Feed aggregator

Mengenal Produk “Alkitab GPT” dan “BaDeNo AI”

Terbaru dari Blog SABDA - Tue, 21/05/2024 - 10:00

Halo Teman-teman! Melalui blog kali ini, saya akan berbagi berkat terkait acara Kenal Produk YLSA April. Ada dua produk yang dikenalkan bulan ini, yaitu Alkitab GPT dan BaDeNo AI. Yuk, baca sampai selesai biar nggak ketinggalan infonya ya.

Kenal Produk merupakan segmen baru dari Kenal YLSA. Oh ya, sebelumnya, di YLSA ada acara SABDA Unboxing! yang mengupas tuntas produk-produk SABDA, tetapi sekarang sudah tidak tayang lagi. Jadi, Kenal Produk ini bisa menggantikannya dan dimasukkan ke segmen Kenal YLSA. Bersyukur untuk antusiasme Sahabat SABDA untuk segmen baru ini.

Nah, Kenal Produk April ini diadakan pada 15 April yang mengupas tentang "Alkitab GPT" dengan narasumber Aldo. Lalu, pada 22 April, mengupas tentang "BaDeNo AI" dengan narasumber Elan. Mereka mengenalkan produk tersebut dengan baik dan ringkas, mulai dari ide awal produk muncul, tempat mengakses, berbayar atau tidak, sampai penjelasan-penjelasan penting lainnya, sehingga Sahabat SABDA dapat dengan mudah mendapatkan dan menggunakannya untuk pelayanan masing-masing. Untuk Sahabat SABDA yang ingin menyimak video arsip acara ini, silakan berkunjung di Instagram @sabda_ylsa ya. Jangan lupa like dan share!

Apa Sih Office Hour AI-4-GOD! Itu?

Terbaru dari Blog SABDA - Mon, 20/05/2024 - 10:00

Shalom blessed people. Sudah ada yang tahu belum nih tentang acara Office Hour AI-4-GOD!? Ya, Office Hour AI-4-GOD! merupakan forum tanya jawab/diskusi yang membahas seputar tip & trik, cara optimal, dan jenis-jenis tools AI yang dapat dimanfaatkan dengan sangat baik untuk pelayanan dan gereja. Yang menjadi latar belakang dari acara ini adalah karena banyaknya pertanyaan dari pengguna terkait AI secara umum maupun spesifik untuk Biblical Study, pelayanan, dan gereja. Kami berharap melalui acara ini, anak-anak Tuhan semakin tahu apa itu AI, cara penggunaannya, lokasi untuk mengakses, platform media sosial yang terintegrasi, dan masih banyak lagi.

Office Hour AI-4-GOD! tayang perdana pada Jumat, 22 Maret 2024. Untuk sementara waktu, Office Hour AI-4-GOD! ini diadakan sebulan sekali setiap Jumat, pukul 15.00 - 16.00 WIB. Oh ya, pada 26 April 2024, kami sudah mengadakan acara Office Hour AI-4-GOD! yang kedua.

Saya sangat bersyukur karena dipercaya menjadi host dalam acara ini. Tentunya, saya tidak sendiri karena ditemani oleh Ibu Eviehost favorit kita bersama ... hehehe. Selama dua kali bertugas sebagai host bersama beliau, saya mendapat banyak sekali pengalaman dalam memimpin suatu diskusi. Saya juga belajar tentang time management yang baik karena biasanya diskusi berlangsung cukup lama (panjang durasinya), terutama ketika sudah benar-benar enjoy membahas satu topik. Jadi, saya juga mengalami banyak perkembangan, khususnya dalam hal berkomunikasi dan memimpin alur acara. Hal ini saya buktikan ketika acara Office Hour AI-4-GOD! yang kedua. Memang sedikit grogi karena belum terlalu terbiasa berbicara di depan audience yang banyak, ditambah pertanyaan dan tanggapan dari peserta yang terus berdatangan dari live chat. Puji Tuhan! Melalui pertolongan Tuhan, saya mampu memimpin acara ini.

So, saya mengajak blessed people yang belum pernah mengikuti dan yang sudah pernah mengikuti acara ini untuk menghadiri Office Hour AI-4-GOD! ya. Untuk info selengkapnya terkait event AI, silakan berkunjung ke situs ai.sabda.org. Terima kasih. Tuhan Yesus Memberkati. Salam AI-4-GOD!

Growing Together April? Sharing Silaturahmi Dong!!

