Penciptaan Cakrawala di hari ke 2 tidak dikatakan baik.

Allah yang kita sembah baik. Apa yang keluar dari Allah baik. Baik adalah salah satu sifat Allah.

Semua hari penciptaan, dari hari ke-1 sampai dengan hari ke-6 adalah baik tetapi dihari ke-2 sewaktu penciptaan cakrawala tidak dikatakan baik (Kejadian 1:6). Mengapa dikatakan demikian?

Allah menciptakan sorga untuk Anak-Nya dan mewariskan sorga (Filipi 2:6-11; Ibrani 1:1-4; Kolose 1:15-17). Sorga adalah Kerajaan Anak. Oleh sebab itu sewaktu murid-murid Yesus mengatakan :"Maukah Engkau menjadi Raja atas kami." Yesus katakan bahwa Kerajaan-Nya bukan di bumi ini.

Waktu Allah menciptakan sorga Allah sekaligus juga menciptakan angkasa/cakrawala (Kejadian 1:1). Langit menunjuk kepada langit ilah-ilah (sorga) sedangkan bumi sudah termasuk di dalamnya angkasa.

Allah menciptakan sorga untuk Anak-Nya tetapi kita tahu bahwa Anak Allah baru keluar dari pangkuan Bapa 2000 tahun yang lalu (Yohanes 1:18), dan sebelum keluar dari pangkuan Bapa, Firman itu bersama dengan Bapa (Yohanes 1:1-2).

Yesus bukan turun dari sorga, sorga adalah ruangan rohanis yang diciptakan karena jika demikian berarti Yesus itu juga ciptaan (Yohanes 1:18), karena Firman itu berada bersama Bapa dan baru 2000 tahun yang lalu Firman itu keluar dari pangkuan Bapa dan melalui rahim seorang perempuan, masuk ke angkasa, mati dan bangkit dan menerima sorga yang dinantikan oleh para malaikat/pelayan sorga.

Allah menciptakan malaikat di sorga sekaligus karena malaikat tidak kawin dan mengawinkan dan sebagai pelayan Allah di sorga dan sebagai pelayan bagi keturunan Abraham (Ibrani 1:14) juga. Sorga adalah tempat tinggal para roh-roh / malakat-malaikat yang menjaga posisinya sebagai pelayan.

Bagi malaikat-malaikat yang tidak berubah sifat seperti Mikael dan Gabriel, mereka tetap melayani nama Yesus di sorga, tetapi bagi malaikat yang berubah sifat dan merosot Allah harus memberikan tempat tinggal juga bagi roh-roh/malaikat-malaikat yang merosot itu.

Semua yang keluar dari Allah adalah baik. Karena Allah sudah memberikan keperibadian kepada malaikat, apakah mau menerima hidup dari Allah atau tidak (Ulangan 30:19) maka Allah sudah tahu suatu hari pasti ada yang berubah sifat maka Allah juga sudah mempersiapkan tempat tinggal bagi roh-roh/malaikat yang berubah sifat/merosot.

Allah mendorong kita juga supaya menerima kehidupan tetapi bagi yang menolak bukan arti Allah memberi kutuk tetapi Allah sudah memberi 2 pilihan dan malah memaksa supaya kita terima kehidupan, karena kalau menolak maka secara otomatis kutuk atau kematian itu datang.

Kita harus tahu dengan jelas bahwa sifat Allah adalah tidak melampaui kepribadian manusia ataupun malaikat, maka bagi yang menolak hidup maka secara otomatis kutuk/kematian itu datang. Bukan arti Allah memberi kutuk atau kematian tetapi karena manusia atau malaikat itu yang menolak hidup dan berkat. kalau kita paham akan sifat Allah yang tidak melampaui kepribadian manusia dan malaikat maka dalam menjalani kehidupan iman kita akan enak.

Jika masih ada manusia yang bersungut-sungut? Mengapa begini Tuhan, mengapa begitu Tuhan orang-orang seperti itu pantas binasa, karena menghujat Allah. Mengapa? karena Allah tidak pernah mencobai manusia dan Allah pun tidak bisa dicobai oleh ciptaan (Yakobus 1:13).

Dan juga Allah itu tidak haus akan pujian dan kemuliaan karena Allah adalah yang memenuhi diri-Nya sendiri (Kisah 17:24-25). Allah itu tidak kekurangan apa-apa.

Mengapa bisa terjadi begitu? Karena dulu sebelum kenal Yesus mereka adalah menyembah berhala-berhala yang bisu dan miskin dan yang haus disembah dan takut kalau tidak menyenangkan berhala-berhala itu nanti berhala yang bisu dan miskin itu akan marah dan mereka pikir mereka akan dikutuk dan mendapat masalah dalam hidupnya.

Kita harus kenal sifat Allah.

Maka sifat Allah adalah tidak melampaui kepribadian manusia. Allah memaksa kita untuk terima hidup, jika kita tolak maka kutuk/maut itu akan datang dengan sendirinya. mengapa? karena firman Allah adalah hakim, maksudnya firman itu akan bekerja dengan sendirinya.

Jadi kita tahu bahwa walaupun ada malaikat/roh yang merosot Allah juga ciptakan tempat tinggal bagi malaikat/roh yang merosot itu.

Hari ke-2 tidak dikatakan baik, mengapa? karena cakrawala adalah diciptakan bagi roh-roh/malaikat-malaikat yang merosot.

Angkasa diciptakan oleh Allah bagi roh-roh yang merosot dan tidak melayani nama Allah.

Salah satu penghulu malaikat, Lucifer merosot dan dilempar kebawah dari sorga yaitu angkasa. Keadaan angkasa sebelum Lucifer dilempar kebawah itu itu kosong, yang ada hanya kegelapan dan juga belum berbentuk. Karena Anak Allah mau datang maka isi angkasa ditata oleh Allah untuk kedatangan Anak Allah.

Jadi kita tahu sekarang bahwa angkasa/cakrwala diciptakan oleh Allah di hari ke-2 tidak dikatakan baik karena cakrawala/angkasa ini adalah tempat tinggal bagi Iblis dan malaikat-malaikat yang merosot dan bagi manusia yang tidak mengenal dan melayani nama Yesus.

Malaikat-malaikat yang ikut dengan Lucifer sebagai hamba Iblis. Mereka di dalam angkasa ini sebagai roh antikristus, roh bidat dan nabi palsu.

Selain dari ke tiga roh itu ada juga roh-roh penyesat dan roh-roh najis (setan-setan).

Kita harus kenal mereka sebagai musuh (penentang) Allah. Kita kenal Yesus itu baik tetapi kalau kita tidak kenal dengan penentang nama Yesus (Allah) itu sama saja kita tidak kenal Yesus.

Jika kita tidak kenal tujuan Yesus datang ke dunia ini untuk membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis ( 1 Yohanes 3:8) mengakibatkan kita sering dikalahkan Iblis dan juga kita tidak membantu pekerjaan Roh Kudus malahan nanti kita akan menghujat Yesus dimana pekerjaan Allah dikatakan pekerjaan Iblis dan pekerjaan Iblis dikatakan sebagai pekerjaan Allah.

Pembagian malaikat:

1. Yang tidak berubah sifat yaitu Mikael dan Gabriel.

2. Yang bisa berubah sifat yaitu serafim, kerubim dan bala malaikat.

3. Yang berubah sifat/merosot yaitu Lucifer(Satan/Iblis) dan malaikat-malaikatnya.

Alkitab hanya bercerita tentang 3 keberadaan roh :

1. Allah adalah Roh.

2. Malaikat adalah roh. Tubuh malaikat adalah roh.

3. Manusia adalah roh yang memiliki tubuh daging.

Allah hanya menciptakan malaikat dan manusia. Allah tidak menciptakan yang lain diluar malaikat dan manusia.

Hamba Iblis sebagai ilah dunia / ilah zaman ini (2 Korintus 4:4). Iblis adalah penghulu malaikat dan malaikat yang melayani penghulu malaikat yang diusir bersama Iblis itu juga mengerjakan pekerjaan Iblis.

Roh antikristus, roh bidat dan roh nabi palsu adalah malaikat yang tidak diciptakan dari dunia ini tetapi diusir dari sorga.

Iblis (Raja dunia yang gelap) dan 1/3 malaikat :

1. Pemerintah-pemerintah - roh antikristus.

2. Penguasa-penguasa - roh nabi palsu.

3. Penghulu-penghulu-roh bidat.

4. Roh-roh jahat di udara ada 2 yaitu roh penyesat dan roh-roh najis (setan-setan).

1,2,3 dan roh penyesat bekerja di luar tubuh manusia, roh-roh najis (setan-setan) tinggal didalam tubuh manusia.

Pemerintah-pemerintah dalam sistemnya menolak kristus. Penguasa adalah mayoritas yang menolak Kristus. Penghulu adalah organisasinya tidak besar tetapi roh tersebut bekerja sebagai roh bidat (jatuh dalam mistik) dan bekerja giat di gereja Kristus, maka mistik sering terjadi di dalam Ke Kristenan kita.

Roh jahat di udara ada 2 macam yaitu : roh penyesat dan roh najis.

Roh penyesat masih malaikat dan bukan dibawah iblis tetapi malaikat kudus yang diutus oleh Allah untuk orang percaya yang berubah sifat karena tuannya berubah sifat.

Roh najis adalah bekas manusia. karena roh yang bekas punya tubuh adalah manusia.

Roh Bidat pengaruhi manusia dengan mistik.

Roh nabi palsu adalah mempengaruhi manusia bahwa ada nabi besar dan menganggap dirinya nabi dan seolah-olah membawa sesuatu yang baik / keselamatan bagi manusia. Selain itu pekerjaan roh nabi palsu adalah percaya Yesus lain atau injil lain. Misal : HT juga beri keselamatan, ini sudah dipengaruhi oleh roh nabi palsu.

Roh antikristus adalah yang tidak percaya Yesus. Orang Kristen yang tidak percaya kesembuhan dipengaruhi oleh roh antikristus. Yesus datang dalam tubuh dan jika tidak percaya juga dipengaruhi oleh roh antikristus. Mengatakan Yesus tidak mati di salib ini juga dipengaruhi oleh roh antikristus.

