Antara TRANSFORMASIONAL dan TRANSAKSIONAL

dianpra's picture


Mungkin kamu sudah kenal Robby I. Chandra, tapi mungkin juga tidak. Mungkin kata "kenal" di situ artinya "tahu". Tahu kalo dia itu gini, dia itu gitu. Yah seperti itulah aku, hanya tahu kalao dia adalah pengarang buku Landasan Pacu Kepemimpinan, buku yang baru-baru ini kubaca, meski belum semua. Dia jugalah yang bakal jadi pembicara di seminar Seni Memimpin Diri tanggal 29 Feb-1 Maret 2008.

Secara umum, ku dapat banyak pengetahuan mengenai aspek-aspek dalam kepemimpinan Kristen setelah baca bukunya. Yang paling masuk, adalah definisi tentang apa itu pemimpin yang sejati. Dari buku itu aku jadi tahu tiga kriteria seorang pemimpin sejati, yaitu merusmuskan visi bersama, menggerakkan orang bersamanya, dan menghasilkan perubahan atau transformasi. Nah kalo dilihat dari sudut pandang kristiani, pemimpin sejati berarti orang yang memobilisasi dan mentransformasi diri dan komunitasnya pada posisi dan kondisi yang Tuhan kehendaki.

Nah, aku perhatikan hal itu ada kaitannya dengan satu bab di buku ini yang judulnya "Kepemimpinan Transformasional atau Transaksional". Dari interpretasiku setelah baca buku itu, pemimpin yang transformasional itu adalah pemimpin yang mengambil segala keputusan dan tindakan untuk kepentingan dirinya, terutama bagi bawahannya, untuk dapat maju dan berkembang bersama-sama. Beda dengan pemimpin yang traksaksional, di mana ia mengambil keputusan dan tindakan untuk kepentingan dirinya sendiri, ia hanya memikirkan untung rugi sebuah tindakan dan keputusan itu bagi dirinya sendiri. Ia tidak pernah memikirkan bawahannya.

Dengan kata lain, jika mau disebut sebagai pemimpin yang sejati ya harus jadi pemimpin transformasional, yang fokusnya bukan pada kepentingan diri sendiri, tapi juga pada orang lain, terutama orang-orang yang dipimpinnya.

Kategori: Kepemimpinan Kristen