaran tersebut juga tidak sedang berbicara tentang uang atau materi, kalau kita lihat konteksnya dalam Matius 15 ternyata perikop tersebut sedang berbicara tentang penabur. Nah perikop tersebut juga menjelaskan tentang apa artinya benih yang ditabur… (Firman Tuhan). Ketika Firman itu kita terima dengan sukacita, Firman itu menyatu dan menjadi hidup dalam hidup kita, maka itu akan berbuah 100, 60, 30 kali ganda. Kita menjadi berkelimpahan karena Firman tersebut membentuk karakter, membentuk keinginan dan kehendak untuk memberikan yang terbaik untuk Tuhan dalam pekerjaan, pelayanan, keluarga, masyarakat, dan dalam setiap aspek hidup kita. Kita menjadi manusia yang unggul dan berkualitas, menjadi manusia yang kuat karena Firman tersebut, kaya akan ide dan kreasi untuk Tuhan.

Nah sudah jelas Firman Tuhan itulah harta yang sesungguhnya, lebih berharga dari emas perak. Firman Tuhan adalah harta yang Tuhan karuniakan yang tidak dapat diukur oleh timbangan apapun, oleh teori metodologi penelitian manapun dan kalau itu ada di hidup kita akan berbuah 100, 60, 30 kali ganda (bukan kali 100, kali 60, kali 30…bukan dikali, Tetapi 100, 60, 30 kali lipat), itulah yang disebut perissos atau berkelimpahan. Jadi yang Tuhan Yesus maksud dengan kelimpahan bukanlah kelimpahan materi yang bersifat fisik karena semua hal materi pasti bisa diukur…kalau Tuhan Yesus ingin memberkati kita dengan kekayaan materi, tidak perlu Dia datang dari surga untuk mati bagi kita, Dia cukup ucapkan berkat dan berkat itu datang. Namun Tuhan katakan bahwa Aku Datang untuk memberi hidup dalam segala kelimpahan, karena Tuhan tau bahwa berkat yang satu ini tidak bisa memakai perantaraan lain, tidak bisa Tuhan hanya sekedar berfirman, namun Yesus yang adalah Allah sendiri harus datang ke dunia. Yesus datang untuk memberikan berkat kehidupan yang memiliki kualitas hidup, berkelimpahan seperti hidupnya Yesus, yang membawa arti bukan hanya buat orang lain, tetapi juga bagi kerajaan Allah. Hidup dalam kelimpahan seperti inilah yang Yesus janjikan bagi kita yang percaya.

Kesimpulan :
Kita melihat bahwa yang Tuhan Yesus janjikan dalam ayat tersebut, tidak sedang berbicara tentang kehidupan materi, tetapi kekayaan yang lebih dari hal yang sifatnya sementara yaitu kekayaan rohani dalam pengenalan akan Allah dan segala kebenaran-Nya. Lalu bagaimana makan minum kita, kebutuhan kita, dan apa yang kita perlukan…apakah kita tidak boleh kaya, atau apakah kita tidak boleh mencari harta dunia…? Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya maka semua hal itu akan ditambahkan. Harta kita hanya tambahan dan kepercayaan yang harus dikelola. Kalau Bapa relakan Anak-Nya yaitu Yesus, masakan dia tidak berikan segala sesuatu bersama dengan Dia…saudara, habiskan waktumu untuk mencari harta yang tidak bisa habis yaitu Firman Allah, Yesus sendiri itu harta anda, dan buat diri anda cukup dengan Yesus, maka segala sesuatu itu akan dikaruniakan bersama-sama Dia. 1. Bekerjalah dengan giat, belajarlah dengan tekun, carilah uang saudara dengan giat sebagai bukti bahwa saudara bertanggung jawab. Namun dalam usaha saudara mencari semua hal itu, tujuan akhir-Mu hanya Tuhan… Final Destination anda adalah kerajaan Allah dan kebenaran-Nya (harta yang berkelimpahan dan tidak akan habis). Dalam pengalaman kerja, belajar, bermasyarakat dan dalam segala aspek hidup kita harus berdasarkan prinsip kebenaran dan dalam rangka pencarian akan kebenaran. 2. Cukupkanlah diri kita dengan Yesus. Apa arti kalimat tersebut…? Jadikan Yesus satu-satunya yang berharga dalam hidup anda (bukan sekedar no 1). Saya terlalu percaya jika cinta kita kepada Yesus dimanifestasikan dalam tanggung jawab kita dalam bekerja, belajar, dan segala hal yang kita lakukan di dunia ini, maka Tuhan akan memperbesar kapastitas kita. Ketika kapasitas kita diperbesar oleh Tuhan, maka Tuhan juga akan percayakan tanggung jawab yang sesuai dengan kapasitas kita. Kita akan merasa cukup dengan apa yang kita miliki hari ini, karena kita sadar itulah kapasitasku sekarang, namun kita juga harus terus dengan giat memperbesar kapasitas kita, sehingga semakin banyak hal-hal yang lebih besar yang Tuhan percayakan. Ada banyak orang yang tidak merasa cukup dengan apa yang mereka miliki saat ini, karena tidak sadar akan kapsitasnya dan “memakai Tuhan untuk membuat hidup ini menjadi mudah”. Kerja sedikit, tetapi ingin untung banyak dengan mengatas namakan Tuhan. Orang seperti ini adalah orang yang tidak menjadikan Yesus menjadi tujuan hidupnya, tetapi menjadikan Yesus sebagai alat untuk mendapatkan apa yang ia mau. Tentu ini bukan mentalitas kerajaan Allah yang Yesus ajarkan.