Semua ini adalah pekerjaan dari malaikat. 3 hal ini bekerja dalam hal rohani.

Roh penyesat bekerja dalam hal moral dan etika, dalam hal kebiasaan yang buruk (bekerja di luar tubuh manusia). Roh penyesat adalah jembatan bagi roh najis itu masuk ke dalam tubuh manusia, dimana orang kristen masa kini katakan "buka celah". Roh penyesat inilah yang menyebabkan manusia buka celah.

Roh najis adalah bekas manusia dan bekerja di dalam tubuh manusia.

Roh najis adalah jembatan bagi roh antikristus, roh nabi palsu dan roh bidat ke dalam tubuh dengan mempengaruhi pikiran dan kepribadian manusia.

Malaikat tubuhnya adalah roh dan tidak ada tubuh daging maka tidak perlu tubuh manusia dan tidak mungkin dan bisa masuk ke dalam tubuh manusia. Contoh : Yakub bergumul dengan malaikat, Lot dan istrinya di pegang tangan nya oleh malaikat, Petrus ditepuk pungggungnya olah malaikat.

Tidak ada satu ayatpun yang mengatakan bahwa malaikat bisa masuk ke dalam tubuh manusia. termasuk malaikat yang jatuh dari sorga juga tidak bisa masuk.

Yang bisa masuk adalah roh manusia yang pernah punya tubuh.

Tugas pelayanan Yesus yang pertamakali adalah di kapernaum (rumah ibadat) dalam markus 1:21-28.

Dimana sewaktu Yesus bawa firman roh-roh najis/unclean spirit/setan-setan itu berteriak-teriak. Dan Yesus pergi kemanapun usir roh najis dan memberi kuasa kepada murid-muridnya untuk usir roh najis ( Matius 10:1).

3,5 tahun pelayanan Yesus diintisarikan dalam Lukas 13:31-32 katakan:"katakan pada serigala itu, Aku mengusir roh najis dan sembuhkan orang pada hari ini dan besok dan pada hari yang ketiga Aku akan selesai.

Usir roh najis begitu penting supaya nama Yesus dinyatakan (Yohanes 9:4).

Roh najis adalah tetap musuh Yesus dan kita adalah orang yang diselamatkan oleh darah Yesus.

Kategori: Teologi

Comments

serba wah... baik

yang tertulis serba baik, ini baik itu baik, wah baik...

tapi kenyataannya kok buruk jelek jahat...

terlalu banyak permainan psikologi, terlalu berkhayal utk ciptakan harapan

tak guna wan !!

panjang tapi tak berisi
padat tapi tak guna
mendetail tapi banyak ngawurnya
muluk muluk tapi bukan dari Firman Tuhan
makin lama baca main pusing...
iah iah jadi dongkol susah menjelaskannya
uang makan pun bingung karena "kebaikannya"
Isinya memang tak guna Wan !!

to anonymous

            Adalah tidak fair, menilai tulisan orang lain tanpa menunjukkan dimana letak kesalahannya.

       Menghakimi tulisan tanpa menunjukkan dimana kesalahannya dan  tidak menunjukkan yang benar, bukankah itu suatu fitnah?

       Uji lah setiap tulisan dengan firman.

       Uang makan bingung karena malu bertanya dan tidak mau bertanya.

       Iah-iah dongkol susah menjelaskannya karena tidak mau bertanya.

       Untuk menghakimi tulisan gampang, tapi menunjukkan yang benar tidak semudah itu.

       Contoh yang gampang kalau kita menghakimi tulisan orang ngawur atau tidak:

      Iah-iah menulis: "SMU Methodist Medan-memanggil hantu m2mc" bagian kolom komentar jurus membedakan roh dikatakan :"Pemimpin roh jahat itu disebut Iblis atau setan."

      Sedangkan Wahyu 12:9 katakan:"Dan naga besar itu,si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan..."

       Satan itu bukan setan. Satu hal ini sudah salah, apakah semua tulisannya dibilang ngawur semua? Ya, ga bisalah, ga fair namanya.

      Oleh sebab itu, kita harus uji dulu, bertanya dan temukan titik temu.

      Jika kesalahan satu saja sudah dibilang ngawur semua, apakah bukan fitnah?

       

Ha ha ha Gunawan masih tak

Ha ha ha Gunawan masih tak mengerti mengapa pengunjung blog ini malas mengomentari tulisan anda
Iah iah sudah bingung mau ujinya mulai dari mana, uang makan mau makan yang mana dulu jika semua dirasanya campur aduk tak karuan.
Mestinya kamu tanya dulu atau uji dulu tulisanmu kepada yang kompeten sebelum diunduh di sini. capek tahu mau bahas tulisan yang sorry... kacau gini pemahamanyanya, sampai tarik urat leher keluar juga nggak bakal tuntas.
Problem pemahamanmu, terus terang agak luar biasa kalau tidak boleh disebut nyeleneh bung
Selamat menguji tulisanmu, gunawan, moga moga tidak tak guna wan

Kontex Iman Gunawan ?

@Gunawan

Anda menulis:

[Kalau kita paham akan sifat Allah yang tidak melampaui kepribadian manusia dan malaikat maka dalam menjalani kehidupan iman kita akan enak.]

Kehidupan Iman kita akan enak ?
Atau
Iman kita akan enak ?

Tolong definisikan iman menurut pemahaman Anda

 

Salam Hangat [=_=]//


^
K*Aw*Ay^

to kaway_banga

         Sebelum saya menjelaskan iman menurut pemahaman saya, lebih bijasksana jika saya jelaskan iman itu apa?

        Untuk berhubungan dengan sesama manusia diperlukan bahasa. Bahasa adalah salah satu alat komunikasi. Kita bisa berkomunikasi dengan sesama karena kita bisa melihat dan bertatap muka secara langsung. Jika kita ingin berkomunikasi dengan sesuatu yang tidak bisa kita lihat, bagaimana?

      Allah adalah Kemuliaan (Yohanes 1:14). Allah menjawab doa kita dengan kemuliaan, doa kita itu disampaikan oleh malaikat dan malaikat yang membawa jawaban doa kita (Daniel 10:1-22) dan di wahyu 8: 1-5 juga dikatakan bahwa doa itu disampaikan kepada Allah yang dibawa oleh malaikat.

      Alam maut adalah tempat yang tidak ada  kemuliaan. Yang ada hanyalah kegelapan. Manusia yang lewat di dalam angkasa/alam maut ini tidak pernah melihat Kemualiaan. Kemuliaan itu adalah milik Allah. Karena manusia hidup dalam kegelapan maka yang ada hanya kebinasaan. Allah memberikan iman kepada manusia supaya manusia bisa memiliki iman. Manusia pada hakekatnya tidak memiliki iman. Apakah iman itu? Iman adalah Yesus. Allah memberikan Yesus kepada kita supaya kita bisa mengenal Allah yang tidak kelihatan. Maka Ibrani 11:1 dikatakan bahwa Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Yang tidak pernah kita lihat dan rasakan itu adalah Allah, oleh sebab itu Allah berikan Yesus supaya kita bisa memiliki iman/Yesus kepada Allah. 

     Dalam 1 Yohanes 1 dikatakan:"Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup".

       Allah adalah yang tidak bisa dilihat (Yohanes 1:18). Maka dikatakan dalam ayat diatas bahwa Allah memberikan Firman hidup kepada kita sebagai iman kepada yang tidak kelihatan, sehingga kita bisa meng-imani- bahwa yang tidak kelihatan itu berada.

      Karena kita sudah memiliki Yesus sebagai iman maka kita tahu bahwa yang tidak kelihatan itu berada (Allah) dan kita dengan teguh harus berpindah dari keyakinan diri kepada iman.

      Keyakinan itu adalah kepercayaan yang muncul dari diri manusia yang tidak ada janji, tetapi iman adalah kepercayaan yang diberi oleh Allah dan ada janji. Setiap manusia memiliki keyakinan tetapi belum tentu memiliki iman.

       Di dunia banyak keyakinan, walaupun kadang keyakinan itu membantu tubuh juga, tetapi tidak ada janjinya di Firman. Kalau kita hidup di dalam keyakinan terus menerus maka akan jatuh kedalam mistik/tahyul. Oleh sebab itu kita harus pindah dari keyakinan kepada iman. Orang lumpuh  di kolam Betesda (Yohanes 5:1-18) juga tidak kurang keyakinannya, mereka adalah yang percaya kepada tradisi Yahudi bahwa orang yang masuk kedalam kolam pertama kali akan disembuhkan jika malaikat menggoncangkan air kolam itu. Orang lumpuh itu percaya kepada tradisi Yahudi dan ingin melaksanakannya. Orang Betesda tidak lemah keyakinanya tetapi tidak ada firman/iman. Di kolam itu semua orang bisa sembuh jika bersandar pada firman.

     Di dunia ini juga banyak muncul keyakinan manusia. Keyakinan itu tidak ada jaminannya. Keyakinan itu juga masuk akal dan menolong tubuh. Dengan keyakinan itu kita tidak bisa mengenal Allah. Bergaul dengan Allah itu memerlukan firman secara total/utuh dan iman dari Allah yaitu Yesus. Jika demikian kita akan tinggal dalam Allah dan dan Allah tinggal dalam diri kita.

     Oleh sebab itu kita harus berpindah dari keyakinan diri kita kepada firman dari Allah.

     Itulah iman menurut saya. Jika kita mengenal Yesus secara utuh dan mengenal firman secara utuh dan mahir Alkitab maka kehidupan kita yang mengenal Yesus itu akan enak. Kehidupan yang beriman adalah melakukan segala sesuatu di dalam nama Yesus. 

Hidup enak dalam Iman ?

@Gunawan

Anda menulis:


[Bergaul dengan Allah itu memerlukan firman secara total/utuh dan iman dari Allah yaitu Yesus. Jika demikian kita akan tinggal dalam Allah dan dan Allah tinggal dalam diri kita.]