Terbaru dari Blog SABDA - Fri, 17/05/2024 - 10:00

Growing Together (GT) adalah salah satu komunitas kelompok belajar yang dibuka oleh SABDA agar orang percaya dapat berbagi dan bertumbuh bersama dalam Tuhan. Setiap bulannya, komunitas GT ini mendiskusikan topik-topik yang relevan, kekinian, kreatif, dan tentunya dapat membuka wawasan peserta sehingga dapat terus bertumbuh, mengenal Tuhan, dan mengasihi-Nya. Saya sangat bersyukur karena setiap bulan bisa ikut belajar bersama, meskipun mungkin tidak seaktif rekan-rekan peserta yang lainnya. Namun paling tidak, komunitas ini dapat menolong saya terus berpikir dan mengambil tindakan untuk semakin hidup dalam Kristus, sebagaimana saya seharusnya hidup pada zaman yang berkembang pesat ini. Apalagi saat membahas tema GT April tentang Sharing Silaturahmi, saya terus-menerus diingatkan tentang kehidupan yang bersaksi, berbagi Injil, dan melakukan follow up kepada orang-orang yang saya injili.

Tema Sharing Silaturahmi ini didiskusikan selama 3 minggu sepanjang April. Wow, meski banyak yang sedang liburan dan menikmati Lebaran, diskusi tetap berjalan dong. Untuk topik-topik setiap minggunya, yaitu: "Silaturahmi Bersama", "Pelajaran Silaturahmi", dan "Silaturahmi dan Amanat Agung", dapat didiskusikan dengan praktis. Kok bisa? Ya, semua pertanyaannya berkaitan dengan apa yang dilakukan saat Lebaran, pelajaran yang didapatkan, dan bagaimana suasana Lebaran atau liburan dapat dipakai untuk menceritakan Kabar Baik (Injil). Banyak cerita dan pengalaman yang dibagikan peserta dalam diskusi ini. Bahkan, ada yang mendapatkan penolakan saat berbagi Injil, tetapi itu tidak mengurangi semangat mereka tetap berbagi.

Bersyukur, bersyukur, dan bersyukur banget. Sebanyak 56 peserta yang dibagi dalam 3 grup diskusi WA, semuanya bisa berjalan dengan baik. Oh iya, silakan melihat evaluasi diskusi Growing Together April ini melalui YouTube SABDA Alkitab, sedangkan untuk arsip-arsip Growing Together dapat diakses di situs murid21.

By the way, bagi Sahabat SABDA yang ingin mengikuti serunya diskusi Growing Together yang diadakan SABDA MLC, kepoin infonya yuk melalui WA di 0821-3313-3315. Mari kita bersama-sama membangun komunitas belajar Kristen yang sehati dan sepikir untuk hidup bertumbuh dalam Kristus. Amin.

Kembali ke SABDA untuk Mengerjakan Skripsi

Terbaru dari Blog SABDA - Thu, 16/05/2024 - 10:00

Oleh: Sebastian

Halo Sahabat SABDA, apa kabar? Bertemu lagi dengan saya, Sebastian Jonathan. Saya sudah pernah magang di SABDA pada Juli sampai Desember 2023. Sekarang, saya kembali ke SABDA untuk mengerjakan skripsi mengenai pembuatan aplikasi chatbot kerohanian dengan metode RAG (Retrieval Augmented Generation). Saat pengguna mengirim sebuah prompt, program akan mencari data yang mengandung jawaban prompt. Kemudian, AI akan menjawab prompt berdasarkan data RAG. Melalui RAG, diharapkan AI dapat menjawab lebih tepat dan lebih mudah untuk menambah pengetahuan AI.

Saya telah mengerjakan skripsi selama beberapa bulan, dan menurut saya, mengerjakan skripsi sangat berbeda dengan kuliah. Waktu kuliah, saya sering berkumpul bersama teman-teman di kampus, berdiskusi sambil bersenda gurau sembari mengerjakan tugas kuliah. Dinamika ini kurang terasa saat saya mengerjakan skripsi. Saya dan teman-teman seringnya lebih fokus pada skripsi masing-masing, apalagi skripsi kami berbeda-beda. Oleh karena itu, saya merasa skripsi adalah tugas yang berat dan ada banyak hal yang harus saya kerjakan yang menguras tenaga dan semangat saya.

Namun, saya percaya dengan pertolongan Tuhan, saya dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik. Tuhan telah banyak menolong saya untuk tetap tenang dan semangat selama pengerjaan skripsi ini. Waktu terjadi error dalam program saya, Tuhan menolong saya menemukan titik terang. Saya juga percaya akan kasih Tuhan yang mengalir melalui orang tua, teman, dan staf SABDA yang selalu mendukung saya dalam mengerjakan skripsi ini. Terima kasih telah membaca blog saya. Tuhan Yesus selalu memberkati dan menyertai kita.

Pengalaman Seru Mengerjakan Derivatif Artikel

Terbaru dari Blog SABDA - Wed, 15/05/2024 - 10:00

Halo Teman-teman, pernah nggak membayangkan sebuah artikel diproses sampai akhirnya menjadi konten yang menarik dan informatif? Nah, saya mendapatkan kesempatan seru lho untuk mengerjakan tugas ini di SABDA. Saya akan sharing nih tentang pengalamanku ini.

