" Roh Agamawi "

Menyingkap roh agamawi

Roh agamawi adalah suatu roh yang memelihara ketidaksadaran kita terhadap TUHAN, dimana melakukan segala sesuatu hanya sebagai rutinitas keagamawian saja. Hal ini akan menghilangkan hakekat kehidupan Roh. Mari hayati Matius 5:20. RohAgamawi mencegah kita masuk “kerajaan Sorga” yaitu Tuhan membawa kita masuk dalam dimensi illahi, dimana Kristus menjadi sangat nyata dengan kuasa & kemuliaanNya melalui hidup kita. Mari hayati Matius 6:1-4. Hal memberi di dalam ayat tersebut adalah melakukan segala sesuatu karena Roh yang menggerakkan, bukan karena kewajiban agamawi saja. Di dalam Matius 6:5-6 Jesus mengajarkan bahwa hidup beribadah, berdoa, memberi sedekah, tidak ada sangkut pautnya dengan melakukan aktivitas tersebut dengan sembunyi-sembunyi. MaksudNya adalah jika kita melakukan segala sesuatu yang bersumber dari roh agamawi sifatnya hanyalah untuk menarik keuntungan bagi dirinya sendiri. Itulah yang dimaksud dengan “mereka sudah mendapat upahnya”.

Mengenali roh agamawi :

1.Roh agamawi dimanifestasikan manusia yang tampaknya sangat rohani tetapi tidak memiliki kehidupan Roh, tidak memiliki kepekaan Roh. Tuhan tidak ingin manusia mengerjakan segala sesuatu sebagai rutinitas, kebiasaan ataupun hanya untuk dianggap sebagai orang rohani.

2.Roh agamawi mengajarkan bahwa manusia akan lebih rohani atau lebih dekat dengan TUHAN dengan cara melakukan sesuatu atau mengalami penderitaan-penderitaan tertentu. Kepenuhan RohAllah yang bersifat merdeka tidak ditentukan rutinitas, ruang & waktu. Hubungan dengan TUHAN adalah hubungan pribadi. TUHAN melihat hati manusia, bukan bersihnya pakaian atau bersihnya tubuh kita dari penyakit. Tuhan melihat hati kita.

3.Roh agamawi membuat seseorang memandang rendah orang lain yang tidak melakukan aktivitas rohani yang sama seperti dirinya. Atau merasa bersalah bila membanding dengan orang lain yang melakukan aktivitas rohani tertentu melebihi dirinya.

4.Roh agamawi membuat manusia lebih mengutamakan aktivitas atau kesibukan daripada persekutuan dengan Tuhan. Hal macam ini justru menyebabkan kita di dalam ketidaktaatanNya.

5.Roh agamawi akan membuat manusia mudah tersinggung dan merasa wajib membela bila symbol keagamaannya diganggu.

Seharusnya kita bertanya adakah Roh Allah di dalam diri kita, selama kita berjalan dalam kebenaranNya, Tuhan dekat dengan kita dan kehadiranNya nyata dalam hidup kita.

6.Roh agamawi membuat manusia mulai memuja aksesoris keagamaan secara berlebihan. Misal memasang tanda salib, minyak urapan, menyimpan roti anggur perjamuan dll. Yang harus kita perhatikan adalah ketika ada aliran kehidupan Roh, segala sesuatu yang kita lakukan akan menarik perkenan Tuhan dalam hidup kita.

7.Roh agamawi membuat manusia tetap tinggal di zona nyamannya dan tidak menyadari fakta hidup yang harus dihadapi. Agar terjadi terobosan dan perubahan illahi, kita tidak hanya berdoa terus-menerus saja tetapi harus menyadari diri untuk melakukan sesuatu dariNya. Hayati 1 Petrus 3.

Kita harus mengenal dan merasakan Roh Allah di dalam hidup kita. Tanpa itu kita sangat sulit lepas dari roh agamawi.

TUHAN mencari, manusia yang diciptakan serupa denganNya, manusia yang mau menjadi wadahNya, menjadi bait suciNya. Kita perlu mempersiapkan diri.

Mari hayati Galatia 4:6 , Lukas 15:11-32, 25-31,

Kategori: Misi

Topic Blog: Audio

Keywords Blog: agamawi

Comments

gw banget nih..

shalom saudara2 ...
ogut mau tanya donk,, saya lagi ngalamin roh agamawi ini ni..
di 1 sisi saya merasa harus ngejalanin hubungan sama Tuhan, jadi saya berkomitmen untuk ngelakuin itu,, tapi jadinya malah kayak rutinitas..
nah
on the other side, kl saya ga ngelakuin itu , saya merasa ga ada hubungan sama Tuhan, jadi ga enak gitu ,...
kyk tertuduh lah...
ad saran ga??
minta tolong banget nih ....
makasih ya..
GBU all

Proses

ALLAH suka dengan manusia "soleh", tapi hanya rutinitas ya... tidak ada artinya dihadapan BAPA. Tak ada perbuatan baik manusia yg sanggup menghapus dosa selain melalui JESUS sang Mesias di dalam dimensi roh. Dimensi materi tidak akan dipakai. Lagian, tidak ada manusia yg benar, yg luput dari dosa termasuk yg ada di hati kita. Mintalah karunia baptisan RohKudus. Seringlah berdoa.