Iman dari Allah yaitu YESUS ??? Yesus Kristus adalah FIRMAN
Iman adalah ANUGERAH Allah bagi setiap orang yang dipilihNya


[Oleh sebab itu kita harus berpindah dari keyakinan diri kita kepada firman dari Allah.]

Bagaimana cara kita berpindah dari keyakinana diri kepada firman Allah? wong semua karena Anugerah Kasih Karunia dan Kedaulatan Allah.


[Itulah iman menurut saya. Jika kita mengenal Yesus secara utuh dan mengenal firman secara utuh dan mahir Alkitab maka kehidupan kita yang mengenal Yesus itu akan enak. Kehidupan yang beriman adalah melakukan segala sesuatu di dalam nama Yesus.]


Melakukan SEGALA sesuatu dalam nama Yesus ?

*Matius
7:21. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

 

Salam Hangat [=_=]//


^
K*Aw*Ay^

to kaway_banga

          Sepertinya anda masih bingung. Saya juga tahu pak Yesus adalah firman yang menjadi daging. Iman anda katakan sebagai anugerah bagi orang yang dipilihnya. Wah..lucu juga ya. Padahal Ibrani 11:1 itu berkata yang tidak pernah kita lihat.... itu adalah iman yang diberikan oleh Allah dan itu adalah Yesus. Allah beri Yesus(iman) dan Yesus curahkan darah dan itu menjadi kasih anugerah bagi kita.

      Anda belum mengerti mengenai keyakinan dan Iman, padahal sudah saya jelaskan. Maaf jika saya menuduh, karena anda hanya menghakimi tanpa memberikan argumen dan anda hanya comot-comot ayat tanpa menceritakan.

     Anda mau tau caranya pindah dari keyakinan diri kepada firman Allah? Padahal di kolom komentar sudah saya tulis bahwa orang lumpuh di kolam Betesda memiliki keyakinan yang tinggi tetapi setelah Yesus/firman datang orang lumpuh tersebut sembuh. Jadi yang menyembuhkan orang yang sudah lama lumpuh itu bukan keyakinannya bahwa jika dia masuk kedalam air yang tergoncang oleh malaikat itu sembuh tetapi karena orang lumpung itu menerima firman/Yesus yang lewat di serambi. Tetapi orang yang lain tidak mau datang kepada Yesus tetapi tetap tinggal dalam keyakinannya.

     Benar, semua kedaulatan Allah dan kita adalah anak Allah yang memiliki kuasa dan wibawa Anak Allah. Yesus katakan bahwa kita akan melakukan perkara yang besar.

    

Keyakinan dan Iman Gunawan

@Gunawan

Anda menulis:

[Anda mau tau caranya pindah dari keyakinan diri kepada firman Allah?
Padahal di kolom komentar sudah saya tulis bahwa orang lumpuh di kolam
Betesda memiliki keyakinan yang tinggi tetapi setelah Yesus/firman
datang orang lumpuh tersebut sembuh. Jadi yang menyembuhkan orang yang
sudah lama lumpuh itu bukan keyakinannya bahwa jika dia masuk kedalam
air yang tergoncang oleh malaikat itu sembuh tetapi karena orang
lumpung itu menerima firman/Yesus yang lewat di serambi. Tetapi orang
yang lain tidak mau datang kepada Yesus tetapi tetap tinggal dalam
keyakinannya.]

Apa bedanya iman dengan keyakinan ?

Bagaimana anda mengetahui seseorang telah hidup dalam iman ? STANDARD apa yang anda pakai untuk mengetahui bahwa seseorang telah hidup dalam iman ? bukankah HANYA Allah sendiri yang mampu menilainya ?Bagaimana mungkin anda mengajak orang lain berpindah dari keyakinan kepada iman sedangkan yang menentukan iman seseorang adalah Allah ?

Bukankah itu justru keyakinan anda sendiri ?

 

Salam Hangat [=_=]//


^
K*Aw*Ay^

            Anda

            Anda seperti iah-iah saja (maaf bukan menuduh) yang suka memutar balikan sesuatu padahal anda sendiri ga ngerti dan bingung. Jangan-jangan anda antek-anteknya.

       Anda tidak menulis argumen anda sendiri mengenai beda iman dan keyakinan. Tetapi mencecar saya seperti orang bodoh tetapi merasa pintar seolah olah tahu. jika anda bertanya dan berputar-putar dengan sanggahan terus anda tidak akan kenal Yesus.

      Kalau anda memberikan komentar tetapi belum pernah baca Alkitab dari awal sampai dengan akhir percuma anda bertanya terus.

       Sudah saya jelaskan bahwa keyakinan itu adalah kepercayaan yang muncul dari diri manusia itu sendiri yang tidak ada janji firma-Nnya sedangkan Iman adalah kepercayaan yang diberi oleh Allah dan ada janji dari firman Allah.

      Contoh gampang: . Usirlah roh-roh najis/setan dalam nama-Ku inilah janji/uang kontan dari Allah, itulah iman. Jadi ada firman dan ada janji dan kita lakukan maka terjadi sesuai firman itulah iman. Lalu anda bertanya lagi apa itu roh najis, jika terus begitu lebih baik anda baca dulu Alkitab dari Awal sampai akhir. jika anda tidak baca secara berurutan bagaimana anda tahu bahwa Yesus juga mengusir roh-roh najis/setan. Padahal dari awal pelayanan Yesus selalu mengusir roh najis dan yang paling luar biasa di Markus 1:21-33 Yesus mengusir roh najis dan orang-orang yang melihat menjadi takjub. Yesus juga memberi kuasa untuk mengusir roh najis/setan kepada murid-murid-Nya di Matius 10:1. Dan tidak hanya kepada 12 murid tetapi juga kepada 70 murid Yesus beri kuasa untuk usir roh najis/setan di Lukas 10:17-23.

      Keyakinan adalah kepercayaan yang muncul dari manusia tetapi tidak ada janji dan ayat firmannya. Jika anda memiliki keyakinan bahwa untuk mengalami kesembuhan harus hidup baik-baik dan banyak melakukan kebaikan itu disebut dengan keyakinan dari diri sendiri dan tidak ada janji.

      Gampang saja untuk mengetahui seseorang itu telah hidup dalam iman yaitu apakah orang tersebut memberi wibawa kepada Alkitab ataukah mencari pembenaran diri. Karena banyak orang katakan dirinya hidup beriman untuk mendapatkan sesuatu materi dan itu adalah iman yang tahyul tetapi orang tersebut tidak mengakui semua isi Alkitab, orang orang tersebut adalah yang bersilat lidah.

       Saya tidak mengajak orang untuk berpindah dari keyakinan kepada iman karena hidup mati orang tersebut ditentukan oleh dirinya sendiri. Dan saya tidak akan memaksa karena Yesus juga tidak pernah memaksa tetapi hanya lewat saja yang mau ya silahkan yang tidak juga ga apa-apa.

        Yang menentukan iman adalah Allah itu berarti anda sudah hidup dalam MISTIK. Manusia tidak ada kebenaran dan tidak memiliki iman tetapi hanya keyakinan sendiri. Oleh sebab itu Ibrani 11:1-39 Allah sudah berikan yang tidak kelihatan itu yaitu Yesus. Yesus itu adalah iman yang diberikan oleh Allah kepada manusia. Melalui Yesus kita memiliki iman yang percaya bahwa Allah yang tidak kelihatan itu berada.

     Saya tahu bagi diri anda iman itu seperti, jika anda ingin sesuatu yakinlah anda sudah mendapatkannya dan anda katakan itu adalah iman dan semua itu berkaitan dengan materi. Jika dikatakan demikian anda sudah jatuh dalam mistik.

    

Menyederhanakan Gunawan

Konsep Gunawan mengenai Keyakinan & Iman

Keyakinan = kepercayaan manusia tetapi tidak ada janji Firmannya
Keyakinan kepada Firman = IMAN
Kehidupan iman = Hidup dengan berkeyakinan teguh kepada Firman.

The End

Salam Hangat [=_=]//


^
K*Aw*Ay^

TINDAKAN IMAN DAri Hongkong?

Gunawan, kalau baca Alkitab yang benar dong. Jangan mengada-ada untuk hal yang nggak ada. Alkitab dengan gamblang mengajarkan bahwa orang lumpuh itu nggak bisa klayapan karena dia lumpuh. Dari situ anda bisa menarik kesimpulan bahwa nggak ada orang yang peduli sama dia. Itu sebabnya nggak ada orang yang membantunya ketika kolam bergolak.

Dia nongkrong di sana bukan karena iman, namun karena nggak ada pilihan lain. Masa hal sepele demikian anda nggak paham? Ho ho ho ...

Orang Itu menerima FIRMAN? Mikir dong  Wan, waktu Yesus lewat, dia mau nyingkir ke mana? Kelayapan ke hongkong? Waktu Yesus tanya apakah dia mau sembuh? Dia musti jawab apa? Baca dong kalimat jawabannya, biar ente tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Saat ini memang banyak pengkotbah alam roh yang menyangka semua orang Kristen itu goblok sehingga mereka bisa membual seenak jidatnya tanpa ketahuan. Mereka bilang, ketika Yesus berkata kepada orang lumpuh itu, "Bangunlah, angkat tilammu dan berjalanlah." apabila si lumpuh tidak melakukan tindakan IMAN, untuk BANGUN maka dia tidak akan pernah bisa berjalan."

Sungguh mengherankan, banyak sekali orang-orang Kristen yang percaya BUALAN GOBLOK demikian sehingga terjadilah PENYIKSAAN orang lumpuh oleh orang Kristen BODOH. Orang-orang bodoh itu memaksa orang-orang lumpuh itu melakukan tindakan GOBLOK yang mereka sebut tindakan IMAN. MEMAKSA diri untuk berjalan.

Kata Yesus kepadanya: "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah." Yohanes 5:8

Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat.Yohanes 5:9

Alkitab mencatat, orang lumpuh itu SEMBUH dulu baru mengangkat tilamnya dan berjalan. Apa yang diajarkan kisah itu kepada kita? Yang diajarkannya adalah: ANUGERAH, KASIH KARUNIA.

