Aku Bukan Anak yang Sulit

Tanggal 21-22 April 2008 ada Seminar Intensive Counseling Workshops, ada tiga topik yang disampaikan. Dari tiga topik itu, aku hanya mengikuti topik yang kedua, "Tidak Ada Anak yang Sulit". Walaupun aku belum berkeluarga apalagi punya anak, tapi materi yang disampaikan tersebut sangat bagus untuk bekal aku nanti.

Aku sempat berpikir, seandainya orangtuaku mengikuti seminar ini waktu aku masih kecil dulu, pasti aku tumbuh menjadi anak yang jauh luar biasa dari pada aku sekarang...(red. perasaan sekarang juga "luar" biasa deh....Tongue out )

Selama materi disampaikan, lebih banyak aku teringat tentang masa kecil aku, dan mengingat kembali bagaimana hubungan aku dengan orangtua. Dulunya hubunganku dengan orangtua kurang harmonis, bahkan cenderung "gersang", untuk bicara dengan orangtua rasanya sungkan banget dan "jarak" antara kami sangat terasa. Jujur aku sebagai anak seneeeeng banget dengan materi yang disampaikan karena sebagai anak aku merasa dibela...hehehe....Laughing

Sebagai anak yang dibesarkan dalam kondisi yang seperti aku tuliskan tadi, pasti nantinya aku juga cenderung meniru pola asuh orangtuaku. Tapi bersyukur sekali aku bisa mengikuti seminar ini dan mendapat banyak pengetahuan, sehingga dengan bekal tersebut aku bisa menghindari kecendurungan untuk mengikuti pola asuh orangtuaku dalam mengasuh dan mendidik anak-anakku nanti. Thanks to GOD karena hubungan aku dengan orangtua dan adikku sekarang bisa dibilang harmonis, paling tidak jauh lebih harmonis dibandingkan saat aku masih dalam masa pertumbuhan dulu...hmm...ternyata aku bukan anak yang sulit dipahami kan...dan aku rasa hubungan kami akan semakin baik kalau aku juga bisa memahami orangtua ku dengan lebih baik lagi.

....ehm....kapan ya ada seminar "Tidak Ada Orangtua yang Sulit" ? Wink supaya anak tidak selalu menuntut orangtua memahami anak, tapi anak juga bisa belajar memahami orangtua.....^_^

Kategori: Konseling Kristen

Topic Blog: Tokoh Alkitab

Keywords Blog: anak, orangtua