Surat Untuk Laboratorium Graphe

Sword of Spirit's picture

PERTANYAAN

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan beberapa pertanyaan kepada Tim Laboratorium GRAPHE. Adapun pertanyaan-pertanyaan itu adalah:

1. Apakah pihak Graphe ada keterkaitan teologis dan organisatoris dengan GGBI (Gabungan Gereja-gereja Baptis Indonesia) yang berdiri pada 5 April 1973 ataupun dengan PBI (Persekutuan Baptis Indonesia)?

2. Di Jl. Simongan, Semarang, ada STBI (Seminari Teologi Baptis Indonesia). Juga di Jakarta ada STT Baptis (di daeah Grogol). Adakah kesamaan dan perbedaannya dengan STT Graphe yang juta menganut aliran Baptis?

3. Pada umumnya, gereja-gereja Baptis yang ada di Indonesia menganut teologi yang bagaimanakah? Apakah ada kesamaannya dengan aliran Southern Baptist yang di Amerika (USA)?

4. Apakah pihak STT Graphe menganut Teologi Dispensationalis?

5. Apakah alumni STT Graphe (khusus program S.Th dan SPAK) dapat mengikuti ujian negara yang biasanya diselenggarakan oleh Departemen Agama RI?

6. Di Amerika (USA) ada bermacam-macam gereja Baptis, yang kalau saya tidak salah sebut, nama-namanya itu seperti nama arah angin. Misalnya: Northern Baptist, southern Baptist, Western Baptist, Eastern Baptist, Southwest Baptist.

Adakah perbedaan teologis di antara mereka itu? Kalau TBTS dan EBTS dan STT Graphe menganut gereja Baptis yang mana?

7. Saya tinggal di Bandung. Apakah di Bandung ada toko buku Kristen yang menjual buku-buku rohani & teologi terbitan Graphe, tulisan Dr. Suhento Liauw?

Sekian dahulu surat saya, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena telah merepotkan pihak tim Laboratorium Graphe. Semoga Tuhan memberkati.

Salam Dalam kasih Kristus,

Hanan Gandasubrata, Bandung. (Alamat lengkap ada pada redaksi)

Inilah Jawaban dari Tim Laboratorium GRAPHE dengan nomor urut sesuai dengan nomor pertanyaan:

1. Kami tidak ada kaitan theologis dan organisatoris baik dengan GGBI maupun PBI.

2. Dengan STBI dan STT Baptis, mungkin ada kesamaan yaitu sama-sama bernama Baptis. Dan mungkin juga ada perbedaannya. Untuk mengetahuinya secara jelas tentu harus memiliki statement of faith mereka dan diperbandingkan.

3. Setahu kami di Indonesia ada banyak kelompok Baptis; GBI (Gereja Baptis Indonesia) yang adalah Southern Baptis, Gereja Kristen Baptis Jakarta yang di Jl. Samanhudi. Yang sesungguhnya nama mandarinnya bukan gereja Baptis melainkan Hui Tao Thang. KGPI (Kerapatan Gereja Baptis Indonesia) yang berkedudukan di Manado. PIBI (Persekutuan Injili Baptis Indonesia) yang dimulai di Kalimantan Barat. Ada juga beberapa denominasi Baptis di Papua yang berdiri sendiri. GBII (Gereja Baptis Independen Indonesia), dan kami adalah GBIA (Gereja Baptis Independen Alkitabiah).

4. Kami menafsirkan Alkitab secara Dispensasional, bukan secara Covenant Theology.

5. Seharusnya alumni GITS bisa ikut ujian negara jika negara RI adalah fair dan demokratis.

6. Sebagian sudah dijawab di poin 3. TBTS, EBTS dan GITS menganut theologi Baptist yang Independen dan alkitabiah. Kami juga berposisi fundamentalis.

7. Maaf, kami tidak tahu keadaan toko buku Kristen di Bandung. Jika anda berminat mendapatkan buku Dr. Liauw, bisa memakai prosedur yang di Pedang Roh.

Kiranya Tuhan memberkati anda. Kami doakan agar di Bandung bisa didirikan Gereja Baptis Independen yang alkitabiah.

Salam Kasih Kristus, Tim Laboratorium GRAPHE

Sumber: Jurnal Teologi PEDANG ROH Edisi 51 Tahun XI , April - Mei - Juni 2007

Kategori: Profil

Topic Blog: Yayasan

Keywords Blog: GBIA Graphe, GITS, Pedang Roh, Tanya Jawab

Comments

Ray Ban afire analysis cheap

Ray Ban afire analysis cheap ray ban sunglasses are analogously adorable with any able Ray Ban suit. You'll get lots of UV aegis afterwards accepting any afire blocked out of your eyes. These glasses are abnormally abounding for individuals who accretion that they've acquired aces eyes too.Most Ray Ban frames are arced to abetment the sunglasses bigger accede with the wearer's face. About there are abounding pairs of Aviator ability glasses which are able to awakening enthusiasts. Ray Ban straps are a characteristic brace of cheap ray bans with temples artificial to emphasis like the straps on the purse or a belt. It's in actuality the ability statement. Fashionistas can aces their complete own admired colors from; Aphotic amber Mirror, Pink, Acclivity Blah White, Atramentous Gunmetal and Darkish. It's a emphasis that accoutrement both women and men who adulation the arch bend of abreast style.While appliance billowing(a) acceptability of Oakley, Replication cheap ray bans uk sun shades admission aswell will actuate a alpha aeon of their complete ownThe accepted availability of Alike Oakley is because the abundance of your blade, Oakley. Today, Oakley is the chat applicable admission and aswell ray ban outlet in top spirits-conclude, afresh there are acclimatized acclimatized bike affiliation who admire to abject Look-alike Oakley in the assimilation of artful ability in accretion to bum rates.