Awalnya, saya bergumul dengan tugas ini karena artikel yang harus diproses cukup kompleks, ditambah lagi saya belum pernah mencobanya. Namun, untungnya, saya mendapat orientasi dan bantuan dari teman-teman yang berpengalaman, yang sebelumnya pernah mengerjakan tugas ini. Puji Tuhan!

Jadi, dari sebuah artikel, saya akan bisa menghasilkan artikel yang informatif (dengan dilengkapi referensi link di kata-kata yang penting/kunci), deskripsi singkat, kutipan, intro dan outro untuk audio, dan audio artikel. Oh ya, tugas ini disebut juga dengan derivatif artikel. Saya bersyukur ada kerja sama yang solid sehingga bisa mengerjakan tugas ini dengan baik. Penasaran dengan prosesnya?

Pastinya, saya harus membaca artikelnya dulu nih dan memprosesnya dalam format HTML. Bersyukurnya, proses mengerjakan HTML ini bisa lebih mudah dan cepat karena ada script yang menolong. Bersamaan dengan proses HTML, saya juga membuat deskripsi singkat dari artikel tersebut. Nah, saat membaca artikel, saya juga harus menemukan kutipan menarik untuk dijadikan pullquote, yang nantinya bisa dibagikan di media sosial. Langkah selanjutnya adalah membuat intro dan outro berdasar artikel tersebut. Hal ini penting karena nantinya artikel ini akan diaudiokan.

Seru 'kan prosesnya? Penuh tantangan dan kreativitas! Saya merasa sangat bersyukur kepada Tuhan dan senang dengan hasil kerja ini. Nah, teman-teman bisa menemukan semuanya ini ketika membaca artikel-artikel di situs-situs milik YLSA. Selain mendapatkan artikel, teman-teman akan bisa mendapatkan quote dan audio artikel tersebut. Saya harap teman-teman menikmatinya dan mau membagikannya kepada orang lain agar mereka juga mendapatkan berkatnya. Oke, sekian tulisan saya kali ini. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di lain kesempatan! God bless us.

Inovasi Alkitab GPT!

Terbaru dari Blog SABDA - Tue, 14/05/2024 - 10:00

Hai Sahabat SABDA! Saya sangat senang bisa berbagi pengalaman seru sebagai narasumber dalam seminar AITalks! seri AI-4-GOD! berjudul Alkitab GPT yang diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk memperkenalkan konsep inovatif prinsip conversation Bible dalam konteks Alkitab digital. Seminar ini dilaksanakan secara virtual melalui platform Zoom sehingga memungkinkan partisipan dari berbagai tempat tanpa batasan geografis. Meskipun berbicara di depan layar, antusiasme dan semangat dari para partisipan terasa begitu nyata. Puji Tuhan!

Saat berbagi wawasan tentang sejarah perkembangan Alkitab, terutama dalam konteks Alkitab GPT yang menggabungkan kecerdasan buatan, perasaan saya campur aduk, grogi dan antusias. Topik ini menantang dan sangat penting untuk dibahas mengingat teknologi sangat berperan penting sebagai "transportasi" dan mendekatkan Alkitab kepada generasi saat ini.

Partisipan yang hadir dari berbagai latar belakang membuat diskusi semakin menarik. Saya sangat bersyukur karena banyak dari mereka tertarik untuk mencoba menggunakan Alkitab GPT dari YLSA atau menjelajahi berbagai alat kecerdasan buatan lainnya untuk menerapkan prinsip conversation Bible ini.

Semoga melalui seminar ini, semakin banyak orang terinspirasi untuk menggali lebih dalam tentang konsep conversation Bible dan memanfaatkan teknologi secara positif dalam memahami dan menyebarluaskan firman Tuhan. Tentu saja, ini bukanlah akhir dari perjalanan panjang dalam menyatukan teknologi dengan kerohanian. Mari kita terus menjadikan teknologi sebagai sarana untuk menggali kebenaran firman Tuhan dan membagikannya kepada keluarga, teman, dan rekan-rekan lainnya!

#AITalks: AI dan W.I.F.E.

Terbaru dari Blog SABDA - Mon, 13/05/2024 - 10:00

Teman-teman join nggak di acara#AITalks bertajuk AI dan W.I.F.E. yang diadakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) pada Senin, 6 Mei 2024, via zoom? Acara ini sangat memberkati lho. Yuk, langsung saja baca blog ini untuk tahu seperti apa acaranya ya. Selamat membaca!

Materi yang dibahas dalam acara ini sangatlah relevan dengan konteks perkembangan gereja pada era digital dan AI saat ini. Melalui konsep gereja yang dijelaskan secara detail, kita akan mengerti fondasi gereja yang alkitabiah (W.I.F.E.). Apa itu W.I.F.E.? Ini merupakan singkatan dari Word/Worship (Firman/Ibadah), Instruction (Pengajaran), Fellowship (Persekutuan), dan Evangelism (Penginjilan). Konsep ini menekankan empat fungsi dasar gereja yang harus diperhatikan dan diperkuat dalam pelayanan gereja yang sehat dan alkitabiah yang juga terintegrasi dengan kecerdasan buatan (AI) melalui konsep #SMART Church sehingga gereja dapat menghadapi tantangan zaman dengan lebih adaptif dan inovatif.

