"Ia harus makin besar dan aku harus makin kecil..."

“Iman kulit kacang”

“Tetapi tanpa Iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah....” (Ibr 11:6a). Kacang. Macamnya banyak. Ada kacang garing, kacang bawang, kacang rebus, kacang mede, dsb. Anda dan saya pasti pernah memakan salah satu dari makanan ringan ini sebagai camilan untuk menemani saat santai. Biasanya kebiasaan para pria bergadang menonton bola ditemani kacang dan minuman pelengkap lainnya. Ada juga yang memang hobby makan kacang. Tapi pernahkan kita menghayati bagaimana proses memakan kacang itu sendiri? Dikupas, dibuang kulitnya barulah biji kacangnya bisa dimakan. Dan biji kacang itu tidak semuanya bagus. Ada yang kulitnya begitu bersih dan mulus tetapi dalamnya? malah kosong. Ada yang kulitnya besar tetapi isinya? malah kecil dan mengkerut. Kita pasti pernah tertipu oleh kulit kacang yang demikian, karena pastilah kita berpikir bahwa isinya bagus. Tapi kenyataannya tidak selalu demikian.

Ya begitu juga dengan kita yang sering tertipu dengan kulit kacang. Mungkin kita harus berhati-hati karena jangan-jangan kita malah tertipu oleh motivasi kita melayani Tuhan yang tidak lahir dari iman. Iman seringkali hanya dijadikan “kulit” dari motivasi kita yang “meleset”. Iman seringkali dijadikan bungkus dari pepesan kosong. Iman seringkali dijadikan tameng dari tanduk kita sendiri.

Maka ada baiknya kita menyimak apa yang disampaikan Tuhan Yesus : “Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api..” (Mat 7:19).

Kita masih punya waktu untuk sejenak merenungkan apakah motivasi kita datang ke gereja ataupun ikut serta dalam pelayanan yang ada. Agar jangan sampai dari diri kita menghasilkan buah-buah palsu dari motivasi yang salah. Tapi biar iman itu sendirilah yang menjadi motivasi, agar buah-buah yang dihasilkan juga baik dan dapat menjadi berkat untuk sesama. Karena jelaslah tanpa Iman kita tidak berkenan dihadapan-Nya.

Kategori: Bahan Renungan Alkitab

Topic Blog: Kesaksian

Keywords Blog: iman, motivasi pelayanan