Dia sembuh karena kasih karunia, karena anugerah, bukan karena tindakan iman juga bukan karena dia MENERIMA tawaran untuk sembuh. Dia boleh bertindak goblok untuk menolak kesembuhan dari Kristus, namun dia tidak akan lumpuh.

IMAN = Berpindah dari keyakinan pada menerima firman? Sungguh menyesatkan. 

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

       Benar orang

       Benar orang lumpuh itu tidak bisa kemana-mana karena apa? karena semua orang berebut untuk masuk ke dalam kolam itu. Dan siapa yang masuk kedalam kolam itu pertama kali sewaktu malaikat Tuhan turun kedalam kolam itu dan menggoncangkan kolam itu dialah yang pertama kali sembuh. Bagaimana orang lumpuh itu akan sembuh karena orang yang sembuh adalah orang yang pertama kali masuk ke dalam kolam itu.

     Anda katakan orang lumpuh itu tidak ada pilihan. Jaman Yesus banyak tabib (Markus 2:17) dan Lukas adalah juga seorang tabib. Tetapi mengapa orang lumpuh itu tidak datang kepada tabib, karena orang Yahudi dan termasuk orang lumpuh itu punya keyakinan bahwa Istiadat Yahudi mengatakan bahwa yang masuk kedalam kolam pertama kali sewaktu badai/malaikat turun ke dalam kolam orang yang pertama kali itu sembuh. Pikiran anda terlalu sempit. Sudah dikatakan bahwa dia disana karena menurut adat istiadat Yahudi bahwa  jika ada malaikat Tuhan yang turun kedalam kolam itu dan menggoncankan air itu maka orang yang pertama turun dialah yang sembuh.

      Anda pikir Yesus itu siapa? Yesus adalah FIRMAN yang menjadi daging. Tubuh Yesus adalah Firman bung... Tubuh Adam itu dari debu tanah.  Kalau orang lumpuh itu terima Yesus/perkataan Yesus artinya dia terima firman. Anda harus bedakan firman dan suara manusia yang adalah angin. Yesus itu adalah FIRMAN. 

     Pengertian anda yang dangkal itu hanya dirangkai dengan kata-kata yang kelihatan sulit padahal anda ngga ngerti. Hidup anda sudah mistik bagaiman anda menjelaskan dengan benar.

     Orang lumpuh itu anda katakan sembuh dulu baru mengangkat tilam? sungguh aneh. Orang lumpuh itu terima Firman/Yesus dulu (perkataan Yesus). Baru dia bertindak dan sembuh lalu mengangkat tilamnya.

     Anda bilang yang diajarkan dikisah itu adalah kasih karunia dan anugerah? Waduh, darimana itu, dari HONGKONG. Orang mistik seperti anda tidak akan bisa melihat tindakan iman. Iman tanpa perbuatan adalah sia-sia, maka orang lumpuh itu setelah bertemu Firman maka dia bertindak.

    Ayat 8 katakan:"Kata Yesus kepadanya "Bangunlah, angkatlah tilamu dan berjalanlah. ayat 9 katakan Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan.

     Yang perintahkan siapa? Yesus. Yesus itu siapa? FIRMAN yang menjadi daging. tubuh Yesus adalah firman, maka firman itu yang menyembuhkan dan firman yang disambut dengan iman yang diberi oleh Allah maka orang lumpuh itu sembuh.

      Kesembuhan itu anugerah adalah orang pasrah yang tinggal mau mati. Itulah iman iah-iah yang MISTIK.    

Gunawan, Anda Mendapat Pencerahan?

Nyemplung ke kolam aja gak mampu gimana mau ngelayap ke rumah tabib? Bayar orang tuk ngangkat di dan nyemplungin ke kolam aja gak mampu gimana mau bayar tabib? Mang anda tahu, dia nggak ke tabib karena beriman ma kolam Betesda? Bukan karena udah ke tabib mana-mana and gak sembuh-sembuh?

Saya nggak pernah mikir siapa Yesus itu. Namun saya percaya dia adalah Firman karena yohanes mengajarkannya.

Wah, anda sudah bertobat? Bukankah dalam tulisan anda yang lain, anda mengajarkan bahwa Adam adalah Nephilim yang paling unggul yang dipilih Allah untuk diberi roh? Wah, puji Tuhan anda sudah mendapat pencerahan sehingga tahu sekarang bahwa Adam itu dibuat dari tanah. Kenapa tidak mengedit tulisan anda yang mengajarkan bahwa Adam adalah Nephilim yang diberi roh?

Ha ha ha ha … Gunawan Gunawan … Saya orang mistik? Anda menuduh saya demikian karena menulis Theologia samber geledek untuk mengomentari tulisan anda?

37 tahun hidup lumpuh. Udah apal di luar kepala (mungkin di dengkul kali ya?) gimana RASA kaki lumpuhnya. Ente pikir dia goblok sehingga nggak bisa bedain kaki lumpuh atau nggak? Begitu ngerasa sembuh ente pikir dia geblek mau nongkrong terus di Betesda?

ANUGERAH adalah hadiah yang MUSTAHIL ditolak. Kayak si lumpuh. Gimana mau nolak wong udah sembuh? Mang dia bilang mau terima kesembuhan? Baca dong dengan teliti. dia cuman cerita kenapa dia gak sembuh sembuh. Wuedan  teanan …. Mikir macem-macem nggak karu karuan, pahamin kisah orang lumpuh di Betesda aja nggak mampu?

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

to iah-iah

                 Orang lumpuh itu datang dari mana? Apakah ibu orang lumpuh itu melahirkan dia disana? Apakah dia datang ke serambi Betesda dengan cara ngesot atau dia di papah oleh orang lain seperti saudara atau ayahnya. Di ayat tersebut tidak diceritakan bagaimana orang lumpuh itu bisa ke kolam Betesda tetapi disana hanya diceritakan bahwa dia memiliki keyakinan yang tinggi. Bagaimana dia memiliki keyakinan yang tinggi karena dia sudah putus asa karena tidak sembuh-sembuh. Maka dari itu dia datang, silahkan anda pikir sendiri bagaimana dia bisa datang ke serambi Betesda, dan disana banyak juga orang yang  memiliki keyakinan yang tinggi untuk sembuh.

       Saya tidak meceritakan yang lain-lain tetapi hanya menceritakan bahwa orang lumpuh itu punya keyakinan tetapi keyakinan yang sudah 38 tahun itu tidak menyembuhkan dia tetapi anda dengan pikiran sendiri yang melayang-layang mencari hal-hal diluar konteks. 

     Sewaktu Yesus datang mengapa Yesus bertanya maukah engkau sembuh? Karena Yesus tahu bahwa orang lumpuh itu memiliki keyakinan yang tinggi dan Yesus juga tidak melampaui keinginan dari orang itu dan Yesus tidak bertindak otoriter atau memaksa tetapi hanya mengatakan, maukah engkau sembuh. Apakah Yesus itu buta, tidak melihat bahwa orang lumpuh itu ingin sembuh dan berjalan. Bisa saja dia bilang dia ga mau sembuh karena sudah enak dengan keadaan begini dan dia juga bisa bilang dia ga mau sembuh dia hanya butuh teman hidup yang bisa ngurusin saja makanya Yesus tidak GR(gede rasa) tanpa bertanya langsung bertindak. Yesus bertanya itu tidak melampaui keinginan si orang lumpuh itu. Karena banyak keinginan orang lumpuh itu maka Yesus bertanya maukah engkau sembuh. jangan-jangan dia ga mau sembuh tetapi dia butuh yang lain. Yesus tahu bahwa orang itu lumpuh sudah 38 tahun. Firman/Yesus  melewati orang lumpuh itu tetapi Yesus katakan apa? Maukah engkau sembuh??

     Setelah Yesus katakan maukah engkau sembuh lalu orang lumpuh itu menjawab apa? Dia yakin dengan keyakinan diri sendiri bahwa jika ada orang yang menurunkannya maka dia akan sembuh. Orang lumpuh itu seumur hidupnya hidup dengan keyakinan diri sendiri meskipun dia bertemu Yesus.

    Tetapi Yesus/firman itu katakan dengan "perintah" Bangunlah dan angkatlah tilammu. Apakah Yesus sudah gila? bagaimana orang yang sudah 38 tahun itu bisa bangun dan jalan dengan sendiri tanpa bantuan? jangan-jangan karena sudah lumpuh sudah lama mungkin dia berpikir "Bangun" dan "Jalan" itu seperti apa ya?

     Tetapi karena keyakinan dari dalam diri sendiri yang kuat dan tidak bisa disandarkan lagi maka ketika Firman itu datang maka orang lumpuh itu menerima dan berpindah dari keyakinan diri sendiri kepada "perintah" Firman dan itulah tindakan iman. Firman lah yang membuat orang itu sembuh. Jika Firman itu memerintahkan dia dan orang lumpuh itu tidak bertindak maka orang lumpuh itu akan tetap lumpuh. Setelah berpindah dari keyakinan kepada Firman maka orang lumpuh itu sembuh. 

      Lalu anda bilang Yohanes 5:1-18 anda katakan itu mengisahkan Anugerah. Waduh....Konteks ayat , dan kesimpulan anda ga nyambung Broerr..!? Ayat itu mengisahkan bagaimana keyakinan diri sendiri orang lumpuh itu tidak menyembuhkan tetapi karena Firman itu lewat maka dia sembuh. Jauh banget bung...anda menarik kesimpulan. Ga ada hubungan kaleee.

     Saya tidak pernah mengatakan bahwa Adam itu bukan berasal dari debu tanah. Adam itu berasal dari debu tanah lalu dihembuskan roh.  Tunjukkan kepada saya tulisan yang mengatakan bahwa Adam itu bukan dari debu tanah!! Karena anda tidak tahu Nephilim itu apa? Bagaimana orang yang sudah memenuhi bumi itu dipilih satu orang yang paling unggul(Adam). Sudah saya bilang anda pasti tidak tahu karena anda bersandar pada doktrin dan doktrin mengatakan bahwa Adam dan Hawa adalah manusia pertama!? Dan anda juga memiliki keyakinan bahwa Adam dan Hawa adalah manusia pertama. Pasti anda tidak akan tahu nephilim itu asal usulnya. Seperti Satan dan setan anda tidak tahu asal mulanya tetapi menuduh saya bahwa itu pikiran saya, padahal kitab Wahyu yang mengatakannya. Jangan lempar batu sembunyi tangan.