Dalam materi ini, ada juga beberapa poin penting yang disampaikan, di antaranya: 1). Pentingnya gereja untuk beradaptasi dengan era digital dan AI untuk tetap relevan dan efektif dalam pelayanan, 2). Konsep #SMART Church yang menggabungkan kecerdasan buatan (AI) dengan prinsip-prinsip gereja yang sehat untuk menciptakan lingkungan gereja yang adaptif dan inovatif, 3). Peran AI dalam memperkuat aspek pengajaran, ibadah, persekutuan, dan penginjilan dalam konteks gereja yang alkitabiah (W.I.F.E.), 4). Dampak positif penggunaan AI dalam menyebarkan konten evangelism, personalisasi pesan, menjangkau audiens lebih luas, dan mendukung berbagai aspek pelayanan gereja, 5). Perlunya gereja untuk terus belajar, berkembang, dan memanfaatkan teknologi untuk memperluas dampak pelayanan dan memenuhi panggilan gereja, 6). Evaluasi terhadap aktivitas gereja dengan mengukur aspek klasik, digital, dan AI untuk memastikan keselarasan dan keseimbangan dalam pelayanan, 7). Dorongan untuk meminta hikmat Tuhan dalam memimpin gereja menuju pertumbuhan dan dampak yang signifikan. Dan, pastinya masih banyak lagi pesan yang disampaikan.

Mungkin, beberapa dari pembaca baru pertama kali mendengarkan istilah (W.I.F.E.) ini dan pastinya sudah ada pula yang pernah mendengar, bahkan mengerti tentang hal ini. Nah, melalui acara ini, kita diingatkan kembali mengenai fondasi penting dari gereja, dan ini masih sebagian kecil dari isi materinya lho teman-teman. Saya sangat berharap, melalui tulisan yang singkat ini, pembaca dan saya semakin memahami dan mau menerapkan pelajaran-pelajaran penting ini dalam mempersiapkan gereja untuk menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang dan memperluas dampak pelayanan gereja sesuai dengan panggilan dan misi gereja.

Kalau Teman-teman merasa terberkati dan ingin tahu lebih mendalam tentang materi ini, yuk kunjungi tautan-tautan berikut ini ya:
https://ai.sabda.org/ai-dan-w-i-f-e/
https://live.sabda.org/events.php?title=ai_talks_ai_dan_wife

Sampai jumpa di blog selanjutnya ya! Gereja untuk kemuliaan Tuhan!

Rekap Roadshow AI-4-GOD! FKHT Klaten

Terbaru dari Blog SABDA - Tue, 07/05/2024 - 10:00

Teknologi semakin berkembang. Hamba-hamba Tuhan, tentunya, sangat didorong untuk menggunakan teknologi dalam pelayanan mereka.

Pada 30 April 2024 lalu, SABDA mengadakan roadshow di Forum Kebersamaan Hamba Tuhan Klaten dengan materi "AI dan Khotbah", serta hands on bareng menggunakan AI.

Yuk, simak sharing pengalaman dari rekan-rekan hamba Tuhan selama mengikuti acara ini!

View this post on Instagram

A post shared by Ylsa Sabda (@sabda_ylsa)

Menggali “Makna Kebangkitan Yesus” Melalui Alki-TOP

Terbaru dari Blog SABDA - Mon, 06/05/2024 - 10:00

PA Online Bareng Seri Alki-TOP kembali lagi nih! Pada April yang penuh dengan harapan ini, anak-anak Tuhan di seluruh dunia pastinya merayakan momen yang paling penting, yaitu peringatan Kebangkitan Yesus Kristus. Setiap tahun, perayaan ini mengingatkan kita akan keajaiban iman dan harapan yang membawa cahaya bagi setiap orang percaya. Yuk, baca cerita seru saya tentang topik-topik Alki-TOP sepanjang April ini. Baca sampai akhir ya!

5W1H: Bahan untuk Studi Alkitab Berdasarkan Kata Tanya

Terbaru dari Blog SABDA - Fri, 03/05/2024 - 10:00


Hai Sahabat SABDA!

Bertemu lagi di blog saya. Kali ini, saya membahas tentang 5W1H dalam BaDeNo AI. 5W1H merupakan hasil generate AI tentang penjelasan dalam 1 pasal berdasarkan kata tanya WhatWhereWhenWhoWhyHow. 5W1H ini di-generate karena AI (Artificial Intelligence) yang sekarang sedang berkembang pesat dan dapat melengkapi rencana baca Alkitab setahun yang ada dalam BaDeNo AI.

