Mazmur 38

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Mazmur 38 (Penomoran Septuaginta: Mazmur 37) adalah sebuah mazmur dalam bagian ke-1 Kitab Mazmur di Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen. Mazmur ini digubah oleh Daud. Dalam versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia, Mazmur ini diberi judul "Doa pada waktu sakit".

Daftar isi

Tradisi Yahudi

  • Ayat 22 adalah bagian dari Tachanun panjang yang dibacakan tiap hari Senin dan Kamis[1].

Tradisi Kristen

  • Ayat 11 menggambarkan keadaan ketika Yesus disalib, dimana "Semua orang yang mengenal Yesus dari dekat...berdiri jauh-jauh dan melihat semuanya itu."(Lukas 23:49).
  • Ayat 14-15 menggambarkan keadaan ketika Yesus diadili, baik oleh imam-imam Yahudi maupun di hadapan Pontius Pilatus, Ia tidak membantah tuduhan-tuduhan mereka. (Matius 27:12-14; Markus 14:61)

Penomoran ayat

Dalam Alkitab Indonesia, mazmur ini terdiri dari 23 ayat, dimana ayat 1 adalah pengantar "Mazmur Daud pada waktu mempersembahkan korban peringatan." (versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia ). Dalam Alkitab Inggris, kalimat pengantar ini tidak diberi nomor ayat, sehingga seluruhnya hanya ada 22 ayat, dimana ayat 1 bahasa Inggris sama dengan ayat 2 bahasa Indonesia dan seterusnya.

Referensi

  1. The Complete Artscroll Siddur page 129

Pranala luar

en:Psalm 38 fr:Psaume 38 (37) pl:Psalm 38

Peralatan pribadi