     Sabar bung, tulisan saya masih banyak ngantri lah..

    

to iah-iah

       Benar orang lumpuh itu tidak bisa kemana-mana karena apa? karena semua orang berebut untuk masuk ke dalam kolam itu. Dan siapa yang masuk kedalam kolam itu pertama kali sewaktu malaikat Tuhan turun kedalam kolam itu dan menggoncangkan kolam itu dialah yang pertama kali sembuh. Bagaimana orang lumpuh itu akan sembuh karena orang yang sembuh adalah orang yang pertama kali masuk ke dalam kolam itu.

     Anda katakan orang lumpuh itu tidak ada pilihan. Jaman Yesus banyak tabib (Markus 2:17) dan Lukas adalah juga seorang tabib. Tetapi mengapa orang lumpuh itu tidak datang kepada tabib, karena orang Yahudi dan termasuk orang lumpuh itu punya keyakinan bahwa Istiadat Yahudi mengatakan bahwa yang masuk kedalam kolam pertama kali sewaktu badai/malaikat turun ke dalam kolam orang yang pertama kali itu sembuh. Pikiran anda terlalu sempit. Sudah dikatakan bahwa dia disana karena menurut adat istiadat Yahudi bahwa  jika ada malaikat Tuhan yang turun kedalam kolam itu dan menggoncankan air itu maka orang yang pertama turun dialah yang sembuh.

      Anda pikir Yesus itu siapa? Yesus adalah FIRMAN yang menjadi daging. Tubuh Yesus adalah Firman bung... Tubuh Adam itu dari debu tanah.  Kalau orang lumpuh itu terima Yesus/perkataan Yesus artinya dia terima firman. Anda harus bedakan firman dan suara manusia yang adalah angin. Yesus itu adalah FIRMAN. 

     Pengertian anda yang dangkal itu hanya dirangkai dengan kata-kata yang kelihatan sulit padahal anda ngga ngerti. Hidup anda sudah mistik bagaiman anda menjelaskan dengan benar.

     Orang lumpuh itu anda katakan sembuh dulu baru mengangkat tilam? sungguh aneh. Orang lumpuh itu terima Firman/Yesus dulu (perkataan Yesus). Baru dia bertindak dan sembuh lalu mengangkat tilamnya.

     Anda bilang yang diajarkan dikisah itu adalah kasih karunia dan anugerah? Waduh, darimana itu, dari HONGKONG. Orang mistik seperti anda tidak akan bisa melihat tindakan iman. Iman tanpa perbuatan adalah sia-sia, maka orang lumpuh itu setelah bertemu Firman maka dia bertindak.

    Ayat 8 katakan:"Kata Yesus kepadanya "Bangunlah, angkatlah tilamu dan berjalanlah. ayat 9 katakan Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan.

     Yang perintahkan siapa? Yesus. Yesus itu siapa? FIRMAN yang menjadi daging. tubuh Yesus adalah firman, maka firman itu yang menyembuhkan dan firman yang disambut dengan iman yang diberi oleh Allah maka orang lumpuh itu sembuh.

      Kesembuhan itu anugerah adalah orang pasrah yang tinggal mau mati. Itulah iman iah-iah yang MISTIK.    

Gunawan, Kutu Kupret Mana Yang Nulis?

Saudara Gunawan, tentu saja orang lumpuh itu datang dari rumahnya. Anda pikir dia datang dari hongkong? Emangnya boleh ngelahirin di Betesda? Klo di rumah sakit Bethesda Yogya sich boleh. Alkitab tidak mencatatnya, bagaimana saya tahu cara dia datang ke Betesda? Lagian, EGP? Mau ngesot kek, mau digendong kek, mau nak onta kek, EGP? Percuma dipikirin, nggak bakal nemu jawabannya.

Kolam serambi Betesda adalah bagian dari Bait Allah, di sana, orang-orang yang menunggu giliran disembuhkan mendapat SEDEKAH baik dari para pengunjung maupun dari pengelola bait Allah. Biar nggak sembuh namun ada jaminan tempat tinggal. Biar nggak bisa kaya namun nggak akan mati kelaparan. Dia nongkrong di sana karena nggak bisa ngesot ke hongkong dan nggak ada yang ngajak dia bulan madu ke Afrika.

Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: "Maukah engkau sembuh?" Yohanes 5:6

Jawab orang sakit itu kepada-Nya: "Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku." Yohanes 5:7

Kata Yesus kepadanya: "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah." Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat. Yohanes 5:8-9

 
Tetapi karena keyakinan dari dalam diri sendiri yang kuat dan tidak bisa disandarkan lagi maka ketika Firman itu datang maka orang lumpuh itu menerima dan berpindah dari keyakinan diri sendiri kepada "perintah" Firman dan itulah tindakan iman. Firman lah yang membuat orang itu sembuh. Jika Firman itu memerintahkan dia dan orang lumpuh itu tidak bertindak maka orang lumpuh itu akan tetap lumpuh. Setelah berpindah dari keyakinan kepada Firman maka orang lumpuh itu sembuh.

Anda pakai jurus mencomot roh atau jurus merogoh sukma atau pakai jurus tafsir 1001 mimpi sehingga mengajarkan bahwa orang lumpuh itu sembuh karena berpindah dari keyakinan diri sendiri kepada perintah? Gimana pindahnya? NGESOT? Baca dong ayat di atas dengan teliti. pahami kalimatnya, jangan ditafsirkan, apalagi menafsirkannya dalam roh. Jelas-jelas ayatnya menyatakan bahwa orang itu sembuh dulu baru BERTINDAK. Bila hendak membual anda harus edit dulu ayat tersebut di atas. Mungkin saya bisa membantu membuat konsepnya:

Kata Yesus kepadanya: "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah." Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu SETELAH BERUSAHA mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat.

Saudara Gunawan, nggak perlu jadi Insinyur kayak si doel anak betawi untuk MAMPU memahami bahwa tidak perlu BERJALAN untuk mengetahui apakah kaki anda LUMPUH atau SEMBUH.

Tadinya saya pikir anda membual, namun setelah membaca ulang tulisan-tulisan anda dan memikirkannya saya baru tahu, ternyata anda tidak membual sama sekali. Anda hanya SOK TAHU alias SOK PINTER. Ketika diberi tahu kesalahannya anda langsung ambil posisi BEBAL.   

Anda tahu walaupun telah sembuh, orang lumpuh tersebut sama sekali nggak KENAL siapa yang nyembuhin dia? Apabila dia MEMINDAHKAN alias MENGESOTKAN imannya dari keyakinan sendiri kepada PERINTAH firman, seenggak-enggaknya dia harus TAHU siapa itu firman.

Gunawan, misalkan anda ngemis di lampu merah lalu saya memberi anda uang. Uang yang anda peroleh itu adalah wujud dari BELAS KASIHAN saya, namun bukan ANUGERAH. Anda mendapatkan uang itu karena MERENDAHKAN diri guna MENANGGAPI belas kasihan saya. Belas kasihan bisa DITOLAK.

Apa yang dialami oleh orang lumpuh itu adalah ANUGERAH. UJUG-UJUG sembuh. Gimana mau nolak wong ujug-ujug sembuh? Bayangkan, anda sedang berdiri di bawah angkasa, tiba-tiba seekor burung lewat dan berak, tahinya menclok di kepala anda. Itu namanya Anugerah, gimana mau NOLAK atau TERIMA kalau UJUG-UJUG udah ada tahi di kepala anda?
  
Gunawan, bila anda nggak sok tahu dan mau belajar Alkitab dengan cara yang benar, sebenarnya nggak sulit untuk memahami kenapa Yesus menyuruh orang lumpuh itu untuk mengangkat tilamnya dan berjalan. Hari itu adalah hari SABAT. Yesus lagi iseng dan ingin membuat orang Yahudi KESEL setengah mati. Coba anda baca kisahnya dengan lengkap, benerkan mereka kesel setengah mati?

Saya tidak pernah mengatakan bahwa Adam itu bukan berasal dari debu tanah. Adam itu berasal dari debu tanah lalu dihembuskan roh.  Tunjukkan kepada saya tulisan yang mengatakan bahwa Adam itu bukan dari debu tanah!! Karena anda tidak tahu Nephilim itu apa? Bagaimana orang yang sudah memenuhi bumi itu dipilih satu orang yang paling unggul(Adam). Sudah saya bilang anda pasti tidak tahu karena anda bersandar pada doktrin dan doktrin mengatakan bahwa Adam dan Hawa adalah manusia pertama!? Dan anda juga memiliki keyakinan bahwa Adam dan Hawa adalah manusia pertama. Pasti anda tidak akan tahu nephilim itu asal usulnya. Seperti Satan dan setan anda tidak tahu asal mulanya tetapi menuduh saya bahwa itu pikiran saya, padahal kitab Wahyu yang mengatakannya. Jangan lempar batu sembunyi tangan.

Gunawan, bila anda tidak pernah mengatakannya, maka bisa tolong beritahu saya KUTU KUPRET dari mana yang menulis kalimat-kalimat di bawah ini? Kutu kupret mana yang nulis blog ini dari mana kedua paragraf di bawah ini saya kutip.

Sebelum Adam sudah ada manusia. Mereka adalah manusia yang tidak punya roh yang diciptakan hanya dari debu tanah dan memiliki kepribadian. Adam juga termasuk keturunan Nephilim itu tetapi Dia paling unggul dan diberi roh di taman Eden supaya dia tidak hidup hanya dari roti saja tetapi juga dari Firman dalam Matius 4:4.

Keturunan Adam yang disebut sebagai anak-anak Allah adalah yang memiliki roh tetapi keturunan Nephilim yaitu anak-anak perempuan itu tidak punya roh dan yang tidak punya roh puncak kebudayaannya di tenggelamkan dalam air bah Nuh.


Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

to iah-iah

                Wah...Kamsia berat nih anda sudah sadar bahwa tulisan saya bukan bualan. Sungguh perubahan yang positif (sorry, saya ga GR).

         Mari kita bahas lanjutannya.

     Anda katakan bahwa kesembuhan itu itu anugerah dan ujug-ujug sembuh? benarkah? Dan anda katakan bahwa dia tidak kenal Yesus? Benarkah? Saya mengatakan bahwa cerita itu mengenai keyakinan diri dari ajaran tradisi dan ahli taurat.

     Mari kita lihat apa yang terjadi cerita dari ayat itu.

  Markus 1:21 adalah cerita yang mengagumkan dari pelayanan Yesus yang pertama kali di Rumah ibadat di Kapernaum di Yerusalem di daerah Galilea.(Baca kamus Alkitab mengenai Galilea dan Yerusalem). Di Kapernaum, pada hari sabat Yesus mengajar di Rumah Ibadat, mereka (orang yahudi yang sebelumnya adalah pengikut Ahli Taurat/Farisi) takjub akan pengajaran-Nya dan ajaran-Nya tidak seperti ahli Taurat. Pada saat itu ada orang yang kerasukan roh kotor(Unclean spirit)/roh najis/setan/roh jahat. Roh najis itu tahu siapa Yesus dan roh najis itu takut Yesus memerintahkan mereka ke jurang maut, tetapi Yesus tidak memerintahkan mereka karena usianya belum genap untuk masuk ke dalam jurang maut. Yesus yang membuat aturan maka Yesus tidak perintahkan karena Yesus tidak mau melanggar hukum yang dibuatnya sendiri. Setelah roh najis/setan itu keluar dari tubuh orang itu maka TERSEBARLAH DENGAN CEPAT KABAR TENTANG YESUS KE SEGALA PENJURU DI SELURUH GALILEA.

     Anda paham arti huruf besar diatas? artinya semua orang tahu siapa Yesus itu dan orang lumpuh dan orang buta (di Yohanes 9:1-41) juga tidak luput dari kabar itu. Dan mereka tahu siapa Yesus itu.

     Sebelum Yesus memulai pelayanan-Nya, Ahli Taurat adalah pengajar dan guru bagi orang Yahudi dan orang-orang Yahudi adalah pengikutnya. Yesus selalu mengajar di Bait Allah dan rumah-rumah ibadat (Markus 1:21, Markus 1:39, Matius 9:35 dan masih banyak lagi bukti) dan juga di tempat-tempat umum dan terbuka dan tidak sembunyi-sembunyi. Dimana Yesus berada orang Farisi/Ahli Taurat dan pengikutnya selalu mengintai Yesus dari jauh dan juga ada yang dari dekat. mereka selalu berada di sekitar Yesus. Mengapa begitu? karena sewaktu-waktu jika kedapatan kesalahan dari Yesus mereka dapat menjerat-Nya dan menangkap Yesus. Anda sudah jelas sampai disini?

      Yohanes 5:1-18 ceritakan bahwa Yesus berangkat ke Yerusalem ke rumah ibadat. Didepan pintu  gerbang  sejumlah besar orang sakit, orang-orang lumpuh dan orang-orang timpang dan orang-orang buta. Yang lumpuh, timpang dan buta bukan hanya 1 orang saja tetapi sejumlah besar. Anda tahukan artinya sejumlah besar? Selain orang sakit ada juga orang Farisi, ahli taurat dan pengikutnya orang Yahudi mengapa? karena itu bait Allah dan tempat ibadat. Yesus datang dan melewati salah seorang yang lumpuh. Selain itu dari kejauhan orang Farisi, ahli taurat dan pengikutnya orang Yahudi juga ada dan memantau/mengintai Yesus mengapa? karena dimana Yesus berada mereka berada untuk mendapatkan kesalahan Yesus, apalagi hari itu hari sabat.

     Orang-orang lumpuh, timpang dan buta adalah pengikut Ahli Taurat dan Farisi juga. mereka sudah diajarkan oleh adat istiadat Yahudi bahwa jika di kolam itu turun malaikat Tuhan, kamu harus masuk dan yang pertama kali masuk akan sembuh Itulah ajaran istiadat Yahudi, sehingga mereka yakin bahwa yang masuk pertama kali akan sembuh. Yesus mengahmpiri orang yang lumpuh sudah 38 tahun, mengapa dia yang dihampiri Yesus mengapa bukan yang lain? Karena dia yang paling lama lumpuh dan untuk menunjukkan kepada semua orang bahwa jangan bersandar pada keyakinan dan istiadat Yahudi. Yesus sudah tahu orang itu lumpuh 38 tahun  dan bagaimana Yesus bisa tahu, kita lihat cerita nathanael.

      Orang lumpuh itu berhadapan dengan Yesus dan dia kenal Yesus dengan tepat. benarkah? kita lihat, selanjutnya Yesus katakan "Maukah engkau sembuh?" apa jawab orang lumpuh itu, Wah..Tuhan ga ada orang yang angkat saya untuk masuk ke kolam itu sih maka nya saya tetap lumpuh  dan jika ada yang angkat saya untuk masuk ke dalam kolam pertama kali maka saya sembuh. Bukan karena dia tidak mau sembuh tetapi karena dia takut dikucilkan dan juga dia membela Yesus supaya Yesus tidak terjebak oleh Ahli Taurat bahwa dia menyembuhkan pada hari sabat. mengapa? karena Ahli Taurat dan orang farisi sedang mengawasi Yesus dari kejauhan. Mengapa? karena setelah sembuh orang lumpuh itu ditanya oleh orang Yahudi siapa yang sembuhkan dia dan dia juga takut di kucilkan.

     Mengapa orang lumpuh itu takut dikucilkan? Mari kita lihat di Yohanes 9:1-41. Setiap orang yang mengakui Yesus sebagai Mesias dan juga yang menyembuhkan, apalagi di hari sabat maka orang Yahudi sudah sepakat untuk mengucilkan orang yang sembuh itu (Yohanes 9:22). Orang buta itu tahu siapa Yesus, sewaktu dia ngobrol dengan tetangganya dia katakan bahwa Orang yang disebut Yesus itu yang sembuhkan (Yohanes 9:11) . Orang tuanya juga tahu bahwa Yesus yang sembuhkan anaknya tetapi mengapa orang buta itu sewaktu dibawa tetangganya kehadapan orang Farisi    dia katakan tidak kenal Yesus?? karena mereka takut kepada orang Farisi yang sudah sepakat akan mengucilkan mereka yang mengaku Yesus adalah Mesias. Oleh sebab itu mereka selalu katakan tidak tahu.

      Begitu juga orang lumpuh yang sudah 38 tahun itu katakan dia tidak tahu karena dia takut kepada Orang Farisi dan takut dikucilkan makanya dia katakan tidak tahu.  Sewaktu Yesus bertemu dengan dia (Yohanes 5:14-15) di dalam Bait Allah dan Yesus katakan engkau telah sembuh dan jangan berbuat dosa lagi supaya jangan terjadi yang lebih buruk. Apakah Yesus mengenalkan diri-Nya kepada orang yang bekas lumpuh itu? tidak. dan orang lumpuh itu tidak bertanya kepada Yesus siapa yang sembuhkan orang itu. Tetapi mengapa setelah bertemu Yesus dan  orang bekas lumpuh itu keluar dia menceritakan bahwa yang sembuhkan dia adalah Yesus. Ayat 15 katakan:"Orang itu keluar dan menceritakan kepada orang-orang Yahudi bahwa Yesus lah yang menyembuhkan dia." Mengapa dia tahu dan bisa menjelaskan bahwa yang sembuhkan dia Yesus. Karena semua orang Yahudi di seluruh Galilea tahu siapa itu Yesus karena kabear tentang Yesus sudah tersebar luas. Mengapa mereka selalu katakan tidak tahu atau tidak kenal? karena takut di KUCILKAN, itulah jawabannya mengapa mereka selalu menjawab tidak tahu dan kenal.  

    Orang lumpuh itu walaupun bertemu Yesus/Firman dia tidak katakan "Ya" aku mau sembuh. tetapi malah mengatakan ga ada orang yang nurunin aku sih. Mengapa? Karena Yesus tidak melampaui keinginan orang itu, apakah dia mau sembuh atau mau yang lain. Oleh sebab itu maka Sewaktu Yesus "Perintahkan" Untuk Bangun maka orang lumpuh itu mulai bertindak dan saat terima perintah/firman itu dan bertindak maka dia sembuh dan angkat tilamnya.

      Jika ujug-ujug sembuh tanpa ada perintah Yesus untuk bangun itu adalah mistik. Dia bisa sembuh dan bagun itu karena ada perintah bukan ujug-ujug sembuh. Jika tidak ada perintah dari Yesus untuk "Bangun" dia tidak akan sembuh dan selamanya berada di kolam itu. 

to iah-iah

                Wah...Kamsia berat nih anda sudah sadar bahwa tulisan saya bukan bualan. Sungguh perubahan yang positif (sorry, saya ga GR).

         Mari kita bahas lanjutannya.

     Anda katakan bahwa kesembuhan itu itu anugerah dan ujug-ujug sembuh? benarkah? Dan anda katakan bahwa dia tidak kenal Yesus? Benarkah? Saya mengatakan bahwa cerita itu mengenai keyakinan diri dari ajaran tradisi dan ahli taurat.

     Mari kita lihat apa yang terjadi cerita dari ayat itu.