Oke, saya akan jelaskan lebih detail lagi ya untuk isi dari 5W1H. Jadi, untuk What, berisi apa saja yang terjadi dalam pasal tersebut. Where, berisi di mana latar tempat dalam pasal tersebut. Selanjutnya, When berisi kapan terjadinya peristiwa dalam pasal tersebut. Who, berisi siapa saja tokoh yang terdapat dalam pasal tersebut. Why, terdapat penjelasan mengapa peristiwa tersebut terjadi dalam pasal. Dan, yang terakhir How, yaitu penjelasan terkait bagaimana peristiwa tersebut terjadi.

Oh iya, 5W1H ini masih di-generate sampai semua pasal dalam kitab-kitab PB (Perjanjian Baru) dan untuk pengembangan selanjutnya akangenerate semua pasal dalam kitab-kitab PL (Perjanjian Lama). Sahabat SABDA bisa mendukung dalam doa supaya proses ini diberi kemudahan dalam perkembangan selanjutnya.

Saya mengajak Sahabat SABDA untuk melakukan studi Alkitab dengan 5W1H ini disini!!! Sekian tulisan dari saya. Sampai jumpa di blog saya selanjutnya ya.

SABDA5: Segudang Informasi Menarik

Terbaru dari Blog SABDA - Fri, 23/02/2024 - 10:00

SABDA5 merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh Yayasan Lembaga SABDA, mengusung konsep 5 info penting dalam 5 menit. Sehingga dalam waktu 1 menit per topik dapat menghadirkan informasi penting. Program ini mulai dikembangkan sejak bulan September 2022 silam.

Nah, apa saja infonya dan bisa diakses di mana saja? Yuk, temukan jawabannya melalui vlog Sdr. Nehemia!

View this post on Instagram

A post shared by Ylsa Sabda (@sabda_ylsa)

Bagi Teman-teman yang ingin mendapatkan informasi tersebut, bisa banget kunjungi situs SABDA Info atau kunjungi YouTube SABDA Alkitab.

Video Baru dari The Bible Project

Terbaru dari Blog SABDA - Thu, 22/02/2024 - 10:00
project.sabda.org

Hallo Sahabat SABDA. Senang sekali bisa menyapa Sahabat SABDA melalui blog saya kali ini. Pada kesempatan ini, saya ingin menceritakan tentang video baru dari The Bible Project. Bagi Sahabat SABDA yang belum tahu, The Bible Project merupakan organisasi nonprofit yang memproduksi video tentang Alkitab, podcast, kelas, dan bahan-bahan edukasi Alkitab lainnya, yang bertujuan agar Alkitab dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja dan di mana saja.

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) telah bermitra dengan The Bible Project dalam mendistribusikan bahan-bahan mereka. Pada awal 2024 ini, tim SABDA Labs telah mendistribusikan bahan baru dari The Bible Project berupa video yang sudah dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia di situs project.sabda.org.

Penasaran apa saja videonya? Ada Seri Bagaimana Membaca Alkitab dan Studi Kata. Dalam satu seri, terdapat beberapa episode yang berfokus membahas topik tertentu. Selain video dalam bahasa Indonesia, YLSA juga meng-update seri-seri terbaru dalam bahasa Inggris.

Menurut saya, setiap video The Bible Project ini sangat menarik karena dikemas dengan bentuk animasi yang unik, informatif, padat, detail, dan alkitabiah. Saya sebagai orang awam dalam dunia teologi, dapat belajar banyak dari video yang disajikan karena memberi insight untuk perkembangan iman saya. FYI, semua staf YLSA juga pernah lho memakai bahan dari The Bible Project ini untuk melakukan Pendalaman Alkitab (PA). Sungguh, sangat memberkati kami. Saya berharap bahan-bahan dari The Bible Project ini juga dapat memberkati Sahabat SABDA sekalian. Silakan mengakses bahan-bahan dan seri video terbarunya secara gratis di situs official Bible Project atau bisa juga di situs project.sabda.org. Jangan sampai terlewat ya!

Kategori: YLSA, pelayanan, mitra
Keyword: The Bible Project, video, Alkitab

AI-4-GOD: Studi Alkitab dengan BaDeNo AI

Terbaru dari Blog SABDA - Wed, 21/02/2024 - 10:00
BaDeNo Plus

Halo Sahabat SABDA! Berjumpa lagi dengan saya, Aldorei. Kali ini, izinkan saya berbagi tentang inovasi terbaru kami, yaitu BaDeNo AI yang bisa digunakan untuk studi Alkitab. Jika sebelumnya kita membahas proyek terjemahan bahan alkitabiah dan Alkitab GPT sebagai tools AI, BaDeNo AI membawa kita lebih dekat lagi dalam memahami firman Tuhan. Yeay ... asyik!!

Sebelumnya, ketika studi Alkitab, kita hanya membaca, mendengar, dan menonton Alkitab dengan tambahan berbagai materi pendukung. Nah, melalui BaDeNo AI, yang merupakan alat canggih ini, kita sekarang bisa mendapatkan ringkasan, pengantar, latar belakang, topik, nama tokoh, tempat yang berkaitan, kata kunci, pertanyaan refleksi, pelajaran, dan pokok doa per pasal dalam Alkitab. Luar biasa, bukan? Pastinya!

