DANIEL: Bersikap Terhadap Pemerintah

Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. (Roma 13:1)

Dirgahayu RI pada 17 Agustus 2008 tepat jatuh pada hari Minggu, dalam Ibadah Kebaktian Umum GKKK dinyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai peringatan HUT RI ke-63 dan sebagai wujud kecintaan kepada NKRI. Pdt. Hendra Arifin dalam khotbahnya dari Kitab Daniel 1 menjelaskan bahwa Daniel dan ketiga temannya Sadrakh, Mesakh dan Abednego bagaikan Para Domba yang diutus dan berada di tengah-tengah serigala (Pemerintahan Babel). Namun TUHAN memberi mereka Hikmat dalam berbagai tantangan yang mereka harus hadapi. Mereka Cerdik seperti Ular dan tulus seperti Merpati. Sambil mengingatkan agar kita lebih TAKUT kepada TUHAN daripada harus melanggar PERINTAH TUHAN untuk Taat pada perintah Manusia, kita harus berpikir rasional dalam suasana Damai.

Nah, Peran apakah yang dapat dilakukan Orang Kristen dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara? Apa Mandat Tuhan bagi kita semua?
1.Mandat Membangun
Orang Kristen harus ikut serta dan berperan aktif dalam tugas pembangunan yang tentunya juga memperhatikan kelestarian lingkungan Hidup dan kelangsungan SDA bagi generasi mendatang. Pembangunan berwawasan lingkungan.
2.Mandat Pembaharuan,
Pemerintah haruslah takut kepada TUHAN. Dalam Amsal 14:31, kita diingatkan, “Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya,“ sebab kita dicipta menurut Gambar dan Rupa TUHAN (Peta dan Teladan TUHAN). Nah, umat Kristen harus aktif dalam melakukan Pembaharuan/Reformasi menuju Indonesia yang maju dan sejahtera.

Orang Kristen dalam sejarah kehidupan berbangsa dan bernegara turut andil dalam mempengaruhi jalannya sejarah Indonesia. Presiden SBY pernah mengeluh dan menyatakan keheranannya mengapa Bangsa yang Agamis, namun sangat ironis, malah Korupsinya begitu mewabah dan menggila?

Pdt. Hendra Arifin yang hidup dalam tiga masa, yaitu Masa ORLA (Orde Lama-Sukarno), ORBA (Orde Baru-Suharto) dan Orde Reformasi hingga saat ini, menceritakan sekelumit sejarah peran serta orang Kristen yang pernah menduduki jabatan penting dan berperan penting dalam Pendirian dan Pembangunan NKRI dari waktu ke waktu.

Tanpa bermaksud mendukung partai dan tokoh manapun dan menghakimi siapapun, Pdt Hendra Arifin memuji Pemerintahan SBY salah satunya dalam hal keseriusan Pemberantasan Korupsi di NKRI. Hal baik ini perlu terus dilakukan pada pemerintahan mendatang, siapapun Presidennya.

Mari, kita satukan tekad, menjalankan mandat membangun dan mandat pembaharuan dari TUHAN bagi kemajuan bangsa dan negara Tercinta, INDONESIA! MERDEKA!

Hatiku Rindu Melihat KemuliaanMu...
Hatiku Rindu melihat Curahan KuasaMu...
Di Tanah Tercinta Negeriku Indonesia...
Kuberdoa Indonesia Penuh KemuliaaanMu...
Indonesia Bagi KemuliaaanMu...

Kategori: Profil

Topic Blog: Yayasan

Keywords Blog: Berita, Tokoh Alkitab