  Markus 1:21 adalah cerita yang mengagumkan dari pelayanan Yesus yang pertama kali di Rumah ibadat di Kapernaum di Yerusalem di daerah Galilea.(Baca kamus Alkitab mengenai Galilea dan Yerusalem). Di Kapernaum, pada hari sabat Yesus mengajar di Rumah Ibadat, mereka (orang yahudi yang sebelumnya adalah pengikut Ahli Taurat/Farisi) takjub akan pengajaran-Nya dan ajaran-Nya tidak seperti ahli Taurat. Pada saat itu ada orang yang kerasukan roh kotor(Unclean spirit)/roh najis/setan/roh jahat. Roh najis itu tahu siapa Yesus dan roh najis itu takut Yesus memerintahkan mereka ke jurang maut, tetapi Yesus tidak memerintahkan mereka karena usianya belum genap untuk masuk ke dalam jurang maut. Yesus yang membuat aturan maka Yesus tidak perintahkan karena Yesus tidak mau melanggar hukum yang dibuatnya sendiri. Setelah roh najis/setan itu keluar dari tubuh orang itu maka TERSEBARLAH DENGAN CEPAT KABAR TENTANG YESUS KE SEGALA PENJURU DI SELURUH GALILEA.

     Anda paham arti huruf besar diatas? artinya semua orang tahu siapa Yesus itu dan orang lumpuh dan orang buta (di Yohanes 9:1-41) juga tidak luput dari kabar itu. Dan mereka tahu siapa Yesus itu.

     Sebelum Yesus memulai pelayanan-Nya, Ahli Taurat adalah pengajar dan guru bagi orang Yahudi dan orang-orang Yahudi adalah pengikutnya. Yesus selalu mengajar di Bait Allah dan rumah-rumah ibadat (Markus 1:21, Markus 1:39, Matius 9:35 dan masih banyak lagi bukti) dan juga di tempat-tempat umum dan terbuka dan tidak sembunyi-sembunyi. Dimana Yesus berada orang Farisi/Ahli Taurat dan pengikutnya selalu mengintai Yesus dari jauh dan juga ada yang dari dekat. mereka selalu berada di sekitar Yesus. Mengapa begitu? karena sewaktu-waktu jika kedapatan kesalahan dari Yesus mereka dapat menjerat-Nya dan menangkap Yesus. Anda sudah jelas sampai disini?

      Yohanes 5:1-18 ceritakan bahwa Yesus berangkat ke Yerusalem ke rumah ibadat. Didepan pintu  gerbang  sejumlah besar orang sakit, orang-orang lumpuh dan orang-orang timpang dan orang-orang buta. Yang lumpuh, timpang dan buta bukan hanya 1 orang saja tetapi sejumlah besar. Anda tahukan artinya sejumlah besar? Selain orang sakit ada juga orang Farisi, ahli taurat dan pengikutnya orang Yahudi mengapa? karena itu bait Allah dan tempat ibadat. Yesus datang dan melewati salah seorang yang lumpuh. Selain itu dari kejauhan orang Farisi, ahli taurat dan pengikutnya orang Yahudi juga ada dan memantau/mengintai Yesus mengapa? karena dimana Yesus berada mereka berada untuk mendapatkan kesalahan Yesus, apalagi hari itu hari sabat.

     Orang-orang lumpuh, timpang dan buta adalah pengikut Ahli Taurat dan Farisi juga. mereka sudah diajarkan oleh adat istiadat Yahudi bahwa jika di kolam itu turun malaikat Tuhan, kamu harus masuk dan yang pertama kali masuk akan sembuh Itulah ajaran istiadat Yahudi, sehingga mereka yakin bahwa yang masuk pertama kali akan sembuh. Yesus mengahmpiri orang yang lumpuh sudah 38 tahun, mengapa dia yang dihampiri Yesus mengapa bukan yang lain? Karena dia yang paling lama lumpuh dan untuk menunjukkan kepada semua orang bahwa jangan bersandar pada keyakinan dan istiadat Yahudi. Yesus sudah tahu orang itu lumpuh 38 tahun  dan bagaimana Yesus bisa tahu, kita lihat cerita nathanael.

      Orang lumpuh itu berhadapan dengan Yesus dan dia kenal Yesus dengan tepat. benarkah? kita lihat, selanjutnya Yesus katakan "Maukah engkau sembuh?" apa jawab orang lumpuh itu, Wah..Tuhan ga ada orang yang angkat saya untuk masuk ke kolam itu sih maka nya saya tetap lumpuh  dan jika ada yang angkat saya untuk masuk ke dalam kolam pertama kali maka saya sembuh. Bukan karena dia tidak mau sembuh tetapi karena dia takut dikucilkan dan juga dia membela Yesus supaya Yesus tidak terjebak oleh Ahli Taurat bahwa dia menyembuhkan pada hari sabat. mengapa? karena Ahli Taurat dan orang farisi sedang mengawasi Yesus dari kejauhan. Mengapa? karena setelah sembuh orang lumpuh itu ditanya oleh orang Yahudi siapa yang sembuhkan dia dan dia juga takut di kucilkan.

     Mengapa orang lumpuh itu takut dikucilkan? Mari kita lihat di Yohanes 9:1-41. Setiap orang yang mengakui Yesus sebagai Mesias dan juga yang menyembuhkan, apalagi di hari sabat maka orang Yahudi sudah sepakat untuk mengucilkan orang yang sembuh itu (Yohanes 9:22). Orang buta itu tahu siapa Yesus, sewaktu dia ngobrol dengan tetangganya dia katakan bahwa Orang yang disebut Yesus itu yang sembuhkan (Yohanes 9:11) . Orang tuanya juga tahu bahwa Yesus yang sembuhkan anaknya tetapi mengapa orang buta itu sewaktu dibawa tetangganya kehadapan orang Farisi    dia katakan tidak kenal Yesus?? karena mereka takut kepada orang Farisi yang sudah sepakat akan mengucilkan mereka yang mengaku Yesus adalah Mesias. Oleh sebab itu mereka selalu katakan tidak tahu.

      Begitu juga orang lumpuh yang sudah 38 tahun itu katakan dia tidak tahu karena dia takut kepada Orang Farisi dan takut dikucilkan makanya dia katakan tidak tahu.  Sewaktu Yesus bertemu dengan dia (Yohanes 5:14-15) di dalam Bait Allah dan Yesus katakan engkau telah sembuh dan jangan berbuat dosa lagi supaya jangan terjadi yang lebih buruk. Apakah Yesus mengenalkan diri-Nya kepada orang yang bekas lumpuh itu? tidak. dan orang lumpuh itu tidak bertanya kepada Yesus siapa yang sembuhkan orang itu. Tetapi mengapa setelah bertemu Yesus dan  orang bekas lumpuh itu keluar dia menceritakan bahwa yang sembuhkan dia adalah Yesus. Ayat 15 katakan:"Orang itu keluar dan menceritakan kepada orang-orang Yahudi bahwa Yesus lah yang menyembuhkan dia." Mengapa dia tahu dan bisa menjelaskan bahwa yang sembuhkan dia Yesus. Karena semua orang Yahudi di seluruh Galilea tahu siapa itu Yesus karena kabear tentang Yesus sudah tersebar luas. Mengapa mereka selalu katakan tidak tahu atau tidak kenal? karena takut di KUCILKAN, itulah jawabannya mengapa mereka selalu menjawab tidak tahu dan kenal.  

    Orang lumpuh itu walaupun bertemu Yesus/Firman dia tidak katakan "Ya" aku mau sembuh. tetapi malah mengatakan ga ada orang yang nurunin aku sih. Mengapa? Karena Yesus tidak melampaui keinginan orang itu, apakah dia mau sembuh atau mau yang lain. Oleh sebab itu maka Sewaktu Yesus "Perintahkan" Untuk Bangun maka orang lumpuh itu mulai bertindak dan saat terima perintah/firman itu dan bertindak maka dia sembuh dan angkat tilamnya.

      Jika ujug-ujug sembuh tanpa ada perintah Yesus untuk bangun itu adalah mistik. Dia bisa sembuh dan bagun itu karena ada perintah bukan ujug-ujug sembuh. Jika tidak ada perintah dari Yesus untuk "Bangun" dia tidak akan sembuh dan selamanya berada di kolam itu. 

Gunawan, Anda Kenal Kutu Kupret Itu?

Anda sudah melakukan survey sehingga tahu bahwa semua orang Di Israel kenal Yesus? Anda juga sudah melakukan survey sehingga tahu bahwa orang itu adalah yang paling lama lumpuh di Israel? Anda wawancarai orang lumpuh itu sehingga tahu bahwa dia berusaha melindungi Yesus dari orang Farisi dengan pura-pura tidak mengenalnya?

Akan tetapi ia menjawab mereka: "Orang yang telah menyembuhkan aku, dia yang mengatakan kepadaku: Angkatlah tilammu dan berjalanlah." Yohanes 5:11

Tetapi orang yang baru sembuh itu tidak tahu siapa orang itu, sebab Yesus telah menghilang ke tengah-tengah orang banyak di tempat itu. Yohanes 5:13

Kemudian Yesus bertemu dengan dia dalam Bait Allah lalu berkata kepadanya: "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk." Yohanes 5:14

Orang itu keluar, lalu menceriterakan kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesuslah yang telah menyembuhkan dia. Yohanes 5:15

Apabila dia memang ingin melindungi Yesus, kenapa menyatakan bahwa dia mengangkat tilamnya karena disuruh orang yang menyembuhkannya? Anda pikir Yohanes membual ketika menyatakan bahwa orang itu tidak mengenal Yesus? anda pikir orang lumpuh itu INGIN melindungi Yesus dengan klayapan di bait Allah? Bila ingin melindungi Yesus bukankah seharusnya dia berdoa untuk keselamatan Yesus? Alih-alih berdoa dia justru keluar dan gembar-gembor tentang Yesus.

Anda kenal kutu kupret yang saya kutip tulisannya, yang mengajarkan bahwa Adam adalah Nephilim yang diberi roh? 

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

to iah-iah

        Tentu saja saya tidak melalukukan survey itu, untuk alasan apa saya melakukan hal itu? Sebab saya percaya dan mengakui semua perkataan Firman dan memberi wibawa kepada setiap perkataan Firman. Jika saya meragukan dan mencari-cari alasan untuk membenarkan tulisan dan keyakinan serta pengetahuan, hikmat dan kuasa firman berarti saya "sakit jiwa".