Saat ini, kitab Perjanjian Baru sudah tersedia dalam BaDeNo AI dan semuanya dihasilkan hanya dalam waktu dua hari. Ini membuktikan betapa AI dapat meningkatkan efisiensi dan membuat studi Alkitab yang kita lakukan semakin mendalam. Puji Tuhan! Hal ini tidak hanya tersedia di situs BaDeNo lho, tetapi di situs Alkitab SABDA juga. Bahkan, nantinya akan tersedia juga di aplikasi AlkiPEDIA. Hore!!

Oh ya, cara penggunaannya juga mudah lho, Sahabat SABDA. Langsung saja masuk ke situs BaDeNo AI, lalu pilih kitab dan pasal yang ingin dipelajari (masih dalam PB lho ya). Jika sudah masuk, scroll ke bawah, lalu temukan dan klik tulisan "BaDeNo AI". Selamat membaca dan merenungkan hasil dari AI ya.

Namun, Teman-teman jangan menjadikan hasil dari AI ini sebagai kebenaran yang mutlak ya. AI hanya sebagai alat bantu untuk memperdalam pemahaman kita terhadap firman Tuhan. Jadi, kita harus tetap menggunakan referensi lainnya. Saya mendorong Sahabat SABDA untuk menggunakan AI untuk kemuliaan Tuhan. Salam AI-4-GOD!

Pengalaman Menyenangkan Mengerjakan Modul Online Bible (OLB) “Matthew Henry”

Terbaru dari Blog SABDA - Fri, 09/02/2024 - 10:00

Shalom Sahabat SABDA! Saya ingin berbagi pengalaman saat terlibat mengerjakan modul OLB Matthew Henry Commentary pada Februari ini. Oh ya, apakah Teman-teman tahu nggak tentang modul OLB? Modul OLB adalah modul yang dapat dijalankan di Software SABDA. Modul ini jenisnya bermacam-macam. Ada modul terkait Alkitab, buku, tafsiran, dsb..

Dalam proses mengerjakan modul ini, saya merasa senang dan sedih. Sedihnya, saya harus mengulang pengerjaan dari awal karena tanda baca tidak sesuai format yang diinginkan oleh OLB. Senangnya, saya merasakan penyertaan Tuhan saat mengerjakan modul ini hingga selesai. Puji Tuhan!

Modul OLB Matthew Henry Commentary ini sebelumnya hanya berisi tafsiran kitab Kejadian, Mazmur, 4 kitab Injil, dan Kisah Para Rasul. Sekarang, sudah ditambahkan kitab Roma sampai Wahyu (Perjanjian Baru), Keluaran sampai Ester, dan Amsal sampai Yehezkiel (Perjanjian Lama). Dalam pengerjaannya, saya menemui kendala terkait banyaknya tanda baca yang tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh Software OLB. Namun, puji Tuhan, perlahan dan pasti, kendala tersebut dapat diatasi dengan penyertaan Tuhan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak wawasan serta pesan Tuhan melalui Tafsiran Matthew Henry dalam bahasa Indonesia. Bagian-bagian yang sudah ditambahkan kini bisa Sahabat SABDA unduh di situs sabda.net. Yuk, segera unduh modul ini dan bagikan ke teman-temanmu ya! Sekian blog dari saya, sampai bertemu di tulisan saya berikutnya. Salam IT-4-GOD!

SABDA Daily: Tetap Terhubung dengan SABDA

Terbaru dari Blog SABDA - Tue, 06/02/2024 - 10:00

Yeay, akhirnya, saya menulis blog lagi di Blog SABDA. Senang bisa menyapa Sahabat SABDA melalui tulisan ini. Semoga semuanya selalu dalam perlindungan Tuhan.

Ngomongin tentang SABDA, setiap harinya selalu ada kegiatan dan perkembangan pelayanan nih. Nah, gimana sih Sahabat SABDA bisa mengikuti semua informasi ini setiap harinya? Kami membuat SABDA Daily lho agar Sahabat SABDA bisa mengikuti perkembangan pelayanan kami. SABDA Daily ini bisa ditemukan di halaman depan semua situs SABDA, Instagram @sabda_ylsa, WAG dan Telegram SABDA, dan situs SABDA.Info yang menjadi pusat informasi pelayanan YLSA untuk semua mitra, sahabat, dan pendukung YLSA.

Dengan SABDA Daily ini, Sahabat SABDA tidak hanya mendapatkan informasi atau berita, tetapi juga diajak untuk bisa menggunakan produk dan memberikan masukan, mengikuti acara/kegiatan live yang diselenggarakan SABDA, dan ikut mendoakan pelayanan SABDA. Pastikan Sahabat SABDA membaca SABDA Daily ya!

