Menjadi Penulis Kristen Kreatif

dianpra's picture

writingMenjadi penulis Kristen yang kreatif sebenarnya, secara teori, adalah hal yang mudah. Cuma praktiknya saja yang terkadang sulit. Nah, bagaimana kita dapat membuat suatu tulisan yang kreatif? Salah satunya ya dengan mencari ide yang kreatif, ide yang lain dari pada umumnya. Ide kreatif yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah tulisan.

Kreatif Mencari Ide Tulisan

Kreatif, dalam KBBI online < http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php > berarti memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan atau bersifat (mengandung) daya cipta. Melihat hal ini, saya jadi ingat kepada materi seminar yang disampaikan salah satu pembicara dalam suatu konferensi pemuda di Jakarta baru-baru ini tentang menjadi entrepreneur. Pembicara yang juga adalah kolega Ir. Ciputra itu mengatakan bahwa dalam hidupnya, Ir. Ciputra memiliki definisi sendiri tentang apa itu enterpreneur. Menjadi entrepreneur berati memiliki kemampuan mengubah sampah menjadi emas. Kemampuan mengubah sesuatu yang tidak berharga menjadi sesuatu yang berharga, yang memiliki nilai jual.

Hal tersebut, saya rasa mirip dengan apa yang disebut sebagai kreatif. Karena itu, boleh dikatakan bahwa kreatif dalam mencari ide tulisan berarti memiliki kemampuan untuk mengubah suatu topik tulisan menjadi suatu yang berharga, yang memiliki nilai jual. Yang memberikan suatu informasi baru dan lain daripada biasanya kepada pembacanya.

Modal Dasar Mencari Ide Kreatif

- Think Out of The Box

Berpikir di luar biasanya. Itulah yang dimaksud dengan "Think Out of The Box".

Suatu ketika, ketika berkendara melewati sebuah sedan yang memiliki seperangkat tv di dashboard-nya, seseorang berkata, "Ih, kasihan sekali ini orang, tv-nya kecil sekali. Aku saja punya tv yang lebih besar dari itu."

Orang itu secara sadar atau tidak telah berpikir keluar dari kotak, berpikir dari pemikiran yang umum. Sementara orang biasanya berpikir bahwa pemilik sedan itu kaya karena memiliki tv di mobilnya, orang itu malah berpikir sebaliknya.

- Skeptis

Skeptis berarti kurang percaya; ragu-ragu. Orang yang skeptis biasanya tidak mudah menerima dan memercayai segala sesuatu yang dilihat, didengar, atau dirasakannya. Meski sebenarnya segala sesuatu tersebut mungkin saja sudah diterima dan dianggap benar oleh orang kebanyakan.

- Kritis

KBBI online memiliki tiga definisi mengenai kata ini. Salah satunya adalah tajam dalam penganalisisan.

Prefiks ter- jika dikaitkan dengan kata sifat berarti "paling" (terbaik, terindah, dsb.). "Terbesar" misalnya. "Terbesar" berarti paling besar dalam ranah atau bidang tertentu. Yang namanya "paling" itu berarti cuma ada satu. Nah, suatu ketika seseorang kritis terhadap kesewenangan dalam penggunaan kata ini. Setiap ada pameran komputer di kota Solo, labelnya selalu saja hampir sama: "Pameran Komputer Terbesar". Selalu menggunakan kata "terbesar". Nah, yang terbesar yang mana jika semua pameran komputer selalu dikatakan terbesar. Padahal yang namanya paling itu kan cuma ada satu.

Nah, itulah ketiga modal dasar untuk kita dapat menulis secara kreatif. Untuk dapat menulis dengan kreatif, kita harus memiliki topik yang lain daripada biasanya. Untuk mendapatkan ide yang di luar dari biasanya, ketiga modal dasar tersebut dapat dipakai. Tentang cara pemaparannya, itu terserah Anda. Toh, semua orang memiliki gaya tulisan yang berbeda-beda.

Menjadi Penulis Kristen Kreatif

Modal dasar sudah kita miliki, nah sekarang tinggal bagaimana pemaparannya. Menjadi penulis Kristen tidak melulu harus menulis atau memaparkan segala sesuatu yang berbau Kristen (tentang Alkitab, Natal, Paskah, dsb.) Kita bisa saja menulis dan memaparkan topik-topik di luar kekristenan, namun menuliskannya berdasarkan prinsip-prinsip Kristen. Atau jika dimungkinkan, memasukkan beberapa prinsip Kristen di dalamnya.

Soal "terbesar" di atas misalnya. Kita bisa saja mengulas bahwa pelabelan yang seenaknya sendiri itu sebenarnya hanyalah pembohongan publik. Semua pameran komputer selalu dikatakan yang paling besar. Masa iya? Memang itu hanya digunakan untuk menarik pengunjung, tapi bukannya langkah penarikan massa itu bertentangan dengan firman Tuhan karena pada dasarnya setiap label "terbesar" itu tidaklah benar.

Kategori: Literatur Kristen

Topic Blog: Misi

Keywords Blog: gagasan, ide, kreatif, kristen, penulis