Menjadi PemimpiN atau Pemimpi?

dianpra's picture

Ada dua profesi yang dapat kamu pilih, yakni antara menjadi pemimpin dan menjadi pemimpi. dreamerDua profesi itu sangat bertolak belakang. Saat kamu menjadi pemimpin, kamu memiliki kesempatan untuk berdampak. Sedang jika kamu menjadi pemimpi, kamu hanya akan berada pada tempat di mana kamu ada sekarang, kamu tidak akan maju dan berkesempatan untuk berdampak (stagnant). Nah, sebenarnya ada satu faktor yang sangat mempengaruhi apakah kamu nantinya menjadi pemimpin atau pemimpi.

Memang, jarak antara kedua peran (pemimpin dan pemimpi) itu sangat dekat. Kalau boleh saya bilang, kedua itu hanya dibatasi oleh sesuatu hak yang namanya inisiatif. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002), inisiatif didefinisikan sebagai prakarsa atau tindakan mula-mula yang dimunculkan seseorang.

Berinisiatif berarti bertindak. Saat kamu memiliki ide, tindak lanjutilah dan wujud nyatakanlah ide tersebut. Saat kamu mau berinisiatif, kamu sedang berada di jalan yang tepat untuk menjadi pemimpin. Sebaliknya, jika kamu memiliki ide namun tidak menindaklanjutinya, kamu tidak bisa dikatakan sedang berinisiatif. Dan ketika Anda terjebak dalam situasi tersebut, Anda hanyalah seorang pemimpi, bukan pemimpin.

Manakah yang akan kamu pilih; menjadi pemimpin atau menjadi pemimpi? Pilihannnya ada di tanganmu!

Kategori: Kepemimpinan Kristen