Oh ya, saya bocorin nih sedikit cerita di balik pembuatannya. Diawali dengan "berburu" informasi/berita harian tentang kegiatan atau produk dari setiap tim (SABDA Labs, SABDA Academy, dan SABDA Resources), termasuk berita-berita lainnya yang terkait dengan pelayanan SABDA. Setelah berita dicek dan disetujui, barulah dibuatkan grafisnya dan tentunya juga melalui proses cek dan finalisasi sesuai prosedur. Setelah grafis disetujui, barulah disebarluaskan di jalur-jalur pelayanan SABDA. Nah, yang terlibat dalam proses pengerjaan SABDA Daily ada saya, Mbak Evie, Yudo, dan teman-teman SABDA lainnya yang juga ikut membuat beritanya.

Bagi Sahabat SABDA yang belum mengikuti berita/informasi harian dari kami, silakan mendapatkannya di jalur-jalur yang saya sebutkan di atas tadi. Sekian dulu ya tulisan saya kali ini. Selamat mengikuti SABDA Daily! Kiranya menjadi berkat!

Tim Baru SABDA Academy: Lebih Terstruktur, Lebih Efektif

Terbaru dari Blog SABDA - Mon, 05/02/2024 - 10:00

Ada yang baru nih dari Yayasan Lembaga SABDA! Apa itu? Restrukturisasi YLSA, yang kini memiliki 3 tim inti, yaitu SABDA Labs, SABDA Academy, dan SABDA Resources. Saya menjadi salah satu anggota yang tergabung dalam tim SABDA Academy lho, dan saya ingin berbagi beberapa hal tentang SABDA Academy kepada Sahabat SABDA semua ...

SABDA Academy (SA) berfokus pada penyediaan bahan pembelajaran dan program pembelajaran (kelas/seminar/workshop, dll.). Wah, seperti Divisi SABDA Live di struktur YLSA yang sebelumnya donk ya? Hmm ... secara struktur dan tugas kerja sih berbeda. Tim ini tidak dipimpin oleh satu orang, tetapi oleh 2 Penanggung Jawab (PJ) sekaligus, yaitu Roma dan Tian, dengan harapan koordinasi dan pembagian tugas dalam tim menjadi lebih baik, efektif, dan efisien. Roma lebih berfokus sebagai PJ pre live dan live (sebelum dan selama acara berlangsung) dan Tian lebih berfokus sebagai PJ untuk post live (setelah acara berlangsung). Selain PJ, tim ini memiliki Admin yang menolong kelancaran kegiatan dalam tim dan kerja sama antartim serta PIC Relasi yang menolong komunikasi dengan Sahabat SABDA, korespondensi, dan promosi kegiatan berjalan dengan lebih optimal. Nah, dalam tim SA ini, saya dipercaya menjadi Admin, sedangkan Melisa sebagai PIC Relasi.

Proyek tim ini juga beragam, di antaranya kelas diskusi online (kelas modul, kelas bedah kitab, dan kelas diskusi langsung), seminar, workshop, training, roadshow, kelompok diskusi Growing Together, Pemuridan dengan Baca Buku, dan masih banyak lagi. Yang terbaru adalah proyek microlearning, yaitu proyek yang mengolah bahan pembelajaran (seminar, talkshow, kelas, workshop) menjadi bahan pembelajaran singkat yang lebih mudah dipahami dalam berbagai media. Contohnya, video pendek, infografik, quote, reels, carousel, audio spektrum, dan lain-lain. Kami berharap dengan adanya microlearning ini, proses belajar menjadi lebih cepat dan fun, serta bisa menjangkau lebih banyak kaum muda. Selain itu, microlearning ini bisa dibagikan kepada lebih banyak orang lewat platform digital dan media sosial.

Menurut saya, sistem kerja dari tim SABDA Academy menjadi lebih terstruktur dengan adanya scrum harian dan retrospektif mingguan untuk memantau progres kerja setiap proyek. Tim ini juga dibantu oleh seorang Steering Committee (SC), yaitu Ibu Yulia, yang bertugas mengarahkan dan mendampingi tim agar dapat bekerja dengan lebih efektif sesuai goal yang diharapkan. Oh ya, sistem kerja tim ini menjadi lebih terstruktur karena ada PIC dalam setiap proyeknya lho, misalnya PIC kelas ada Rei dan PIC kelompok diskusi Growing Together ada Bima.

Saya pribadi senang karena tim SABDA Academy ini lebih terstruktur dari segi sistem kerja dan fokus kerja. Walaupun pekerjaan semakin banyak, hasil yang dicapai juga lebih banyak dan semakin mendukung program pembelajaran yang alkitabiah dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, khususnya AI. Doa kami, kiranya Tuhan mengirimkan anak-anak-Nya yang rindu melayani di bidang IT dan mau bergabung di SABDA. Untuk tim SABDA Academy sendiri, kami juga membutuhkan anggota baru, khususnya di bidang multimedia. Saya juga berharap struktur tim yang baru ini semakin menghasilkan program pembelajaran yang menjangkau lebih banyak orang Kristen di luar sana, baik secara online maupun onsite. Amin.