Ketika kita mengerti kapasitas kita, kita akan merasa cukup dan tidak akan berkekurangan (itu yang disebut dengan kaya). Ketika kita mengerti kapasitas kita, kita akan bersyukur dengan gaji 3 jt per bulan, karena dia akan berkata kapasitas diriku memang pantas dihargai 3 jt per bulan. Namun orang yang seperti ini harus bertanggung jawab dalam pekerjaannya, dan berusaha mengoptimalkan hidup yang Yesus sudah beri sehingga kapasitasnya semakin ditambah oleh Tuhan. Jadi apakah kita boleh kaya…? Jawaban saya, kita harus kaya sesuai dengan kapasitas kita. Jadi fokusnya bukan harta, tetapi kualitas hidup yang dimanifestasikan dalam kualitas kerja yang semakin dikembangkan, semakin kreatif, semakin produktif, semakin bertanggungjawab dan setia dalam tugas dan kepercayaan apapun. Orang seperti ini, adalah orang yang layak diberkati. Dan orang yang demikian, adalah orang yang akan dipercayakan banyak hal termasuk kekayaan materi untuk kemuliaan nama Tuhan. Saya percaya kalau dalam kesemuanya itu focus kita hanya kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, Tuhan akan cukupkan apa yang kita butuhkan, keuangan kita, perkerjaan kita akan dipromosikan karena kita akan lakukan yang terbaik dalam setiap tanggungjawab kita, untuk kemuliaan-Nya dan kerajaan-Nya. Kita tidak akan kuatir soal hidup kita, karena kita akan bertanggungjawab dalam segala hal, dan kita percaya bahwa hidup kita akan dipelihara sempurna oleh Bapa kita dalam Yesus. Amin.

Program Gendrang Perang
By Daniel Yehuda

Kategori: Bahan Renungan Alkitab

Topic Blog: Bahan Renungan Alkitab

Keywords Blog: Yohanes 10:10

Comments

According hollister to the


According hollister to the nike free same burberry authority, supra shoes under coach outlet the best timberland conditions converse for true religion jeans organization burberry in ferragamo shoes farming, mac cosmetics labour converse pas cher can ray ban pas cher produce 20 marc jacobs bushels air jordan pas cher of ugg boots wheat juicy couture outlet for reebok shoes 66 bottes ugg cents, chi flat iron or michael kors 1 p90x workout bushel ugg boots for 3.5 herve leger cents. thomas sabo This nike blazer was hollister done on nfl jerseys a celine handbags bonanza michael kors outlet farm jimmy choo shoes of coach outlet 10,000 ugg pas cher acres iphone 6 cases in nike air max California, and polo ralph lauren outlet was mont blanc the coach factory outlet average longchamp cost montre pas cher of karen millen the tory burch outlet whole kate spade handbags product michael kors of oakley the vans pas cher farm. ugg boots uk Mr. Carroll true religion jeans D. louboutin pas cher Wright nike free run uk says that coach outlet to-day 4,500,000 kate spade outlet men, aided new balance by michael kors outlet machinery, birkin bag turn out timberland boots a mcm handbags product vanessa bruno that pandora charms would hogan require longchamp pas cher the michael kors outlet labour of michael kors 40,000,000 giuseppe zanotti men juicy couture outlet if produced oakley sunglasses by tiffany jewelry hand. Professor Herzog, tiffany and co of longchamp Austria, longchamp outlet says that ralph lauren 5,000,000 ugg,uggs,uggs canada people insanity workout with swarovski the nike outlet machinery ray ban of sac longchamp to-day, pandora jewelry employed beats by dre at ralph lauren uk socially useful nike air max labour, vans would north face outlet be hollister able soccer shoes to valentino shoes supply a oakley pas cher population nike air max of louboutin outlet 20,000,000 ugg,ugg australia,ugg italia people coach purses with hollister pas cher all gucci outlet the hollister necessaries christian louboutin outlet and toms shoes small north face luxuries nike air max of mulberry life air max by abercrombie and fitch working abercrombie and fitch 1.5 hours lululemon per burberry outlet online day.



This asics running shoes being true religion jeans so, matter michael kors being polo ralph lauren outlet mastered, baseball bats man’s nike air max efficiency nike roshe for links of london food- pandora charms and michael kors outlet shelter-getting being replica watches increased wedding dresses a nike roshe run thousandfold replica watches over the vans shoes efficiency uggs on sale of tn pas cher the nike air max caveman, lancel then babyliss why is nike free it wedding dresses that louboutin millions ugg boots of nike huarache modern new balance pas cher men hollister live nike air max more miserably converse outlet than lived ray ban uk the soccer jerseys caveman? louboutin shoes This lacoste pas cher is lululemon the question ray ban sunglasses the hermes revolutionist chanel handbags asks, nike trainers and north face outlet he prada outlet asks ray ban sunglasses it longchamp outlet of air force the true religion outlet managing jordan shoes class, louboutin the capitalist michael kors outlet class. ghd The bottega veneta capitalist ralph lauren pas cher class prada handbags does oakley sunglasses not instyler answer gucci it. sac guess The oakley sunglasses capitalist nike roshe class cannot ugg boots answer swarovski crystal it.

north face

Packers and Movers

Smooth and Comfortable Relocation Services in Delhi information Visit site:-
Packers and movers in bangalore@ http://professionalmovers.in
Packers and Movers Bangalore@ http://professionalmovers.in/packers-and-movers-in-bangalore/
Packers and Movers in delhi@ http://professionalmovers.in/packers-and-movers-in-delhi/

Packers and Movers

Experts Affordable Home Relocation by information Visit site:-
Packers and Movers in Noida@ http://professionalmovers.in/packers-and-movers-in-nodia/
Packers and Movers in Gurgaon@ http://professionalmovers.in/packers-and-movers-in-gurgaon/