       Alkitab sudah sempurna dan utuh (Yohanes 21:24-25) jadi saya tidak perlu lagi untuk survey dan mencari-cari alasan untuk membenarkan tulisan saya. Jika tidak ada didalam Alkitab untuk apa saya ada-adakan dan jika telah tercatat didalam Alkitab untuk apa saya berpura-pura untuk meniadakan ayat-ayat yang sudah tertulis.

      Secara detail sudah saya tulis dan jelaskan kenapa orang lumpuh itu mengatakan kepada orang yang bertanya, bahwa dia tidak tahu siapa Yesus. Karena Orang Yahudi sudah sepakat bahwa setiap orang yang mengaku Yesus adalah Mesias maka akan dikucilkan.(Yohanes 9:22). Tetapi anda ternyata belum ngeh... juga. Bahkan Petrus pun menyangkal Yesus sampai 3x bahwa dia tidak kenal dengan Yesus (Yohanes 26:69-75) Mengapa? anda bisa menjawab sendiri.

     Karena anda tidak melihat Alkitab sebagai Gambar yang utuh dan tidak mencari alasan kenapa semua orang, bahkan murid Yesus sendiri pun menyangkal Dia dan mencari jawaban nya maka anda hanya berkutat di ayat tersebut dan keuh-keuh bahwa orang lumpuh itu tetap tidak tahu Yesus.

    Peristiwa di Yohanes 5:1-18 dan di Yohanes 9:1-41 ada kemiripan yaitu oang yang telah disembuhkan oleh Yesus  sama-sama mengatakan tidak mengetahui siapa yang menyembuhkan padahal mereka tahu. Mengapa? karena semua orang Yahudi tahu jika ada yang mengaku Yesus mereka akan DIKUCILKAN. Oleh sebab itu mereka selalu katakan tidak tahu, bahkan Petrus pun menyangkalnya.

     Mengapa sampai murid Yesus Yang bernama Petrus juga yang telah dijanjikan akan diberikan Kunci Kerajaan Sorga sampai "Jiper" dengan orang Yahudi yang notabene adalah pengikut ahli taurat dan Farisi?  Karena, Yesus belum mati dan Roh Kudus belum menyatakan tugasnya. Murid-murid setelah menerima Roh Kudus menjadi orang yang luar biasa, ada yang dirajam sampai di salib terbalik.

      Yohanes tidak membual, karena Yohanes tahu orang lumpuh itu tahu Yesus dan semua orang di Galilea mengenal Yesus karena kabar tentang Yesus telah tersebar luas (Markus 1:28). Yohanes dan murid-murid yang lain juga berada bersama Yesus sewaktu Yesus berada di kolam Betesda.

     Mengapa Yohanes menulis bahwa orang lumpuh itu tidak tahu siapa yang menyembuhkan dia. Orang lumpuh itu tahu siapa yang menyembuhkannya. tetapi karena yang bertanya kepadanya adalah Orang Yahudi dan Orang Yahudi itu adalah pengikut ahli taurat dan orang farisi untuk apa dia katakan tahu, jika dia katakan tahu sama saja dia "bunuh diri". Dan jika dia katakan dia tahu maka dia akan dikucilkan. Jika demikian sama saja dia dengan membunuh dirinya dari segala aspek kehidupannya.

         Misalkan, Saya kenal dengan sia A dan si A di cari-cari oleh polisi. karena saya tahu si A itu siapa dan tidak ingin sampai tertangkap maka dengan gampang saya katakan tidak tahu. Gampang toh jawabannya.  Tidak tahu bukan berarti tidak kenal.  Tidak tahu berarti kenal dan jika seseorang mengatakan tidak tahu berarti ada beberapa kemungkinan, yaitu salah satunya orang itu dengan sengaja menyembunyikan identitas siapa yang menyembuhkan, karena untuk apa dia beri tahu. Jika diberitahu sama saja orang lumpuh itu menyodorkan dirinya untuk dikucilkan  Maka dengan kepintaran dari kebodohannya maka dia katakan tidak tahu.  

       Anda tetap keuh-keuh bahwa orang lumpuh itu tidak tahu siapa itu Yesus. Jika anda katakan orang lumpuh tidak tahu siapa Yesus itu berarti anda yang benar dan Yohanes yang salah. mengapa? karena Yohanes mencatat di ayat 15 bahwa orang yang sudah sembuh dari lumpuh itu "berkoar-koar" bahwa yang sembuhkan dirinya adalah Yesus. Jika Yohanes itu bodoh dan tidak tahu sama sekali bahwa orang yang lumpuh itu tidak tahu siapa yang menyembuhkannya mengapa Yohanes mencatat di ayat 15 itu? Jika orang itu tetap tidak tahu untuk apa Yohanes mencata ayat 15 itu yang mengatakan bahwa dia berkoar-koar bahwa yang sembuhkan dirinya adalah Yesus, padahal tidak ada yang memberitahukan bahwa nama orang yang menyembuhkannya adalah Yesus dan juga Yesus tidak memperkenalkan namanya. Kenapa dia tahu bahwa yang menymbuhkannya adalah Yesus? Karena nama Yesus sudah tersebar luas di Galilea.

       Mengapa sampai dicatat dengan jelas oleh Yohanes bahwa orang lumpuh itu tidak tahu siapa yang menyembuhkannya dan kemudian setelah sembuh dia berkoar-koar bahkan sampai tidak ada yang memberi tahu siapa yang menyembuhkannya? Ayat itu dicatat oleh Yohanes untuk menerangkan bahwa para ahli taurat dan farisi serta pengikutnya orang Yahudi sangat membenci Yesus dan mereka sepakat akan mengucilkan kepada siapa yang mengakui Dia sebagai Mesias.

    Jika demikian, bagi anda Yohanes 5:15 itu tidak akan pernah anda akui bahwa orang yang sudah sembuh dari lumpuh itu tahu dengan jelas siapa Yesus itu. Dan anda katakan Yohanes adalah pembual sejati.

    Benar itu tulisan saya. Dalam hal mana anda keberatan?

    Anda adalah pengikut dan penganut doktrin sedangkan saya bukan pengikut dan penganut doktrin. Saya adalah yang mengakui semua isi Alkitab.  Anda mengakui dalam tulisan anda bahwa Adam dan Hawa adalah manusia daging pertama sedangkan saya tidak mengakuinya. Adam dan Hawa bagi saya bukanlah manusia pertama karena sebelum mereka sudah ada manusia.

     Bagaimana anda tahu siapa itu Nephilim? sedangkan Nephilim itu terjemahan Alkitab bahasa Korea Dan guru saya adalah orang korea.

      Anda bagi saya sudah membual terlalu dalam dan mulai terperosok, sehingga anda tidak bisa mundur lagi. Untuk mempertahankan tulisan anda supaya anda tidak dikatakan salah anda akan terus menentang dengan berbagai dalil yang bukan berasal dari Alkitab. Penjelasan dari saya semua bersumber dari Alkitab.

     Oleh sebab itu saya menantang anda untuk jelaskan siapa manusia sebelum Adam? Jika anda gentleman anda akan menulis beserta ayat pendukung bukan dengan kitab Tiongkok yang anda agul-agulkan itu. Anda tahu mengapa saya katakan begitu, karena anda mencampurkan Kebenaran yang dari pada mulanya dengan kebenaran dari dunia (Ajaran Tiongkok). Yesus itu siapa? Dialah Firman yang dari pada mulanya sedangkan ajaran tiongkok itu apa? Itu adalah hikmat dan kebenaran yang baru berusia ribuan tahun. Alkitab itu adalah Firman dan Yesus adalah Firman yang dari pada mulanya. Yesus adalah JALAN, KEBENARAN dan HIDUP 

       HT itu dari mana? HT itu dari sorga yang dibawa oleh malaikat ketangan seorang pengantara yaitu Musa (Yohanes 1:17 dan Galatia 3:19-29). Kebenaran itu keluar dari pangkuan Bapa (Yohanes 1:18).

Beda Anda Dan Saya

 Anda mengaku bahwa Alkitab sudah langkap dan sempurna namun MENAFSIRKANNYA. Saya MEMAHAMINYA.

Itulah perbedaan kita. Anda menuduh saya namun tidak membuktikan tuduhan anda, itu FITNAH namanya. Saya menyatakan kesalahan anda dan menggunakan Alkitab sebagai STANDARD-nya. itulah perbedaan kita.

Anda mengajar lalu menyangkal yang anda ajarkan. Saya mengajar dan memberikan fakta-faktanya yang tercatat di dalam Alkitab. Itulah perbedaan kita.

Sampai ketemu di babak lain Gunawan. 

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

to iah iah

Anda tau Musa menerima... Anda tau Musa membelah... Anda tau sendiri Yesus itu bisa kongkow ama iblis di padang gurun seperti itu ? Sepertinya Alkitab itu sengaja di bikin WAH WOW biar nggak pada lari, kabur ke agama lain ?

Firman Tuhan itu tidak ada yang salah

Maju terus pa Gunawan. Biarlah hanya firman Tuhan saja yg berbicara. Memang akal manusia yg blom dibukakan tidak mengerti krn dibuat bebal. Mari trus berusaha menginjil dan berdoa buat smua saudara2 kita agar Roh Kudus bekerja di dlm roh jiwa mereka. Amin.

Saya menemukan pertentangan dalam Al-Kitab

Kok saya menemukan pertentangan. Coba saudara lihat al-kitab :

(1) EZRA 2:5 VS NEHEMIA 7:10

(2)2 RAJA-RAJA 8:26 VS 2 TAWARIKH 22:2

(3) 2 RAJA-RAJA 24:8 VS 2 TAWARIKH 36:9

Ada yang bisa menjelaskan mengapa firman Allah dalam al-kitab sedemikian bertentangan antar ayat?

Saya menemukan pertentangan dalam Al-Kitab

Kok saya menemukan pertentangan. Coba saudara lihat al-kitab :

(1) EZRA 2:5 VS NEHEMIA 7:10

(2)2 RAJA-RAJA 8:26 VS 2 TAWARIKH 22:2

(3) 2 RAJA-RAJA 24:8 VS 2 TAWARIKH 36:9

Ada yang bisa menjelaskan mengapa firman Allah dalam al-kitab sedemikian bertentangan antar ayat?