Network Misi

Wiki Misi - Wed, 28/04/2010 - 00:25
Daftar isi if (window.showTocToggle) { var tocShowText = "tampilkan"; var tocHideText = "sembunyikan"; showTocToggle(); } Situs
  1. (id)e-Misi
  2. (id)ICW
  3. (id)CARM
  4. (id)Kalender Jaringan Doa Nasional (KJDN)
  5. (id)Sejarah Alkitab Indonesia (SAI)
  6. (id)Christian Answers
  7. (id)Isa dan Islam
  8. (id)Pelajaran tentang Misi
  9. (id)The Good Way
  10. (en)Soon Ministries
  11. (en)Open Doors
  12. (en)Brigada
  13. (en)Voice of the Martyrs
  14. (en)Wyclife Bible Translator
  15. (en)International Day of Prayer (IDOP)
  16. (en)SIL International
  17. (en)Every Home for Christ (EHC)
  18. (en)Far East Broadcasting Company (FEBC)
  19. (en)Gospel Discording (GNR)
  20. (en)Mission Aviation Fellowship (MAF)
  21. (en)New Tribes Mission (NTM)
  22. (en)Youth with a Mission (YWAM)
  • Access Research Network: www.arn.org
  • Apologetics Index: www.apologeticsindex.org
  • Bible Query: www.biblequery.org
  • Christian Answers Network: www.christiananswers.net
  • Christian Research Institute: www.equip.org
  • Leadership University: www.leaderu.com
  • William Lane Craig: www.leaderu.com/offices/billcraig
  • Evangelism Toolbox: www.evangelismtoolbox.com
  • Norman Geisler: www.normgeisler.com
  • Meekness and Truth (David Geisler): www.meeknessandtruth.org
  • Probe Ministries: www.probe.org
  • Reasons to Believe: www.reason.org
  • Stand to Reason: www.str.org
  • Watchman Fellowship, Inc.: www.watchman.org
  • The Ravi Zacharias International Ministries: www.rzim.org
  • For Moslems: www.answeringislam.org www.gnfcw.com
  • For Hindus: www.karma2grace.org
Biografi Misionaris Milis Blog Forum Artikel
  1. (id)Bagaimana Mendoakan Misionaris
  2. (id)Berdoa untuk Mereka yang Belum Terjangkau
  3. (id)Diciptakan untuk Sebuah Misi
  4. (id)Gerakan Doa Dunia
  5. (id)Gereja dan Misi
  6. (id)Hal-hal Besar Terjadi Ketika Anak-anak Berdoa
  7. (id)Ladang Misi yang Tersembunyi di Gereja Kita
  8. (id)Mempersiapkan Diri Menjadi Penginjil Pribadi
  9. (id)Mengabarkan Injil Tanggung Jawab Siapa
  10. (id)Pentingnya Misi di Hati Allah
  11. (id)Pelayan Doa Seorang Pengabar Injil
  12. (id)Sifat Amanat Agung
Publikasi Elektronik
  1. (id)E-JEMMI
  2. (id)Open Doors
  3. (id)40 Hari Doa
RSS IN-CHRIST.NET - Network Misi
BELAJAR DARI KOTA MAKEDONIA

Apa yang terjadi akhir-akhir ini, kita percaya bahwa tangan Tuhan luar biasa tetap menyertai kita. Dalam masa-masa krisis seperti ini, saya justru melihat penyertaan Tuhan yang luar biasa yang senantiasa memimpin umat-Nya untuk tetap kuat dan bertindak.  ... selengkapnya »

BAGAIMANA GEREJA ANDA MENJADI GEREJA YANG MISIONER

Semua kekristenan, apalagi para hamba Tuhan mengharapkan bahwa gereja mereka adalah gereja yang misioner, yaitu gereja sebuah gereja yang berkembang, bertumbuh dan memiliki wawasan yang luas. Untuk mencapai target ini kita sebagai orang Kristen harus mengerti misi.  ... selengkapnya »

LANGKAH IMANKU BAGI PEKERJAAN MISI DUNIA

Apa Itu Janji Iman Misi?  ... selengkapnya »

Menabur Bagi Kota Dunia

"Saya melihat Tuhan tetap memelihara kehidupan kita 'hidup irit' tetapi justru pada saat kita menabur, disitulah kita menuai."  ... selengkapnya »

ROH KUDUS DAN MISI

Jika kita memikirkan misi, sering kita mengaitkan misi dengan kasih Allah yang begitu besar, sehingga dia mengutus Putra-Nya untuk menyelamatkan dunia ini. Hal ini memang benar, tetapi kita sering kurang memperhatikan karya Roh Kudus dalam misi sedunia.

Roh Kudus adalah penggerak Misi  ... selengkapnya »

Syndicate content