KAMPANYE DAMAI YANG TIDAK DAMAI

Tadi jam 12 siang, saya menyaksikan Berita di METRO Siang. Kampanye Damai yang diadakan KPU dengan semua Partai Politik Peserta Pemilu 2009 yang seyogyanya diharapkan menjadi awal pelaksanaan simbolis kampanye secara damai, malah menjadi tidak damai. Ada sedikit kericuhan yang terjadi baik dari PPDI Kepengurusan A dan B, juga selain itu terjadi banyak pelanggaran tata tertib mulai dari membawa anak-anak di bawah umur memasuki hall D tempat dimana terjadi penandatanganan Ikrar Kampanye Damai, atribut partai yang dibawa masuk, serta membawa lebih dari 50 partisipan dari masing-masing Parpol.

Meski demikian akhirnya tetap bisa berjalan orasi 3 menit dari masing-masing PARPOL. Tentu patut kita syukuri sekiranya Para Ketua PARPOL atau perwakilan peserta Pemilu mau datang dan menandatangani Ikrar Kampanye PEMILU secara damai.

KPU ingin sekali membuktikan dirinya mampu menyukseskan penyelenggaraan PEMILU 2009 dengan sukses dan tepat waktu. Namun dari komentar beberapa Pengamat, tampaknya KPU mesti bekerja keras menegakkan aturan-aturan main yang sudah ditetapkan. Rey, salah seorang pengamat, cukup tajam dan elegan dalam memberi kritik yang membangun bagi kinerja KPU dan juga PANWASLU (yang menjadi pengawas kinerja dari KPU).

Suhu politik memang semakin memanas, bukan hanya para caleg namun juga ihwal capres-cawapres. SBY ingin memperbaiki tali silaturahmi dengan Ibu Megawati. JK dan Mega sudah mulai menjalin koalisi sambil menanti hasil pasti dari Pemilu Legislatif 9 April.

Tadi malam, di DEMOCRAZY, salah satu acara favorit saya, anggota KPU sudah menjelaskan bagaimana cara mencontreng, kertas suara, dan lain-lain. Memang hal yang paling perlu diperbaiki oleh KPU yaitu menggencarkan sosialisasi bagaimana memilih dan mencotreng dengan benar, sehingga rakyat tahu pasti dan tidak salah yang menyebabkan hilangnya suara hanya karena kesalahan prosedural.

Registrasi para pemilih juga masih membingungkan sampai hari ini. Bagaimana dengan teman-teman sekalian?

Tuhan Yesus memberkati. Bilangan 6:24-26.

www.dedewijaya.co.cc ada 270 artikel PA, Doktrinal, Pesona Alkitab, sedikit Politik dan Humor, Keluarga, Cinta, dll

 

Kategori: Bahan Renungan Alkitab

Topic Blog: Kesaksian

Keywords Blog: Kampanye, KPU, PARPOL, PEMILU